SociaBuzz Tribe, Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

Selamat Hari Blogger Nasional!
Ah, basi. Peringatannya udah keburu lewat!
Hahaha iya deh, blogpost ini memang terbit nyaris seminggu setelah blogger Indonesia merayakan Hari Blogger Nasional. Tapi janji deh, topiknya nggak akan basi kok. Karena bakal ngobrolin cara menghasilkan uang dari blog. Asik, kan.

Di postingan bulan lalu, saya memang udah nulis tentang Peluang Penghasilan dari Blog. Yang banyak banget caranya itu, lho. Udah baca kan? Kalau belum langsung aja klik link itu deh.

Nah, di postingan kali ini saya mau bahas tentang cara menghasilkan uang dari blog yang belum tertulis di postingan tersebut. Dan gimana supaya blog kita bisa mendulang dukungan dari pembaca setia. Oya, cara ini nggak cuma untuk blogger, lo. Bisa digunakan juga oleh teman-teman penulis dan content creator lain seperti Youtuber, Instagrammer atau TikTokers.

Oke, mungkin teman-teman sudah familiar dengan paid review, placement post, Google adsense dan affiliate. Di mana sumber penghasilan itu kita dapatkan dari klien yang menyewa jasa kita untuk mempromosikan usaha mereka. Tapi kita juga bisa mendapatkan pendapatan dari para pembaca atau penikmat karya-karya kita dengan memanfaatkan fitur dari SociaBuzz yang bernama SociaBuzz Tribe.

SociaBuzz Tribe

Selama ini, SociaBuzz dikenal sebagai marketplace talent dan jasa kreatif seperti makeup artist, Youtuber, influencer, fotografer dan banyak lagi. Sebagai blogger, saya sendiri beberapa kali menerima job paid review dari SociaBuzz.

cara menghasilkan uang dari blog

SociaBuzz Tribe adalah fitur terbaru dari SociaBuzz yang bisa menjadi salah satu cara menghasilkan uang dari blog. Hanya saja di fitur ini pendapatan yang diperoleh oleh blogger bukan dari klien, melainkan dari fans. Cieee.

Eh, itu bukan kata-kata saya ya. Saya cuma mengutip CEO sekaligus founder SociaBuzz.com, Rade Tampubolon saat peluncuran fitur SociaBuzz Tribe. Tepatnya, beliau bilang begini:

“Dengan fitur SociaBuzz Tribe, sekarang mereka bisa mendapatkan penghasilan secara langsung dari fans dan penikmat karya mereka.”.

Rade Tampubolon, CEO dan founder SociaBuzz.com

Jadi sistem SociaBuzz Tribe ini mirip dengan platform sejenis yang sudah lebih dulu kita kenal, seperti Patreon kalau di luar negeri. Di mana kita bisa mendapatkan dukungan finansial dari pembaca setia atau “fans” seperti istilah mas Rade. Sebagai imbal baliknya, kita dapat memberikan reward berupa:

Konten Eksklusif

Kalau memilih reward ini, kita harus menyediakan konten khusus yang cuma bisa dibaca atau ditonton oleh para pendukung kita. Kontennya bisa apa aja yang sesuai dengan personal branding kita. Sebagai blogger mungkin ya tulisan-tulisan personal atau fitur yang kira-kira menarik untuk pembaca yang nggak kita muat di blog pribadi.

ide konten sociabuzz tribe
Ide konten eksklusif untuk pendukung kita bisa berupa gambar, akses Youtube, artikel atau podcast yang aksesnya hanya bisa diperoleh di SociaBuzz Tribe

Untuk teman-teman penulis fiksi atau komik bisa nih bikin cerpen atau komik edisi khusus para donatur. Begitu juga dengan teman-teman Youtuber. Dan jumlah dkukungannya bisa kita sesuaikan dengan konten yang akan kita beri.

Early Access

Untuk penghargaan ini, pendukung akan mendapatkan konten terbaru di halaman SociaBuzz kita lebih awal daripada audience media sosial kita yang lain.

Custom Reward (di luar konten eksklusif dan early access)

Di sini teman-teman bisa membuat aneka pilihan reward sendiri. Kalau blogger ya kita mungkin bisa ngasih e-book panduan bikin blog untuk pemula atau cara menghasilkan uang dari blog. Bisa juga misalnya menyediakan sharing session atau sesi curhat yang akan dibalas dengan voice note.

Teman-teman juga bisa memberikan penghargaan lain seperti mengikuti pendukung kita di media sosial. Cara lainnya adalah dengan mencantumkan namanya sebagai tribe kita di salah satu postingan. Ini banyak dilakukan oleh para komikus favorit saya yang mencantumkan nama-nama patronnya di bagian akhir komik yang mereka unggah di Instagram.

Trus gimana cara memanfaatkan fitur SociaBuzz Tribe ini?

Gampang banget. Pertama kita harus punya akun SociaBuzz. Kalau belum punya bisa daftar dulu di: https://www.sociabuzz.com/pro/signup. Kalau sudah bisa langsung masuk ke halaman SociaBuzz Tribe di tautan: https://sociabuzz.com/tribe.

Setelah itu, teman-teman bisa mengubah halaman profil menjadi semenarik mungkin supaya pendukung kita mengenali dan semangat untuk ngasih dukungan.

Lalu pilih jenis dan nominal dukungan yang teman-teman harapkan, juga reward yang akan diberikan ke pendukung kita. Setelah halaman dukungan kita sudah oke, langsung bagikan tautan SociaBuzz Tribe kita ke seluruh akun media sosial.

Kalau masih bingung, teman-teman bisa nonton video ini untuk tutorial lengkapnya:

Apa yang membuat SociaBuzz Tribe ini istimewa?

Yang membuat SociaBuzz Tribe ini beda dari platform dukungan dari luar negeri adalah pendukung bisa menggunakan dompet digital seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja atau transfer bank Indonesia dari BCA, Mandiri, BNI dan Permata Bank. Jadi pendukung nggak harus punya kartu kredit untuk bisa mendukung konten kreator favoritnya.

Selain itu, SociaBuzz hanya mengenakan biaya administrasi dan biaya operasional sebesar 5% dari nominal dukungan yang kita terima. Dan bisa dicairkan dalam waktu 3 hari kerja sejak tanggal penarikan uang dilakukan ke bank atau dompet digital yang kita miliki. Hmm, cara menghasilkan uang dari blog yang cukup mudah ya.

Tapi gimana kalau kita masih baru mulai ngeblog atau nulis nih? Kan belum punya fans. Nah, berarti kita harus menyiapkan blog kita dulu supaya layak untuk dimonetized. Caranya? Saya kasih tips dari Mbak Indriyas Wahyuni dari webinar Peluang Penghasilan dari Blog yang saya ikuti bulan lalu ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis Blog dan Alasan Saya Melakukannya

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dimulai dengan:

Menentukan Audiens

Tahap pertama monetisasi blog adalah dengan menentukan audience atau pembaca kita. Kalau orang jualan mah istilahnya menentukan target market. Dengan membentuk audiens, kita akan lebih mudah menentukan cara menghasilkan uang dari blog. Apakah itu dari iklan, google adsense, afiliasi, menjual jasa atau memanfaatkan fitur SociaBuzz Tribe.

Kita bisa menentukan audiens ini dengan memanfaatkan Google Analytics, karena di sana kita bisa melihat profil pengunjung blog kita yang terbanyak. Bagaimana memaksimalkan Google Analytics ini akan kita bahas di blogpost lain ya karena baru minggu lalu saya ikut sharing session tentang tema satu ini dari komunitas Blogger Ruang Tunggu.

Menentukan Niche

Setelah kita tahu sasaran audiens, kita bisa menentukan blog kita akan fokus ke topik atau niche apa. Apakah niche beauty, parenting, keuangan, SEO dan blogging, atau lifestyle seperti blog pojokmungil.com ini.

Keuntungan dari blog dengan niche spesifik adalah biasanya blog kita akan jadi jujugan atau referensi saat pembaca memerlukan informasi tertentu yang berkaitan dengan niche tersebut. Seperti blognya gracemelia atau mas Dhani Rachmat misalnya. Dengan begitu kita akan punya pembaca setia yang selalu datang tiap ada postingan baru. Nah, pembaca ini bisa jadi fans kita yang akan bersedia mendukung kita lewat SociaBuzz Tribe.

Membuat Konten yang Bermanfaat

Yang membuat orang datang ke blog kita selain karena faktor SEO, adalah konten yang bermanfaat dan berkualitas. Bermanfaat dalam arti mampu memberikan solusi pada masalah orang lain, baik dalam bentuk tips, pengalaman pribadi menyelesaikan suatu masalah, ilmu dari sumber-sumber terpercaya atau menghibur dengan gaya tulisan yang lucu dan renyah.

Konten yang bermanfaat dan berkualitas itulah yang menurut Mbak Indri akan membuat pengunjung blog kita bertambah secara organik dan alami.

Membangun Personal Branding

Di tengah banyaknya blogger, penting buat kita untuk membangun personal branding. Kita ini mau dikenal sebagai blogger yang seperti apa? Beauty blogger yang konyol kah? Parenting blogger yang ceria seperti gracemelia kah? Blogger yang pintar fotografi, kah?

Dengan personal branding yang kuat, kita akan lebih stand out di tengah para blogger lain. Dan tentunya tulisan-tulisan di blog kita juga akan lebih diakui karena dianggap lebih kredibel daripada blogger yang lain. Sehingga pada akhirnya teman-teman bisa membangun basis fans yang dapat mendukung keberlangsungan blog kita lewat berbagai platform.

Membangun Networking

Sebagai blogger, kita bisa mendapatkan berbagai info cara menghasilkan uang dari blog melalui networking atau komunitas yang kita ikuti. Selain itu kita juga akan mendapatkan berbagai macam ilmu untuk meningkatkan kualitas kita sebagai blogger.

Dengan aktif di komunitas, blogger juga bisa saling berkolaborasi dan mendukung. Baik dengan cara menjadi narasumber webinar di komunitas, membuat lingkaran backlink atau membuat guest post dan membagikan artikel teman blogger di media sosial kita.

Upgrade Ilmu

Blogger zaman now dituntut nggak cuma mampu nulis dengan baik dan menarik, kita pun musti mengenal SEO supaya artikel berada di halaman muda mesin pencari. Juga harus bisa membuat ilustrasi atau infografis supaya tulisan kita lebih menarik. Dan tentu saja kudu paham hal-hal teknikal yang berkaitan dengan blog. Agar tampilan blog kita lebih clean, mudah diakses dan mudah diingat pengunjung.

Dengan mengaplikasikan hal-hal tersebut, insyaAllah blog kita akan layak dimonetisasi dan lama-kelamaan bisa memiliki pembaca setia yang dapat mendukung kita secara finansial.

Tapi, meski blog kita belum sengetop alodita atau annisast, kita tetap bisa memanfaatkan fitur Sociabuzz Tribe sebagai cara menghasilkan uang dari blog, kok. Caranya, dengan menyediakan konten-konten menarik atau merchandise sebagai reward untuk para pendukung kita.

Blog saya sendiri juga masih jauh lah untuk punya fans. Masih banyak PR yang harus saya selesaikan tapi nggak jadi halangan juga untuk punya profil di SociaBuzz Tribe. Karena selain tulisan di blog pojokmungil dan postingan di instagram alfakurnia yang bisa diakses untuk publik, teman-teman juga bisa mendapatkan konten yang khusus tersedia di laman SociaBuzz Tribe. Mau tahu? Langsung aja cek SociaBuzz Tribe saya di https://sociabuzz.com/alfakurnia/tribe.

sociabuzz tribe alfa kurnia
Posts created 363

15 tanggapan pada “SociaBuzz Tribe, Cara Menghasilkan Uang Dari Blog

    1. Aku dah pernah gabung sih di sociabuzz ini. Duluu bgt hehehe…
      Sayangnya ga aktif dna ga maksimal memanfaatkannya.
      Jd ga update akutu…
      Baru tahu juga nih klo ada sociabuzz tribe kayak gini jg

  1. Udah punya akun Sociabuzz mayan lama juga tapi jarang banget lihatin atau ngecek gitu. Memang sih offering job yang sesuai profil sering masuk di e-mail tapi beneran nggak perhatiin yang Sociabuzz Tribe. Keren juga ya ada fitur kita punya fans dan dapet duit dari situ.

    Salut untuk Sociabuzz, salah satu platform yang masih eksis sampai sekarang dan terus berinovasi dengan fitur-fitur terbaru.

  2. Kemaren sempet baca2 sih tentang sociabuzz tribe ini. tapi trus aku bingung aku mau bikin konten eksklusif yang gimana ya mbak. Trus ada sedikit keraguan, ntar bakal ada yang mau support ga gt. hehehe

  3. Saya dapat sih email dari sociabuzz mbak untuk mengikuti program sociabuzz tribe ini mbak, tapi sama dengan mbak wiwid aku juga bingung gimana cara make link yang mereka kasih itu ahha dasar gaptek yaa. btw asik juga ya dapat penghasilan tambahan dari program ini

  4. Ini tuh aku ada email notfikasinya deh untuk mengaktifkan tribenya, lama banget aku sudah gak buka sociabuzz. Jadi ingat tahun lalu pernah dapat job dari Sociabuzz, nah habis itu aku sudah gak pernah buka lagi. Pengen ngecek juga deh jadinya lihat update terakhirnya.

  5. Kok, menarik to, Mbak. Aku bola-bali dapat emailnya tapi sik belum tak buka. Buat seneng-seneng aja sih sebenarnya oke juga ya. Tapi kalau mau serius emang kudu pinter bagi waktunya. Sementara aku fokus di blog pribadi aja wis meh klenger sering gak posting sesuai rencana. Haha.

  6. Udah gabung di sociabuzz tapi aku kok ga telaten ya. Mungkin juga karena memang kurang update informasinya.

    Kusetuju, personal branding blogger-lah yang membuat kita lebih stand out di tengah para blogger lain. Ya tentu saja ditunjang dengan CARA MENULIS YANG KEKINIAN dan gak asal-asalan… Yang lebih penting lagi, NETWORKING!

  7. Aku pernah gabung di socio buzz dulu awal jadi blogger. Karena gak paham jadi dicuekin sekarang lebih lengkap kayaknya dan mudah utk dapet duit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas