4 Alasan Mengapa Landing Page Penting untuk Website Bisnis

4 Alasan Mengapa Landing Page Penting untuk Website Bisnis

Dalam dunia digital marketing, istilah “landing page” merujuk pada laman web yang berdiri sendiri. Biasanya, laman ini dibuat khusus untuk tujuan pemasaran, misalnya kampanye iklan.

Di laman inilah pengunjung tertarget ‘mendarat’ setelah mengklik tautan yang tertera di dalam sebuah email atau iklan dari Google, YouTube, Facebook, Twitter, dan berbagai tempat lainnya di jagat internet.

Tidak seperti laman web lainnya, yang mana secara umum diluncurkan untuk mendorong eksplorasi pengunjung, membuat landing page berfokus pada satu tujuan yang dikenal dengan sebutan call-to-action (CTA).

Fokus inilah yang menjadikan landing page sebagai opsi terbaik untuk meningkatkan tingkat konversi kampanye marketing Anda sekaligus menurunkan biaya demi mencapai target prospek atau penjualan.

Di artikel ini, Anda akan mengetahui macam-macam keunggulan landing page dan alasan mengapa landing page penting untuk website bisnis. Berikut uraian lengkapnya.

Mengapa Landing Page Penting untuk Website Bisnis?

Jika Anda memiliki website bisnis, maka landing page adalah bagian terpenting dari situs web Anda. Landing page merupakan jembatan yang memungkinkan terciptanya interaksi awal antara klien potensial dengan situs web Anda. Berikut adalah sederet alasan mengapa landing page penting untuk website bisnis:

website bisnis

1. Menciptakan Kesan Pertama yang Baik

Bisa dibilang, landing page ibarat pintu depan dari toko online Anda. Dan, dalam industri apa pun itu, kesan pertama sangat penting.

Jika Anda membuat landing page yang menarik, mengedukasi, dan memberi nilai berarti bagi pembaca, maka ada kemungkinan pengunjung tersebut akan mengunjungi website Anda lagi dan lagi. Ketika visitor pertama kali mengunjungi situs Anda, landing page adalah laman yang mula-mula mereka lihat.

Bagaimana Anda mendesain landing page Anda berpengaruh signifikan terhadap user experience setiap pembaca. Oleh karena itu, membuat landing page dengan persiapan matang amat krusial.

2. Mempromosikan Layanan dan Produk

Landing page adalah tempat yang ideal untuk mempromosikan layanan dan produk dari bisnis Anda.

Misalnya, jika perusahaan Anda baru saja meluncurkan produk baru, maka salah satu cara terbaik untuk mengiklankannya adalah dengan mengunggah foto-foto dan informasinya ke situs web Anda.

Membuat landing page khusus yang mempromosikan fitur dari produk tersebut akan menambah nilainya di mata calon pembeli sekaligus menunjukkan kepada pelanggan Anda manfaat dan nilai dari produk yang Anda jual.

3. Meningkatkan Kredibilitas

Anda dapat mengunggah apa saja ke landing page situs Anda. Namun, bergantung pada jenis produk dan layanan yang Anda tawarkan, landing page tidak ubahnya seperti pisau bermata dua.

Di sinilah Anda sebaiknya melengkapi landing page tersebut dengan ulasan dari pelanggan sebelumnya atau logo perusahaan dari mantan klien yang pernah bekerja sama dengan Anda untuk membangun kredibilitas bisnis Anda.

Testimoni dari pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda juga dapat ditambahkan untuk memberi sentuhan pribadi dan menunjukkan kepada calon pembeli tentang keuntungan berbisnis dengan Anda.

4. Membangun Brand Awareness

Di samping untuk memamerkan produk, layanan, dan review dari pelanggan-pelanggan sebelumnya, Anda juga dapat memanfaatkan landing page untuk meningkatkan brand awareness pembeli.

Contohnya, Anda bisa mempromosikan webinar yang akan Anda selenggarakan atau memberitahu pelanggan mengenai resources gratis yang Anda unggah. Landing page memungkinkan calon pembeli ‘mengintip’ ke dalam bisnis Anda.

Bahkan kalau pun mereka tidak berlama-lama di website Anda, setidaknya mereka telah berpapasan dengan logo bisnis Anda. Dan, apabila mereka menjumpainya lagi di suatu tempat, mereka akan menghubungkannya dengan memori mengenai bisnis Anda dan mempertimbangkan untuk membeli dari toko online Anda.

Cara Sederhana Membuat Landing Page

Terus, bagaimana cara membuat landing page agar  penjualan bisa meningkat ? Berikut cara membuat landing page dalam tiga langkah sederhana:

1. Tetapkan Tujuan yang Hendak Dicapai

Sebelum Anda mulai membuat landing page untuk bisnis Anda, Anda pertama-tama perlu memahami tujuan yang ingin Anda capai.

Landing page yang baik semestinya bekerja dengan optimal untuk memudahkan Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

Umumnya, landing page dibuat untuk memenuhi salah satu dari dua tujuan berikut, yaitu entah untuk mendorong lebih banyak penjualan atau menghasilkan lebih banyak prospek.

zyro membuat landing page praktis

2. Pilih Template yang Menghasilkan Konversi Tingkat Tinggi

Selanjutnya, Anda perlu memilih templat untuk landing page bisnis Anda. Idealnya, pilih templat yang tidak hanya terlihat bagus tetapi juga mengonversi pengunjung.

Gunakan templat landing page untuk mempersingkat keseluruhan waktu yang diperlukan untuk membuat situs web Anda. Dengan begitu, Anda dapat membuat landing page yang sesuai hanya dalam hitungan menit saja.

Pastikan untuk memilih template yang mendukung teknologi HTML5 terbaru dan sepenuhnya responsif untuk perangkat seluler.

3. Susun Pesan yang Menarik

Sekarang, begitu Anda sudah merancang tujuan dari landing page Anda, maka tiba saatnya untuk mulai menyusun konten dari laman tersebut.

Biasanya, landing page yang efektif membutuhkan headline yang menarik dan menyoroti unique selling point (USP) dari bisnis Anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cobalah untuk berpikir out-of-the-box.

Maksudnya, alih-alih merangkai kata-kata klise yang membosankan, pikirkan cara terbaik untuk menghidupkan pesan yang akan Anda sampaikan kepada target audience.

Buat Landing Page dalam Waktu Singkat dengan Zyro

Sekarang, Anda tentu telah memahami pentingnya landing page untuk website bisnis dan cara sederhana membuatnya. Landing page yang teroptimasi akan memudahkan konversi pengunjung dan meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Tidak hanya itu, landing page yang dirancang dengan apik juga akan membantu calon pembeli dalam menavigasikan pengalaman mereka dalam berinteraksi dengan situs web Anda.

Jika Anda tengah mencari platform untuk membuat landing page, maka Anda sebaiknya segera mencoba Zyro. Dengan fitur drag and drop-nya, Anda dapat membuat landing page dalam sekejap.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu cemas. Meski dapat dioperasikan dengan mudah, membuat landing page menggunakan Zyro tidak akan menggadaikan tampilan ataupun fungsionalitas dari laman Anda.

Berikut keunggulan Zyro dalam membuat landing page untuk situs web khusus bisnis:

Beraneka Ragam Templat Menarik Tersedia untuk Anda. Zyro menawarkan banyak templat siap pakai untuk Anda gunakan, menjadikannya mudah untuk disesuaikan dengan segala keperluan Anda. Anda hanya perlu mengubah gambar latar belakang, copy, meta description, dan judul halaman sebelum memublikasikan landing page Anda.

Mudah Dipakai. Fitur drag and drop-nya memudahkan pemula yang tidak tahu bagaimana cara membuat kode. Alat ini bekerja secara intuitif dan cepat untuk digunakan, bahkan jika Anda belum pernah mendesain website atau landing page satu kali pun seumur hidup Anda.

Dilengkapi dengan Powerful Tools. Zyro menawarkan berbagai teknologi berbasis kecerdasan buatan untuk mempercepat proses kerja Anda. Contohnya, ada AI Writer yang akan membantu Anda untuk menyusun konten dalam waktu singkat.

Terjangkau. Ketika Anda menggunakan platform lain, Anda mesti was-was dengan biaya tambahan yang mungkin dibebankan oleh layanan tersebut. Kabar baiknya, dengan Zyro Anda sama sekali tidak perlu khawatir tentang komisi tersembunyi apapun. Bahkan, harga membuat landing page di Zyro tergolong yang paling murah ketimbang di platform serupa lainnya.

Penutup

Landing page adalah sejenis laman web yang berfungsi sebagai media komunikasi di mana pemilik bisnis online dapat mengiklankan produk atau jasanya dengan cepat kepada calon pembeli. Selain itu, landing page juga berguna dalam mempercepat proses konversi pelanggan secara keseluruhan.

Tertarik untuk membuat landing page untuk website bisnis Anda sendiri? Buat landing page praktis dengan memanfaatkan fitur-fitur unggulan Zyro sekarang juga, dan dapatkan potongan harga untuk paket layanan apapun yang Anda pilih.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top