timmyness
Blog dan Literasi

Timmyness, Nilai Perusahaan yang Mendukung Kesuksesan IDN Media

mural idn media

IDN Media

IDN Media adalah sebuah perusahaan media berbasis teknologi dan platform konten untuk generasi milenial dan Z di Indonesia yang didirikan oleh Winston Utomo.

Melihat konten-konten keren yang dihasilkan oleh IDN Media, saya jadi penasaran, bagaimana etos kerja para karyawan IDN Media yang sering disebut Timmy.

Seperti kebanyakan perusahaan, IDN Media pun memiliki pijakan yang membentuk sistem, kebijakan dan strategi perusahaan. Winston Utomo, founder dan CEO IDN Media menyebut 10 nilai perusahaan ini dengan Timmyness.

nilai perusahaan

Apa saja 10 Nilai Perusahaan yang wajib dimiliki oleh para karyawan di IDN Media? Ini penjelasan dari Winston Utomo:

1. Kreatif, Tulus dan Semangat dalam Bekerja

Ini adalah poin pertama dan utama dalam bekerja di IDN Media. Kreativitas adalah hal yang sangat penting karena media adalah dunia yang cepat sekali berubah dan banyak pesaingnya. Sehingga untuk menarik pembaca atau penonton diperlukan kreativitas agar konten-konten yang dibuat selalu segar dan related dengan kehidupan atau kebutuhan audience.

Supaya kreativitas tetap terjaga tentu diperlukan ketulusan dalam bekerja. Nggak melulu memikirkan soal benefit apa yang diberikan oleh perusahaan tapi juga bisa memberikan yang terbaik. Serta selalu semangat untuk mengupgrade keahlian supaya gagasan-gagasan baru dan inovatif.

“Mereka yang bekerja dengan ketulusan adalah penggerak untuk kehidupan yang lebih baik. Timmy (sebutan untuk karyawan IDN Media) pun diharapkan dapat membaktikan ketulusan kerjanya bagi masyarakat Indonesia dengan mendemokrasikan informasi.”

Winston utomo, founder dan ceo idn media

2. Komunikasi Efektif dan Perilaku Beretika

Komunikasi adalah kunci dari keberhasilan sebuah tim. Bukan hanya hubungan personal tapi juga dalam lingkup kerja. Komunikasi yang baik antara atasan dan bawahan, sesama rekan kerja maupun dengan klien bisa mengurangi risiko konflik internal.

Tentu saja juga harus didukung oleh perilaku yang baik dalam bekerja seperti saling menghargai dan menghormati. Untuk itu timmyness nomer dua ini menjadi pedoman penting agar para timmy dapat bekerja secara kolaboratif antar anggota internal.

3. Dapat Berkembang di Tengah Ambiguitas dan Perubahan yang Dinamis

Perubahan pasti akan selalu terjadi, terutama di dunia media digital. Supaya bisa bertahan, harus dapat beradaptasi dan mengikuti perubahan yang ada. Karena menurut Winston Utomo, hanya yang mau beradaptasilah yang bisa bertahan. Sehingga IDN Media terus berupaya melakukan inovasi agar mampu menyesuaikan diri dengan perubahan zaman.

Untuk itu para timmy diminta untuk berani mengambil risiko yang ada agar proses adaptasi di lingkungan kerja dapat dilalui dengan sukses.

Baca Juga: Mempersiapkan Anak Pindah Tempat Tinggal Baru

4. Bersikap Aktif dan Kolaboratif

Kalau di dunia kerja pada umumnya sikap kompetitif banyak sekali dijumpai. Bahkan nggak jarang kita mengetahui antar anggota tim saling menjegal untuk bisa sampai ke posisi atas. Tapi bukan ini yang diinginkan oleh IDN Media.

Perusahaan yang berdiri pada 8 Juni 2014 ini menginginkan agar timmy mau bekerja sama secara aktif dan kolaboratif dalam tim. Karena diyakini bahwa dengan sikap kolaboratif, setiap anggota tim akan memiliki kesadaran untuk saling membantu dan mendukung. Sehingga dapat tercapai efektivitas dan efisiensi dalam bekerja.

5. Menghargai Perbedaan

Indonesia terdiri dari berbagai ras, etnis, agama, daerah dan status sosial. Terutama di Jakarta dan Surabaya yang menjadi tempat berkembangnya IDN Media. Sehingga founder perusahaan media ini menginginkan karyawannya berada di sebuah workspace yang ramah bagi siapa saja. Tidak memandang latar belakang, asal atau warna kulit.

6. Memiliki Sifat Positif

Dalam rutinitas sehari-hari, banyak sekali kejadian tak terduga yang kita hadapi. Nggak peduli seberapa well-plannednya kita merancang kegiatan kita. Begitu juga dalam pekerjaan. Akan banyak hal yang terjadi yang tidak sesuai dengan harapan kita.

timmyness

Di sinilah pentingnya memiliki sikap positif dalam keadaan apapun. Agar kita dapat selalu memberikan positive vibes ke anggota tim dan dapat mempertahankan produktivitas kerja. Tidak heran kalau akhirnya sikap maintaining a positive attitude even when things do not go on one’s way menjadi nilai perusahaan ke-6 yang harus dimiliki oleh timmy.

Baca Juga: Yuk, Berpikir Positif Agar Tidak Mudah Sakit

7. Membantu Rekan Kerja Demi Kepentingan Kelompok

Semester ini, anak saya yang duduk di kelas 2 SD belajar tentang persatuan dan kerja sama. Dalam bukunya dijelaskan pentingnya sikap bersatu dan bekerja sama dalam kelompok. Kalau secara sederhana sih, kerja sama dapat membuat pekerjaan terasa lebih ringan dan cepat selesai.

Pelajaran anak kelas dua SD ini ternyata juga jadi poin penting dalam nilai perusahaan IDN Times. Karena dalam mencapai tujuannya, suatu tim nggak akan berhasil kalau anggotanya bekerja sendiri-sendiri, kan. Sehingga, timmyness ketujuh ini mengajak para karyawan untuk saling mendukung dan menolong supaya bisa mencapai kesuksesan yang diinginkan oleh tim.

8. Memberikan Apresiasi dan Dukungan kepada Anggota Tim

Kita tentu senang ya kalau hasil kerja kita diapresiasi dengan baik oleh rekan kerja dan atasan kita. Apresiasi bukan hanya dalam bentuk pujian. Tapi bisa juga berupa kritik yang membangun dan bantuan saat ada anggota tim yang membutuhkannya.

Budaya apresiatif inilah yang ingin dibangun di IDN Media melalui timmyness ke-8. Karena membiasakan diri mengapresiasi pekerjaan anggota tim, bisa membuat suasana kerja menjadi positif. Juga memicu anggota tim untuk memberikan usaha terbaik mereka.

9. Melakukan Hal yang Benar, Bahkan Ketika Tidak Ada yang Melihat

Integritas adalah hal yang penting dalam kehidupan. Karyawan yang memiliki integritas tinggi akan berusaha untuk jujur dan amanah dalam pekerjaannya. Dan memiliki sikap seperti ini bukan hanya untuk kepentingan perusahaan lo, justru lebih ke membangun reputasi timmy sendiri yang bisa membawanya melangkah ke jenjang karir yang lebih tinggi ke depannya.

10. Melihat Kesuksesan Perusahaan Sebagai Kesuksesan Diri

“IDN Media ingin setiap Timmy merasa dilibatkan dalam keberhasilan perusahaan一bahwa tanpa mereka, IDN Media tak akan berhasil mencapai mimpi tersebut. Hal ini tentu akan meningkatkan sense of belonging, rasa bangga mereka terhadap perusahaan juga,” ujar Winston menjelaskan Timmyness terakhir.

Nah, melihat 10 nilai perusahaan atau timmyness yang dimiliki oleh IDN Media, tentu nggak heran kan ya kalau perusahaan media digital satu ini sudah berkembang dengan pesat sejak berdiri 6 tahun yang lalu di Surabaya.

Positive vibes yang ada dalam perusahaan tentu membuat timmy bekerja dengan semangat untuk kemajuan diri mereka sendiri, tim dan perusahaan.

Meskipun saya nggak bekerja di IDN Media, tapi saya sendiri suka lo dengan timmyness ini. Dan menurut saya ini bagus sekali diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai ibu profesional maupun sebagai freelancer. Coba yuk teman-teman. Siapa tahu kita juga menjadi pekerja keren seperti timmynya IDN Media.

Comments

Des 2, 2020 at 1:10 AM

bisa dicontoh sih ini etos kerjanya, ga cma pekerja tpi dlam sosialisasi sehari2 jga



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.