Meningkatkan Kemampuan Fresh Graduate dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Meningkatkan Kemampuan Fresh Graduate dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Saya sedang mengantri di klinik kesehatan sambil menonton video microlearning dari aplikasi siap kerja QuBisa, ketika mbak-mbak yang duduk berselang satu kursi di sebelah saya ngajak ngobrol. Dia bercerita kalau baru lulus kuliah beberapa bulan lalu dan sampai saat ini masih berjuang untuk mendapatkan pekerjaan.

aplikasi siap kerja

“Saya sudah ngelamar ke sana ke mari, Mbak. Tapi belum juga ada panggilan,” ujarnya dengan nada khawatir. “Mbaknya kerja di mana? Siapa tahu ada lowongan,” lanjutnya lagi.

Tentu saja saya jawab kalau saya nggak bekerja di luar rumah. Lalu saya sarankan kepada si mbak untuk mencoba bekerja freelance dulu secara digital. Secara sekarang memang banyak kan peluang untuk bekerja dari rumah secara digital. Mulai jadi bloger, penulis konten, pengulas produk, virtual assistant sampai jualan online.

Dia nampak ragu tapi berkata akan memikirkan tentang hal itu. Lalu kami ngobrol tentang kegiatannya semasa kuliah dan menanyakan cara supaya mudah diterima bekerja setelah mengetahui bahwa saya pernah kuliah psikologi dan bekerja sebagai staf HRD belasan tahun lalu.

Saya sarankan supaya dia melakukan upskilling dan reskilling supaya mampu bersaing di dunia kerja. Secara persaingan kerja sekarang kan semakin ketat ya, jadi harus ada nilai tambah yang dimiliki oleh fresh graduate supaya dia nampak menonjol dari calon pekerja lainnya.

Sayangnya, obrolan kami harus berakhir ketika nomor antrian saya dipanggil. Jadi saya tulis saja di sini kenapa penting untuk meningkatkan kemampuan lulusan baru untuk bersaing di dunia kerja. Siapa tahu si mbak tadi membaca tulisan saya.

3 Kompetensi yang Harus Dimiliki Sebelum Masuk Dunia Kerja

Berdasarkan pengalaman saya menjadi staf HRD, saat menyeleksi setumpuk lamaran pekerja, seleksi pertama adalah melihat pengalaman kerja. Lalu IPK, lulusan universitas mana dan pengalaman magang/organisasi.

“Duh, saya lulusan dari universitas yang biasa-biasa aja nih, IPK juga nggak sampai 3. Bisa nggak saya bersaing dengan fresh graduate yang lulus cumlaude dari universitas ternama?” Bisa! Caranya dengan memiliki kompetensi yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Berikut adalah 3 kompetensi yang sebaiknya dimiliki sebelum memasuki dunia kerja.

  1. Hard skill.
    Ini adalah keahlian yang dimiliki dari hasil belajar di sekolah atau di kampus. Tentunya ini sesuai dengan pendidikan yang dijalani. Kalau kuliah psikologi dengan majoring industri dan organisasi ya hard skillnya minimal paham akan rekruitmen tenaga kerja dan bagaimana upskilling dan reskilling pegawai.
  2. Soft skill.
    Kompetensi ini memang tidak dapat dilihat tapi dapat dirasakan dampaknya saat berinteraksi dengan orang lain. Contohnya adalah attitude, etika, etos kerja dan lain-lain. Meski tidak terlihat, tapi soft skill sangat penting dalam dunia kerja. Minimal harus menguasai cara berkomunikasi yang baik, bisa dipercaya, rasa percaya diri, team spirit, disiplin dan semangat kerja tinggi serta kreatif dalam bekerja.
  3. Additional skill.
    Bahasa asing dan teknologi informasi merupakan keahlian tambahan yang sebaiknya dimiliki dan bisa menjadi nilai tambah bagi calon pekerja. Untuk itu penting sekali meningkatkan kemampuan di kedua bidang ini, apapun hard skillmu. Percayalah nggak ada ruginya belajar bahasa asing dan menguasai minimal Microsoft Office. Malah bisa jadi salah satu cara meningkatkan personal branding di hadapan HRD atau interviewer.

Ini juga dijelaskan dalam kelas yang saya ikuti di aplikasi siap kerja QuBisa. Dalam rangkaian kelas berjudul The Best Career Planning for The Best Future, Diana Hasan, SE., Ak, M.Si, CA mengatakan bahwa tiga kompetensi ini sebaiknya dimiliki oleh fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja.

Kalau hard skill dan additional skill, saya rasa mudah ya dikuasai. Karena memang itu dipelajari saat kita kuliah dan saat ini juga sudah banyak kursus online gratis untuk meningkatkan kemampuan.

Nah, yang tricky ini adalah soft skill. Menurut Diana Hasan, ada 8 soft skills yang sebaiknya dimiliki oleh para calon pekerja agar sukses dalam mengembangkan karir, yaitu:

meningkatkan kemampuan
Sumber: Materi 8 Softskill Minimal yang Harus Dimiliki Fresh Graduate oleh Diana Hasan, SE., Ak, M.Si, CA
  1. Komunikasi yang baik.
  2. Keingintahuan atau inquisitiveness yang tinggi terhadap pekerjaannya.
  3. Kreativitas dalam melakukan pekerjaan termasuk ide-ide kreatif dan problem solving.
  4. Assertiveness atau kemampuan untuk berkomunikasi dengan jujur dan tegas, namun tetap menghargai dan menjaga perasaan orang lain.
  5. Rasa empati.
  6. Bisa dipercaya.
  7. Self confidence atau rasa percaya diri.
  8. Semangat untuk bekerja dalam tim.

Kebetulan setelah menyelesaikan kelas microlearning The Best Career Planning for The Best Future, saya menemukan kursus online gratis yang berjudul Meningkatkan Kemampuan Problem Solving dengan Konsep 3K di aplikasi siap kerja QuBisa.

Dari kelas yang diampu oleh Dr. Abdul Latief, saya mempelajari bahwa 3K atau 3C ini penting sekali kita pahami karena bisa dimanfaatkan dalam berbagai situasi. Seperti menulis baik itu menulis surat lamaran pekerjaan; surat elektronik resmi; menulis artikel; sampai ketika harus berbicara di depan umum atau menyelesaikan masalah dalam pekerjaan.

3K itu adalah konteks, konten dan kesimpulan atau dikenal juga sebagai 3C dalam bahasa Inggris, yaitu context, content dan conclusion. Lalu bagaimana penerapan 3K ini?

Teman-teman langsung aja ikuti kelasnya di aplikasi belajar online QuBisa, ya. Tenang aja, nggak bakal ngebosenin, kok. Untuk kelas ini durasinya cukup singkat dengan cara belajar gak ribet. Bahkan berasa kaya lagi dengerin senior sharing session aja.

upskilling dan reskilling

Review Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Saya mengenal aplikasi QuBisa dari teman-teman di komunitas bloger yang mewartakan kompetisi blog dari QuBisa. Karena tertarik mengikuti kompetisinya, saya pun membuat akun di aplikasi siap kerja ini. Seusai melihat-lihat daftar kursus dan webinar yang ada di QuBisa, saya pun tertarik mengikuti webinar tentang anak broken home.

Menurut saya ini cukup unik ya, sebuah aplikasi belajar online yang menyediakan berbagai jenis kursus dengan topik-topik di luar keahlian, dunia kerja atau bisnis. Yang setelah dipelajari ternyata masih berkaitan dengan meningkatkan performa seseorang di dunia kerja.

kursus online gratis

QuBisa adalah aplikasi belajar online yang mempersiapkan lulusan baru dan profesional muda untuk menjadi lebih kompeten dan kompetitif dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Selain menyediakan ratusan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas, QuBisa juga dapat bermanfaat untuk membuat roadmap karier para lulusan baru.

Dan setelah mengikuti beberapa microlearning, kursus online gratis dan webinar, saya merekomendasikan aplikasi QuBisa bagi teman-teman yang ingin upskilling dan reskilling supaya mampu bersaing di dunia kerja atau ingin belajar cara meningkatkan personal branding. Kenapa? Ini beberapa alasannya:

1| Bisa Diakses Di Mana Saja

Kursus dan webinar di QuBisa bisa diakses di berbagai platform. Bisa dari peramban web di laptop dan ponsel maupun lewat aplikasi. Sehingga belajar gak ribet, selama ada koneksi internet, semua kursus yang dipilih bisa diikuti.

Kemudahan akses kursus ini juga membuat cara belajar efektif, karena kita bisa mengikuti kelas kapanpun dan di manapun. Seperti saat sedang di dalam perjalanan atau antri sesuatu. Daripada bengong atau buka medsos mindlessly kan mending waktunya dipakai untuk belajar.

Teman-teman bisa unduh aplikasi QuBisa di Play Store untuk pengguna Android, maupun di App Store untuk pengguna iOS.

2| Tersedia Berbagai Pilihan Kelas

Ada 3 tipe kelas yang bisa diikuti di aplikasi belajar online QuBisa. Yaitu kursus yang terbagi menjadi kursus belajar online gratis dan kursus berbayar, microlearning dan webinar. Ketiga tipe ini dapat kita sortir lagi berdasarkan topik, durasi kursus dan ratingnya.

aplikasi belajar online

Kursus berbayarnya menurut saya harganya cukup reasonable. Karena selain pematerinya juga kompeten, materi-materinya bisa diakses seumur hidup.

Selain itu QuBisa juga menyediakan program sertifikasi dan artikel-artikel yang bisa membantu meningkatkan kemampuan lulusan baru.

3| Penggunaan Cukup Mudah

Baik melalui web maupun aplikasi, cara mengakses kelas di QuBisa cukup mudah. Setelah membuat akun, pilih saja topik yang ingin kita ikuti. Jika kursus tersebut gratis, langsung saja daftar dan akses kursus online gratis itu di KursusQu yang terletak di bagian bawah aplikasi.

Kalau kursus tersebut berbayar, tentu saja harus menyelesaikan pembayaran dulu. Caranya mirip dengan kita belanja di marketplace, kok. Kalau di aplikasi iOS, pembayaran langsung dipotong dari kartu kredit, GoPay, DANA atau Apple Store kredit. Sedangkan jika menggunakan aplikasi di Android, pembayaran bisa dilakukan melalui transfer bank dan GoPay. Setelah itu kursus bisa langsung diakses.

Menurut saya kelas-kelas yang ada di QuBisa bermanfaat banget lho untuk membantu para lulusan baru lebih percaya diri memasuki dunia kerja. Terutama soal soft skill, ya. Karena keahlian satu ini tuh penting banget dimiliki agar sukses berinteraksi dengan orang lain.

Nggak cuma saat kerja kantoran, ketika menjalankan sebuah bisnis atau bekerja freelance, kita juga sebaiknya mengasah soft skills. Memiliki keahlian berkomunikasi yang baik, kreatif, dapat dipercaya, mudah diajak bekerja sama, disiplin dan sebagainya juga dapat menjadi cara meningkatkan personal branding dan mendapatkan poin plus di mata orang lain.

Kompetisi Blog QuBisa

Nah, asiknya lagi, selain menyediakan kursus online gratis dengan cara belajar efektif, aplikasi siap kerja QuBisa juga memberi kesempatan untuk mendapatkan hadiah jutaan rupiah melalui kompetisi blog. Caranya mudah sekali. Kita tinggal menuliskan pengalaman dalam belajar bareng di aplikasi belajar online QuBisa di blog.

Kompetisi blog ini berlangsung mulai dari tanggal 20 September sampai 10 Desember 2021. Hadiahnya cukup besar, lho, dengan total hadiah 10 juta rupiah. Jadi dengan mengikuti kompetisi ini, kita mendapatkan ilmu dari mengikuti kelas-kelas di QuBisa juga berpeluang mendapatkan hadiah.

Tunggu apalagi, yuk unduh aplikasinya, ikuti kelasnya dan tingkatkan kemampuan agar makin percaya diri di dunia kerja.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

27 thoughts on “Meningkatkan Kemampuan Fresh Graduate dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

  1. Terkadang setelah lulus kuliah justru tantangan besar menghadang, ya. Karena sulitnya mencari pekerjaan. Tetapi, daripada terus menggalau memang sebaiknya sambil mengasah skill. Bisa lihat di aplikasi Qubisa.

  2. Benaran ya Mbak, sekarang ini ilmu yang didapat dari kampus saja tidak cukup lagi untuk bersaing memperbutkan lowongan kerja. Ada perlu tambahan skill, yang dibutuhkan pada lowongan yang kita incar. Semoga teman-teman yang perlu menambahkan keterampilan di dunia kerja akan terbantu dengan QuBisa

  3. Kalo penggunaannya mudah dan biaya terjangkau apalagi bisa gratis juga..pasti banyak peminat nih.. Sangat membantu untuk bisa siap kerja

  4. Hari gini sekadar lulus kuliah aja masih belum cukup yah mbak
    Masih harus terus upskilling dan reskllling kalo mau survive

    Untung saja ada aplikasi Qubisa yang bisa membantu kita untuk mengembangkan diri. Apa lagi bisa ditempuh secara online jadinya lebih praktis yah, terutama di masa pandemi kayak gini

  5. Wah baru tahu nih ada lomba blognya QuBisa pantes kyknya banyak nih yang belakangan menulis QuBisa.
    Aku juga penasaran sama aplikasi kursus online ini soalnya ada satu kelas yang aku pengen ikutan mbak.
    Sepertiya gak cuma cocok buat fresh graduate tapi buat ibu2 kyk kita jg kai ya 😀

  6. Bisa diakses dimana saja itu yg bikin kami senang. Kami yang tinggal di pedesaan bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bisa belajar dan kursus di QuBisa. Kalau belajar dengan sistem online memang memudahkan ya.

  7. Iya fresh graduate harus mau belajar hal baru dan mengasah kemampuan diri dengan ikut berbagai kursus kayak Qubisa ini ya jadi banyak skill untuk bersaing

  8. wah baru tahu ada aplikasi Qubisa mbak, alhamdulillah bisa diakses dimana saja ya kelas untuk meningkatkan keterampilan kita di era digital ini yaa. Jadi tertarik lihat-lihat kelas lainnya deh, siapa tahu ada yang cocok untuk saya atau anak-anak saya.

  9. Tiga keponakan suami juga belum dapat kerja selepas lulus. Memang tidak hanya dibutuhkan IP yang tinggi tapi juga ketrampilan dan kemampuan seperti Bahasa Inggris dan lainnya.

    QuBisa bermanfaat banget nih buat fresh graduate upskling

  10. Belajar sambil. Ngelomba asik juga nih Mbak. Aku belum pernah belajar di qubisa. Jadi pengen mencoba juga dengan skill yang saya ingin pilih.

  11. Tiga hal yang harus dipenuhi saat hendak kerja tuh benar banget mba. Apalagi di masa seperti sekarang tantangannya makin luas. Nambah ilmu serta keahlian jadi lebih mudah ya

  12. aku setuju banget ini dengan 3 kompetensi yang harus dimiliki saat akan bekerja, biar lebih paham juga dan siap dengan segala tantangan yang ada. Karena dunia kerja inikan modelannya beraneka macam ya, dan biasanya akan mendapatkan passion dari pekerjaan yang kita jalani juga.

  13. Sedih banget ya…kalau dicurhatin masalah pekerjaan.
    Karena pernah melewati masa-masa ini juga, heheh..
    Alhamdulillah..kini ada kursus online gratis dengan cara belajar efektif bersama Qubisa.

    Fleksibilitasnya yang bikin memudahkan plus ada sertifikat.

  14. fresh graduate emang perlu untuk memiliki skill yang mumpuni ya mbak
    biar bisa bersaing di dunia kerja
    beruntung sekarang bisa ikutan kursus online di Qubisa agar punya skill

  15. Soft skill ini memang penting ya mba untuk mendukung kemampuan lainnya. Biasanya orang bisa membawa diri dan sukses dalam menjalankan pekerjaannya malah tergantung dengan soft skillnya.

  16. Bener sih ya, karena bisa dibilang orang lulus S1 itu pengalamannya mentah banget butuh dipoles dengan berbagai keahlian yang memadai biar siap pakai di dunia kerja

  17. Di masa kayak sekarang, nambah kemampuan itu lumayan susah. Mengingat pandemi bahkan bikin para pekerja bahkan banyak yang wfh. Kasian jadinya para fresh graduate. Untung deh ada pihak kayak QuBisa. Jadinya bisa dimanfaatkan untuk nambah skill secara virtual. Pastinya bisa banget untuk membuat fresh graduate jadi segala bisa.

  18. Sudah kerja pun yang namanya meningkatkan kemampuan itu penting banget, apalagi kalau belum kerja, harus bgt nih. Dan QuBisa emang solutif banget soal meningkatkan kemampuan. Yang pasti sih semua orang bisa belajar di QuBisa karena ada kelas yg gratis juga

  19. Ini aplikasi kok keren banget, ya. Klik sekali dapat ilmu bejibun. Apalagi buat persiapan yang mau terjun ke dunia kerja. Sudah sudah kerja dan ingin meningkatkan kemampuan juga bisa, ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top