Tips Memilih MakeUp Artist Untuk Rias Wajah yang Istimewa

jasa-make-up-artist

Memakai jasa makeup artist bukanlah hal yang asing bagi saya. Sejak remaja saya sering dirias saat menjadi penerima tamu acara pernikahan saudara atau teman. Saat wisuda, saya dan beberapa teman pun rela bangun lebih pagi agar wajah kami bisa dirias dan nampak lebih cantik.

Hanya saja, waktu itu saya selalu pasrah dengan para perias ini. Nggak pernah protes meski dipakaikan foundation yang tebal dan lipstik merah menyala misalnya, walaupun saya sudah berpesan supaya diberi riasan natural saja. Hasilnya membuat wajah remaja saya nampak 10 tahun lebih tua. Tapi karena orang-orang selalu memuji bahwa hasil make up tersebut membuat saya terlihat cantik dan manglingi jadi ya saya happy happy aja.

Pencarian jasa make up panggilan yang serius baru saya lakukan saat akan menikah. Belasan perias kami datangi dan lihat portfolionya. Dan baru 1 bulan sebelum hari H saya dan mama saya menemukan perias pengantin yang menurutnya bagus. Iya, yang cerewet memilih perias itu sebenarnya mama saya karena saya nggak ngerti apa-apa soal make up ini. Di pikiran saya asal hasilnya bisa membuat saya berbeda pasti bagus. Tapi ternyata salah.

Pengalaman Menggunakan Jasa MakeUp Artist

Saya baru sadar kalau tidak semua make up yang tebal itu bagus setelah menjalani foto prewedding di Jakarta. Kali itu saya nggak perlu repot-repot mencari makeup artist Jakarta, karena bude saya bekerja di salah satu tabloid wanita, dan beliau merekomendasikan salah satu MUA yang biasa merias artis-artis yang akan tampil di tabloid tersebut.

Alhasil saya bahagia sekali dengan hasil akhirnya. Sang make up artist bisa membuat wajah saya nampak lebih cantik tanpa pulasan yang tebal. Itu mungkin salah satu momen saya merasa paling cantik dan cocok tampil di sampul majalah atau tabloid hahahaha. Sayang euy nggak bisa pasang fotonya di sini karena waktu itu saya belum berjilbab.

jasa-make-up-artist

Setelah menikah, saya nggak terlalu sering lagi memakai jasa make up panggilan. Selain memang nggak terlalu suka dandan, saat bekerja atau hadir ke acara istimewa saya memilih untuk memulas sendiri wajah saya. Yah, maklum saat masih bekerja sebagai pegawai bank, kami dibekali sedikit ilmu tentang tata rias natural dan hair do yang menunjang penampilan kami sebagai front liner perusahaan.

Tapi setelah menjadi ibu rumah tangga, saya jadi semakin jarang dandan. Sehingga ketrampilan merias wajah pun memudar. Jadi, ketika kami pindah ke Brunei dan bersama ibu-ibu Indonesia lain akan tampil bermain angklung di acara Indonesia Day, saya pun menggunakan jasa make up artist lokal.

Sayangnya, kali ini hasilnya zonk huhuhu. Seharusnya saya sudah curiga dari awal karena beliau ini mendandani saya di ruangan tanpa penerangan yang memadai. Lalu foundation yang digunakan untuk wajah saya warnanya lebih muda dari tone kulit saya. Jadilah hasilnya jelek sekali, bahkan suami saya bilang kalau make up saya sehari-hari jauh lebih bagus dari hasil pulasan si perias. Alhamdulillah, ada teman yang mau membantu saya memperbaiki riasan saya hari itu sehingga akhirnya tampak lebih presentable. Kalau enggak ya sudah kaya badut. Duh, kalau inget tuh masih suka sebal sampai sekarang.

Sejak itu saya jadi lebih berhati-hati dalam memilih make up artist. Dan beberapa hal ini saya jadikan panduan saat memilih jasa makeup panggilan.

Tips Memilih Make Up Artist Untuk Riasan Istimewa 

jasa-make-up-artist

1. Tentukan Gaya Make Up yang Kita Inginkan

Tiap makeup artist punya keahliannya masing-masing. Ada yang pintar menyulap wajah jadi benar-benar berbeda, ada yang ahli bikin gaya no make up make up, ada juga yang fokus di rias wajah pengantin tradisional. Nah, supaya hasil riasan kita sesuai dengan yang kita inginkan, pastikan dulu kita mau dirias seperti apa dan untuk acara apa. Karena rias wisuda tentu berbeda dengan rias pengantin. Lalu cari make up artist yang karakter riasannya sama dengan keinginan kita.

2. Minta Rekomendasi dari Teman atau Keluarga

Kalau sudah tahu mau gaya rias seperti apa, waktunya kita hunting. Sekarang sih nyari MUA lebih gampang ya, tinggal cari aja di sosial media dengan hestek makeup artist Jakarta atau rias wisuda Surabaya gitu pasti banyak yang muncul. Tapi paling enak sebenarnya kalau ada rekomendasi dari teman atau keluarga, setidaknya mereka bisa memberikan informasi lebih detil tentang karakter make up si MUA, etos kerjanya sampai harga jasanya.

3. Lihat Portfolionya

Setelah mendapat rekomendasi, kita bisa melihat portfolio perias baik dari akun sosial medianya maupun dari portal-portal penyedia jasa make up panggilan seperti Sociabuzz. Cari  yang menyediakan foto klien sebelum dan sesudah dirias serta testimoni dari para klien sebelumnya. Agar kita bisa melihat konsistensi hasil riasan MUA dan cara kerjanya.

4. Sesuaikan Budget

Nah, setelah ada daftar MUA potensial yang bisa kita sewa, pilih yang sesuai dengan budget kita. Biasanya sih ada harga ada kualitas ya. Tapi jangan memaksakan untuk dirias MUA top langganan para artis kalau memang kita nggak mampu. Nggak sedikit kok makeup artist yang hasilnya bagus tapi harganya masih terjangkau dengan kantong. Tinggal pintar-pintar memilih aja ya.

5. Lakukan Test Make Up

Jika ada dana lebih, satu atau dua minggu sebelum hari H lakukanlah test make up dengan perias yang sudah kita pilih. Ini penting banget untuk kita yang ingin dirias untuk acara super penting seperti wedding atau wisuda. Agar kita bisa memastikan apakah hasil make upnya cocok untuk kita, apakah produk yang digunakan sesuai dengan kulit kita dan apa hair do yang sesuai dengan riasan tersebut. Saat tes make up ini juga sampaikan keinginan kita seperti misalnya nggak mau cukur alis, jangan pakai lipstik warna tertentu, dll. Kalau perlu tunjukkan contoh foto hasil rias yang kita inginkan dan diskusikan bersama apa saja yang bisa diaplikasikan ke wajah kita.

Memilih MakeUp Artist di SociaBuzz

Saat ini proses memilih jasa makeup panggilan lebih mudah ya dengan adanya situs penyedia jasa MUA seperti Sociabuzz. Sociabuzz.com adalah situs online penyedia marketplace untuk mencari dan memesan berbagai jenis jasa kreatif seperti MUA. Dan jasa makeup artist yang disediakan oleh Sociabuzz tentunya yang berkualitas alias bukan kaleng-kaleng ya.

jasa-make-up-artist

Cara memesan jasa MUA di Sociabuzz pun mudah sekali. Kita hanya perlu membuat akun di sana dan cari kata kunci makeup artist. Nanti akan muncul banyak sekali pilihan MUA untuk berbagai macam acara. Harga jasanya pun bervariasi, mulai dari Rp 150.000 ,- sampai sekelas Bubah yang sudah jutaan rupiah tarifnya.

Fitur pencarian yang ada sangat membantu dalam menyeleksi MUA yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kita. Karena selain ada seleksi harga, kita juga bisa mencari perias berdasarkan jenis kelamin dan lokasi tempat tinggal. Setelah hasil pencarian muncul kita tinggal lihat portfolio mereka yang sudah disediakan oleh Sociabuzz. Kalau oke, langsung booking deh.

Gampang banget kan.

Semoga tips ini bisa membantu teman-teman dalam memilih make up artist ya. Kalau ada saran lain  atau pengalaman menarik saat menggunakan jasa MUA langsung saja tulis di kolom komentar.

8 Replies to “Tips Memilih MakeUp Artist Untuk Rias Wajah yang Istimewa”

  1. Hm, ini kayaknya yang bakal bikin repot saya nanti pas nikah. Urusan MUA. Terima kasih banyak tipsnya, 😀

  2. Saya nggak pernah nih pakai makeup artis *secara bukan artis*. Tapi thanks infonya, kalau perlu bisa cari di Sociabuzz 😀

  3. Tipsnya keren ini 😍😍. Makasih, Mbak

  4. Wah, iya, ya. Tak selalu make up ngubah kita jadi syantik. Klo salah urus bisa bikin kecewa.

  5. Kalau saya pilih dari rekomendasi teman dan keluarga. Karena sudah ada yang pakai jasa make up artist dan cocok.. Jadi lebih percaya saja. Tapi zaman sekarang, jadi lebih mudah dengan hadirnya sociabuzz. Banyak pilihan, tinggal disesuaikan dengan budget.

  6. Mba kalau lakukan test dulu itu bayar juga apa gratis? wkwkwk nanyanyayah :p aku selama ini sih lewat kenalan keluarga sih tau MUA

  7. Salah satu penyesalahnku adl MUA nikahanku blrush onnya gonjreng banget. Pas test make up normal, pas eksekusi malah pengin meneteskan air mata. Kata adikku, msh bagusan make up cosplayku sendiri. Hueee tp aku cm bs dandan jd laki ahahahah

  8. Sy sering nggak puas sm MUA, bukan krna MUA nya yg kurang ahli. Tp krna ngerasa nggak cocok aja kalau d dandanin, tapi kalau dandan sendiri, meskipun minimalis selalu ada kepuasan tersendiri. Btw, Nice tips nya..

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.