Review Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Review Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Produk skincare apa yang jadi andalan teman-teman? Yang kudu ada dan pasti dipakai setiap hari gitu. Kalau saya tuh moisturizer atau pelembap dan sunscreen atau tabir surya.

Sayangnya, kulit saya agak pilih-pilih sama moisturizer. Enggak semua pelembap bisa memenuhi kebutuhan kulit saya yang kering, sensitif dan sering bruntusan.

Penyebab bruntusan pada kulit saya ini bisa bermacam-macam. Mulai dari enggak cocok sama produk perawatan kulit, kurang minum air putih, air keran untuk cuci muka yang kurang bersih sampai pemakaian masker yang terlalu lama dan terlalu sering.

Jadi, kalau sudah cocok sama satu produk pelembap ya udah saya jarang banget mau coba yang lain. Sampai pas mau pindahan kemarin saya jalan-jalan ke sebuah toko kosmetik di Sidoarjo dan melihat rak skincare dengan brand Skintific.

Brand ini sering saya lihat reviewnya di Instagram, terutama produk Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel. Saya ingat reviewnya cukup bagus sehingga tergoda juga untuk mencobanya.

Tentang Skintific

Jujur aja ini pertama kalinya saya mencoba produk perawatan wajah dari Skintific. Brand kecantikan ini diformulasikan di Kanada, lho. Formulasi produk Skintific sudah melalui berbagai penelitian oleh para ahli dan terbukti aman serta baik untuk kulit. Dan yang penting sih skin barrier friendly approved!

Kalau saya baca, Skintific tuh emang concern menjaga keseimbangan skin barrier. Karena kunci untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing adalah bekerjanya skin barrier atau sawar kulit ini dengan baik.

Skin barrier sendiri adalah bagian terluar kulit yang jadi benteng pertahanan pertama dari berbagai gangguan baik dari dalam maupun luar kulit. Bagian kulit ini berfungsi untuk:

  1. Mengunci kelembapan kulit.
  2. Mencegah kulit agar tidak kering dan dehidrasi.
  3. Menghalangi bakteri agar tidak menembus kulit.
  4. Mencegah timbulnya berbagai masalah kulit.

Skin barrier ini dibentuk dari kandungan kolesterol, asam lemak dan ceramide. Ceramide sendiri merupakan “glue” yang menyatukan sel-sel kulit kita untuk menjaga barrier kulit agar tetap utuh dan sehat. Kulit kita memang secara alami memproduksi ceramide, sayangnya seiring dengan bertambahnya usia, kuantitas dan kualitas ceramide yang diproduksi tubuh semakin berkurang.

Kalau skin barrier rusak, biasanya kulit kita mengalami iritasi, berwarna kemerahan, gatal, bruntusan atau berjerawat dan terasa pedih. Jadi kita perlu skincare yang mengandung ceramide untuk menjaga keseimbangan skin barrier supaya kulit tetap sehat, lembap dan glowing.

Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

review Skintific 5X Cermaide Moisture Gel

Kandungan

Nah, yang bikin saya memutuskan untuk mencoba Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel adalah kandungan ceramidenya yang enggak cuma 1 tapi 5 tipe dengan fungsi yang berbeda. Teknologi 5X Ceramide khusus diformulasikan untuk meniru struktur skin barrier kita sehingga optimal menjaga kesehatan kulit. 5 tipe ini adalah:

  • Ceramide NP berfungsi memperbaiki kekuatan barrier kulit.
  • Ceramide AP untuk menyimpan asam lemak penting di dalam epidermis.
  • Ceramide NS bermanfaat mengunci kadar air agar tetap terhidrasi.
  • Ceramide AS berfungsi menghalangi masuknya bakteri pada barrier kulit.
  • Ceramide EOP untuk menyatukan lapisan barrier kulit.

Selain itu kandungan Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel juga dilengkapi dengan Hyaluronic Acid, Centella Asiatica dan Marine Collagen. Saya tuh cinta banget dengan Centella Asiatica dan Marine Collagen apalagi saat kulit saya sedang bermasalah.

Tapi biasanya saya gunakan dalam bentuk hydrating toner atau serum dan memang efektif banget mengurangi masalah pada kulit sensitif saya. Jadi ketika ada produk pelembap yang mengandung kedua bahan favorit saya dengan teknologi 5X Ceramide, ya enggak pikir panjang lagi untuk mencobanya.

Skintific 5X Ceramide

Kalau kulitnya enggak sensitif perlu kah pakai moisture gel Skintific ini? Menurut saya perlu ya karena hero ingredientsnya bermanfaat untuk semua jenis kulit, yaitu:

  • 5X Ceramide: mengembalikan fungsi protective barrier kulit untuk mencegah hilangnya kelembapan pada kulit.
  • Hyaluronic Acid: menghidrasi kulit secara instan dan memperbaiki kulit dari dalam.
  • Centella Asiatica: menenangkan kulit dan merawat kulit yang sedang memiliki masalah inflamasi.
  • Marine Collagen: menghaluskan menjaga elastisitas kulit dan mencegah penuaan dini seperti garis halus dan keriput.

Tekstur dan Aroma

Sesuai namanya, tekstur Skintific 5X Ceramide adalah creamy-gel yang berwarna putih dan sangat ringan di kulit. Sehingga cocok dipakai oleh semua jenis kulit termasuk kulit berminyak dan berjerawat karena sifatnya yang cepat menyerap, tidak lengket dan ada efek cooling sensation yang bikin kulit terasa segar.

Skintific moisture gel

Saat diaplikasikan ke kulit, enggak tercium aroma apapun menurut saya. Tapi kalau iseng membaui isi dalam kemasan akan tercium aroma wangi segar yang samar.

Kemasan

Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel dikemas dalam jar berwarna biru muda doff berukuran 30 gram. Cukup banyak untuk ukuran produk pelembap wajah, ya. Jadi enggak takut cepat habis kalau pakainya agak boros seperti saya hehehe.

Untuk menjaga kehigienisan produk, moisture gel ini dilengkapi dengan inner lid atau tutup bagian dalam dan spatula. Jadi tangan kita enggak bersentuhan langsung dengan produk di dalam kemasan.Bagian luar jar ada stiker putih bertuliskan nama produk dan hero ingredients serta manfaatnya. Dan di bagian atas tutup ada emboss tulisan SKINTIFIC. Sementara di bagian bawah ada emboss tanggal kadaluarsa produk.

Review Skintific Moisture Gel

Kemasan kardusnya memiliki informasi produk yang lebih lengkap lagi. Mulai dari kandungan lengkap, manfaat produk dan cara pemakaian sampai informasi tentang TTETM Patented Technology yang digunakan oleh Skintific.

TTETM Patented Technology atau Trilogy Triangle Effect adalah teknologi yang mengkombinasikan tiga bahan aktif sehingga bisa mengatasi permasalahan kulit dengan efektif dan cepat sambil menghidrasi kulit dan melindungi barrier kulit. Kalau di Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel, bahan aktifnya adalah Ceramide, Hyaluronic Acid dan Centella.

Oya, meski tidak tercantum dalam kemasan, Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel sudah lolos uji BPOM dengan nomer registrasi NA11210100167.

Skintific BPOM

Review Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Jujur aja saya enggak punya ekspektasi yang tinggi saat mencoba produk ini. Karena beberapa pelembap bertekstur seperti gel yang pernah saya pakai kurang bisa menghidrasi kulit saya.

Ternyata Skintific 5X Ceramide Moisture Gel ini melebihi ekspektasi saya. Dengan pemakaian normal sebanyak satu sendokan spatula bisa bikin kulit sayaterasa lembap banget.

Yang paling saya suka adalah sensasi ademnya dan enggak bikin lengket di kulit. Dipakai siang hari saat cuaca Brunei sangat panas itu efeknya kaya abis cuci muka. Segar dan enaaaak sekali. Dipakai malam hari pun lembapnya awet sampai pagi meski tidur dengan AC yang cenderung bikin kulit jadi kering.

manfaat skintific moisture gel
perbedaan warna kulit karena pencahayaan

Efek memperbaiki barrier kulit pun saya rasakan dengan cepat. Beberapa hari setelah pindah ke Brunei ini, kulit saya yang beradaptasi dengan air dan cuaca mulai terasa sangat kering, gatal dan bruntusan. Di bagian pipi juga muncul jerawat.

Setelah 10 harian rutin pakai Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel, jerawat saya menghilang serta kulit jadi lebih halus. Tinggal bagian dahi yang masih agak kasar dengan pori-pori besar.

Efek Skiintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel
perbedaan warna kulit karena pencahayaan

Secara ringkas, menurut saya kelebihan Skintific 5X Ceramide Moisture Gel adalah:

  1. Bisa melembapkan bahkan di kulit kering tanpa bikin kulit jadi berminyak.
  2. Mengatasi kulit bruntusan, gatal, kemerahan karena skin barrier rusak.
  3. Menghaluskan tekstur kulit.
  4. Mudah menyerap dan tidak lengket.
  5. Ada sensasi dingin yang menenangkan kulit.
  6. Bebas SLS, paraben free, alcohol free, mineral oil free, cruelty free dan sudah terdaftar di BPOM.
  7. Dijual juga di Brunei. Ini penting banget karena saya mau repurchase dan bakal jadi pelembap andalan saya.

Kekurangannya belum saya temukan, ya. Karena sampai sekarang masih nyaman pakai ini dan merasakan benar manfaatnya.

Untuk teman-teman di Indonesia bisa beli langsung di official shop Skintific di Shopee, Tokopedia dan marketplace lain dengan harga Rp139,000 dengan ukuran jar 30gr. Recommended deh kalau teman-teman lagi nyari moisturizer yang bisa bikin kulit lebih sehat, lembap dan glowing.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

3 thoughts on “Review Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top