Makeup Simple Untuk Kondangan di Luar Kota

Tampil cantik saat menghadiri undangan acara istimewa itu pasti wajib banget ya, termasuk hadir ke acara pernikahan. Selain untuk meningkatkan rasa percaya diri juga untuk menghargai yang mengundang, ya kan. Untuk bisa terlihat cantik, kita bisa kok menggunakan makeup simple aja. Apalagi kalau nggak bisa pakai makeup lengkap ala beauty vlogger dan nggak memungkinkan untuk sewa makeup artist. Seperti yang saya lakukan saat menghadiri kondangan sepupunya suami di luar kota beberapa bulan lalu.

Baca Juga: Tips Memilih Makeup Artist untuk Rias Wajah yang Istimewa

Saat bepergian ke luar kota, biasanya saya selalu berusaha untuk mengemas baju dan perlengkapan lain seringkas mungkin. Travel light istilahnya. Tapi ya namanya pergi bawa anak tentu nggak bisa terlalu ringkas, karena biasanya selain harus bawa baju yang cukup untuk anak juga bawa perintilan lainnya. Jadi akhirnya yang dikorbankan tentu perabotan lenong dan perawatan kulit. Biasanya sih kalau traveling gitu saya bawa peralatan makeup simple aja seperti cushion, lipstik dan tentunya pensil alis.

Nah, karena tujuan bepergian kali ini adalah untuk menghadiri acara pernikahan rasanya harus bawa peralatan makeup yang sedikit lebih lengkap demi terlihat segar dan cantik saat kondangan. Tapi diusahakan seminimal mungkin.

makeup simple

Untuk makeup simple kondangan kemarin saya menggunakan produk makeup berikut ini:

6 Produk untuk Makeup Simple Kondangan

Karena cuma bisa bawa sedikit kosmetik, demi menghasilkan riasan yang flawless, kulit wajah harus sehat. Jadi malam sebelum hari H, saya pakai face sheet mask dulu supaya kulit terhidrasi dengan baik dan cukup nutrisi. Soalnya kalau traveling gitu kan suka kurang minum dan makanan yang dikonsumsi kadang kurang sehat akibatnya kulit jadi kusam dan kering sehingga bisa membuat base makeup terlihat cakey atau creasing.

Selain pakai sheetmask, karena acaranya pagi, setelah cuci muka saya memakai masker untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Bawa masker sachet aja yang bisa dibeli di minimarket supaya nggak berat. Setelah masker dibersihkan lanjut dengan rangkaian skincare dan ditutup dengan sunscreen. Baru deh siap untuk dandan. Makeup simple kondangan ala saya menggunakan produk-produk ini.

Cushion 

Cushion adalah produk yang berfungsi sebagai base makeup untuk menutup noda hitam dan meratakan warna kulit. Kalau biasanya kita mengenal foundation dalam bentuk cair, nah cushion ini punya fungsi yang sama hanya bentuknya compact seperti bedak. Buat saya yang nggak suka pakai foundation, cushion ini pilihan saya saat harus dandan agak istimewa.

Kali ini saya memakai Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion. Kalau dari segi coverage sih lumayan oke ya, teksturnya ringan dan di sebagian orang bisa memberi efek glowing natural. Meski di kulit saya sih hasilnya jadi agak matte dan kurang bisa bikin kulit terlihat glowing sehat. Yang bisa ngasih efek kulit dewy sejauh yang pernah saya coba adalah cushionnya Sulwashoo dan Laneige. Tapi Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion ini pun sudah cukup bagus kok untuk produk lokal dengan harga Rp 130,000an. Apalagi dia bisa ngasih tampilan pori-pori yang halus jadi saya nggak perlu pakai primer dulu. Praktis kan.

base makeup simple kondangan
Maybelline Fit Me! Concealer dan Wardah Exclusive Flawless Cover Cushion

Concealer

Karena waktu itu saya punya jerawat besar yang masih kemerahan dan nggak bisa ditutup oleh Wardah, saya pakai Maybelline Fit Me! Concealer untuk menyamarkannya. Juga dipakai untuk meratakan warna bagian bawah mata yang terlihat hitam karena kurang tidur.

Dengan dua base makeup ini kulit wajah jadi terlihat rata, halus dan sehat dan nggak bikin kulit seperti pakai topeng.

Pensil Alis

Pensil alis ini penting banget untuk pemilik alis tipis tak beraturan seperti saya. Jangankan ke kondangan, untuk antar anak sekolah aja rasanya wajib gitu ngalis dulu sebelum keluar rumah meski belum mandi sekalipun. Sekarang ini favorit saya adalah Wardah Eyebrow Pencil warna brown yang bikin alis tampak penuh tapi nggak keliatan galak. Suka banget deh sama pensil alis Wardah ini. Selain empuk, pigmented dan tahan lama, harganya juga terjangkau. Cuma sikat alisnya terlalu keras menurut saya, jadi saya lebih suka pakai sikat alis bawaannya The Face Shop Designing Eyebrow Pencil yang sudah habis pensilnya.

peralatan rias mata
Maybelline Hyper Sharp Eyeliner, Warday Eyebrow Pencil dan Maybelline Magnum Barbie Waterproof Mascara

Eyeliner

Sebagai pemilik mata dengan kelopak yang kecil, Maybelline Eyeliner Hyper Sharp Power Black Liner bisa bikin mata saya terlihat lebih besar dan gampang banget digunakannya.

Maskara

Supaya dandanan mata lebih maksimal, maskara wajib digunakan setelah sebelumnya dijepit dulu dengan penjepit maskara supaya terlihat lebih lentik, panjang dan lebat. Saya sebenarnya kurang suka pakai maskara karena bulu mata jadi terasa menggumpal gitu tapi Maybelline Magnum Barbie Mascara ini nyaman banget dipakai seharian.

Lip Cream

lip cream candy color cosmetics
Lip cream yang juga bisa berfungsi sebagai blush on dan eyeshadow

Supaya praktis, saya memilih produk lip cream yang bisa berfungsi untuk mewarnai pipi dan kelopak mata. Jadi nggak perlu lagi bawa blush on dan eyeshadow. Cukup dengan Candy Color Cosmetics Matte Lip Cream, bisa bikin wajah terlihat segar dan berwarna.

Nah, itu makeup simple kondangan yang saya gunakan saat traveling. Alhamdulillah sih meski simple hasilnya tetap bagus.

hasil makeup simple untuk kondangan

Cantik Saat Traveling Bareng Turiscantik.com

Saat memilih produk makeup untuk dibawa kondangan keluar kota ini, saya sempat nyontek Tutorial Makeup Traveling 5 Menit Kelar dari Mbak Muthia Pakpahan. Saya suka baca blognya Mbak Mut ini karena sering ngasih tips makeup dan skincare serta ulasan tentang negara atau daerah yang dia datangi.

Cara Mbak Mut menulis tentang tempat-tempat wisata yang dia kunjungi juga menarik. Nggak semua dijejalkan jadi satu dalam satu tulisan, melainkan fokus pada satu hal di satu artikel dan membahas tentang fokus lain di artikel lainnya yang linknya ditautkan di artikel bertema sama. Jadi yang baca tergoda untuk ngeklik tautan demi tautan kalau ingin tahu lebih lengkap tentang Turki misalnya.

makeup traveling

Mbak Turis juga suka nulis tentang apa yang jadi tren di masyarakat kota besar dengan gaya tulisan yang to the point, enak dibaca serta didukung dengan foto-foto berkualitas bagus, seperti foto-foto di akun instagramnya. Kalau baca blognya Mbak Mut ini rasanya mata emak-emak visual seperti saya ini dimanjakan banget nih. Untuk yang perlu info tentang perawatan kulit dan makeup traveling dan cara tetap cantik saat traveling langsung aja main ke blog turiscantik.com atau follow IGnya: @turiscantikdotcom.

alfakurnia
Posts created 352

37 tanggapan pada “Makeup Simple Untuk Kondangan di Luar Kota

    1. Cantiknya Mbak Alfa, ternyata mudah dan simple ya kalau kita niat untuk make up hihihi. Sayangnya saya kurang telaten Mbak. Paling banter pake foundation dan bedak, jarang juga pake lipstik. Jadi tertarik mencoba tips make up simple Mbak Alfa nih.

    2. Wah aku belum pernah coba nih, cushionnya Wardah. Harganya masih ok lah ya, daripada YOU bikin nangis :'(. Ternyata alatnya yang dibawa simple ya mbak, btw aku juga jarang pakai foundi, karena bingung kalo gak ada kaca hehe. :)) Kalo cushion khan sekaligus bisa ngaca, lebih gampang dibawa kemana2. Cuma isinya dikit xixi. Aku mau kepoin mbak turis cantik ah :))

  1. wah, simpel sekali ya mbak, saya juga pake cushion itu, dan seringan itu hehe :3 nyatanya untuk make up itu harus diasah dgn menonton banyak video, baca review, tidak terkecuali dgn coba brand ini itu hihi

  2. Kalau saya, cukup pakai bedak dan lipstik saja. Kalau ada nih, pakai blush on sudah oke.
    Anti ribet dan emang segitu bisanya. Hehehe… Lebih banyak memang lebih bagus sih ya hasilnya…

  3. Cantik saat kondangan itu wajib.. btw alat2 kosmetik yang dipake sama kayak aku haha.. jadi bayangin gimana ribetnya pergi bawa bocah ya.. orang dewasa pergi bisa cuma bawa 2-3 baju tapi kalo bocah ga bisa begitu 😂

  4. Saya enggak bisa dandan sih mbak, hehehe. Tp andalan saya cusion dan mate lipstick. Kemana-mana cuma pakai 2 produk itu, bahkan kondangan,wkwkwk. Dulu pas kerja di bank sempat ikut make up class, tapi ternyata sayanya enggak telaten buat make up-an sehari-hari.

  5. Temenku bilang cushion wardah bagus ya k? Aku sih belum beli dan cobain karena yang di rumah masih ada. Nanti kalau habis jadi pengen cobain deh kayanya simpel dan ringan ya k. Fotonya jga terlihat natural dengan wardah.

  6. Cushion memang selalu jadi andalan, mau kondangan gak kondangan harus wajib d bawa. Soal’y saya gak suka pake bedak dan foundie. Penting ya punya peralatan tempur andalan yang bisa dibawa kemana-mana, klo kondangan keluar kota bawa alat make up lengkap bisa ngabisin tempat banget. Hihi..

  7. Kalau saya kondangan mesti pake eye shadow dan maskara hahhaa, biar beda aja dari hari biasanya yang emang sudah bold make up.

  8. Wah, suka deh make up chic kayak begini. Gak ribet tapi tetep manis ya. Pas buat kondangan ke luar kota. Kalo terlalu ribet dan dewy, gerah kayaknya ya di jalan. Malah bias luntur karena keringetan.

    1. Kalau begitu make up saya super simple sepertinya. Hehe … saya jarang pakai yang macem-macem. Pelembab, bedak, eyeshadow, lipstik aja paling. Mana beda-beda produknya. Samaan pakai wardah di lipstiknya aja, Mbak Alfa.

  9. Cushion for life. Beruntung banget deh jaman sekarang cushion bertebaran, jadi kalo ada acara di luar kota gak perlu ribet bawa foundie atau BB cream yang kemasannya rentan bocor, bawa cushion aja and ready to go😆.

  10. saya biasanya bb cream atau cc cream, concelear, maskara dan liptint haha. udah itu aja. liptintnya bisa buat blush on juga. tapi kadang enggak dandan karena pake cadar paling maskara aja biar bulunya lebih lentik haha

  11. Wah Wardah punya cushion juga yah. Aku lagi sika banhmget sama cushion dibandingkan compact powder. Lebih glowing gitu hehe.

  12. Simpel yaaa… Aku aslinya make up kondanganpun gitu2 aja sih, cuman foundie-bedak-shimmer-eyeshadow-blush on-lipcream. Tapi iya, penasaran sama cushion karena kayanya bikin agak berbeza gitu ke muka.

    1. Iya, kalau bisa makeup kondangan nggak terlalu berat untukku, yang penting muka keliatan segar. Cushion efeknya lebih dewy ke wajah sih, Mbak.

  13. Cushionnya wardah bgs mba. sy prnh nyoba punya ibu saya. Hasilnya perfect di muka.

    Sy tipe org yg malas dandan. paling kalau ke kantor pake pelembab, loose powder, lip matte. it’s enough hehehe..

    Kalau ke pesta baru agak menor dikit

  14. Ih Aku pernah nih kondangan keluar kota , perjalanan Dr Jakarta 10 jam pastinya kurang tidur.
    Ternyata menyiasati biar lebih fresh saat acara pakai sheetmask ya. Scrub juga akungak pakai😔. Baiklah for next kondangan.

  15. Makasih mba artikelnya. Saya suka produk Maybelline tapi habis jadi IRT gak pernah make-up an lagi. Ke kondangan iya sih, dan bener juga gak mau tebal2. Mungkin saya bakal visit ulang artikel ini kalau ke kondangan 😊

  16. Untuk makeup simpel ke kondangan biasanya saya main di riasan mata. Karena keseharian saya gak pernah pake riasan mata, jadinya akan nampak berbeda. Btw tips pake sheet mask dulu sebelum berangkat ke luar kota untuk kondangan, OK banget nih buat dipraktekkan.

  17. Semakin sering membaca artikel tentang make up, rasa-rasanya aku tergoda untuk belajar bermake up juga. Biasanya cuma pakai krim wajah dan lipstik aja, nih. Ampyun deh, yaaa.

    Nah, apalagi lihat hasilnya yang tampak glowing tapi terkesan ringan kayak dirimu ini, Mbak. Sukaaa …

  18. Mbak Alfa, tipsnya berguna bgt nih buat mau make up simpel. aku hampir kaya mbak alfa tp ga pake mascara, soalny suka ketebelan hahah

  19. Aku tuh walau ke kondangan, jarang bgt pakai maskara. Beli tapi suka lupa makai sampai kering Wkwkwk. Cushion juga aku belum pernah nyoba krn blm pede. Kayaknya wajib nyona nih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas