Cegah Tanda Penuaan Dini dengan Whitelab Retinol Treatment Serum

Cegah Tanda Penuaan Dini dengan Whitelab Retinol Treatment Serum

“Ma, mama kok keliatan sudah tua. Sudah ada garis-garis di bawah mata mama sama di sini trus di sini,” ujar bungsu saya sambil menunjuk smile lines saya.

Yah, sebenarnya wajar bagi perempuan seusia saya muncul tanda-tanda penuaan. Apalagi sejak kena Covid-19 beberapa minggu lalu agak malas merawat wajah.

Tapi, ternyata munculnya tanda-tanda penuaan di kulit seperti kerutan garis halus, kusam dan flek hitam bukan hanya masalah usia, lho. Enggak sedikit teman-teman yang masih berusia di akhir 20-an atau awal 30-an sudah memiliki masalah tersebut.

Tanda Penuaan Dini Pada Kulit

Penyebabnya antara lain:

1| Tidak menggunakan tabir surya di siang hari.

Tabir surya atau sunscreen ini bukan hanya dipakai di luar rumah, lho. Teman-teman yang beraktivitas di dalam ruangan seperti rumah atau kantor pun perlu memakainya. Apalagi kalau sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Karena sinar ultraviolet (UV) dipercaya bisa merusak jaringan elastin pada kulit. Yang menyebabkan kulit jadi keriput sebelum waktunya.

2| Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan.

Nikotin, tar, dan karbon monoksida yang terkandung dalam rokok bisa merusak jaringan tubuh dan menghambat peredaran darah ke area wajah. Akibatnya keriput muncul lebih cepat dan wajah nampak terlihat kusam.

Sedangkan alkohol dapat menurunkan kadar vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dalam tubuh. Padahal ketiga vitamin ini merupakan antioksidan yang sangat berperan dalam proses regenerasi kulit. Akibatnya jaringan kulit yang rusak akibat efek radikal bebas jadi sulit beregenerasi.

3| Menerapkan pola makan yang tidak sehat.

Makanan memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh dan kulit. Karbohidrat olahan seperti roti atau pasta juga gula yang berlebihan dapat merusak kolagen pada kulit. Begitu juga dengan gorengan, fast food, dan daging yang berlemak.

4| Kurang tidur

Menurut artikel yang saya baca di alodokter.com, sering begadang dan kurang tidur juga dapat mengakibatkan penuaan dini.

Orang yang memiliki gangguan tidur kronis lebih berisiko mengalami gangguan pada kulit, termasuk penuaan dini.

alodokter.com

Retinol Dapat Menunda Tanda Penuaan Dini

Mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan yang bernutrisi, berolahraga meski sedang puasa, tidur cukup dan menggunakan sunscreen bisa menjadi solusi kulit wajah nampak sehat dan lebih muda. Selain itu kita juga perlu merawat wajah dengan baik.

Selain perawatan kulit basic, enggak ada salahnya kita menambahkan anti aging serum. Dan menurut para dermatologist, retinol adalah bahan aktif yang dianggap sebagai standar emas perawatan anti-aging.

Apa Itu Retinol

Retinol adalah turunan sintetis dari vitamin A, kelompok vitamin yang larut dalam lemak yang banyak ditemukan dalam makanan seperti wortel, telur dan ubi jalar.

halodoc.com

Retinol dalam Serum

Kandungan retinol dalam serum dipercaya dapat mencegah munculnya tanda penuaan dini dengan cara:

  1. Menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan kulit.
  2. Meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga kerutan dan garis halus bisa tersamarkan.
  3. Menstimulasi produksi sel darah baru yang mampu memperbaiki warna kulit, mengurangi flek hitam dan hiperpigmentasi.
  4. Mengelupas sel kulit mati dan menghasilkan kulit baru yang lebih cerah dan halus.

Tapi, retinol merupakan bahan aktif yang kuat. Sehingga bisa menimbulkan iritasi pada sebagian orang. Terutama bagi yang belum pernah menggunakannya sebelumnya.

Inilah faktor utama saya belum pernah mencoba pakai retinol serum. Kulit saya cenderung sensitif dengan bahan-bahan kuat jadi khawatir bakal iritasi. Kalau udah iritasi tuh susah banget mengembalikan ke kondisi normal.

Namun, setelah dibilang kulit saya terlihat tua oleh si bungsu, saya merasa sudah waktunya memasukkan retinol dalam anti aging serum ke dalam skincare routine saya. Apalagi setelah melihat sendiri teman-teman yang lebih tua dari saya yang memakai serum retinol tuh kulit wajahnya nampak glowing dan sehat gitu.

Whitelab Retinol Treatment Serum

Whitelab Retinol Treatment Serum

Nah, kebetulan saya menemukan Whitelab Retinol Treatment Serum yang mengklaim bisa membantu mencegah munculnya tanda penuaan dini. Apalagi kandungannya lebih lembut di kulit dan less iritation jadi cocok untuk kulit sensitif seperti saya.

Kandungan Whitelab Retinol Treatment Serum

Whitelab Retinol Serum memiliki 4 hero ingredients, yaitu: encapsulated retinol 1%; ferulic acid, hyaglutamic 10000TM dan ceramid-4. Tapi kali ini saya bakal fokus ke dua kandungan utama yaitu encapsulated retinol 1% dan ferulic acid.

Encapsulated Retinol 1%

Apa beda encapsulated retinol dengan retinol biasa? Kalau dari artikel yang saya baca di hudabeauty, encapsulated retinol itu sebuah teknologi yang membungkus retinol ke dalam carrier system atau sistem pembawa.

Teknologi enkapsulasi ini membuat retinol menembus lebih dalam ke lapisan kulit sebelum diaktifkan. Atau dikenal juga dengan istilah time-release technology yang bisa memperpanjang waktu antara produk mengenai kulit kita sampai mulai bekerja. Menurut Dr. Scott Paviol* teknologi ini dapat mengurangi kekeringan, iritasi dan pengelupasan kulit.

Kandungan encapsulated retinol 1% dalam Whitelab Retinol Treatment Serum adalah retinol yang di”bungkus” dengan sugar molecules dextrin. Berfungsi untuk:

  • Meremajakan kulit
  • Membantu proses stimulasi regenerasi kulit
  • Menyamarkan tanda penuaan dini (kerutan, garis halus, flek hitam dan kulit kusam)
  • Mengurangi risiko iritasi dan sensasi menyengat pada kulit.
  • Merangsang produksi kolagen di kulit.

Karena lebih gentle di kulit, Whitelab Retinol Serum ini bisa banget dipakai oleh yang baru pertama kali mau coba retinol.

* a board-certified dermatologist and founder of Paviol Dermatology in Charlotte, North Carolina

Manfaat Serum Retinol

Ferulic Acid

Ferulic Acid merupakan antioksidan alami yang ditemukan di kulit bulir gandum dan beras. Dalam perawatan kulit, ferulic acid bermanfaat untuk:

  • Melindungi kulit dari efek radikal bebas.
  • Merawat kekenyalan dan kekencangan kulit.
  • Melawan flek akibat age spots dan sun spots.

Dengan dua kandungan utama ini, Whitelab Retinol Treatment Serum lebih efektif memperbaiki tekstur kulit seperti kerutan dan garis halus. Juga membuat kulit jadi lebih kenyal dan flek hitam berkurang. Sekaligus melawan radikal bebas serta merawat kekencangan kulit.

Tekstur, Warna dan Aroma

Dikemas dalam botol kaca doff berwarna cokelat dilengkapi stiker putih bertuliskan nama produk, kandungan dan cara pakai, membuat anti aging serum ini kelihatan elegan. Pipetnya yang panjang juga memudahkan untuk mengambil serum dari dalam botol.

Serumnya sendiri berwarna putih pekat dengan teksturnya seperti lotion ringan. Meski sedikit lengket saat pertama kali dioleskan, serumnya mudah diratakan dan terasa sejuk di kulit.

Serum anti aging Whitelab

Cara Penggunaan

Whitelab Retinol Serum digunakan hanya di malam hari, ya, teman-teman, Jadi masuk ke dalam skincare routine malam.

Cara penggunaannya mudah kok. Di wajah yang sudah dibersihkan teteskan 2-4 serum di wajah dan ratakan. Disarankan pakai pelembap setelah pakai serum. Trus pagi harinya wajib pakai sunscreen, ya.

Untuk penggunaan awal cukup 2-3 kali seminggu. Kalau sudah terbiasa dan enggak ada iritasi bisa ditambah jadi setiap malam. Saya sendiri sudah pakai selama 4 malam berturut-turut dan alhamdulillah aman.

Amankah Untuk Ibu Hamil?

Retinol termasuk encapsulated retinol adalah skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil. Karena bahan aktif ini bisa terserap ke dalam aliran darah dan menembus plasenta. Salah satu efek samping yang bisa terjadi adalah sindrom retinoid janin.

Jadi sebaiknya tunggu sampai selesai melahirkan dan menyusui kalau mau pakai retinol serum. Atau pakai Whitelab Bakuchiol Treatment Serum yang aman untuk ibu hamil dan menyusui dengan manfaat serupa.

First Impression Menggunakan Whitelab Retinol Treatment Serum

Saya baru memakai Whitelab Retinol Treatment Serum selama beberapa hari. Jadi ulasan ini saya tulis sebagai first impression pemakaian, ya.

Di kulit saya so far aman aja. Enggak ada efek iritasi seperti kulit jadi kering dan kemerahan. Juga enggak mengalami sensasi kulit seperti tertarik gitu. Nyaman aja di kulit.

Efeknya memang belum terlihat maksimal. Karena berdasarkan penelitian memang dibutuhkan waktu 8-12 minggu untuk melihat hasil kerja retinol.

review serum anti aging

Tapi, saya merasa kulit jadi lebih lembap bahkan sampai pagi pun masih terasa kenyal dan lembut padahal semalaman tidur di ruangan ber-AC. Juga jadi terlihat lebih sehat gitu.

Sepertinya saya bakal terusin pakai sampai habis. Nanti saya update lagi review setelah serumnya habis, ya.

Tapi teman-teman enggak usah tunggu lagi untuk mencoba Whitelab Retinol Treatment Serum. Apalagi nunggu sampai usianya seperti saya. Justru sebaiknya pakai serum retinol sejak dini. Serum ini bisa dipakai mulai awal umur 20-an untuk mencegah munculnya tanda penuaan diri. Prevention Starts Now.

Langsung aja coba sekarang mumpung ada diskon 5% dari harga normal Rp99.000 dalam rangka Exclusive Launch di Shopee. Diskonnya cuma berlangsung selama 7 hari tanggal 4-10 April 2022.

Selama diskon ini harganya tinggal Rp94.905, lho. Kapan lagi bisa nyobain serum retinol dengan harga segini, kan. Yuk buruan ke Whitelab Official Shop di Shopee sebelum kehabisan.

Referensi:
– https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/do-retinoids-really-reduce-wrinkles
– https://www.halodoc.com/artikel/mengenal-lebih-dekat-serum-retinol-dan-manfaatnya-bagi-kulit
– https://www.alodokter.com/lima-kebiasaan-yang-memicu-penuaan-dini-kulit
– https://hudabeauty.com/us/en_US/blog-encapsulated-retinol-75045.html

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

21 thoughts on “Cegah Tanda Penuaan Dini dengan Whitelab Retinol Treatment Serum

  1. Aduh deeekk kalo mama dibilang udah ada fine lines, apa kabar tante Nurul iniii 😆😆😆

    Tapi produk ini emang ciamiikk mba. Banyak biuti enthusiast yg rekomen.daku kepo beraaatt

  2. Ternyata harganya masih affordable, ya, mba, padahal kemasannnya terkesan ekslusive, dan aesthetic. sekarang kuncinya ada diorangnya, yaa.. produknya yakin bagus. Nah, orangnya juga harus rajin pakenya. Thankyou fo sharing, mba.

  3. Saya maju mundur mau pakai retinol sebab bahan aktifnya kuat, kuatir iritasi karena kulitku sensitif. Tapi mengingat tanda penuaan makin meraja jadi pengin coba juga nih serum retinol ini.
    Whitelab Retinol Treatment Serum bisa jadi solusi nih buat cegah tanda penuaan dini

  4. Permasalahan saya semua ini, flek hitam, kerutan, garis penuaan, ah waktu memang tidak bisa sibohongi ya…
    Saatnya perlu serum yang tepat juga nih untuk sekadar merawat dan mensyukuri semua karunia ini. Terimakasih Informasi serumnya Mbak Alfa

  5. Wah, sedang ada diskon ya Mbak? harganya semakin terjangkau nih hehehe.. Jadi tertarik, karena sepertinya mulai butuh serum anti penuaan. Akhirnya semakin sadar bahwa kulit tidak bisa berbohong.. hehehe, tanda-tanda penuaan mulai bertebaran di wajah..

  6. Mantapp nih kayaknya, pengenn cobain juga biar ngga kusam2 bangett nih pas Iedul Fitri kwkwk. apalagi udah kepala 3 gini, waduhh penuaann jadi yang paling dihindari

  7. Informasi menarik mbak, retinol bisa dipakai mulai usia 20an. Aku pribadi masih pikir-pikir pakai retinol soalnya belum pernah sama sekali. Tapi, dari ulasan dari Mbak Alfa jadi tenang karena Retinol Whitelab nggak bikin iritasi.

  8. Wah iya, sudah 30 tahun plus plus nih aku
    Sudah saatnya lebih memerhatikan soal penuaan dini
    Emang banyak mbak yg merekomendasikan Retinol Whitelab ini
    Aku juga da masukin ke wish list nih

  9. Saya baru mengingat-ingat nih mba, skincare apa aja yang khusus dipakainya pas malam hari. Serum dengan kandungan retinol gini ternyata masuk ke dalam kategori skincare malam. Saya catet nih mba. Kadang terbalik-balik ingatnya, antara retinol, vitamin C dan hyaluronic acid.

  10. Penasaran sama retinolnya whitelab. Masuk wishlist mulu belum kebeli. Semoga segera dapat merasakan manfaatnya.

  11. Retinol udah masuk wishlist karena pengen banget nyobain kandungannya yang cocok buat ngilangin tanda penuaan. Sebagus itu emang. Semoga segera punya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top