5 Manfaat Menulis Blog dan Alasan Saya Melakukannya

Manfaat Menulis Blog

Apa sih manfaat menulis blog? Kenapa akhir-akhir ini banyak sekali yang berminat belajar ngeblog dan menjadi blogger? Bahkan makin banyak yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan paruh waktu dan penuh waktu. Dan kenapa saya masih ngeblog juga meski banyak sekali blogger yang lebih baik di sekitar saya?

Kenapa saya masih menulis blog? Apakah saya harus terus menulis blog?

Jujur saja pertanyaan itu sering terlintas di pikiran saya akhir-akhir ini. Sempat terpikir untuk berhenti ngeblog karena ya sudah nggak ada lagi semangat untuk menulis. Apalagi semakin banyak blogger-blogger yang lebih bagus, lebih berprestasi, lebih eksis, lebih… lebih… lebih… Sementara saya kok gini-gini aja. Malah pageview makin turun, DA/PA juga terjun bebas. Tawaran placement post dan job review pun nyaris tak ada lagi. Ah, untuk apa lagi saya ngeblog.

Padahal saya masih bercita-cita menjadi blogger profesional. Tapi masih bingung menentukan blog ini mau fokus ke niche apa. Dibilang lifestyle blog ya isinya bukan tentang gaya hidup yang sedang tren. Mau disebut parenting blog ya sudah nggak pernah nulis soal parenting lagi. Fokus ke liputan tentang kehidupan di Brunei pun kami jarang eksplorasi Brunei dan sebentar lagi mau kembali ke Indonesia karena pekerjaan suami di sini sudah selesai. Hiks.

Saya juga belum punya jam kerja khusus untuk menulis dan mengurus blog pojokmungil.com ini. Atau rencana kerja dan target agar blog ini bisa berkembang lebih baik. Padahal menurut Mbak Kiki Handriyani, mentor kami di kelas NulisYuk Batch 38 tema blog, untuk disebut sebagai blogger profesional ada beberapa syarat yang harus dilakukan oleh seorang blogger, yaitu:

Lakukan 8 Hal Ini Untuk Menjadi Blogger Profesional

  1. Jadikan profesi blogger sebagai profesi utama.
  2. Ketika menulis di blog, terapkan sistem kerja seperti layaknya pekerja kantoran: ada jam kerja, ada jam turun ke lapangan untuk liputan dan ada waktu untuk belajar tentang blogging dan pernak-perniknya.
  3. Lakukan personal branding di media sosial.
  4. Percaya diri saat memperkenalkan diri sebagai blogger di depan publik.
  5. Punya attitude yang baik. Hal ini ditandai dengan betul-betul untuk menyimak materi dan bekerja saat menghadiri event. Bukan menjadikan event sebagai ajang ketemuan dengan teman sesama blogger, sibuk selfie dan saat pemateri berbicara malah asyik ngobrol dengan peserta lain. Saat event selesai, tulislah liputan sesuai dengan brief pekerjaan (bila perlu berikan lebih dari apa yang dibayarkan klien).
  6. Percaya bahwa rezeki itu tidak akan tertukar dan ada waktunya. Jadi jangan suka menyerobot pekerjaan blogger lain.
  7. Belajar etika dan cara berkomunikasi yang baik dengan klien, rekan kerja maupun orang-orang yang baru dikenal.
  8. Pelajari peta perpolitikan dunia blogging karena blogger pun sudah menjadi profesi yang penuh dengan intrik.

Berat ya ternyata menjadi blogger profesional. Dan untuk bisa melakukan semua hal tersebut diperlukan komitmen dan disiplin yang tinggi. Sementara saat ini saya merasa belum mau dan sanggup menjalaninya.

Tapi apakah saya harus berhenti ngeblog total? Menurut teman-teman gimana?

Setelah berkontemplasi dengan diri sendiri dan bergabung di Rumah Belajar Literasi Ibu Profesional Asia, yang lalu dipercaya untuk mengelola blog IP Asia dan menjadi salah satu mentor untuk sesi bulanan Blogging & Writing Mentor, saya memutuskan untuk tetap menulis di blog.

Saya menyadari bahwa meski prestasi saya di bidang blogging nggak ada apa-apanya dibanding teman-teman blogger yang sudah profesional, saya masih punya sesuatu untuk dibagikan. Dan itulah tujuan awal saya menulis di blog. To share, because sharing is caring. Betul kan?

Manfaat Menulis Blog

Selain itu, saya ngeblog karena masih merasakan beberapa manfaat menulis blog yang lain sebagai berikut.

5 Manfaat Menulis Blog dan Alasan Saya Melakukannya

Melatih Kemampuan Menulis 

Quote tentang menulis

Saya suka menulis, tapi saya merasa tulisan saya nggak bagus-bagus amat. Bahkan jujur saja saya sering malas membaca kembali tulisan saya. Lha, kalau yang nulis saja nggak suka membaca tulisan sendiri gimana orang lain mau membacanya ya. Nah, menulis di blog secara teratur bisa menjadi sarana saya berlatih menulis.

Dan dengan mengikuti kelas NulisYuk Batch 38 Tema Blog ini, saya berharap bisa memperbaiki tulisan-tulisan saya di blog menjadi lebih enak dibaca. Sehingga saya sangat mengharapkan feedback dari mentor dan teman-teman satu kelas mengenai tulisan-tulisan saya di blog ini.

Berbagi Pikiran dan Pengalaman

Sharing is caring

Salah satu alasan saya menulis di blog adalah berbagi pikiran dan pengalaman. Saya ini suka overthinking. Apa-apa dipikirin. Tapi nggak pandai berkomunikasi secara lisan sehingga akhirnya sering bingung sendiri karena pikiran saya penuh dengan banyak hal. Dengan menulis di blog saya bisa menuangkan apa yang ada di pikiran saya dan mungkin mendapatkan teman berdiskusi. Kalaupun tidak, setidaknya saya sudah cukup senang karena satu beban pikiran sudah berkurang. Ada yang begitu juga nggak?

Dengan berbagi pengalaman di blog juga saya berharap orang lain bisa memperoleh manfaat atas apa yang saya alami. Misalnya salah satu artikel yang paling sering dibaca di blog ini adalah tentang Speech Delay si Keenan. Dari artikel ini banyak yang akhirnya menghubungi saya lewat email dari berbagi pengalaman mengasuh anak dengan gangguan terlambat bicara. Begitu juga artikel-artikel lain yang berhubungan dengan tinggal di Brunei.

Lebih Banyak Membaca dan Belajar

Stephen King quote

Manfaat menulis di blog yang lain adalah membuat saya lebih semangat membaca dan belajar. Membaca di sini nggak cuma buku-buku tentang blogging ya, justru saya lebih suka membaca buku fiksi yang ringan-ringan lho. Dari banyak membaca, saya jadi belajar bagaimana merangkai kalimat yang enak dibaca. Dan tentu saja jadi punya bahan untuk dijadikan tulisan di blog.

Supaya ilmu blogging tetap update, saya juga berusaha untuk tetap belajar. Baik dari sharing dengan teman-teman blogger maupun ikut kelas-kelas blogging. Sebenarnya sih saya lebih suka belajar offline ya, tapi karena keterbatasan ya belajar secara online pun saya ikuti juga. Baik dalam bentuk kelas-kelas interaktif di whatsapp group maupun kelas satu arah lewat video dan podcast di Udemy.

Membangun Networking

Dengan menulis di blog, kita akan berkenalan dengan orang-orang baru. Mulai dari para pembaca blog kita sampai ke sesama blogger. Beberapa di antara mereka bisa menjadi sahabat kita suatu hari nanti. Ini sudah saya buktikan sendiri. Dari networking inilah kita bisa mendapatkan informasi tentang proyek menulis, tawaran job review atau placement post serta ilmu-ilmu baru tentang blogging.

Sebagai Jurnal Pribadi

Blog bisa juga berfungsi sebagai jurnal pribadi kita. Dengan menulis di blog, kita bisa melihat bagaimana tulisan kita berubah, bagaimana kehidupan kita berkembang, bagaimana kepribadian kita bertumbuh. Blog juga bisa menjadi catatan digital kehidupan kita dari masa ke masa. Di usia 10 tahun blog ini pada bulan Desember nanti, saya sudah menuliskan banyak sekali kisah saya dan keluarga mulai dari anak baru 1 sampai sekarang jadi 2. Mulai dari kisah mereka saat balita sampai sekarang salah seorangnya menjelang remaja. Mungkin suatu saat nanti, blog ini akan menjadi sarana bagi anak-anak saya untuk mengenal pikiran dan perasaan ibunya saat saya sudah tidak lagi bersama mereka.

Nah, kalau menurut teman-teman sendiri, apa sih manfaat menulis blog yang kalian rasakan selama ini? Silakan sharing di kolom komentar ya.

Credit: Photo by Christin Hume on Unsplash

28 Replies to “5 Manfaat Menulis Blog dan Alasan Saya Melakukannya”

  1. Wuaaah, 10 tahun sudah. 1 dekade, nih, Chukae ❤️, ya, Mbak. Aku sendiri belum menjadikan diri sebagai blogger pro yang full-time, gitu, sih. Semoga aku bisa menargetkan diriku, karena masih berupaya bangun branding yang tepat dengam passion yang bikin galau ini.

  2. Sharing is caring, suka deh sama ini. Tapi kadang ga semua yang disharing itu disaring dulu yah huhuh suka sedih kalau yang asal sharing tanpa saring hehee, btw saya tuh ngeblog karena ingin menunjukkan bahwa saya pernah ada, seenggaknya bisa ninggalin jejak tulisan ketika saya sudah tiada.

  3. Wah keren banget Mba udah nulis di blog 10 tahun. Aku meski udah lama bikin tapi bener aktif baru 2 tahun terakhir ini. Setuju kalau ngeblog itu juga butuh referensi yang banyak hehe. Jadi belajar lagi

    1. Keren kak tulisannya 😊

  4. Aku baru bener-bener ngeblog bari setahunan terakhir mbak. Kemudian juga gabung dengan komunitas blog juga baru setahunan ini hehehe. Kalau prestasi masih nol besar, job juga jarang-jarang Plus network masih kurang banget. Mengapa trus menulis di blog? Setidaknya kita masih berbagi mbak. Walau melalui tulisan dan pengalaman yang biasa aja. Semangat buat kita semua

  5. Betul mbak, kalau mau jadi profesional memang harus punya jadwal yang sistematis ya biar kita ‘kerja’ nya teratur dan kelihatan hasilnya. Akhir² ini aku juga sering memperkenalkan diri aku sebagai blogger ke teman² hehe.

  6. Kalo aku ngeblog karrna emang hobby nulis sejak SMP dulu mbak, krn cinta pertamaku adalah novel.. Dulu bahkan punya cita2 pengen nerbitin novel best seller sendiri.. Tapi semakin berkembang jaman platform buat nulis makin canggih, sampe akhirnya terbentuk lah blog pertamaku tahun 2011.. Awal2 nulis isinya masih cerpen2 gitu, eh terus nambah lagi cinta keduaku yaitu makeup, jadinya sekarang nulisnya tentang per-beauty-an deh 😁

  7. Aku merasakan beberapa manfaat ngeBlog seperti yang dijelaskan diatas Mba. Jangan berhenti kalau menurutku, aku pun mengalami fase naik turun dalam hal semangat Blogging. Tapi kalau untuk stop total sepertinya belum kepikiran. Blogging aku rasakan sebagai salah satu “pelarian” dari kepenatan2 hidup yang kapan aja bisa datang. Banyak hal yang bisa ditemui kan ya selama menjadi Blogger Pro. Dan untuk urusan ilmu atau skill, percayalah aku juga merasa belum jadi “apa-apa”, huhu. Semangaaat!

  8. Saya menulis blog untuk tetap ‘waras’ dan menyuarakan isi pikiran, Mbak. Awalnya hanya iseng eh lama-lama ketagihan. Blog jadi semacam jurnal digital untuk saya berbagi informasi dengan banyak orang.

  9. dunia blogger penuh intrik apa nih? hihi …
    kalau aku berarti belum jadi blogger pro karena selama ini ngeblog masih sebagai part time aja. Ya saat ada uneg-uneg, ditulis di blog. Lebih ke menyampaikan isi pikiran.

  10. Keren mom udah 10 tahun aja ngeblognya, supaya konsisten memang sebaiknya memang ada waktu khusus dalam sehari yang dialokasikan buat fokus ngurusin blog. Ini juga salah satu kendala saya ngurusin blog, jadi IRT, ngurusin anak balita emang menguras tenaga, biasanya ngeblog setelah anak-anak lagi bobo, pagi dini hari supaya masih pikiran masih fresh.
    Mangats ya mom!

  11. Waa makasih banyak ka, jd inspirasi banget. Apalagi buat aku yg baru terjun ke dunia blogging ini masih jd butiran” debu hhu. Bissmillah semangat biar bisa jd blogger profesional😆

  12. Waa makasih banyak ka, jd inspirasi banget. Apalagi buat aku yg baru terjun ke dunia blogging ini masih jd butiran” debu hhu. Bissmillah semangat biar bisa jd blogger profesional ya😁

  13. Iya harus konsisten yah menulis blog, tak semata Karena pekerjaan berbayar tetapi memang ingin berbagi Ilmu dan informasi

  14. Setuju sekali mbak, semakin kesini bahkan banyak teman di sekitarku juga tertarik untuk berprofesi sampingan sprti aku, misalkan menghadiri event gitu, terus bikin tulisan reportasenya hehee.
    Dan kelima tips itu adalah manfaat yg aku dapatkan juga mbak. Gimana pun attitude itu dijunjung tinggi ya mbak.
    Trus lagi, aku juga kadang lebih enjoy dan berekplorasi memainkan kata melalui tulisan daripada dengan ngobrol gitu, sedikit kurang luwes, kadang udah bersikap luwes tapi ujung2nya ga pede atau malu wkwkkwkw
    Makasih yahh mbak, udah berbagi tulisannya. Gimanapun, menulis blog itu seru, terlepas dari sepi job atau banyak blogger baru. hehehe

  15. jangan menyerah mba untuk jadi blogger profesional.. up and down itu biasa, aku dan semua blogger lain juga mengalaminya. Tetap semangat dan istiqamah ya mba.. kita pasti bisa.. yeay!

  16. Haaii, kok senasib ya DA/PA aku juga terjun payung entah kemana, hahahaha! Aku sendiri sekarang udah jarang banget nerima job malah, mungkin karenna lagi pilih-pilih wae. Piye ya, sibuk ngurusin anak-anak. Yang penting kalau ada wkatu ya disempatkan nulis

  17. Sama, Mba, aku juga kurang jago berkomunikasi secara lisan. Lebih nyaman menyalurkan kata-kata lewat tulisan, dan paling enak menulis apa-apa yang lagi jadi perhatian atau yang bikin penasaran itu ya di blog.

  18. Setuju aku mbak. Nulis blog itu bisa untuk melatih bakat menulis, membangun networking juga mengasah daya ingat otak. Pokoknya…. i love blogging ❤

  19. Ahahaha “penuh intrik” yaaa ada sih, tapi alhamdulillah sejauh ini masih fun 😀
    Asal kita jg berperilakupositif rezeki dan networking gak akan ke mana ya mbak 😀
    Alhamdulillah bisa ngblog utk selalu sharing, apalagi kalau bermanfaat buat org lain, bisa jd ladang pahala jg 😀

    1. Menulis di blog itu semacam me time. Dan berbagi pengalaman dan info untuk orang lain, lalu yang baca ikut merasakan manfaatnya jadi makin happy dan bersyukur.

  20. kalau saya awal ngeblog karena gemes pengen nulis yang bisa dibaca-baca sewaktu-waktu. Ngarep juga tulisan acak-acakan saya ada yang ngebaca (mengingat pengen bisa nulis yang bisa dimuat di media kala itu dan ajeg dikembalikan). Selain itu, sepertinya ‘keren’ kalau punya blog. Selanjutnya, banyak hal baik yang saya peroleh dari aktifitas ngeblog, termasuk mendapatkan penghasilan dr ngeblog (manfaat yg sebelumnya tak terpikirkan)

  21. Thanks ya kak sharing nya lumayan banget aku sebagai newbie ,semoga 8 poin ini bisa aku aplikasi kan,walau sudah lumayan lama punya blog dan baru dua tahunan aktif kembali,

  22. Tempat curhat. Hahaha. Nulis blog buat mengeluarkan uneg-uneg, berpendapat, sharing pengalaman sama yang lain, siapa tau aja bermanfaat. Ya kan?!

  23. Bagus mba tulisannya bisa jd motivasi buat pemula kayak saya,, kapan klo sempat mampir mb ke blog ku ditunggu saran dan kritikanya yaa .

    1. alfakurnia says:

      Makasih, Mba Maria.

  24. Wah keren mb sudah 10 tahun 😊👍

    Saya juga niat awal menulis karena senang berbagi melalui tulisan, meski tulisan saya gak bagus amat hehe.

    Semangaaat menulis terus ya mb 😊

    1. alfakurnia says:

      Makasih, Mba Gita. Semangat menulis juga yaa

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.