Rutin Minum Air Hangat? Ini Manfaat yang Akan Kita Dapatkan

Minum Air Hangat

Apakah teman-teman pembaca Pojok Mungil rutin meminum air hangat? Jika iya, maka teman-teman telah berhasil menerapkan pola hidup sehat ala penduduk China dan India kuno. Pasalnya, para tabib zaman dahulu percaya bahwa ada begitu banyak manfaat minum air hangat setiap kali bangun tidur. Bahkan mereka menganjurkan seluruh pasiennya untuk meminum segelas air putih hangat tiap kali bangun tidur.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, setidaknya ada 5 manfaat minum air hangat bagi tubuh. Berikut ulasan lengkapnya:

Manfaat Minum Air Hangat

1.      Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi 

Sebagian wanita di seluruh dunia sering merasakan sakit saat menstruasi datang. Sakit yang dirasa ini juga beragam. Ada yang merasakan kram perut, ngilu di kedua kakinya, pinggul pegal-pegal hingga nyeri seluruh badan terutama bagian payudara. Maka dari itu para ahli menganjurkan untuk minum air putih hangat saat mengalami nyeri menstruasi.

Air putih hangat ini dinilai efektif menenangkan otot-otot perut yang kejang lho, sehingga dapat mengurangi kram saat menstruasi. Kita bisa meminum air putih hangat tersebut ataupun mengoleskan botol berisi air hangat di bagian perut. Rasa hangat dari botol itu berfungi untuk menenangkan bagian perut hingga tubuh bagian bawah agar tak terasa ngilu dan sakit.

2.      Melancarkan Pencernaan 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa manfaat minum air putih hangat ialah untuk melancarkan saluran pencernaan. Minum air hangat sebelum dan sesudah makan diyakini mampu mengeliminasi sampah yang ada di perut dan usus. Organ pencernaan yang terhidrasi dan terlumasi dengan mengalirnya air hangat itu dapat melegakan dan memperlancar masuknya makanan ke dalam tubuh.

minum air hangat

3.      Meredakan Stres 

Tahukah teman-teman, salah satu manfaat minum air putih hangat adalah meredakan stress secara perlahan? Hormon kortisol penyebab stres akan perlahan menurun saat kita mengonsumsi segelas air putih hangat. Jadi tidak ada salahnya untuk minum segelas air putih hangat saat kita merasa pekerjaan rumah tangga sehari-hari terlalu melelahkan dan menyita pikiran.  Karena biasanya selain urusan anak dan suami, pekerjaan rumahlah yang bisa membuat ibu rumah tangga stres. Ya, setidaknya itulah yang saya alami. Kalau teman-teman biasanya stres karena apa?

4.      Menurunkan Berat Badan 

Salah satu manfaat meminum air putih hangat yang paling ampuh efeknya adalah untuk menurunkan berat badan. Metode diet dengan air putih hangat merupakan solusi yang paling sederhana dan cukup efektif. Menurut beberapa ahli, dengan mengonsumsi air hangat di pagi hari dan sebelum ataupun sesudah makan dapat mempercepat penurunan berat badan. Karena air hangat ini efektif bekerja untuk melancarkan pencernaan dan mengeliminasi sampah yang mengalir di perut dan usus.

Tapi perlu diingat ya, bahwa air putih hangat yang boleh dikonsumsi itu tidak lebih dari 50 derajat Celcius. Kita juga tetap harus makan makanan yang bergizi dan berolahraga secara teratur, agar diet berhasil serta tubuh kita bugar dan sehat.

5.      Meringankan Gejala Akalasia

Dikutip dari alodokter.com, air putih hangat disebut mampu mengatasi akalasia. Akalasia merupakan kondisi dimana kerongkongan mengalami kesulitan untuk mendorong makanan masuk kedalam lambung. Jenis penyakit ini terbilang langka dan kebanyakan yang mengalaminya berusia paruh baya. Gejala umum yang tampak dari penyakit akalasia adalah kesulitan menelan makanan, sehingga merasa bahwa makanan itu terjebak didalam kerongkongan.

Gejala lainnya yaitu seperti dada terasa sangat nyeri terutama setelah makan, muntah, hingga penurunan berat badan tanpa alasan jelas. Nah salah satu solusi untuk meringankan gejala akalasia adalah dengan mengonsumsi air putih hangat. Karena air putih hangat sangat diyakini mampu membantu orang-orang yang mengidap penyakit tersebut untuk mencerna makanan dengan lebih mudah dan nyaman.

Itu tadi beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan saat rutin mengonsumsi air putih hangat. Jadi kalau ingin hidup sehat, tidak ada salahnya untuk minum air putih hangat saat bangun tidur ataupun saat sebelum dan sesudah makan. InsyaAllah, khasiat baiknya akan segera kita rasakan.

Untuk tips kesehatan lainnya, langsung aja ya, ke laman situs https://www.cekaja.com/info/rutin-minum-air-hangat-manjur-buat-diet-sampai-mengusir-stres/.

Selamat menerapkan hidup sehat!

 

29 Replies to “Rutin Minum Air Hangat? Ini Manfaat yang Akan Kita Dapatkan”

  1. […] lebih mudah mengeluarkan kelebihan kalsium yang menjadi sebab utama batu ginjal. Tapi, tetap minum air putih yang banyak juga ya untuk mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan melalui keringat, urin dan […]

  2. Aku ama suami juga seneng banget minum air hangat. Jadi kebiasaan. Apalagi kalau sakit tenggorokan. Air hangat paling berharga. Baru tahu 5 Manfaatnya ini. Makasih infonya Mba

  3. Waa banyak juga manfaat minum air hangat ya mbak. Kalau aku sukaaa banget minum air dingin (Air es). Hehe, banyak yang bilang nggak baik sih, tapi menurutku masih better lah daripada minuman manis (wkwk cari alesan aja ini mah :p)

  4. Kalau aku masih biasa minum air mineral biasa, umi yg rutin minum air hangat, katanya bisa mendetox racun” di dalam tubuh, minum air hangatnya bangun tidur sebelum makan apapun dan kalau mau makan nuggu 30 menit setelahnya

  5. Ternyata banyak ya khasiatnya, s,elama ini gak pernah suka air putih hangat.. soalnya gak bisa langsung “glegek.. glegek” 😀 Tapi baca tulisan Mbak aku jadi mau mencoba.

  6. Saya minum air putih hangat di pagi hari Setelah bangun dr tidur Malam. Yg Saya Rasa membantu mengeluarkan dahak dr salaruan napas atas

  7. Wuaaah kebiasaan ini terlupa nih.. kudu dirutinin lagi.. makasi mba udah diingetin tentang manfaat minum air hangat.. semangat hidup sehat!

  8. Aku minum air hangat itu pagi hari. Atau pas lagi mens sama minum obat. Sisanya minum air dingin karena akhir-akhir ini sering kepanasan. Hehe. Harus dirubah nih kayaknya, air hangat lebih banyak manfaatnya ya mba apalagi buat melancarkan pencernaan.

  9. Visya Al Biruni says: Balas

    Wah yang tentang Akalasia aku baru dengar mbaa, Aku sering tuh begitu hehe ternyata Karena kurang air putih nih sepertinya. Ngga rugu deh minum air putih, banyak banyak juga

  10. Kompres air hangat dalam botol itu andalanku banget deh kalau lagi nyeri karena menstruasi ataupun diare. Bukan antiobat, tapi berusaha menerapkan tata laksana dasar dulu untuk meringankan gejala. Tapi jarang juga, sih, sampai tahu suhunya. Pokoknya yang enggak terlalu panas, gitu, ya, soalnya kalau panas juga malah enggak nyaman di lidah.

  11. Air hangat banyak manfaatnya juga ya, ternyata ada pengaruhnya ya saat menstruasi, selama ini aku sering merasa nyeri memang karena aku jarang banget minum air hangat.

  12. Pantas saja kalau lagi jelang dan bahkan sedang menstruasi daku merasa adem dan nggak daki-sakit lagi badannya kalau minum air putih hangat karena kan keluar dengan lancar haidnya

    1. alfakurnia says:

      Iya, Mbak. Banyak minum air hangat memang bisa bikin badan berkurang pegal-pegalnya saat lagi haid.

  13. Pas banget, aku sedang cari tips diet yang tidak mengganggu produksi ASI

    1. alfakurnia says:

      Cobain, Mbak Susi. Kalau kata bidan di sini dulu, banyak minum air dan makan makanan berkuah bisa memperlancar produksi ASI

  14. Setuju banget kak, minum air hangat manfaatnya banyak banget lho. Khususnya, buat aku yg lagi diet gini, cukup membantu hehe

    1. alfakurnia says:

      Jadi bikin perut kenyang lebih lama ya kalau minum air hangat.

  15. Alhamdulillah, beberapa bulan ini, aku dan ibuk udah menerapkan pola hidup sehat ini mbak. Emang ya, khasiat minum air hangat setiap bangun tidur itu selain yang mbak sebutkan diatas, juga bikin badan seger dan bersemangat dipagi hari loh

    1. alfakurnia says:

      Betul, Mbak.

  16. Aku ngga rutin sih minum air hangatnya.. kadang pagi setelah bangun tidur dan saat selepas makan makanan yang mengandung minyak.. ternyata banyak juga ya manfaat dari minum air hangat, bismillah semoga mulai untuk dirutinkan dan ngga males lagi minum air hangatnya

    1. alfakurnia says:

      Semangat, Mbak. Saya juga masih suka lupa sih tapi sekarang mau rutinkan lagi minimal pagi dan malam sebelum tidur.

  17. assalamualaikum kak, setuju banget sam kebiasaan minum air hangat ini
    walau enggak selalu minum tapi aku juga lagi belajar buat rutinin minum air hangat karena minum air hangat bener2 bawa badan lebih enakkan apalagi pagi hari

    1. alfakurnia says:

      Iya, minum air hangat di pagi hari bikin tenggorokan dan perut nyaman juga selain manfaat-manfaat lainnya.

  18. aku sendiri rutinnya minum air putih biasa nih kak, karena emang buat air putih gasuka yang dingin dan untuk minum air putih hangat pun terbilang jarang, paling kalo tenggorokkan udah ngerasa gaenak baru minum hehe. itu gimana ya setau ku sih sama baiknya ya gak sih hahaha

    1. alfakurnia says:

      Kalau nggak biasa minum air hangat gapapa juga minum air putih biasa. Yang penting minum air, jangan tunggu tenggorokan kering hehehe.

  19. Aku dulu rutin mba minum air hangat sekarang udah lupa minum air aja udah syukur wkwkwk semoga next bisa konsisten lagi nih setelah baca ini berasa reminder diri

    1. alfakurnia says:

      Ayo, Mbak dirutinkan lagi minum air hangat. Penting banget minum air supaya tubuh kita nggak dehidrasi.

  20. Kalau aku biasanya minum air hangat ketika pagi hari, begitu mejelang siang pasti pengennya yang dingin-dingin karena lebih suka minuman dingin. Pagi hari itu wajib banget minum air putih hangat sebelum kena macam-macam yang akan masuk dalam tubuh.

    1. alfakurnia says:

      Sama, Mbak. Kalau pagi wajib air hangat. Plus ditambah perasan lemon.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.