Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan, Bye Stretch Mark!

Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan, Bye Stretch Mark!

Kehamilan dan persalinan merupakan momen yang sangat membahagiakan. Namun, proses tersebut juga membawa perubahan mental dan fisik bagi mama. Para mama yang baru melahirkan sering mengalami perubahan mental, seperti baby blues, depresi pascamelahirkan, dan kecemasan. Sedang perubahan fisik yang umum terjadi meliputi penambahan berat badan, payudara membesar, perubahan bentuk tubuh dan munculnya stretch mark pada perut.

Kondisi ini dapat membuat mama merasa tidak nyaman dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, penting bagi mama untuk melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan, termasuk perawatan untuk memudarkan stretch mark. Tentunya dengan menggunakan skincare aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui seperti Stretch Mark Serum Essence GabaG Beauty.

Perlunya Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Iya, saya tahu kok, punya bayi itu sangat menyita waktu dan tenaga. Jangankan untuk merawat tubuh, untuk tidur, makan dan mandi aja rasanya nggak sempat, ya. Apalagi kalau mama nggak punya asisten rumah tangga dan suami bekerja di luar rumah sepanjang hari.

Tapi, Ma, kita perlu merawat tubuh setelah melahirkan karena mengalami berbagai perubahan fisik dan emosional. Perubahan yang acapkali dialami ibu setelah melahirkan meliputi:

  • Kontraksi rahim untuk kembali ke ukuran normal.
  • Pendarahan nifas.
  • Pembengkakan payudara.
  • Perineal tear atau episiotomi (luka di area perineum, yaitu antara vagina dan anus).
  • Munculnya stretch mark atau garis/guratan halus pada bagian tubuh yang banyak mengandung lemak akibat peregangan yang terjadi pada kulit.
  • Perubahan hormon.
  • Baby blues yang kadang dapat berlanjut menjadi post partum depression.

Nah, perawatan tubuh setelah melahirkan itu bermanfaat untuk mempercepat pemulihan fisik, mencegah infeksi dan menjaga kesehatan mental kita.

Secara fisik, perawatan tubuh dapat membantu mama untuk:

  • Mengembalikan berat badan sebelum hamil
  • Memudarkan stretch mark
  • Mengencangkan kulit
  • Meningkatkan sirkulasi darah

Sedangkan secara mental, perawatan tubuh bermanfaat untuk:

  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Membantu mama untuk merasa lebih baik tentang diri sendiri

Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan

Merawat tubuh untuk para ibu memang membutuhkan waktu dan tenaga. Namun, penting untuk menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri, Ma, meskipun hanya 15-30 menit sehari.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencari waktu agar dapat melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan, antara lain:

  • Mintalah bantuan orang lain, seperti suami atau keluarga, untuk mengurus anak saat kita sedang merawat tubuh.
  • Lakukan perawatan tubuh di saat anak sedang tidur.
  • Mama juga bisa memanfaatkan waktu luang di malam hari untuk merawat tubuh.
merawat tubuh setelah melahirkan

Merawat Diri Secara Psikis

Perawatan psikis penting untuk dilakukan setelah melahirkan, Ma. Berikut adalah beberapa tips perawatan psikis:

Luangkan waktu untuk bersantai dan melepas stres

Lakukan kegiatan-kegiatan yang mama sukai, seperti membaca, mendengarkan musik, atau berendam air hangat. Mintalah bantuan orang lain untuk mengurus anak saat mama sedang bersantai.

Bersosialisasi

Bersosialiasi dengan teman dan keluarga dapat mengurangi stres. Mama juga bisa bergabung dengan komunitas ibu untuk mendapatkan dukungan dan informasi dari sesama ibu. Tapi pastikan komunitasnya nggak hobi mom shamming atau suka menghakimi parenting seseorang ya, Ma.

Jika setelah melakukan perawatan secara psikis mama tetap merasa stres, tidak nyaman, sering menangis, cemas, konsultasikan ke psikolog atau psikiater, ya, Ma. Bantuan dari tenaga kesehatan profesional akan sangat membantu mama dalam melalui baby blues.

Perawatan Tubuh Secara Fisik

Kita nggak harus pergi ke klinik kecantikan untuk merawat diri, kok, Ma. Tapi, kalau mama mau pun nggak ada salahnya melakukan perawatan tubuh dengan bantuan profesional di klinik kecantikan atau pelatih kebugaran di gym.

Namun, untuk cara yang lebih sederhana mama dapat melakukan beberapa cara ini:

Memperhatikan Asupan Nutrisi

Ini penting banget untuk dilakukan ya, Ma. Apalagi jika mama menyusui. Ingat, untuk mencegah stunting dan mengoptimalkan tumbuh kembang pada anak dimulai selama 1000 hari sejak dalam kandungan. Jadi, selain makan makanan yang bergizi selama hamil, saat menyusui mama juga sebaiknya mengkonsumsi nutrisi makro dan mikro yang baik bagi kesehatan ibu dan bayi.

Menurut situs klikdokterdotcom, nutrisi makro yang dibutuhkan ibu adalah karbohidrat, protein dan lemak. Sedangkan nutrisi mikronya adalah vitamin D, vitamin A, vitamin E, vitamin K, vitamin C, dan vitamin B12.

Makan selama menyusui juga sebaiknya tidak berlebihan karena kita hanya memerlukan tambahan kalori per harinya. Dan akan lebih baik jika pemenuhan semua jenis nutrisi tersebut diperoleh dari sumber makanan yang alami dan berkualitas. Tidak harus yang impor dan mahal, ya, Ma. Bahan pangan lokal pun cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.

Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga secara rutin dapat mempercepat pemulihan fisik serta membantu mama untuk menurunkan berat badan, memudarkan stretch mark, dan mengencangkan kulit. Tapi, lakukan secara bertahap dan sesuai dengan kondisi, ya, Ma. Kalau perlu konsultasikan dulu ke dokter kapan mama dapat mulai berolahraga setelah melahirkan, terutama jika mama melakukan persalinan caesar.

Beberapa olahraga yang dapat dilakukan di rumah setelah melahirkan adalah:

  1. Latihan pernafasan perut.
  2. Latihan otot perut dan panggul dengan senam kegel atau mengikuti post natal yoga.
  3. Jalan kaki.
  4. Strength Training (dengan panduan pelatih kebugaran dan mulai dengan gerakan yang ringan jika sebelum hamil belum pernah melakukan olahraga ini).

Melakukan Perawatan Kulit

Merawat kulit setelah melahirkan dapat menjaga kesehatan kulit, mengurangi risiko masalah kulit, dan meningkatkan penampilan, Ma. Selain mandi dan keramas dengan sabun yang sesuai jenis kulit, kita juga boleh kok menggunakan produk perawatan kulit.

Baca Juga: GabaG Beauty Glowing Series: Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Tentunya gunakan skincare yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Pilih skincare yang mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memudarkan stretch mark, seperti shea butter, avocado oil, dan vitamin E.

Jika mama sedang mencari produk perawatan stretch mark yang aman dan efektif, mama bisa mencoba Stretch Mark Serum Essence GabaG Beauty. Produk ini diformulasikan dengan bahan-bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Produk ini juga dilengkapi dengan DERMAROLLER yang dapat membantu regenerasi kulit lebih cepat.

Stretch Mark Serum GabaG memiliki hero ingredient shea butter, avocado oil, dan high vitamin E. Shea butter merupakan anti oksidan yang berfungsi mencegah kerusakan kulit dari paparan radikal bebas. Avocado oil bermanfaat sebagai penghalang lipid, menutrisi dan melembapkan kulit. Dan high vitamin E membantu pembentukan kolagen, hingga meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, memperbaiki kerusakan epidermis kulit.

Produk dari GabaG Indonesia ini selain efektif melembapkan kulit dan mencegah terjadinya stretch mark juga dapat memudarkan stretch mark dalam 28 hari dengan wangi yang menenangkan. Mama bisa merasa aman menggunakannya karena sudah terdaftar di BPOM, memiliki sertifikat halal serta aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Jika mama tertarik untuk mencoba Stretch Mark Serum Essence GabaG, mama bisa mendapatkannya di toko-toko online atau melalui situs web GabaG Indonesia.

Dengan melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan secara rutin, mama dapat menjaga kesehatan fisik dan mental. Mama juga akan merasa lebih baik tentang diri sendiri dan lebih siap untuk menjalani peran baru sebagai seorang ibu.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top
error: Content is protected !!