c-ready learning page
Kesehatan

Persiapan Persalinan Caesar Bersama C-Ready Learning by Nutriclub

Tahukah mama kalau sekarang kita dapat memperoleh berbagai informasi tentang persalinan dari ahlinya secara mudah lewat situs C-Ready Learning by Nutriclub? Tapi, sebelum ngobrol banyak tentang laman ini, saya mau cerita dikit tentang proses persalinan ya.

Saya hamil anak pertama sekitar 15 tahun yang lalu di usia 26 tahun. Saat itu saya berusaha memiliki lebih banyak pengetahuan tentang hamil dan persalinan. Banyak buku tentang kehamilan yang saya baca dan juga rajin komunikasi dengan dokter kandungan. Sampai-sampai ketika itu punya 2 dokter kandungan yang didatangi secara rutin untuk periksa kehamilan.

Karena usia yang masih muda dan kehamilan saya juga sehat serta nggak ada faktor yang membahayakan ibu dan si Kecil, dokter kandungan mempersiapkan saya untuk menjalani persalinan per vaginam yang juga biasa disebut persalinan normal.

Berbeda situasinya saat hamil anak kedua tahun 2012 lalu. Di awal trimester ketiga dokter kandungan meminta saya melakukan persiapan persalinan caesar karena kondisi low lying placenta dan pengapuran plasenta. Namun, beliau bilang kalau kemungkinan ini bisa berubah. Jika plasenta janin naik 4 cm aja, saya bisa melahirkan secara normal ujarnya saat itu.

Karena sudah diberi warning seperti itu, saya mulai mencari informasi tentang persalinan caesar termasuk risiko si Kecil lahir caesar. Sayangnya saat itu belum banyak yang menyediakan pengetahuan medis selain dari konsultasi dokter saat periksa kehamilan. Namun alhamdulillah, akhirnya seperti si sulung, anak bungsu saya lahir melalui persalinan per vaginam di tahun 2013.

Persiapan Persalinan Caesar

Seperti yang kita tahu, ada dua metode persalinan yaitu per vaginam (melalui jalan lahir) dan operasi sesar atau seksio sesaria (persalinan dari perut).

Persalinan per vaginam dibagi lagi menjadi 3:
1. Spontan normal.
2. Spontan induksi.
3. Berbantu alat (vakum atau forceps).

Sedangkan persalinan caesar terbagi dalam dua jenis:
1. Efektif atau terencana.
2. Emergency atau yang lebih sering dikenal dengan istilah cito.

Apakah dari dua metode itu ada yang lebih baik? Well, menurut dr. Darrell Fernando, SpOG, metode persalinan yang paling penting adalah yang paling aman bagi mama dan anak. Lagipula, metode persalinan itu dinamis yang bisa berubah sesuai dengan kondisi ibu hamil dan janin.

persiapan persalinan caesar
Credit Pic: Odua Pictures on Canva Pro

Contohnya ya seperti saya, yang awalnya sudah diminta melakukan persiapan persalinan caesar ternyata bisa lahiran per vaginam. Sebaliknya, adik saya yang dari awal sudah yakin akan lahiran normal terpaksa harus menjalani cito karena kehamilannya sudah lewat waktu dan meski sudah kontraksi lebih dari 24 jam nggak ada kenaikan pembukaan.

Untuk itu ibu hamil harus rajin memeriksakan kandungan ke dokter dan mencari tahu faktor risiko apa aja yang menyangkut janinnya. Dan metode persalinan termasuk kemungkinan operasi caesar juga harus didiskusikan sejak kehamilan 36-37 minggu supaya ibu hamil bisa melakukan persiapan persalinan. Terutama bagi mama yang akan menjalani operasi caesar.

Efek Persalinan Caesar Pada si Kecil

Persiapan persalinan caesar nggak cuma pra operasi dan pemulihan pasca operasi. Tapi juga impact kelahiran caesar bagi si Kecil.

Dari video “Persiapan Melahirkan Masa Kini Yang Wajib Mama Ketahui“, dr. Darrel Fernando, Sp. OG mengatakan bahwa persalinan per vaginam dan persalinan caesar memberi pengaruh berbeda kepada si Kecil. Pada persalinan per vaginam, si Kecil akan terpapar kuman-kuman baik yang ada di jalan lahir ibunya. Ini akan membentuk pola kuman baik pada usus dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan pada persalinan caesar, si Kecil tidak terpapar kuman-kuman baik tersebut. Sehingga menurut beberapa pengetahuan terkini, si Kecil yang lahir secara caesar memiliki perubahan pola kuman normal usus (gut microbiota) yang berdampak pada rendahnya imunitas si kecil.

risiko bayi lahir caesar

Tapi mama nggak perlu khawatir sih. Menurut dr. Darrell, resiko inflamasi penurunan kekebalan ini akan menurun kalau si Kecil diberi ASI Eksklusif yang mengandung Sinbiotik selama 6 bulan pertama dan dilanjutkan sampai 2 tahun.

Nah, informasi-informasi seperti ini bisa kita dapatkan di C-Ready Learning by Nutriclub, Ma.

C-Ready Learning by Nutriclub

C-Ready Learning by Nutriclub merupakan halaman edukasi persembahan Nutriclub yang diperuntukkan bagi para ibu yang akan atau telah melewati persalinan caesar. Jadi memang situs ini didedikasikan untuk membantu mama melakukan persiapan persalinan caesar dengan menyediakan kelas virtual berisi informasi dan praktik langsung dari para ahli dari berbagai bidang.

c-ready learning page

Selain video seperti yang saya tonton dan ceritakan di atas, ibu hamil juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada di C-Ready Learning, yaitu:

Halaman untuk Belajar Langsung dari Ahlinya

Atau on demand learning page. Fitur ini memudahkan mama untuk berinteraksi dengan para ahli dari berbagai bidang. Selain dokter kandungan, mama juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak, bidan, doula, praktisi prenatal yoga dan praktisi kesehatan lain.

Informasi Lengkap Tentang Persalinan Caesar

C-Ready Learning Page by Nutriclub juga menyediakan banyak banget informasi persiapan persalinan caesar. Ini tentu penting banget ya, Ma. Apalagi pengetahuan yang tersedia semuanya dari sumber yang terpercaya, yaitu para dokter dan praktisi kesehatan.

Mudah Diakses

Situs ini sudah mobile friendly. Saya udah nyoba dan memang mudah sekali mengakses C-Ready Learning by Nutriclub baik melalui laptop atau browser ponsel. Tampilannya juga user friendly. Dan mama bisa memanfaatkan semua fitur ini kapan saja dan di mana saja hanya dengan mendaftarkan diri sebagai member.

Oya, kalau menurut saya ada beberapa fitur menarik dari situs ini, yaitu Deteksi Potensi Mama Melahirkan Caesar dan Careline.

Pada laman Tes Potensi Caesar, mama tinggal memasukkan tanggal HPHT (Haid Pertama Haid Terakhir) lalu menjawab delapan pertanyaan seperti usia, pengalaman melahirkan, tinggi badan, status gizi sebelum hamil/trimester 1 dan proses pembuahan. Setelah itu akan ada hasil yang menyebutkan apakah kita memiliki potensi melahirkan caesar atau tidak.

Dan bagi saya, karena sudah berusia di atas 35 tahun kalau seandainya hamil lagi, ada potensi lahiran dengan operasi caesar. Tapi ini tentu bukan hasil mutlak ya, karena harus dikonsultasikan lagi dengan dokter kandungan.

Sedangkan pada fitur Careline, Tim Ahli Nutriclub siap membantu 24/7 melalui telepon (bebas pulsa) atau whatsapp chat. Mama dapat memilih topik-topik berikut untuk dikonsultasikan: Resilient Parenting, Stimulasi dan Tumbuh Kembang, Kehamilan dan Menyusui, Nutrisi untuk Imunitas serta Nutrisi Khusus.

Jadi yah, kalau tiba-tiba ragu atau galau tentang kehamilan dan persiapan persalinan caesar, sementara jadwal kontrol ke dokter masih lama, bisa tuh bikin janji berkonsultasi dengan Nutriclub Expert Advisor yang #SiapBeriDukunganEkstra.

Nah, tunggu apalagi. Mama yang sedang menanti persalinan caesar atau mempersiapkan kehamilan langsung aja kunjungi C-Ready Learning Page supaya makin siap melahirkan dan mengasuh si kecil nanti.

Artikel ini merupakan bentuk kerjasama dengan Nutriclub.

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments



Mar 29, 2021 at 12:38 PM

wah happy banget deh jadi bumil jaman now, info terkait caesar lengkap dibahas dalam webinar via zoom meeting gini, jadi ada bekal yang cukup deh untuk melakukan caesar



Mar 29, 2021 at 2:39 PM

sekarang memang jaman serba praktis ya mba. Hampir semua informasi yang dibutuhkan bisa dicek langsung di sumber terbuka



Mar 29, 2021 at 3:11 PM

Makin canggih aja sekarang segala info termasuk persalinan caesar bisa kita ketahui melalui webinar ya. Main praktis aja jadi calon mama bisa mempelajarinya, setidaknya ada wawasan sedikit demi sedikit. Ready learning page dari Nutriclub ini patut diikuti nih. TFS mbak.



Mar 29, 2021 at 4:01 PM

C-Ready Learning by Nutriclub merupakan halaman edukasi persembahan Nutriclub yang diperuntukkan bagi para ibu yang akan atau telah melewati persalinan caesar.

Wah, baiikk banget NutriClub ya Mbaaa.
Bener2 memberikan service terbaik, untuk membantu mama melakukan persiapan persalinan caesar dengan menyediakan kelas virtual berisi informasi dan praktik langsung dari para ahli dari berbagai bidang.



Mar 29, 2021 at 7:44 PM

dengan menambah pengetahuan dr sumber yg kredibel, nggak perlu bingung lagi kalau terkena momshamming soal “cara melahirkan” ya…

lahiran normal maupun sesar kadang kan tidak bisa dipilih. Dengan mengetahui plus minusnya, seorang mama bisa lebih menyesuaikan diri ketika (karena suatu kondisi) proses partus-nya tidak sesuai dengan pilihan pribadi.



Mar 30, 2021 at 8:53 AM

Informatif sekali, Mbak. Rasanya, ilmu mengenai proses melahirkan nggak hanya untuk ibu baru. Untuk ibu yang pernah melahirkan pun tak kalah penting. Saya sudah pernah melahirkan tapi ya tetep deh selalu deg -degan kalo berbicara proses persalinan heuheu



Mar 30, 2021 at 12:30 PM

Hihi aku dua kali sectio tanpa persiapan semua. Mengalir apa adanya. Belajar dari pengalaman aja sih waktu itu. Tapi sekarang semuanya kayaknya sudah dimudahkan lewat informasi



Mar 30, 2021 at 2:10 PM

Bagus sekali C Learning seperti ini mba. KIta juga jadi lebih tenang ya mba. Persalinan juga dapat dilakukan dengan lancar



Mar 30, 2021 at 7:51 PM

Wah keren banget ya sekarang mbak, sudah ada C-learning untuk persiapan ibu-ibu yang mau lahiran cesar. Jadi bisa dapetin banyak informasi ya mbak terkait dengan cesar tak hanya saat tapi juga sesudahnya. Keren Nutriclub!



Mar 30, 2021 at 10:26 PM

Sekarang cari informasi seputar kehamilan, kelahiran dan tumbuh kembang bayi, sudah gampang banget kita dapat secara online ya.

Terutama dari Nutriclub ini, banyak informasi yang biaa didapatkan.



Mar 31, 2021 at 7:23 AM

wah sekarang bumil makin mudah ya mbak jika ingin memperoleh informasi
mulai dari proses kehamilan hingga persalinan ya
ibu yg harus melahirkan secara cesar bisa mencari tahu dulu, jadi saat waktunya ya sudah siap ya mbak



Mar 31, 2021 at 12:45 PM

Ternyata bayi yang lahir caesar daya tahan tubuhnya lebih rendah dibanding yang lahir normal ya. Bearti perlu perhatian khusus juga ya. Selama ini saya kalau ada teman yang lahiran caesar, biasanya fokus sama pemulihan ibunya aja.

Para ibi dan calon ibu perlu banget nih belajar di C-Ready Learning Page by Nutriclub. Para Bapak dan calon bapak juga tentunya, jadi tahu mesti gimana aja kalau nanti anaknya lahir caesar



Mar 31, 2021 at 5:13 PM

Ibu2 biasnaya emang suka khawatir kalau divonis dokter harus caesar ya?
Kalau ada website seperti ini kyknya enak utk gali informasi sebanyak mungkin ttg persalinan caesar supaya gak terlalu panik jg ya mbak



Mar 31, 2021 at 5:14 PM

Saat hamil di awal memang harus siap-siap ya soal persalinan ini baik normal atau Caesar entah karena ada risiko dan lainnya. Pengetahuan buat Orangtua tuh wajib banget termasuk pasca lahiran



Mar 31, 2021 at 5:52 PM

Semoga para bumil bisa melahirkan secara per vaginam, dan kalau pun caesar tak perlu bersedih. Ini pentingnya C-ready learning begini. Mengedukasi dan gak cuma menyelamatkan fisik tapi juga batin serta pikiran sejak dini.



Mar 31, 2021 at 6:53 PM

enaknya ya mba dulu aku aja bingung mau konsul tapi males nagntrinya kalau ada dari nutriclub gini enak yah bisa tanya2 dulu



Mar 31, 2021 at 7:03 PM

Ngomongin soal persalinan, memang kita nggak tau nantinya akan lahiran seperti apa ya mbk. Aku dulu mendadak pecah ketuban, auto darah tinggi, dokter udah bilang sepertinya harus caesar, tapi ternyata bisa lahiran normal.



Mar 31, 2021 at 9:08 PM

Wah senangnya ya yang ada ilmu persiapan persalinan caesar.. Jadi makin tenang menghadapi persalinan kalau begini ya…



Mar 31, 2021 at 9:24 PM

Sempet kaget n galau td ktk baca kalo lahiran SC bs bikin imun anak rendah. Tp sekaligus lega krn obatnya ASI ekslusif. All is well



Mar 31, 2021 at 10:01 PM

Jadi ingat dulu istri lahiran dan sempat susah sehingga ditawarin dokter untuk induksi. Tapi karena kita baca2 internet dan bisa menyiksa bayinya sendiri jadi akhirnya langsung caesar



Mar 31, 2021 at 10:12 PM

ASI ini emang penyelamat yah, obat paling oke bnaget untuk anak yah



Mar 31, 2021 at 10:15 PM

Wajib diketahui nih untuk para ibu yang yang sedang mempersiapkan persalinan sesarnya

bagaimapun semua ibu, baik yang sudah pernah ataupun belum pernah melahirkan melalui sesar, wajib mencari ilmu juga y



Mar 31, 2021 at 11:22 PM

Mengingat masa kehamilan dan memiliki anak yang prosesnya naik turun yaa…
Dan kini dengan C-Ready Learning dari Nutriclub, semua informasi disajikan lengkap dan mudah.
Alhamdulillah, bisa jadi lebih tenang.



Mar 31, 2021 at 11:37 PM

Wah, acara yang keren nih. Pastinya nambah wawasan. Terutama bagi para bumil yang hendak lahiran Caesar. Banyak persiapan dan kudu tahu efeknya. Aku sendiri, baca tentang ini jadi semakin saluuut dengan yang lahiran Caesar. Luar biasaaa.



Apr 1, 2021 at 12:05 AM

Adikku tahun lalu lahiran diprediksi bakalan caesar, taunya bisa lahiran normal kemarin. Bener-bener nggak terduga banget. Jadi dapet ilmu baru aku mbak seputar caesar ini. Ternyata pasca caesar efeknya ada pengaruhnya juga ke anak ya.



Apr 1, 2021 at 11:11 PM

yang nunggu lahiran, wajib bgt nih kepoin C-Ready Learning



Apr 4, 2021 at 5:29 PM

Saat membaca kata SC, saya selalu teringat pada suatu artikel yg aaya baca di tahun 2016 terkait SC yg tidak perlu. Tapi, bukan berarti jika harus dilakukan SC serta merta membuat kita jd ibu yang buruk. Salah satu hal penting adalah mempersiapkan Birth Plan. Minimal kita, suami, dan bayi siap menghadapi SC. Salam sehat untuk ibu Indonesia



Apr 4, 2021 at 6:38 PM

biasanya para calon ibu suka takut klo harus melahirkan secara cesar ya mbak
tapi klo ada edukasi seperti ini, pasti ibu punya bekal ilmu yg cukup, jadi nggak takut lagi



Apr 4, 2021 at 11:08 PM

Bagusnya sekarang banyak banget informasi diperoleh , di antaranya dari acara seperti dalam tulisan ini ya Mbak Alfa. Jadinya ibu yang melahirkan caesar harus aware sejak sebelum lahiran. Harus keras mengupayakan menyusui. Kalau zaman dulu, biasanya yang lahir caesar, pasti bayinya konsumsi susu formula dengan berbagai alasan. Kalau ibunya nggak belajar dulu, ya bakal ikut saja dengan kemauan rumah sakit dan bakal keterusan.



Apr 5, 2021 at 7:47 AM

No worries lagi ya mba,
kalo ada info dan narasumber yg mumpuni seperti ini.



Apr 6, 2021 at 4:48 AM

Mantap nih ada aplikasi khusus operasi caesar. Berguna sekali buat bumil terutama yang memang diminta bersiap menjalaninya.



Apr 6, 2021 at 1:43 PM

Teringat saat melahir anak pertama tahun 1975. Duh, untung tidak tewas. Susahnya setengah mati. Jarak pecak ketuban dengan bayi keluar, 8 jam. Jarak rumah sakit umum 200 km. Selamat siang, ananda Ulfa Kurnia.



Apr 6, 2021 at 3:38 PM

C- Ready Learning sangat berguna untuk persiapan persalinan Caesar ya. Semangat para bunda. Manfaatkan fitur2 keren dari C-Ready Learning.



Apr 7, 2021 at 11:08 AM

C-Ready Learning sangat membantu sekali ya buat informasi ibu hamil. Zaman sekarang semua serba mudah, kita bisa belajar mandiri dari rumah, dengan bimbingan ahli.



Apr 7, 2021 at 5:45 PM

Enaknya ya, sekarang udah banyak informasi buat ibu2 yang akan menghadapi lahiran sc. Sangat bermanfaat dan bikin buibu bisa lebih mempersiapkan dirinya..



Apr 8, 2021 at 8:18 PM

Aku tertohok dengan paragraf ini:

“Pada persalinan per vaginam, si Kecil akan terpapar kuman-kuman baik yang ada di jalan lahir ibunya. Ini akan membentuk pola kuman baik pada usus dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
Sedangkan pada persalinan caesar, si Kecil tidak terpapar kuman-kuman baik tersebut. Sehingga menurut beberapa pengetahuan terkini, si Kecil yang lahir secara caesar memiliki perubahan pola kuman normal usus (gut microbiota) yang berdampak pada rendahnya imunitas si kecil.”

Mau menyangkal, tapi ini beneran terjadi sama Amay yang kulahirkan secara SC. Umur 7 bulan, dia harus dirawat di RS karena muntaber. Dan memang, saat dia kecil, rasanya “puas” banget deh keluar masuk ruang praktik dokter anak. 🙁

Beda dengan Adek Aga yang lahir normal, alhamdulillah, daya tahan tubuhnya lebih baik, dan semoga selalu begitu. Aamiin.



Wiwin | Pratiwanggini.Net
Apr 10, 2021 at 4:57 AM

Jaman sekarang lengkap banget informasi tentang kelahiran. Saya teringat pertama kali lahiran anak pertama dulu. Informasi belum semudah sekarang diperoleh. Jadi saya hanya ngikut apa kata dokter. Dan menyiapkan mental saja. Selebihnya jalani saja gimana nanti. Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah. Bersyukurlah moms jaman sekarang, bisa persiapan lebih matang jauh-jauh hari.



Apr 10, 2021 at 7:26 AM

Jadi sekarang nggak perlu takut mau SC karena ga semenyeramkan dulu
Waktu mau lahirin Salfa 2014 lalu aku nangis karena kebayang gimana dibelah perutnya
Coba kalau sudah ada ini, pasti ga bakalan drama



Apr 10, 2021 at 7:48 AM

Lahiran normal atau caesar sama-sama perjuangan. Pastia ada positif dan negatif keduanya. Apa pun itu kita hanya perlu berusaha yang terbaik. Apa lagi ilmu bisa didapat dari mana saja. Saya pun sedang hamil muda sekarang. Info seperti ini bermanfaat sekali.



Apr 10, 2021 at 10:05 AM

Wah bagus banget ini. Ada wadah yang bisa memberikan informasi lengkap buat bumil soal operasi caesar. Jadi lebih siap menghadapi operasi. Saya setuju ibu melahirkan normal dan caesar itu sama-sama perjuangan. Sama-sama sakit loh. Meski belum nikah, banyak dapat cerita dari teman dan saudara yang jalani. Semoga pengetahuan ini membuat kualitas kesehatan ibu melahirkan meningkat ya.



Apr 10, 2021 at 10:28 AM

Baru tau loh mba tentang efek yang bisa timbul pada bayi dengan kelahiran melalui caesar gini. Oooo ternyata tentang bakteri baik di jalan lahir itu benar adanya yaaa.. Insya Allah dengan pengetahuan yang cukup, para ibu yang harus menghadapi persalinan caesar bisa punya bekal untuk mendapatkan solusi terkait kesehatan ibu dan bayinya ya.



Apr 10, 2021 at 10:44 AM

Senangnya kalau ada edukasi tentang persalinan Caesar kaya gini, aku termasuk yg mengalami Caesar cito atau dadakan. Jadi dulu miskin ilmu banget mbak Alfa, senang bgt kalau ada eddukasi persiapan gini.



Apr 10, 2021 at 10:44 AM

keren ya mba, saat ini segala informasi bs d dapatkan dgn mudah ya mba termasuk soal persalinan sgt membantu bagi ibu hamil



Apr 11, 2021 at 8:12 PM

Bagus ya program dari Nutriclub ini. Mengadakan kegiatan yang bisa membantu para mama mempersiapkan persalinannya khususnya mereka yang menempuh jalur persalinan sesar.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.