Yoo Hye-Jung, Perempuan Inspiratif di Drama Korea

Yoo Hye-Jung, Perempuan Inspiratif di Drama Korea

Belakangan ini hari-hari saya agak bikin pusing. Selain rutinitas sehari-hari nemenin anak sekolah daring, alhamdulillah kerjaan yang harus diselesaikan sebagai bloger juga sedang banyak.

Dan sebagai introvert mom, setelah menjalani hari yang sibuk gitu, rasanya penting banget untuk menikmati me time. Nggak harus keluar rumah sih, lagi pandemi juga, kan. Justru paling asik itu kalau bisa sendirian di kamar sambil nonton drama Korea di aplikasi Viu. Ada yang kaya saya juga?

Bisa menghabiskan waktu 1 jam untuk nonton drakor udah bikin saya rileks dan bahagia. Apalagi kalau ceritanya bagus dan nggak bikin stres. Jadi saya lebih suka drama Korea yang bergenre romantic comedy. Tahu kan, semacam Goblin, Touch Your Heart, What’s Wrong with Secretary Kim, True Beauty, dan sejenisnya. Karena yang ringan-ringan gini cocok banget untuk winding down di akhir hari.

Baca Juga: Cara Merawat Diri untuk Para Ibu

nonton drama Korea di aplikasi Viu

Tapi, meski temanya percintaan, serial romcom gitu juga suka ngasih pesan moral, lo. Apalagi kalau karakter utamanya adalah seorang perempuan inspiratif yang tangguh, mandiri dan nggak cinderella complex.

Cinderella Complex mengarah pada perilaku yang tidak efektif dalam pekerjaan, merasa cemas akan kesuksesan, hingga pada tahap ketakutan bahwa kemandiriannya akan menghilangkan esensi feminitas dirinya sebagai seorang perempuan.

Colette Dowling dalam buku The Cinderella Complex yang dikutip dari situs asianparents.id

Dan sebenarnya banyak banget karakter perempuan inspiratif di drama Korea. Selama ini yang saya tonton di aplikasi Viu sih, kebanyakan chara female leadnya layak untuk dicontoh, ya. Seperti drama Korea yang baru selesai saya tonton, “Doctors“.

Baca Juga: 3 Drama Korea Populer Untuk Pemula

Doctors, Drama Korea dengan Latar Belakang Dunia Medis

Doctors adalah serial drakor lama yang cukup ngehits pada zamannya. Berlatar belakang dunia medis, khususnya kehidupan para ahli bedah syaraf atau neurosurgeon, drama ini berfokus pada kehidupan dr. Yoo Hye-Jun (diperankan oleh Park Shin-Hye).

Sinopsis

Berasal dari keluarga broken home, Yoo Hye-Jun adalah anak yang diabaikan oleh ayahnya dan ibunya meninggal karena bunuh diri. Akibatnya dia sering terlibat kenakalan remaja. Suatu hari, ayah dan ibu tirinya yang kewalahan dengan ulah Hye-Jun mengirimnya ke kampung untuk tinggal bersama neneknya.

Sakit hati karena merasa dibuang oleh ayahnya dan sering disiksa oleh ibu tirinya, Hye-Jung bertekad untuk hidup sebagai anak nakal. Di saat seharusnya dia mendaftarkan diri ke sekolah baru dan membeli seragam, Hye-Jung malah pergi ke shopping area dan mencuri CD di sebuah toko musik.

Di sini dia bertemu seorang laki-laki yang belakangan ternyata adalah guru biologi di sekolah yang akan dimasukinya, Hong Ji-Hong (diperankan oleh Kim Rae-Won). Kehidupan sekolah ternyata tak seburuk bayangannya. Hye-Jung berteman dengan Chun Soon-Hee yang baik dan Jin Seo-Woo yang pintar.

Melihat aksi Prof. Ji-Hong yang ternyata juga seorang dokter bedah menolong wanita hamil di pinggir jalan, Hye-Jung merasa terinspirasi untuk belajar sungguh-sungguh untuk menjadi dokter. Dengan dukungan nenek yang sangat menyayanginya serta bantuan Seo-Woo plus otak Hye-Jung yang memang encer, gadis itu berhasil meraih nilai Matematika tertinggi di sekolah.

drakor doctors di aplikasi viu

Sayangnya hidup Hye-Jung nggak lantas menjadi mulus. Skandal dan masalah datang menghampiri dan puncaknya adalah dia harus berpisah dengan Ji-Hong dan kematian sang nenek saat menjalani operasi pengangkatan tumor. Hye-Jung yang curiga akan adanya malapraktik berusaha mencari keadilan. Tapi, ayah dan ibu tirinya menghalangi usahanya dan menerima uang kompensasi dari rumah sakit.

13 tahun kemudian, Yoo Hye-Jung menjalani hari pertamanya sebagai fellow dokter bedah syaraf di Gookil Hospital Seoul dengan menghajar segerombolan gangster yang mengacau di rumah sakit. Dan keesokan harinya, dia kembali bertemu dengan Prof. Hong Ji-Hong yang kemudian menjadi mentornya sebagai ahli bedah syaraf.

Di sinilah kehidupan Hye-Jung bergulir. Dari seorang remaja nakal yang nggak punya masa depan menjadi seorang dokter bedah syaraf yang mumpuni, cantik, tangguh dan mencintai profesornya.

Yang Menarik dari Drama Korea Doctors

Awalnya saya kurang suka dengan premis anak nakal ini. Gemes aja gitu lo, liat ulah Hye-Jung yang bandel. Tapi setelah episode ketiga saya malah nggak bisa berhenti nonton drama Korea satu ini di aplikasi Viu.

Apalagi sebenarnya saya memang suka banget sama serial yang berlatar belakang dunia medis atau medical drama. Dan di drakor ini, nggak sekadar tempelan tapi bener-bener fokus pada keseharian para dokter dan staf unit bedah syaraf.

Setiap episodenya pasti ada kasus-kasus baru yang menarik dan bagaimana mereka memecahkan kasus tersebut. Juga pelajaran gimana sih harusnya dokter itu menjelaskan ke pasien supaya mereka paham penyakit yang dialami.

drama korea Doctors
“The Department of Neurosurgery deals wiith the brain. The brain control the human body. Neurosurgery rules over all!”
Yel-yel kebanggaan Departemen Bedah Syaraf Gookil Hospital

Penonton juga disuguhi berbagai istilah-istilah medis yang berhubungan dengan penyakit syaraf dan otak. Serta adegan-adegan operasi yang menegangkan. Seru banget deh.

Politik rumah sakit juga menjadi konflik utama selain tentu saja komunikasi interpersonal antara para dokter dan staf. Seneng sekali liat interaksi antara mereka yang kompetitif tapi juga harus saling support baik dalam hal karir maupun cinta.

Konflik dalam drakor Doctors ini juga cepat diselesaikan. Seperti misalnya kesalahpahaman antara Hye-Jung dan Prof. Hong. Kalaupun ada yang berlarut-larut nggak yang bikin orang sampai harus marathon nonton sampai abis gitu, lo.

Baca Juga: Tonton 3 Film Gong Yoo ini Sebelum Nonton Seo Bok

Yoo Hye-Jung, Perempuan Inspiratif di Drama Korea

Tapi yang paling menarik tentu karakter Hye-Jung yang menurut saya adalah salah satu perempuan inspiratif di drama Korea. Bagaimana dia bisa mengubah sosok remaja nakal yang pernah menginap di penjara karena melukai temannya hingga menjadi dokter yang menginspirasi sampai diliput oleh acara TV.

Dr. Yoo memiliki rasa keadilan yang tinggi. Dia juga pandai bela diri. Para wanita menjadikannya panutan. Kita semua memiliki masa lalu. Masa lalu yang buruk bukan penghalang untuk berkembang di masa kini.

Doctors.
perempuan inspiratif di drama korea
Yoo Hye-Jung, salah satu karakter perempuan inspiratif di Drama Korea

Mandiri dan Bertanggung Jawab

Setelah neneknya meninggal dunia karena malapraktik, Hye-Jung hidup sendiri. Kemarahan karena mimpinya untuk hidup nyaman membantu neneknya membesarkan restoran dijadikannya motivasi untuk membalas dendam. Bukan dengan cara destruktif, tapi dengan mengubah cita-citanya dan menjadi seorang dokter.

Hye-Jung sejak remaja selalu bertanggung jawab atas kejadian atau masalah yang terjadi padanya meski nggak semua sepenuhnya kesalahannya. Dia juga berusaha untuk menyelesaiakan semua masalahnya sendiri. Tapi, setelah bertemu dengan Ji-Hong, Hye-Jung pelan-pelan mau menerima bantuan orang lain yang memang ikhlas mau mendukung dan menolongnya. Tanpa terjebak dalam cinderella complex.

Menguasai Martial Art

Sejak masih sekolah, Hye-Jung sudah suka berkelahi. Mungkin efek sering dipukuli oleh ibu tirinya ya. Tapi dalam periode 13 tahun yang di fast-forward hobi berkelahi dia kembangkan hingga menjadi petarung wanita profesional.

Kemampuan inilah yang membuat Hye-Jung outstanding karena di hari pertamanya bekerja di Gookil Hospital dia berhasil mengalahkan sekelompok gangster. Sehingga orang-orang yang tadinya meremehkan dia mulai menaruh respek.

Lihat adegan ini bikin saya makin berambisi supaya anak-anak saya belajar bela diri. Saya juga terpikir untuk belajar Muay Thai nanti setelah pandemi usai. Pengalaman pahit mengalami pelecehan seksual saat remaja dan nggak bisa melawan itu lumayan membekas traumanya sampai sekarang. Meski mungkin buat orang lain kejadiannya sepele, saya masih suka berandai-andai saya bisa bela diri mungkin ceritanya akan berbeda.

Fokus Mencapai Tujuan Hidup

Nenekku adalah alasan terbesarku (untuk berubah). Saat aku menjadi anak nakal, beliau pernah bilang jika terlahir di dunia, setidaknya bermimpilah yang besar.

dr. Yoo Hye-Jung, Doctors

Meskipun nakal, sebenarnya Hye-Jung adalah anak pintar. Sampai bisa mengalahkan temannya yang mengajarkan dia Matematika. Karena dorongan sang nenek supaya Hye-Jung menjalani hidup yang lebih baik, terinspirasi dari Guru Ji-Hong dan dendamnya kepada dokter yang melakukan malapraktik kepada neneknya, dia pun fokus pada tujuannya menjadi dokter.

Baca Juga: Anak Berkata Kasar, Apakah Dia Anak Nakal?

Tidak Malu akan Masa Lalu

Kebanyakan orang akan berusaha melupakan atau menghapus masa lalu mereka yang nggak menyenangkan. Apalagi jika punya track record buruk seperti Hye-Jung yang pernah masuk penjara saat remaja.

Tapi Hye-Jung menerima masa lalunya sebagai bagian dari hidupnya seperti yang dia katakan kepada Seo-Woo yang mengancam akan menyebarkan masa lalu Hye-Jung kepada rekan-rekan sejawat mereka di Gookil Hospital. Hye-Jung berkata, “Aku nggak pernah mengungkapkan (masa lalu) atau merahasiakannya.”

drama korea di aplikasi vi

Masa lalu seburuk apapun nggak akan bisa kita ubah. Tapi kita bisa berdamai dengan hal-hal buruk tersebut dan menjadikannya landasan untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Baik dan Setia Kawan

Di mata rekan sejawatnya, Dr. Yoo adalah orang yang cuek dan dingin. Selalu menjaga jarak dengan orang lain. Sehingga beberapa residen merasa segan saat berinteraksi dengannya. Ini disebabkan oleh traumanya dibuang oleh ayah dan ibu tirinya. Juga karena selalu diremehkan dan dicap jelek saat remaja.

Baca Juga: Makna Sebuah Pelukan

Padahal, ketika sudah mengenalnya lebih baik, Hye-Jung adalah pribadi yang hangat dan setia kawan. Dia juga nggak segan melakukan apapun untuk menolong pasiennya. Serta bersedia membantu orang yang juga bersikap baik kepadanya.

Profesional dan Pantang Menyerah

Tujuan Hye-Jung bekerja di Gookil Hospital adalah untuk mengungkap kasus malapraktik yang dialami oleh neneknya. Meskipun jalannya berliku, dia pantang menyerah. Berbagai cara termasuk meminta bantuan Prof. Ji-Hong untuk menemukan rekam medis neneknya dan mengancam residen yang mengoperasi neneknya pun dia lakukan.

Tapi ketika pelaku malapraktik itu membutuhkan bantuannya sebagai seorang neurosurgeon, Hye-Jung mengesampingkan perasaan pribadinya dan bersedia mendampingi Ji-Hong untuk melakukan operasi terhadap orang tersebut. Begitu juga dalam hal persaingan cinta, tsaaah. Meski berkonflik pribadi dengan Seo-Woo dan menolak pernyataan cinta dr. Jung Yoon-Do, Hye-Jun tetap bisa bekerja sama side by side dengan mereka saat dibutuhkan.

Sebenarnya masih banyak lagi sih sifat-sifat dr. Yoo Hye-Jung yang menjadikannya perempuan inspiratif di drama Korea. Tapi kalau kepanjangan nulisnya teman-teman pasti bosan. Jadi mending langsung aja download aplikasi Viu dan nonton dramanya secara legal.

Nonton Drama Korea di Aplikasi Viu

Kenapa harus aplikasi Viu sih? Sejak mulai suka nonton drama Korea, saya berusaha untuk menontonnya di situs yang legal. Secara saya tahu kan kalau pembajakan itu nggak baik dan nggak mau merasa bersalah nonton di situs atau aplikasi ilegal.

Selain itu download aplikasi Viu itu gratis kok. Kita juga bisa nonton video-video secara free tanpa harus registrasi. Tapi, kalau mau nonton video-video premium dan menikmati streaming tanpa jeda iklan ya lebih baik berlangganan premium aja. Toh, biaya langganannya nggak mahal. Cuma Rp 35.000/bulan kita bisa menonton semua video yang ada di Viu. Nggak jarang juga ada promo biaya langganan seperti Rp 65.000 untuk 3 bulan atau Rp 17.500 untuk 1 bulan. Jadi rajin-rajin aja cek promo.

download aplikasi Viu

Di aplikasi Viu juga banyak judul KDrama yang hits baik yang on going atau yang sudah lama tamat. Nggak cuma itu, bagi yang suka Korea variety show pun banyak pilihan yang bisa kita tonton. Jangan khawatir nggak ngerti bahasanya, karena Viu menyediakan subtitle dalam berbagai bahasa, termasuk Inggris dan Indonesia.

Asiknya lagi kita bisa memilih nonton drama Korea di aplikasi Viu secara online maupun offline dengan cara mengunduh episode yang mau kita tonton di gadget kita. Ini bermanfaat banget kan kalau kita pengen nonton KDrama tapi pas nggak ada koneksi internet dan lagi pengiritan paket data hehehe.

Kaya saya kemarin tuh yang mengunduh beberapa episode Doctors untuk ditonton di kafe sambil nemenin anak gadis jajan. Karena Viu mudah diakses dari gadget manapun, saya nggak perlu lagi bawa-bawa laptop untuk nonton drakor. Tinggal pakai ponsel kesayangan aja sudah bisa nonton drama Korea di aplikasi Viu.

Jadi tunggu apalagi, mumpung weekend langsung aja download aplikasi Viu di ponsel. Dan teman-teman bisa menikmati ribuan jam video yang ada di aplikasi. Selamat nonton!

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

203 thoughts on “Yoo Hye-Jung, Perempuan Inspiratif di Drama Korea

  1. Wah baru tau loh kalo mba alfa ngedrakor juga. Haha. Saya belum nonton drama ini, banyak yang bilang bagus tapi saya kurang sreg sama Park Shin Hye-nya. Ternyata karakternya menginspirasi ya, mbak. Wkwk..

  2. wah mbak alfa nonton drakor juga
    iya mbak, drama Doctor ini emang bagus
    inspiratif banget lead femalenya
    aku sudah nonton drama ini

  3. Yeayy, kapan2 aku juga mau nonton Doctors ini ah, mbaa
    Suka bgt dgn drakor tema RumKit, karena jadi denger berbagai istilah-istilah medis yang berhubungan dengan penyakit syaraf dan otak. Serta adegan-adegan operasi yang menegangkan. Bikin ngilu-ngilu sedaaapp, wwkwkwk

  4. Aku jadi tahu tema-tema drakor ya dari bw blog temen-temen. Seru juga, engga selalu drama ternyata. Malah ada yg thriller dan suspense juga. Malah pernah musikal juga.
    Pantes deh digemari ga ibu-ibu, bapak-bapak juga.
    VIU pas banget mewadahi hobby semua.

  5. Nah menarik ini … fokus pada keseharian para dokter dan staf unit bedah syaraf. Sepertinya pembuat filmnya punya konsultan darti kalangan medis ya? Bagusnya yang nonton jadi belajar banyak.

  6. Belum nonton judul ini. Tapi, pas baca jawaban ini: “Aku nggak pernah mengungkapkan (masa lalu) atau merahasiakannya”, jadi pengen lihat reaksi Seo-Woo. Jadi kicep apa ngga? Hihi…

    Drama Korea, walaupun banyak yang memandang sebelah, tapi sebenarnya banyak pesan baiknya ya, Mbak. Baca reviewnya Mbak Alfa, kayaknya serial ini bagus banget untuk ditonton anak-anak broken home khususnya, supaya mereka bisa tetap semangat meraih mimpi, sekaligus mematahkan anggapan orang bahwa anak broken home ngga bisa jadi orang.

  7. Aku takut kalau mau download, takut ketagihan dan gak bisa lagi berhenti. Karena sesungguhnya jeratan drakor susah dilepaskan.

  8. poin yang menarik yaitu dia tidak malu dengan masa lalunya ya.. ini penting banget sih biar bisa lebih maju ke depan dan meraih segala impian. ikhlaskan yang sudah terjadi, jadikan sebagai senjata yang powerfull untuk wujudkan mimpi

  9. Wah mau bela diri jugaaa maak. Anak aku yg ke-2 mau aku belajarin jg nih.
    Introvert mom yaa makkk.. tos. Smalam mau nongton tapi udah ngantuk banget πŸ˜…

  10. Kyaaak. Udah masuk list tontonan aku tapi belum keburu keburu karena kalah sama yang on going.
    Jadi aja semakin pengen nonton segera. Apalagi yang dramanya genre medis gini, ku sukaaa. :”)

    Dan iyaaa, ku uda langganan Viu 6 bulan dong biar ga keganggu iklan, dan kalo download bisa kualitas HD :”)

  11. Aku belum nonton drakor ini, ceritanya menarik ya. Seorang anak broken home, menjadi petarung prof dan juga seorang dokter. Benar2 tangguh dan inspiratif sekali. Cerita2 ttg dokter selalu menarik, cuma aku agak ngeri kalo ada adegan operasi2nya hahaha.

  12. well abgus juga banya tokoh inspiratif dan juga pelajaran hidup dari drakor yang ditonton ya mba. Soalnya nontonnya kan sampai berseri – seri dan butuh banyak waktu hehehe

  13. Aku wes nonton drakor ini tapi lupa hahaha.. Mau nonton lagi ah, kebetulan udah langganan Viu juga, demi legalitas dan kesenengan nontonin drakor kalo ada yang bagus :D.

  14. Aku belum tahu dan belum nonton drakor ini, tapi banyak sekali karakter positifnya ya. Akupun suka genre romantic comedy, bikin betah nonton

  15. Wah, aku juga suka nih mbak drakor Doctor. Selain pemainnya Rae Won aku juga suka alur ceritanya. Jadi pengen nonton lagi deh. Pasangan yang uwu banget menurutku. Romantis menggelikan gitu, hehehe. Setuju juga dengan karakter Hae Jung yang inspiratif

  16. aku juga suka banget sama drama doctor ini mbak
    tokoh perempuannya PSY, dimana perubahannya kelihatan banget
    dari anak bandel bisa jadi dokter hebat

  17. Sip. Hobi saya juga nonton drakor di aplikasi Viu, nih. Memang rekomendid karena termasuk murmer dan legal pula. Saya belum nonton drama Park Shin Hye yang ini, sih. Pernah baca sinopsisnya memang dia jadi sosok dokter keren di drama ini. Masuk wish list ahh

  18. Tosssss. Yoo Hye-jung juga melekat banget di aku. Semangatnya, jago berantemnya (wkwkwk). Apaagi kisahnya sama dokter hong. Gak kuat ni hatiiii nontonnya

  19. Bagus ya kisahnya. Walau menjalani masa kecil dan remaja yang buruk, tapi akhirnya sukses menjadi dokter. Dan relasi di tempat kerja, termasuk rumah sakit kadang emang gitu ya, ada kompetisi antar pribadi, tapi kalau urusan kerjaan harus saling mendukung

  20. Ooo Park Shin Hye yang main, aku belum pernah nonton drama ini tapi sering lihat flyernya.
    Akupun udah langganan Viu selama dua tahun dari sebelum pandemi, tambah betah karena biaya langganannya juga murah meriah sedangkan kita bisa dapat tayangan yang resolusinya bagus.

  21. “Kemarahan Hye-Jung karena mimpinya untuk hidup nyaman membantu neneknya membesarkan restoran dijadikannya motivasi untuk membalas dendam. Bukan dengan cara destruktif, tapi dengan mengubah cita-citanya dan menjadi seorang dokter.” >>> Narasi ini sangat inspiratif, ananda Alfa. Balas dendam yang sehat. Bukan merusak diri. Selamat malam.

  22. Aku udah pernah lihat ini juga. Beberapa kali re run malahan. Soalnya dramanya kece, lucu dan ada sedihnya juga.

    Efek romance nya juga dapet banget lhooo hihihi.

  23. Aku udah nonton iniii..

    Emang bagus banget sih mbak. Beneran nagih.

    Lewat drakor tuh sering bisa kebayang gimana sih kalau orang kerja di bidang ini dan itu.

    Tapi, sekarang belum berani nonton lagi. Takut ketagihan. Wkwkwk

  24. seru nih Yoo Hye-Jun dari yang niat jadi remaja nakal malah belajar serius menjadi dokter bedah syaraf.
    anak nakal itu bukan berarti bakal gitu terus. di film ini kasih pesan bahwa siapapun bisa berubah menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama

  25. Berliku-liku ya jalan hidup Hye Jung, mulai dari masa kecilnya yang teraniaya ibu tiri dan jadi suka berkelahi. Tapi inspirasinya melihat seorang dokter menyelamatkan orang trus membuatnya pengin jadi dokter itu luar biasa banget. Pada dasarnya dia orang baik, hanya saja nasib memang membuatnya harus menjalani kerasnya hidup.

  26. Gak sempat nonton akutu.. Eh bukan ding. Saya ga pernah bisa fokus kalo lagi nonton film/drama. Oleh karena itu saya lebih suka membaca review teman-teman blogger aja. Sekalian bisa dapat insight yang kalian share di blog. πŸ˜€

  27. banyak juga ya tokoh perempuan di drakor yang perannya tangguh-tangguh. Jadi nggak selalu jadi korban yang tak berdaya gitu loh.. Tapi drakor yang ini aku belum pernah nonton.

  28. Nonton Drakor emang udah menjadi jalan ninjaku buat metime ketika gak bisa keluar rumah ..

    Dan Doctor juga salah satu yang wajib banget buat ditonton, karena alur ceritanya yang kereeen

  29. Aku tuh suka dengan Park Shin Hye. Tapi belom nonton drama The Doctors ini. Seru kayaknya ya. Segera nonton ah. Kebetulan akun VIU-ku masih premium setengah bulan lagi😁

  30. Nonton paling nyaman kalau sudah langganan di Viu.
    Bisa bebas pilih drama apa saja yang ingin ditonton. Termasuk rekomendasi drama di atas.
    Seruu~
    PSH lawan mainnya Rae Won oppa euui~

  31. NgeDrakor Doctors, sosok yang beneran inspiratif banget nih. Makin mager nontonnya pake apps Viu nih, keknya menjadi favorit dan surganya pecinta drakor nonton di sini yaaa.

  32. Nakalnya dia dulu ya karena ada sebab ya. Dan dia bisa melaluinya dengan berubah karena memikirkan masa depan. Perubahan ini jadi pesan moral bagus sih

  33. Aku juga udah khatam drakor ini. Jujur aja, di awal2 tayang bosenin. Baru mulai menarik di pertengahan hingga akhir. Soalnya aku udah khatam Dr romantic dulu baru nonton ini jadi kerasa beda banget. Karna di awal kurang terasa dunia medis. Hehe

  34. Aku beberapa kali nonton ini mbk, tak ulang ulang hehe. Nontonnya satu tahun lalu awal awal pandemi. Aku juga langganan Viu, banyak pilihan drama korea yang bagus bagus

  35. Drakor ini memang semakin banyak peminatnya ya, Mbak. Ceritanya memang bagus, alurnya tidak bertele-tele, dan tokoh-tokoh perempuannya sangat menginspirasi.
    Enaknya lagi, sekarang banyak aplikasi buat nonton film Korea ya, Mbak. Harganya pas di hati dan di kantong hehehe.

  36. Dokter ini inspiratif banget ya, masa lalunyaa malah yang dijadikan cambuk dan penyemangat hidupnya ya.. keerenn diaaa.
    jadi mau nonton juga ah nanti di VIU.

  37. Saking banyaknya drakor yang ambil latar belakang medis, aku sampe kelewat nggak nonton ini. Padahal yang main Park Shin Hye sama Lee Sung Kyung. Mbaknya sukanya drakor yang cerita ringan gini yaa. Mumpung langganan Viu, ku jadi pengen nonton juga.

  38. Asikkk dapet rekomendasi drakor lagi. Tapi emang nonton drakor tuh paling enak di VIU ya. Paling lengkap dan update banget. Love!

  39. Nama RS nya unik, Gookil Hospital hehe. Duku pengen coba Viu tapi entah mengapa malah nyoba channel sebelah lagi hehe sekarang lagi off subscription, padahal ada film environment yang pengen ditobton juga dan speertinya di Viu

  40. Drakor dengan cerita medis ini salah satu kesukaan ku. Soalnya mereka kalau bikin drama medis kayaknya study dulu deh, jadinya bagus, gak ngasal kayak sinetron kita. Hehehe

  41. Aku belum pernah nonton Drama yang ini, mungkin karena ga begitu suka dengan drama kedokteran kali ya.. Tapi yang satu ini bakal masuk watchlist setelah beres nonton Encounter.. Kebetulan baru perpanjangan nih Viu jadi bebas nonton tanpa iklan.. Hihihi

  42. Catet dulu ah judul film nya, siapa tau sempat nonton pas bulan puasa nanti hehe. Emang paling bener nih kalau milih film yang berbobot dan berisi, selain menambah pengetahuan juga menginspirasi. Terima kasih mbak atas rekomendasi film korea nya.

  43. Kalau nontonnya di Vii memang bikin asik, karena kapan pun dan dimanapun nontonnya gak jalan terhalangi. Sehingga jadi hiburan yang membahagiakan

  44. Saya juga menyukai drama ini, Kak. Yoo Hye Jung emang keren banget. Pintar dan tangguh. Aku nggak keberatan nonton berkali-kali. Tetap saja terpesona sama karakter main leadnya. Hehee

  45. Huwaaa seru deh baca cuplikan film yang diulas di sini. Jadi pengin nonton juga aku. Kebetulan sudah download aplikasi Viu. Tinggal tambahin ke daftar tontonan nih.

  46. Aku juga penggemar drakor, Mbak. Suka romcom yg ringan dan ada kocaknya, cocok banget buat me time. Tapi aku juga suka berbagai genre sih, termasuk yg medical. Tapi Doctors ini aku blm nonton… Baca artikel ini jadi penasaran pengen nonton. Masukin list to watch ah. Aku seneng tuh yg karakter perempuannya tangguh & inspiratif

  47. Wah sudah lama nih gak nonton drakor, jadi agak kurang update drakor apa aja yang bagus. Saya di rumah juga pakai nih Viu, tapi yang nonton tiap hari istri saya saya nih.

  48. Hwaaaaaa si Yoo Hye-Jun bermetamorfosis menjadi dokter cantik nan tangguh ya.
    Meskipun kehidupannya gak mulus tapi semangatnya luar biasa. Cocok jadi inspirasi tokoh Yoo Hye-Jun ini

  49. Ini Lee sung Kyung nya masih baru main drama kayaknya ya, masih kaku aktingnya, tapi suka juga sama siapa tuh dokter tingginya 190 itu lupa namanya

  50. Belum banyak Drakor yang aku tonton. Btw tahu nggak mbak, jadi tahun 2017 itu suamiku yg minta aku download Viu. Wkwkkw.

    Akhirnya aku nonton drakor lagi setelah sekian lama off. Eh tapi 2018 itu aku off kan nonton Drakor.

    Tapiiiii nih, pandemi ini aku download VIU lagi dong, demi nonton lagi haha

  51. Saya juga sudah nonton drakor Doctors ini. Ceritanya seru, romantisnya juga dapet. Suka juga dengan karaktern Yoo Hye Jung di sini yang mandiri dan gigih meraih impiannya. Btw nonton di Viu emang paling nyaman ya. Apalagi kalau sudah berlangganan jadi nggak terganggu lagi sama yang namanya iklan dan bisa nonton drakor sepuasnya hehe

  52. Karakter yang diperankan paling normal di antara drama terbarunya Park Shin Hye. Hahahahhaa.. Di sini kayaknya persahabatan Park Shin Hye dan Lee Sung Kyung dimulai ya. Setelah itu, mereka berdua sering berjalan bersama.

  53. waaah aku belum nonton drakor, huhuuu.. tp kisah drakor nih emang bagus-bagus ya, pasti ada pesan moralnya, keren sih πŸ™‚ apalagi udh gampang ada aplikasi nya buat nonton hihii

  54. Dari kemarin rameee ya mbahas drakor di linimasa. Aku tim nyimak dan mencatat pelajaran yang berharga dari sharing teman-teman, hihi.

    Belum berani mulai nonton drakor, soalnya bayi lagi aktif banget dan me time yang kupilih mending tidooorrrπŸ˜‚πŸ˜‚

  55. Penonton juga disuguhi berbagai istilah-istilah medis yang berhubungan dengan penyakit syaraf dan otak. Serta adegan-adegan operasi yang menegangkan. Seru banget deh.

    Nah gini nih, me time sekalian belajar ^_^ Belajarnya fun lagi…ngga berasa baca kitab akademik yg bikin merinding hihihi

  56. Memang juwara nih Viu, banyak untungnya ya, beneran banyak judul KDrama yang hits, mau on going atau sudah lama tamat adaaaa
    Yang suka Korea variety show pun banyak pilihan yang bisa kita tonton. Jadi tinggal dipilih…dipilih…

  57. Di drakor selalu saja ada inspirasi yang bisa bikin orang belajar ya. Salah satunya dari Hye-Jung. Latar belakang yang diambil bagus pula, dunia medis jadi yang nonton belajar banyak.

  58. Duh belum sempat aja nih nonton drakor ini, padahal udah penasaran aja baca reviewnya. Malah anak sulungku yang sudah nonton. Cerita seputar RS, dokter selalu menarik, cuma bikin ngeri pas adegan operasi haha.

  59. Aku udah nonton drama ini. Seru banget dan sangat menginspiratif. Feel nya dapet bgt, apalagi konflik dengan ayahnya. Harus ditonton bgt drama ini.

  60. Waah seru juga ya drama korea dengan latar belakang medis… selama ini drama series berlatar medis kayaknya masih dominasi hollywood yaa.. karakter dr. Yoo Hye-Jung juga keren dan inspiratif nih

  61. Jalan ceritanya sangat menarik ya. Jadi belajar bahwa masa lalu seseorang bukan patokan untuk tidak bisa sukses di masa depan. Asalkan orangnya mau berubah dan bangkit dari masa lalu yang kelam..

  62. Bisa punya waktu 1 jam nonton drakor tanpa gangguan itu emang sesuatu yang istimewa ya mbak kalau sudah jadi ibu. Apalagi kalau ceritanya juga bagus dan ada pelajaran yang bisa dipetik dari tokoh maupun kisahnya

  63. Aku suka banget film dengan latar belakang medis. Udah nonton juag nih Doctors, suka sama pemeran perempuannya. Park Shin-hye ini yang main di ALhambra juga .

  64. Suka juga mba Aku Sama aktingnya Yoo Hye-Jung udah nonton bbtp Kali nih doctors,, drakor favorite kalau dah main di rumah sakit kayak beneran ya aktingnya

  65. Kenapa kasus bunuh diri dalam drama Korea sering diceritakan ya Mbak? Apakah cerminan kehidupan sosial di sana begitu ya? Yang aku suka dari drakor itu mereka menggarap serius dari set tempat dan alur. Karakterisasi bisa bgeitu kuat seolah bener-bener menjalani peran itu. Aku baru nonton The Wolrd of the Married aja rasanya kayak beneran percaya mereka itu dokter yang bukan aktor. Apalagi ini ya yang judulnya Doctors, bakalan memanjakan remaja yg pengin jadi dokter. Dari ulasan film Mbak Alfa, aku menyimpulkan pentingnya sikap pantang menyerah, bahwa nasib tak ada yang tahu, termasuk hidup yang misterius. Makasih ya dibocorin drakor ini, asyik bisa nonton di Viu! πŸ™‚

  66. Rekomendasi drama di Viu memang keren, apalagi kualitas gambarnya juga bagus. Makanya deg-degan mint, takut bablas karena keasikan nonton terus hehe

  67. Kalau sudah langganan Viu makin lancar nih mau nonton drakor kapan aja ya mba. Nonton secara legal, tontonannya pun jadi makin menyenangkan nih. Tema dokter sekarang makin banyak dinaikkan kisahnya yaaa…

  68. Wah saya sudah pernah nonton drakor Doctors ini di tv kabel tapi agak lupa jalan ceritanya jadi pengen nonton ulang lagi deh, tayangan drakor di VIU emang keren2 ya banyak drakor unggulan di sana termasuk drakor yang ini πŸ™‚

  69. Kayak istri saya yang kalau udah me-time, pasti mantengin drakor lewat VIU. Kayaknya bagi penikmat drakor seru sekali ya nonton film drakor lewat VIU.

    Ternyata suka ada harga langganan promo ya? Baru tempe saya ini. Harus lebih rajin lagi ngecek promonya nih, hehehe..

  70. Pernah sekilas nih nonton Drama Doctors, pas itu Yoo Hye-Jung lagi menghajar para preman di RS. Keren sih ini cewek. Tegas dan berani.

    Jadi pengen donwload VIU.. huhu

  71. Eh, ini kan drakor jaman dulu? Yang murid naksir gurunya, kan?

    Ah, drama park shin hye hampir semua aku nonton mbak. Mantap. Apalagi yang sama joong suk itu

  72. Kalau download aplikasi Viu itu, apakah film-filmya memang khusus drakor ya?
    Soalnya aku belum pernah nonton drakor nih…
    Sepertinya banyak kisah-kisah yang diangkat tsb merupakan kisah inspiratif ya

  73. Memang bener deh, di Viu selalu ada drama Korea terbaru. Begitu tahu aplikasi Viu, istriku langsung download dan berlangganan premium, hehehe.

  74. Menarik sekali ide cerita filmnya kak. Meski endingnya udh ketebak, aku salut dgn Hye-Jung yg selalu optimis dlm menjalani hidup. Hidup dr anak broken home emg ga mudah. Apalagi mau bangkit dr keterpurukan masalah rumah tangga dan ia harus bangkit sendiri. Kehidupan yg mampu mandiri ini emg ga smua org bs, terlebih anak broken home.

  75. Yang saya suka dari drakor itu temanya spesifik ya. Setting filmnya juga kuat n kental dgn tema yang diusung.

    Saya belum nonton film ini. Catat dulu buat nanti kalo ada waktu luang.

  76. Selain jalan ceritanya yang bagus, tokoh yang inspiratif salah satu alasan menonton film/drama adalah menambah ilmu pengetahuan yang siapa tau bisa juga diterapkan dalam kehidupan sehari hari, tapi pengetahuan yang baik tentunya.

  77. Banyak drama Korea memang menginspirasi banget. Kalau lihat jalan ceritanya, jadi keingetan dulu waktu kecil pengen jadi dokter. Eh waktu SMA malah masuk IPS dan phobia dengan darah, hahaha. Tapi namanya jalan hidup, memang orang sekitar kita juga akan memberikan pengaruh yang banyak bagi kehidupan kita.

  78. Wah mba nya suka nonton drakor di Viu juga yaaa hihihi. Aku juga suka nonton di sana tapi aku lebih seneng drama yang konsepnya detektif, married life, atau pembunuhan 🀣. Kalau cinta cinta doang mah eneg sendiri wkwkwk

  79. Saya sudah gak pernah nonton drakor sejak jadi ibu rumah tangga, padahal makin ke sini justru drakor makin banyak diminati. πŸ™‚ Apalagi ada aplikasi Viu ini.
    Meski udah gak pernah nonton, saya mengakui bahwa banyak drakor yang isinya sarat dengan pesan moral dan pelajaran hidup, gak asal bikin cerita aja kayak sinetron Indonesia. *eeehh πŸ˜†

  80. Gengster pun dilibas sama Yoo Hye-Jung, keren memang. Cocok ini dijadikan rekomendasi tayangan Drakor favorit, karena menurut daku dari ulasan ini banyak inspirasinya dan pesan moral yang bisa didapatkan dengan menontonnya juga

  81. Meskipun drakor ini udah ga baru, tapi suka banget dengan karakter Yoo Hye‑jung yang tangguh dan pantang menyerah meskipu ujian datang silih berganti. Akhirnya happy mending dan semua puas. Lagi-lagi puas sama penggarapan drakor yang skenario dan penokohannya yang kuat. Makasih ya infonya, Mbak Alfa.

  82. Kalau soal drakor, smp sekarang aku sulit mengingat namaΒ²nya euy. MiripΒ² semua…hehe…
    Reviewnya lengkap, jadi faham kenapa banyak yg suka…

  83. Makasih banget kak, akhirnya aq punya referensi buat nonton drakor besok. Soalnya udah kehabisan ide nih πŸ˜‚

  84. sama mbak, aku juga suka nonton yang enggak terlalu berat, biar kesan hiburannya dapet hehehe…
    Padahal dulu juga suka nonton yang tegang tegang kayak Emergency room, Doctors ini apakah juga sama tingkat ketegangannya? Jadi kepikiran buat nonton, penasaran sama tokoh Hye Jung…

  85. Drakor tentang dunia medis tuh emang seru banget. Padahal cuma drama tapi mereka bikin kasusnya se-real mungkin jadi kita bisa sekalian belajar. Kereen deh. Btw saya juga kalau nonton drakor di aplikasi Viu soalnya banyak pilihannya ^^`

  86. Aku jg suka banget sama drama doctors dan iya salut sama Yoo Hye Jung. Dan entah kenapa tiap Park Shin Hye main drama, rolenya selalu sekeren itu. Pinter pilih char dia

  87. aku baru tamat minggu ini film lain. Aku belum nonton yg ini..seru ya mba, gregetan gimana gitu yaaa
    haha.. perlu nih nonton yg muda2 gini aku :)) biar inget masa2 muda #eh

  88. wah banyak sekali ya hal inspiratif yang bisa dipelajari sosok Yoo Hye Jung, aku terakhir nonton drakor yang serius itu tahun lalu mak hahah.. entahlah ada apa dengan kenikmatan nonton drama korea kok yang menghilang

  89. Aku ga tau drakor Doctors ini hihihihi πŸ™‚ Pernah ikutin Penthouse doang wkwkwkwk πŸ™‚ Tokoh2 di drakor Doctors ini menginspirasi penontonnya deh, dengan menolong orang. Kisah dunia medis itu mengasyikkan untuk disimak.

  90. Jadi dia akhirnya terinspirasi dan menjadi dokter ya si Yoo Hye-Jun ini. Aku belum nonton perannya Park Shin-Hye. Lupa pernah nonton di Drakor lainnya atau enggak. Punya sih aplikasi VIU, tapi masih jarang nonton drakor nya. Justru suka dengan tayangan lain di VIU kayak reality show gitu

  91. Aku juga suka drama medis, mulai dari drama barat hingga Korea, senang saja gitu melihat para dokter bekerja.. Viu ini hiburan banget buatku..

  92. Aku suka banget film-film dengan latar belakang medis mbak, pastinya sudah aku tonton juga Doctor nih. Nontonnya juga sama di Viu waktu itu, karena penasaran sama film-film lainnya jadi daftar premium deh. Gak nyangka ya yoo hye jung yang tadinya cuek gitu akhirnya mau juga kembali praktik

  93. dari dram ini. aku belajar, broken home tidak mengahalangi anak untuk bisa berprestasi ya mbak.
    drama ini menunjukkan, anak nakal bisa jadi dokter hebat

  94. Wah Park Shin Hye, suka deh sama beliau. Cantik dan alami mainnya. Tapi aku belom nonton drama yang ini. Segera ah, nanti abis lebaran digebeeer nonton drakor ini πŸ˜€

  95. Drakor dngan cerita kisah kedokteran emang menarik apalagi ada sosok perempuan inspiratif di dalamnya seperti Yoo hye Jung,
    Makin betaah n mager nontonnya kalo pake Viu yaaa.

  96. Pakai Viu memnag bikin bebas dan ga pakai waswas..nonton drakor jadi puas! termasuk Yoo Hye Jung, perempuan inspiratif di drama Korea yang bisa mengubah sosok remaja nakal yang pernah menginap di penjara karena melukai temannya hingga menjadi dokter yang menginspirasi sampai diliput oleh acara TV. Keren pesan moralnya ya

  97. Drama Korea tuh kuat banget jalan ceritanya. Saya belum nonton Doctors, tapi dari membaca sinopsis di atas banyak banget pesan moral yang bisa kita petik darinya. Karakter Hye-Jung yang dari anak nakal kemudian berubah jadi penolong orang dengan jadi tenaga medis, bakalan bikin klepek-klepek nih. Apa lagi dibintangi oleh bintang top wanita korea, gak salah lagi bakal nonton seri ini nanti πŸ™‚

  98. Sukaaa sama drakor Doctors ini, emang inspiratif banget tokoh utamanya
    Pernah ngelihat behind the scene-nya semua adegan berantem di drama ini diperankan langsung ama Park Shin Hye dan gak pake stunt, kereeen

  99. inspiratif deh, tidak menutupi dan mengungkapkan masa lalu. Memang masa lalu itu, baik ataupun buruk nggak bisa dihilangkan dari kehidupan kita, yang perlu dilakukan adalah berdamai

  100. Aku harus lanjut nonton lagi nih Drama Doctor. Sempat nonton baru sampai episode mecuri itu. Ternyata seru juga setelah baca Sinopsisnya. Episode awal memang kurang menarik buat aku juga.

  101. Bahwa sesungguhnya, masa lalu adalah cermin baik buruk untuk langkah ke masa depan ya. Ketika mampu meninggalkan hal yang buruk dan berani untuk menjadi lebih baik, masa depan gemilang pun dapat digenggam..

  102. Viu ini emang aplikasi gudangnya drakor deh ya. Banyak banget film baru dan lama yang dimunculkan di aplikasi ini. Aku jadi penasaran dgn tokoh2 perempuan di masing2 film drakor Korea. Soalnya mereka tangguh2. Meski antagonis, kadang jg bs jd protagonis. Begitu sebaliknya. Emg sineas Korea pandai banget membuat ide dan memvisualkan melalui film drakor.

  103. Membaca ini, saya jadi pengen nonton. Mumpung belum uninstall VIU.
    Bisa jadi ratcun kalau tetap ada di HP. Jadi pengen nonton drakor terus. Kan gaswat. Hihihi
    Malam ini cooling down dengan drakor yang ini aah

  104. Yeah, untung ketemu dokter baik itu ya, jadinya tokoh utama ini jadi protagonis. Motif dendamnya jadi positif dan all out mewujudkan misinya. Kadang jurus kepepet itu ampuh buat jadi motivasi

  105. Seru pastinya nonton drama Korea di aplikasi Viu. Doctor ini bikin penasaran, sering baca sinopsisnya katanya emang bagus banget.Nanti juga nyari di viu.makasih rekomendasinya kak

  106. Film Korea ini sangat inspiratif banget ya apalagi pemainnya aktornya juga cantik itu dan juga aku baru tahu kalau nonton film Korea bisa dengan viu

  107. Saya juga introvert mom lho (gak ada yang nanyak ya?).

    BTw, drakor Doctor ini saya sempat menyimak kehebohannya dari anak yang hobi lihat drakor. Katanya chemistry dunia medisnya dapet banget. So far, saya sendiri belum bisa ikutan ngedrakor, cukup sesekali nanyak sama anak

  108. Waa mau nonton juga film doctors, bagus ya ceritanya, ada pesan moral di dalamnya. Berdamai dengan masa lalu tanpa takut orang lain tahu masa lalu kita yang buruk itu gak mudah

  109. Kapan-kapan nobar drakor yookk..ehtapi online ajah..Eh gimana..haha.. Seru kali ya kalo nobar pas lagi ada event yang nginep di suatu tempat…

  110. Penggemar drakor pasti tau Viu, ya. Dan ternyata semudah itu ya kalau mau nonton drakor lewat Viu. Bisa nonton offline pula selain bisa online.
    Tapi kapan aku mau nonton drakor….? Hihihi.

  111. Seru ya Mba nonton drakor apalagi melalui aplikasi Viu. Praktis, nggak perlu download-download di laptop lagi, bisa ditonton dimana saja dan biaya langganan untuk menjadi member premiumnya sangat terjangkau.

  112. Drakor itu selalu menarik dan seru jika punya latar sebuah profesi. Misalnya dunia kedokteran kaya gini. Selain kisah para pemerannya, biasanya ada hal baru yang kita tahu sesuai profesi yang diangkat.

  113. Kayaknya seru ya mba ceritanya, kebetulan aku belum nonton yang ini. Sekarang malah lagi nonton yang nine tailed itu. Bisa jadi referensi buat next k-drama ini, apalagi ada life lesson juga yang bisa kita dapat ya. Mantap

  114. Ah kereen Yoo Hye Jung yaa Mba alfa… bisa memberikan inspirasi positif dan motivasi yg bs menggugah remaja narapidana menjadi seorang dokter pula, keren keren…

  115. Aplikasi Viu untuk nonton streaming begini ini yang bikin kita jadi lebih produktif. Tapi aku sih nontonnya di waktu santai aja. Tapi aku punya temen yang bisa nonton di Viu sambil kerja di kantor lho, kok bisa ya?

  116. Pengen nonton drama ini, tapinya list to watch aku udah ngantri… Hehe… Penasaran sama karakter2nya terutama Yoo Hye Jung ini.

  117. Uwuw aku enjoy banget baca ini Mbak karena aku baru tahu ada drakor Doctors dan yang menarin Park Shin Hye, soalnya aku nggak update sih di dunia perdrakoran. Ceritanya menarik nih pasti dari pengembangan karakternya, biasanya tokoh yang cerita gini kan kebanyakan laki2, nah ini perempuan. Aku jadi tertarik buat nonton, kayanya bisa bikin termotivasi nih

  118. Character female leader itu apakah Mbak? Maklum ngga pernah nonton drakor XD
    Martial art aku pernah denger saat baca salah satu buku. Termasuk juga Muang Thai.

  119. Drama Korea emang banyak yang bisa menginspirasi. Kebanyakan datang dari perangai atau karakter tokohnya sendiri. Aku pernah nonton drama dengan tema yang sama mbak cuma kalau yang judulnya kayak yang mbak bahas belum sih.

  120. Drakor dengan latar belakang medis, menurut daku bagus karena banyak ketegangan dan teka teki juga biasanya yang menarik untuk disimak

  121. selama puasa ini aku libur nonton aplikasi berbayar buat nonton series atau film ini, padahal pengen tapi kayak yang waktunya gak tepat terus huhuh padahal banyak cerita yang bagus

  122. asik banget ya cerita film korea, ga tau kenapa kalau saya paling takut nonton film korea, aneh ya saya ..ohya kak, kalau viu selain film korea ada film apa lagi ya?

  123. Sebenarnya drakor ini banyak pesan moral-nya juga ya, hanya saja saya belum klik sama waktunya yang pastinya banyak episode yang musti ditonton. Tapi boleh juga nih instal Viu buat sesekali menonton

  124. drama korea banyak ya yang menceritakan perempuan tangguh dan inspiratif. Itu makanya aku pun suka nonton drakor. Tapi yang ini belum nonton nih. Habis baca post ini nonton ah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top