ibu sigap jaga imunitas keluarga
Kesehatan

Perkuat Sistem Imun dengan Imunomodulator Herbal

Imunomodulator Herbal untuk memperkuat sistem imun. Adakah yang sekarang sedang harap-harap cemas menunggu giliran dapat vaksin Covid-19? Sayaaaa! Eh, tepatnya ibu saya sih, secara beliau kan lebih rentan terinfeksi virus karena usia. Sayangnya sampai tulisan ini diposting belum ada tanda-tanda akan ada jadwal vaksin untuk lansia dan umum di daerah saya. Padahal kemarin pak Jokowi datang untuk vaksin massal, lo.

Ya, memang sih vaksin tidak membuat kita benar-benar kebal terhadap virus. Tapi vaksin COVID-19 akan mendorong pembentukan kekebalan tubuh spesifik pada penyakit Covid-19 agar terhindar dari tertular atau kemungkinan sakit berat. Begitu yang disampaikan oleh Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si. (Herbal) pada event virtual “Ibu Sigap Jaga Imunitas Keluarga” yang diadakan oleh Deltomed Laboratories beberapa hari lalu.

ibu sigap jaga imunitas keluarga

Sementara vaksin Covid-19 masih belum bisa kami dapatkan. Saat ini yang bisa diusahakan adalah meningkatkan sistem imun tubuh untuk menjaga kesehatan keluarga. Selain tentunya mengikuti protokol kesehatan 5 M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak antara 1,5 – 2 m, membatasi mobilitas dan interaksi dan menghindari kerumunan.

Baca Juga: PSBB Lagi, Taati Protokol Kesehatan Ini

Teman-teman mungkin sudah khatam dan sudah mempraktikkan berbagai cara untuk meningkatan imunitas keluarga. Apalagi sebagai ibu, kita adalah garda depan kesehatan keluarga ya. Tapi, tahukah teman-teman apa itu sistem imun?

Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

Menurut dr. Inggrid, sistem imun adalah semua mekanisme tubuh untuk mempertahankan keutuhannya terhadap bahaya dari luar tubuh maupun dari dalam tubuh itu sendiri.

Kalau dari luar tubuh, berbagai patogen, bakteri, virus, jamur dan bakteri yang ada di lingkungan kita berpotensi masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan penyakit, kerusakan jaringan bahkan kematian. Termasuk salah satunya adalah virus SARS-Cov-2.

Gangguan sistem imun bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu:
1. Sistem imun tidak adekuat yang bisa menyebabkan infeksi.
2. Sistem imun berlebih sehingga dapat menyebabkan autoimun atau hipersensitif (alergi).

Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si. (Herbal)

Nah, penyakit yang disebabkan oleh Covid-19 ini disebabkan oleh sistem imun yang tidak adekuat. Dan tingkat keparahannya tergantung kepada:

  1. Kemampuan agen infeksi untuk menimbulkan penyakit.
  2. Jumlah mikroorganisme. Semakin banyak jumlah virus yang masuk semakin rentan kita menjadi sakit.
  3. Sistem imun tubuh manusia.

Jadi kalau ada yang bilang, “Ih, kok kena Covid efeknya bisa beda-beda, ya. Ada yang kaya sehat-sehat aja, ada yang cuma seperti kena flu. Tapi juga ada yang meninggal.” Nah, kira-kira penjelasannya seperti yang di atas itu, ya. Karena meski virus SARS-Cov-19 bisa masuk ke tubuh karena sistem imun kita sedang tidak baik, efeknya bisa berbeda tergantung pada hal-hal tersebut.

Dari pemaparan di atas, jadi makin paham kan kenapa kita harus menjaga imunitas keluarga secara holistik atau menyeluruh dengan cara mengonsumsi gizi seimbang, tidak merokok, dan berolahraga minimal 30 menit sehari. Selain itu kita juga harus beristirahat dengan cukup agar kondisi tubuh tetap terjaga. Serta penting sekali untuk mengendalikan penyakit komorbid seperti diabetes, hipertensi, kanker, dsb agar daya tahan tubuh tidak mudah turun.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat di Rumah Aja

Kita juga dapat mengonsumsi suplemen atau vitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk yang mengandung imunomodulator.

Imunomodulator Herbal untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunomodulator adalah zat atau substansi yang dapat memodifikasi respon imun serta mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif. Sehingga dapat mengembalikan keseimbangan sistem imun yang terganggu.

Imunomodulator sendiri digolongkan menjadi imunostimulan dan imunosupresif. Imunostimulan merupakan suatu senyawa yang dapat meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun. Dan diberikan untuk meningkatkan respon imun terhadap penyakit. Sedangkan imunosupresif digunakan untuk menekan respon imun, meredakan hiper-inflamasi, mengatasi penyakit autoimun, atau mencegah penolakan transplantasi.

Nah, imunostimulan ini bisa didapatkan dari ekstrak herbal lo. Ada tanaman yang dipercaya mengandung imunomodulator seperti echicanea, elderberry, ginseng, ganoderma dan safron yang berasal dari luar negeri. Dan ada meniran, jinten hitam, sambiloto, kunyit, bawang putih, kelor, jahe, pegagan, temulawak, dll yang merupakan varietas tanaman Indonesia.

Saya rasa teman-teman sudah familiar ya dengan tanaman herbal tersebut. Bahkan mungkin sudah rutin mengonsumsinya sebagai bahan masakan atau bumbu masak. Dan belakangan ini beberapa juga dikenal sebagai ramuan anti Covid-19. Antara lain meniran, kunyit dan daun kelor.

Meniran

Meniran yang memiliki nama latin phyllantus niruri berfungsi untuk mempercepat penyembuhan infeksi virus. Sudah ada penelitian klinis yang membuktikan bahwa meniran dapat membantu penderita cacar air sembuh lebih cepat.

Kunyit

Lebih dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, curcuma longa berkhasiat memelihara dan memperbaiki sistem pencernaan, lo. Umbi-umbian yang khas dengan warna kuningnya ini juga bersifat anti radang. Sehingga baik dikonsumsi oleh orang yang mengalami peradangan di bagian tubuh manapun.

Daun Kelor

Daun kelor mungkin populer di kalangan para ibu karena enak sekali dimasak sayur bening. Selain sebagai sumber serat, pemilik nama latin moringa oleifera ini juga merupakan sumber nutrisi. Daun kelor mengandung kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin.

Persamaan dari ketiga herbal ini adalah aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang dan bersifat imunostimulasi. Jika dikombinasikan dapat menghasilkan efek modulasi respon imun yang lebih optimal.

Tapi, tentu kita kan nggak mungkin ya tiap hari makan kunyit, daun kelor dan meniran dalam bentuk aslinya. Bisa bosan juga rasanya kalau suami dan anak-anak mendapati sayur daun kelor setiap hari di rumah. Lagipula kita juga nggak tahu takaran yang tepat untuk mendapatkan efek yang optimal.

Oleh karena itu PT. Deltomed Laboratories memberikan solusi bagi para ibu sebagai garda depan kesehatan keluarga dengan meluncurkan produk suplemen kesehatan herbal Imugard.

Baca Juga: Cara Merawat Diri untuk Para Ibu

Imugard, Imunomodulator Herbal untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Imugard adalah produk herbal yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dengan 3 in 1 herbal formula. Yaitu meniran, daun kelor dan kunyit. Kombinasi ketiga imunomodulator herbal ini memberikan manfaat anti peradangan yang bersinergi positif ditambah dengan keunggulan kunyit dalam memperbaiki pencernaan. Dan dengan daun kelor yang melengkapi kebutuhan nutrisi dapat membantu memelihara daya tahan tubuh.

imunomodulator herbal

Hadir dalam bentuk kaplet dengan komposisi triple action herbal formula yang sudah melalui penelitian ketat, Imugard memiliki khasiat seperti mengonsumsi herbal dalam bentuk aslinya. Menurut Brand Manager Imugard, Bpk. Apt. Agie A.C S, Farm, proses pembuatan Imugard ini juga sudah memenuhi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), lo.

Cara konsumsinya pun mudah, cukup 1 kaplet sehari untuk usia 12 tahun ke atas untuk mempertahankan sistem imun. Namun, jika kondisi tubuh sedang kurang baik, teman-teman bisa mengonsumsi imunomodulator herbal ini sampai 2x kaplet sehari.

Untuk saat ini, Imugard memang diperuntukkan untuk usia 12 tahun ke atas. Namun, menurut Pak Agie, sudah ada rencana untuk mengeluarkan varian sirup untuk anak-anak. Wah, makin lengkap ya jadi bisa dikonsumsi sekeluarga, nih.

Imugard aman untuk dikonsumsi oleh dewasa dan lansia dalam jangka panjang sampai 6 bulan. Jadi teman-teman tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya setiap hari.

imugard
sumber foto: instagram imugard_id

Oya, produk herbal ini bisa didapatkan dalam kemasan blister berisi 10 kaplet dengan harga Rp 30.000 per blister. Teman-teman bisa membelinya di apotek atau toko obat moderen seperti Watson dan Century. Bisa juga dibeli secara online melalui Official Store Deltomed yang ada di Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada dan JD.ID.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman yang sedang mencari suplemen kesehatan untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun. Stay healthy, yaaa.

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments

Mar 30, 2021 at 6:48 PM

Harganya ternyata tidak mahal, ya. Standar gitu. Mudah pula mendapatkannya.



Ipeh alena
Mar 30, 2021 at 7:15 PM

Entah kenapa pas baca ini auto bangga jadi orang Indonesia. Melimpah banget rempah-rempah yang banyak manfaatnya ini. Apalagi sekarang udah ada suplemen yang bahannya ada herbalnya gini. Makin mudah aja buat memenuhi kebutuhan tubuh biar tetap sehat



Mar 30, 2021 at 9:08 PM

Di masa pandemi kayak gini emang wajib banget mempertahankan imun tubuh. Aku baru tau ada produk herbal ini, thanks infonya kak



Mar 31, 2021 at 5:59 AM

Bahan2 herbal bikin makin semangat utk konsumsi IMUGARD ya mba
Udah gitu, affordable banget harganya



Mar 31, 2021 at 9:37 AM

Selalu sehat dalam kondisi pandemi ini sudah tak bisa ditawar-tawar lagi mba. Rasanya pilek dikit aja udah parno loh.

Bagus nih suplemen yang mengandung bahan-bahan alami gini. Meniran, kelor dan kunyit banyak tumbuh di halaman ya. Sungguh praktis sekarang kita bisa langsung mengonsumsinya tanpa perlu repot-repot menumbuk bahan-bahan tersebut.



Firdaus Deni Febriansyah
Mar 31, 2021 at 11:13 AM

Dibutuhkan ketahanan tubuh yang baik di masa pandemi seperti ini. Tapi untungnya ada Imunomodulator Herbal yang hadir untuk menjaga daya tahan tubuh kita.



Apr 1, 2021 at 7:02 PM

wuah meniran – daun kelor – kunyit = perpaduan yang pas untuk menjaga daya tahan tubuh
untungnya kita sekarang gak perlu repot2 ya buat meramunya
tinggal beli imugard aja



Apr 1, 2021 at 7:24 PM

Banyak banget yg merekomendasikan herbal ini untuk imunitas tubuh. Bagus ya skrg semua dalam genggaman, nggak pait-paitan lagi minum herbal dalam bentuk utuh.

Sehat dan fit adalah kondisi wajib saat ini!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.