Makeup Flawless: 9 Langkah Makeup Untuk Pemula

Kemarin seperti biasa saya lagi tap-tap instagram stories waktu lihat postingan Mbak Deris yang berisi ajakan ikut Wardah Beauty Time Virtual Class “Flawless Make Up Look” with Komunitas Playdate Palembang. Mengingat saya lagi seneng pakai makeup flawless untuk foto-foto, saya jadi tertarik pengen ikutan kelasnya. Apalagi ini gratis. Kayanya cocok banget ini belajar step by step makeup untuk pemula seperti saya. Langsung deh saya DM Mbak Deris untuk tanya apa boleh saya ikutan kelasnya, secara saya kan bukan anggota komunitas Playdate Palembang gitu. Alhamdulillah langsung disambut baik dong. Terima kasih, Mbak Deris.

wardah-beauty-time

Jadi kemarin sore, berbekal kosmetik ala kadarnya, saya ikutan tuh kelas online makeup yang diadakan via Zoom Meeting. Dipandu oleh Kak Deta dari Wardah Palembang, langkah-langkah pemakaian makeup yang diperagakan oleh kak Belgia dari Wardah Palembang gampang banget diikuti. Karena hasilnya bagus (menurut saya lo, ya), saya jadi ingin berbagi langkah-langkah makeup untuk pemula yang diperoleh dari kelas kemarin. Yuk, simak terus sampai akhir.

Perlengkapan Makeup yang Dibutuhkan

Di sesi beauty time ini, kakak-kakak dari Wardah tentu menggunakan produk skincare dan kosmetik dari Wardah ya. Tapi waktu kelas kemarin para peserta dibebaskan untuk menggunakan produk apa aja yang kami punya. Yang penting bisa ikut langsung praktik memulas wajah dari awal sampai akhir.

Untuk menghasilkan makeup flawless look, ini adalah perlengkapan kosmetik dan skin care yang kita butuhkan.

perlengkapan makeup untuk pemula
1. Pembersih wajah5. Two Way Cake9. Eyebrow13. Kapas dan tisu
2. Makeup remover6. Loose Powder
atau bedak tabur
10. Blush On14. Cermin
3. Moisturizer7. Eyeshadow11. Maskara
4. Foundation/cushion8. Eyeliner12. Lipstick

Kalau lihat dari perlengkapannya Mbak Belgia sih ada juga kuas berbagai ukuran yang dipakai tapi nggak pakai juga nggak apa-apa. Gunakan aja spon atau spoolie yang biasanya sudah disertakan dalam kemasan kosmetik yang kita beli.

Oya, ini adalah kosmetik dan skincare yang dipakai di virtual class bersama Wardah kemarin. Tapi bukan berarti kita harus punya semua ya. Nanti akan saya jelaskan lebih lanjut kegunaan masing-masing produk supaya teman-teman yang baru mau belajar makeup untuk pemula bisa memilih mana aja yang mau dimiliki lebih dulu.

9 Langkah Makeup Untuk Pemula

Flawless Make Up Look yang dijadikan tema virtual beauty class Wardah x Komunitas ini cocok banget diikuti oleh saya dan teman-teman yang lagi belajar makeup untuk pemula. Karena hasilnya tuh seperti pakai makeup tapi nggak keliatan menor. Jadi kulit wajah kita nampak fresh dan lebih cantik gitu. Penasaran pengen coba juga? Yuk kita mulai dari langkah pertama.

1. Bersihkan Wajah

pembersih wajah

Tahap pertama makeup untuk pemula ini penting banget dilakukan. Sebelum memakai rias wajah, pastikan kulit wajah dan tangan kita sudah benar-benar bersih. Kalau misalnya baru pakai makeup siang hari setelah seharian di rumah bebersih atau masak tetap harus bersihkan muka dulu ya dengan pembersih wajah. Kulit yang bersih bisa membuat makeup lebih menyatu di kulit dan tahan lama.

2. Pakai Pelembab

Setelah membersihkan wajah, tahap kedua makeup untuk pemula adalah memakai pelembab. Pelembab berfungsi mengikat kandungan air di wajah kita supaya nggak mudah kering atau berminyak. Selain itu pelembab yang mengandung spf juga dapat melindungi kulit kita dari efek buruk sinar matahari. Kulit yang lembab dan sehat dapat membuat makeup tahan lebih lama.

pelembab makeup untuk pemula

Di virtual class kemarin, Mbak Deta mengajarkan kami cara mengaplikasikan pelembab wajah dengan benar. Yaitu, ambil pelembab sebesar biji jagung lalu totolkan di 5 bagian wajah: dahi, hidung, pipi kanan dan pipi kiri serta dagu. Kemudian ratakan pelembab searah tumbuhnya bulu halus yang ada di wajah. Ini maksudnya adalah yang di dahi ditarik ke arah kanan dan kiri. Sedangkan yang di pipi, hidung dan dagu diusapkan ke arah bawah. Sambil meratakan pelembab pijat halus juga wajah kita supaya peredaran darah lancar.

3. Complexion

Complexion bisa merujuk pada warna, tekstur, dan tampilan kulit. Nah, di dalam istilah make-up complexion merujuk pada produk-produk yang digunakan sebagai base di wajah, seperti primer, foundation, concealer, dan BB Cream.

https://shopee.co.id/inspirasi-shopee/sering-dengar-10-istilah-kecantikan-ini-yuk-simak-artinya/

Jadi sederhananya, complexion adalah riasan dasar atau base makeup. Buat yang baru belajar makeup untuk pemula, mungkin merasa complexion ini nggak penting. Tapi percayalah, besar banget bedanya hasil makeup pakai complexion dengan yang enggak.

Lagipula, complexion ini banyak macamnya. Mulai dari BB Cream yang ringan dengan coverage light to medium sampai foundation yang bisa menutupi kekurangan di kulit wajah kita dengan baik. Jadi teman-teman yang sedang bikin wishlist perlengkapan makeup untuk pemula, bisa memilih base makeup mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

complexion makeup base untuk makeup flawless
Complexion (Makeup Base) dari kiri ke kanan: BB Cream, Liquid Foundation. Cushion, Concealer, Two Way Cake
Pic: Revlon, Wardah, Pixy. L’oreal

Nah, karena tema virtual class with Wardah ini adalah makeup flawless look, jadi diperlukan kulit yang benar-benar terlihat mulus dan rata. Maka, complexion yang dipakai adalah:

Liquid Foundation atau Cushion

Foundation adalah base makeup yang paling umum digunakan untuk menutupi kekurangan kulit wajah seperti warna wajah yang nggak rata. Supaya kulit tampak bagus, pilih warna foundation yang 1 tingkat lebih cerah daripada warna asli kulit kita. Aplikasikan foundation dengan membuat 5 titik pada wajah di dahi, pipi kanan dan kiri, ujung hidung dan dagu, lalu ratakan dengan menggunakan kuas, spon, beauty blender atau jari searah dengan tumbuhnya rambut di wajah.

foundation makeup flawless

Untuk teman-teman yang nggak suka pakai foundation atau merasa pakai liquid foundation itu susah, step makeup untuk pemula ini bisa diganti dengan cushion. Cushion adalah compact foundation yang merupakan perpaduan antara powder dan foundation cair. Karena bentuknya yang compact dan dilengkapi dengan spon atau puff, cushion lebih mudah diaplikasikan ke wajah. Hasilnya juga biasanya lebih natural daripada foundation biasa.

Concealer

Setelah memakai foundation atau cushion, langkah makeup flawless selanjutnya adalah menggunakan concealer.

Fungsi concealer adalah untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan di kulit wajah, baik itu lingkaran hitam di bawah mata, noda, bekas luka, atau sekadar membuat warna kulit terlihat lebih rata.

loreal-paris.co.id
concealer makeup pemula

Aplikasikan concealer di bagian bawah mata untuk menyamarkan lingkaran hitam atau kantung mata. Caranya dengan mengulaskan beberapa titik di bawah mata lalu ratakan dengan spon, jari tangan atau kuas makeup. Concealer juga bisa kita pakai untuk menutup jerawat, bekas luka atau kemerahan di wajah yang nggak bisa ditutupi oleh foundation.

Wajib nggak pakai concealer? Kalau merasa kulit kita sudah cukup bagus dengan foundation atau cushion aja sih nggak perlu lagi pakai concealer.

Loose Powder atau Bedak Tabur

Langkah ketiga di urutan complexion adalah menggunakan bedak tabur atau loose powder. Kok banyak banget ya urutannnya. Iya, kan namanya juga mau bikin makeup flawless, yang artinya makeup yang mengutamakan tampilan muka yang mulus. Jadi ya, kulit muka didempul sedemikian rupa sehingga bisa menutupi semua kekurangan tapi tetap terlihat natural.

Penggunaan bedak tabur untuk menset foundation dan merupakan kunci supaya makeup tahan lama. Loose powder juga membantu menyerap minyak yang berlebih di wajah, lo.

Two Way Cake

Oke, step terakhir adalah mengaplikasikan two way cake. Lah kan sudah pakai foundation kok masih perlu pakai two way cake? Iya, begitulah yang diajarkan oleh Mbak-mbak dari Wardah Palembang. Dengan menggunakan two way cake setelah bedak tabur diharapkan dapat menyempurnakan penguncian makeup.

Supaya riasan wajah terlihat natural dan flawless, cukup sekali aja mengaplikasikan TWC ini. Kita bisa menggunakan kuas untuk hasil yang lebih natural atau spon untuk hasil yang lebih tebal.

Nggak pakai two way cake boleh? Ya kalau sudah pakai foundation dan bedak tabur lantas sudah merasa tampilan makeup flawless kita baik, nggak pakai TWC boleh-boleh aja. Saya sih nggak punya TWC dan alhamdulillah tekstur atau kondisi kulit saya tidak perlu terlalu banyak koreksi, jadi dengan cushion dan concealer saja sudah cukup untuk menghasilkan riasan yang baik untuk aktivitas sehari-hari bagi saya.

Baca Juga: Makeup Simple untuk Kondangan Di Luar Kota

4. Pensil Alis

Setelah dasar makeup flawless selesai. Tahap selanjutnya adalah membentuk alis. Mungkin buat teman-teman yang alisnya sudah tebal merasa nggak perlu lagi ngalis. Tapi sesekali coba deh, pakai eyebrow kit atau maskara alis warna hitam aja supaya keliatan natural nanti pasti keliatan bedanya. Karena alis bisa ngasih efek yang berbeda banget di riasan wajah kita.

bikin alis makeup untuk pemula
step by step menggambar alis

Kalau untuk yang alisnya tipis seperti saya sebaiknya pakai pensil alis warna coklat karena akan tampak lebih natural. Pengaplikasian pensil alis dalam makeup untuk pemula dimulai dengan membingkai alis dari arah dalam ke luar. Lalu arsir alis dari tengah ke ujung alis. Untuk bagian depannya cukup disikat dari arah paling dekat dengan hidung keluar. Cara ini bisa menghasilkan riasan alis yang natural.

Lalu gimana dengan alis yang ada di bagian yang nggak terbingkai oleh pensil alis? Supaya rapi tanpa perlu dicabut atau dicukur, kita bisa menutupinya dengan concealer yang diaplikasikan menggunakan kuas.

5. Eyeshadow

Untuk hasil makeup flawless yang natural, gunakan eyeshadow dalam warna-warna netral seperti Wardah Exclusive Eyeshadow Palette Sunset Brown yang dipakai Mbak Deta dalam virtual class dengan Wardah kemarin. Tapi saya sih pakai Maybelline Color Sensational Diamond eyeshadow palette yang punya warna mirip dengan yang dipakai Mbak Deta.

eyeshadow makeup flawless

Tips aplikasi eyeshadow yang dikasih oleh Mbak Deta adalah mengarsir eyeshadow dengan warna netral ke seluruh kelopak mata sampai bawah tulang alis. Ini bermanfaat untuk membuat kelopak mata terlihat lebih besar, khususnya bagi pemilik kelopak mata kecil. Lalu beri sentuhan eyeshadow yang lebih gelap di ujung luar mata dan eyeshadow warna muda di ujung dalam mata.

6. Eyeliner

Fungsi eyeliner adalah untuk mempertegas garis mata dan membuat wajah keliatan lebih segar. Bagi pemilik kelopak mata kecil seperti saya, eyeliner juga dapat membuat kelopak mata nampak lebih besar. Tips dari Mbak Deta, supaya nyaman saat memakai eyeliner adalah dengan melihat ke arah bawah.

eyeliner makeup flawless

Menurut saya sih paling enak pakai eyeliner cair karena hasilnya biasanya lebih lembut. Tapi kalau belum biasa gampang banget mbleber, apa to ya bahasa Indonesianya? Kalau pakai pensil lebih aman sih cuma harus pastikan pensil eyelinernya empuk dan pigmented jadi sekali digariskan sudah keliatan.

7. Maskara

Masih dalam rangka mempercantik bagian mata, tahap selanjutnya adalah pakai maskara. Maskara ini berfungsi untuk memperpanjang, menebalkan dan mempergelap bulu mata. Supaya maskara nggak menggumpal, sapukan gagang maskara ke tisu sebelum diaplikasikan ke bulu mata kita.

maskara makeup untuk pemula

8. Blush On

Banyak teknik aplikasi blush on atau pemerah pipi yang dipakai oleh para makeup artist, tapi yang paling umum adalah menggunakannya pada tulang pipi dengan kuas dari arah belakang yang dekat telinga ke depan. Menurut Mbak Deta, cara ini membuat blush on nampak lebih natural.

lip cream sebagai blush on
lip cream sebagai blush on

Oya, kemarin saya sempat tanya apa boleh blush on diganti dengan lip cream yang dioles di pipi? Mbak Belgia bilang sih boleh. Memang ada beberapa produk lip cream yang juga berfungsi untuk mewarnai pipi dan kelopak mata. Jadi buat teman-teman yang sedang belajar makeup untuk pemula dan nggak ingin punya terlalu banyak kosmetik dulu, bisa kok beli lip cream yang bagus dengan warna netral untuk digunakan sebagai pemerah pipi dan eyeshadow.

9. Lipstick

Step terakhir adalah mewarnai bibir. Untuk makeup flawless yang natural, pilihlah warna-warna nude atau warna my lip but better.

lipstik wardah untuk makeup flawless

Sebelum menggunakan lipstik, pakai pelembab bibir dulu. Lalu pakai lipstik langsung di garis bibir. Diakhiri dengan memberi highlighter di atas bibir.

Nah, itulah 9 langkah untuk menghasilkan makeup flawless dari beauty time with Wardah virtual class. Kelas diakhiri dengan kami berfoto bersama. Dan dalam sesi tersebut saya sempat mengabadikan hasil makeup Mbak Deta dan saya dari layar telepon genggam.

makeup flawless wardah virtual class

Bagus yah makeupnya Mbak Deta. Kalau saya sih kayanya masih harus banyak belajar lagi mengaplikasikan makeup untuk pemula. Teman-teman punya tips makeup flawless atau makeup untuk pemula? Yuk berbagi di kolom komentar.

alfakurnia
Posts created 352

35 tanggapan pada “Makeup Flawless: 9 Langkah Makeup Untuk Pemula

  1. Gara-gara sering liat beauty blogger dan vlogger pake lip cream or lipstik jadi blush on, aku juga jadi ikut-ikutan. Wkwkw.. soalnya jujur males banget beli alat make up yang lengkap itu.

  2. Saat ada acara saya seringkali kebingungan saat mau berdandan. Kadang bingung bagaimana cara make up yang soft dan tidak terkesan menor. Makasih banyak mbak atas tutorialnya, sangat bermanfaat sekali buat saya yanh sedang belajar menggunakan make up

  3. saya nyari nomor 3 nya langsung ke 4, sampai bolak balik takut kecepetan pas geser, ternyata ga ada heheh. btw masih ada beberapa yang belum aku punya niy, karena memang jarang banget dandan, hanya sebatas skincare saja, micellar water, pencuci muka, toner, serum, pelembab langsung bedak heheh, lihat ini jadi mulai deh mikir beli concealer dan blush on, mulai nyicil ah

  4. Wah keren nih bisa jd referensi tuk pemula yg mau dandan. Sy mah paling ga bisaa pake eyeliner. Gmn sih caranya biar rata n rapi gitu ๐Ÿ˜“

  5. Perlengkapan saya kalah telak nih. Meski usia udah lewat 40, dalam arti jadi perempuan bukan sebentar saja, namun alat make saya cuma bedak dan lipstik saja. Hehehe
    Malu jadinya…

  6. Wah jadi tahu step2 make up ya mbak. Ilmu baru ni buat saya hehe. Saya belum pernah sampai lengkap gitu kalau dandan, jadi tahu cara mengaplikasikan foundation yang benar. Makasih sharingnya.

  7. Aku lebih suka riasan Mbak Alfa daripada mbak mentornya..kwkwkw. Alismu bagus bener bikinnya Mbak. Aku mleyot-meloyot kalau ngalis hiks. ini komplet meski virtual kelasnya. Keren ilmunya!
    Memang makeup flawless ini andalan banget sekarang. Kelihatan elegan di berbagai kesempatan

  8. Banyak yaaa hahaha. Kalau 9 langkah untuk pemula aku yang cuma 3 langkah (pelembab, bedak, dan lipstick doank :P) ini apa ya hihihi.
    Pengen deh sesekali ikutan kelas make up kyk gini. Kalau dulu sblm musim pandemi batal mulu soalnya ku liat kok yg ikutan dah pd canggih2 make up-nya, pengen ikutan yg kelas pemula banget gtu kek gini hehe TFS yaaaa

  9. Aaah seru ini. Jadi pengen ikutan biyuti class dan borong makeupnya Wardah terutama bedak dan cushion. Tapi yang lain juga udah pada abis. Huhuhuhu siap-siap bongkar budget belanja bulan depan ini biar keliatan flawless

  10. waaaw bisaan bikin alisnya niih
    akutu lemah klo soal ngalis…
    apalagi klo dah lama gak pake kayak sekarang2 nh dah lama bgt ga pegang alis krn WFO pun aku ga pake alis hahaha…
    kudu latihan lagi nih kayaknya

  11. Membaca 9 langkah makeup ini bikin saya tutup muka deh, Saya hanya pakai alas bedak, bedak, dan lipstik. Pakai pinsil alis tidak pernah becus ha-ha-ha. Jadi saya bisanya disebut pemulanya pemula ya, eh apa yah istilahnya?

  12. Saya awam banget kalau masalah make up, hehehe. Pernah ikut wardah class padahal waktu zaman masih kerja di bank. Tapi ilmunya enggak nyantol,hihi. Biasanya cuma pakai cusion dan lipstik. Mau kemana-mana ya pakai itu. Dari ke mall sampai ke undangan,hihi

  13. Jadi kalau mau make up itu memang harus dibersihin banget dulu mukanya biar make up-nya bisa lebih tahan lama. Aku pernah ikut make up class sama Wardah, dan sama sekali aku nggak berhasil bikin alis. Hahaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas