Fakta Menarik di Balik Pernikahan Princess Beatrice of York

Oke, mungkin banyak teman PojokMungil yang bertanya, “Princess Beatrice who?”

Sebelum menjawabnya, saya mau bilang dulu kalau saya adalah penikmat kisah kehidupan keluarga kerajaan Inggris. Iya, itu lho keluarganya Queen Elizabeth II. Keluarga yang di tahun 1990-an terkenal dengan skandal pernikahan Prince Charles, Lady Diana, dan Camilla. Yes, this family:

British Royal Family on Trooping The Color 2019 (HarperBazaars/@Getty Images)
Kiri ke Kanan: Prince William, The Duke of Cambridge dan Prince Louis of Cambridge; Catherine, The Duchess of Cambridge; Camilla, The Duchess of Cornwall; Prince Charles; Her Majesty The Queen Elizabeth II; Prince Andrew, The Duke of York; Prince Harry, The Duke of Sussex; Meghan, Duchess of Sussex

Walaupun nggak pernah membahasnya di blog maupun sosial media saya, tapi cukup sering menjawab pertanyaan tentang keluarga kerajaan Inggris ini di Quora. Saya juga follow beberapa akun yang didedikasikan untuk membahas keluarga kerajaan Inggris, terutama keluarga favorit saya The Cambridge yang terdiri dari William, The Duke of Cambridge; Catherine, The Duchess of Cambridge dan ketiga anak mereka Prince George, Princess Charlotte dan Prince Louis. Maklum, Prince William was my teenager crush. Prince William ini anak dari Prince Charles dan Lady Di. Pewaris tahta kerajaan Inggris kedua setelah ayahnya Prince Charles.

Young Prince William (Pop Sugar/Getty Image/Toby Melville)

Ganteng kan kan kan. Duh, kalau liat foto zaman mudanya gini masih suka deg-degan. Eaaaaa. Hahaha, maaf kalau udah bahas tentang Prince William ini suka nggak inget umur. Siapa yang dulu waktu muda ngefans sama mas pangeran ini hayo ngaku.

Oke, kembali ke topik utama, pernikahan Princess Beatrice.

Princess Beatrice of York

Princess Beatrice adalah sepupunya Prince William (dan Prince Harry). Ayahnya Princess Beatrice adalah Andrew, The Duke of York dan istrinya (sekarang sudah jadi mantan) Sarah Ferguson, Duchess of York. Prince Andrew ini anak ketiga dari Queen Elizabeth II yang berarti adalah adik dari Prince Charles. Jadi Princess Beatrice ini adalah cucu perempuan Queen Elizabeth II.

Biar nggak bingung, beginilah silsilah keluarga kerajaan Inggris.

Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris (BBC.com)

Sejujurnya saya baru kenal Princess Beatrice dan adiknya Princess Eugenie saat pernikahan Prince William dan Catherine Middleton di tahun 2011. Di acara tersebut kedua Princesses of York itu mendapat kritikan dari press Inggris karena pilihan busana dan fascinator mereka yang unik. Sampai-sampai kedua putri itu dijuluki the ugly Cinderella’s step sisters.

Princess Eugenie dan Princess Beatrice di Pernikahan Prince William dan Catherine Middleton 2011 (HarperBazaar/Getty Images/Pascal Lee Segretain)

Setelah itu, Princess Beatrice dan Princess Eugenie yang sejak awal memang menjalani kehidupan penuh privasi, tidak seperti kedua sepupu mereka Prince William dan Prince Harry, kembali jarang muncul di media. Mereka juga bukan working royals sehingga jarang dijumpai di acara-acara formal kerajaan Inggris. Hanya sesekali aja mereka muncul bersama keluarga besar di depan publik dalam acara seperti Trooping The Colors (perayaan ulang tahun Queen Elizabeth), Royal Ascot (acara balap kuda eksklusif yang hanya dihadiri oleh kalangan elit Inggris), dan Royal Garden Party.

Maklum kedua putri ini, memilih untuk bekerja di sektor yang tidak berhubungan dengan tugas-tugas kerajaan. Bahkan Princess Beatrice, meski berada di urutan kesembilan pewaris tahta Inggris, bekerja sebagai Vice President of Partnerships and Strategy di perusahaan Afiniti di New York.

Kedua putri ini memang tidak secantik istri sepupu-sepupu mereka, Catherine Middleton dan Meghan Markle. Tapi dengan kedua orang tua yang kehidupannya cukup kontroversial, terutama dengan kasus pelecehan seksual terhadap anak yang dituduhkan kepada Prince Andrew akhir-akhir ini, Princess Beatrice dan adiknya tumbuh menjadi wanita-wanita mandiri yang baik hati. Ya, setidaknya nggak ada skandal aneh-aneh yang melibatkan mereka berdua. Princesses of York juga terkenal dengan berbagai kegiatan amal yang mereka ikuti. Bahkan mereka aktif membantu saat negara mereka berjuang melawan COVID-19 baru-baru ini.

Fakta Menarik Di Balik Pernikahan Princess Beatrice of York

Saat bertunangan dengan Edoardo Mapelli Mozzi pada bulan September tahun lalu, kabar beredar bahwa keduanya akan melangsungkan pernikahan pada bulan Mei 2020. Mengingat pernikahan ini mungkin akan menjadi pernikahan terakhir di keluarga kerajaan Inggris pada dekade 2010 – 2020, pesta Princess Beatrice digadang-gadang akan semewah pernikahan adiknya, Princess Eugenie tahun lalu.

Tapi sayang sih, pandemi melanda seluruh dunia. Princess Beatrice dan tunangannya, Edoardo merilis statement bahwa mereka menunda pernikahan mereka. Setelah itu banyak rumor beredar, mulai dari mereka akan menikah di Italia tempat asal Edoardo sampai mereka akan menikah dengan acara sederhana.

Rupanya gosip terakhir itulah yang terbukti benar. Pada tanggal 17 Juli 2020, Princess Beatrice dan Count Edoardo Mapelli Mozzi melangsungkan pernikahan mereka di depan keluarga terdekat secara sederhana dan tertutup untuk umum. Saking tertutupnya, Buckingham Palace melalui akun resmi Instagram dan Twitter keluarga kerajaan Inggris baru merilis foto pernikahan mereka 2 hari kemudian.

Meski tertutup dan sederhana, ada fakta menarik di balik pernikahan mereka, lo. Apa aja? Ini dia.

Wedding Venue

(royalcentral.co.uk)

Pernikahan Princess Beatrice dan Edoardo dilangsungkan di Royal Chapel of All Saints, Royal Lodge, Windsor. Ini berbeda dari rencana awal yang tadinya akan diadakan di Chapel Royal of St James’s Palace. Royal Chapel of All Saints ini jauh lebih kecil dari pernikahan adik dan sepupu-sepupunya. But it closer to her heart, karena di gereja inilah Queen Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan Inggris lain beribadah saat mereka sedang berada di Windsor.

Tamu Undangan

Nggak seperti pernikahan Prince William yang merupakan pernikahan akbar pada dekade ini yang mengundang para petinggi negara dan kerajaan di seluruh dunia, atau pernikahan Prince Harry yang bertaburan bintang Hollywood. Pernikahan Princess Beatrice yang dilakukan di masa pandemi ini hanya dihadiri oleh 20 orang tamu undangan dari keluarga dekat pengantin perempuan dan pengantin laki-laki.

Meski demikian, kebahagiaan tetap terpancar di wajah pengantin. Apalagi sang nenek dan kakek tercinta, Queen Elizabeth II dan The Duke of Edinburgh bisa menghadiri acara tersebut dalam keadaan sehat.

Baju Pengantin

Princess Beatrince mengenakan baju pengantin vintage yang merupakan gaun milik neneknya, Queen Elizabeth II. Gaun rancangan Norman Hartnell yang terbuat dari Peau De Soie taffeta dan organza, ditrim dengan Duchess satin, bertatahkan diamanté ini pernah dipakai Ratu Elizabeth saat kunjungan negara ke Italia. Ini kaya kebetulan gitu deh Princess Beatrice memilih meminjam gaun itu, karena Edoardo sang pengantin pria adalah blasteran Italia – Inggris.

(townandcountrymag.com/BENJAMIN WHEELER/PA IMAGES/ALAMY)

Gaun vintage ini diremodel oleh perancang busana kepercayaan Ratu, Angela Kelly dan Stewart Parvin supaya lebih pas dikenakan oleh putri yang berusia 34 tahun ini. Meski banyak yang merasa kalau gaun ini kurang mewah dipakai sebagai wedding dress, buat saya pribadi, gaun ini justru cocok banget dengan nuansa pernikahan yang tertutup dan sederhana. Juga pas dengan kepribadian Princess Beatrice yang nggak mencolok. Apalagi dengan tambahan sheer puffy sleeves, gaun ini jadi lebih manis dikenakan sang putri.

Tiara

Sudah menjadi kebiasaan pengantin perempuan kerajaan Inggris akan mengenakan tiara di hari pernikahan mereka. Dan sebagai cucu ratu yang pernikahannya mungkin akan menjadi pernikahan terakhir yang bisa dihadiri oleh sang nenek (cucu Ratu Elizabeth yang termuda, Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn masih berusia 16 dan 12 tahun), Putri Beatrice seolah-olah ingin menjadikan pernikahan ini istimewa bagi sang nenek dan kakek.

Selain meminjam gaun lama Ratu, sang putri juga memilih the Queen Mary Diamond Fringe tiara yang dikenakan Queen Elizabeth II saat pernikahannya dengan Prince Philip pada tahun 1947. Tiara ini juga dikenakan oleh anak perempuan ratu satu-satunya, Anne, Princess Royal saat menikah tahun 1973. Selain itu Queen Mary Diamond Fringe tiara juga merupakan tiara favorit nenek buyut dan nenek canggahnya. Manis banget kan.

Buket Bunga

Sesuai tradisi yang dimulai oleh Queen Elizabeth, The Queen Mother, nenek buyut dari Putri Beatrice, buket bunga yang dibawa oleh pengantin perempuan dari keluarga kerajaan Inggris dikirim ke Westminster Abbey. Buket bunga tersebut diletakkan di atas nisan para pejuang tak bernama (tomb of unknown warriors) yang gugur pada Perang Dunia kedua.

Buket bunga yang dimiliki Bea terdiri dari “trailing jasmine, pale pink and cream sweet peas, royal porcelain ivory spray roses, pink o’hara garden roses, pink wax flower and baby pink astilbe. Dengan paduan warna putih dan sentuhan pink, buket ini jadi favorit saya dibandingkan milik Princess Eugenie, The Duchess of Cambridge dan The Duchess of Sussex. Buketnya Bea juga matching banget warnanya dengan rangkaian bunga yang jadi dekorasi pintu Royal Chapel. Dan mencerahkan warna baju pengantinnya. Cantik banget deh.

Gelar

Sebelum pernikahannya, Beatrice Elizabeth Mary bergelar Princess Beatrice of York. Dia berhak menyandang gelar Princess karena ayahnya adalah putra dari Ratu Elizabeth II. Menurut aturan kerajaan Inggris, hanya anak dari anak laki-laki dari raja dan ratu yang bertahta yang bisa mendapatkan gelar Prince atau Princess.

Setelah pernikahan, Bea yang menggunakan nama Beatrice York dalam lingkup profesionalnya di New York, akan menjadi Princess Beatrice, Mrs. Edoardo Mapelli Mozzi. Tapi, Edoardo sendiri memiliki gelar bangsawan Italia dari ayahnya yang berasal dari keluarga bangsawan yang tertua di Italia, yaitu House of Savoy. Karena Edoardo bergelar Count Edoarado Mapelli Mozzi, otomatis Beatrice akan mendapat gelar Countess. Namun, karena Italia bukan lagi berbentuk kerajaan, gelar itu hanyalah sebagai gelar bangsawan tanpa ada kekuasaan yang mengikutinya. Mungkin semacam Raden Mas dan Raden Ayu di Jawa gitu ya.

Meskipun Beatrice dan adiknya tidak sepopuler Catherine dan Meghan, I have this soft spot for them. Selalu berada di bawah bayang-bayang para sepupu dan dibully karena penampilan fisik mereka, membuat mereka sangat erat satu satu sama lain. Bahkan meski Prince Andrew sekarang sedang dalam kasus dugaan pelecehan seksual pada gadis di bawah umur, dan ibu mereka Sarah Fergusson cukup nyentrik, Beatrice dan Eugenie sangat menyayangi keluarga mereka.

Jadi ketika mendengar kejutan pernikahan ini, saya pun ikut senang. Di tengah suramnya kondisi dunia karena pandemi, belum lagi skandal Prince Andrew serta masalah antara keluarga kerajaan Inggris dengan Prince Harry dan istrinya Meghan, pernikahan Bea yang terlihat sangat intim, private dan penuh detil yang menghangatkan hati.

Meski sangat sederhana untuk ukuran dua keluarga bangsawan tertua di Inggris dan Italia, nuansa yang terlihat dari foto-foto pernikahan Bea dan Edo terlihat seperti pernikahan dalam dongeng. Hangat dan penuh kebahagiaan. Bahkan foto resmi yang dirilis oleh Buckingham Palace rasanya cocok jadi sampul dongeng fairytales.

Dan yang saya suka adalah this wedding was a thoughtful one. Para royal watcher mengagumi Bea yang mengenakan baju pinjaman dari neneknya sebagai pesan tak langsung kalau sang putri menghargai rakyat Inggris dengan tidak bermewah-mewah membeli baju pengantin baru. Bahkan foto pernikahan mereka pun dirilis sehari setelah penganugerahan gelar ksatria oleh Ratu Elizabeth II kepada Captain Tom Moore. Keputusan ini diambil untuk menghargai Captain Tom yang dihormati warga Inggris karena berhasil mengumpulkan donasi untuk penanggulanan Covid-19 di usianya yang ke-100. This is how a real princess act.

Menurut saya, pernikahan Princess Beatrice dan Edo Mapelli Mozzi indah sekali. I love the gorgeous bride and every details from her wedding day. From venue to the dress. Those suit her perfectly.

Happy wedding, Bea and Edo! May your marriage last forever like your grandma’s.

Sumber:
https://www.bbc.com/news/uk-53457958
https://edition.cnn.com/2020/07/18/uk/princess-beatrice-wedding-photos-intl-scli-gbr/index.html
https://www.vanityfair.com/style/2020/03/princess-beatrice-italian-countess-edoardo-mapelli-mozzi

Posts created 363

37 tanggapan pada “Fakta Menarik di Balik Pernikahan Princess Beatrice of York

  1. Ikut mengaminkan doanya Mbak Alfa. Sangat cantik. Hati seorang putri sejati ya seperti ini. Lovely.

    Terima kasih sudah berbagi kisah ini Mbak. Aku jadi tahu bahwa putri beneran itu ada, ngg.. maksudku putri yang hidup dengan hati seorang putri.

    1. Pernikahan kerajaan yg harusnya mewah tetapi lebih sederhana tapi malah lebih keren yah. Salut untuk mba Alfa yg sudah mengulas detil. Batu kali ini saya nemu blog yang mengulas tentang kerajaan

  2. Aku gak terlalu mengikuti kehidupan dan berita kerajaan bahkan di Indonesia. Tapi sesekali boleh lah lihat. Kaya pernikahan mereka yang simpel ini. Biar dikata putri, tetap sederhana ya

  3. Mamahku nih yang ngikutin kisah Lady Diana, sampai punya potongan berbagai ceritanya di koran, majlaha dll, doeloe sih. Oh ternyata Princess Beatrice ini memang kurang populer ya. Kayaknya memang ga seglowing putri2 Inggris lainnya hihihi. Sederhana amat pernikahannya 🙂 TFS, menarik.

  4. Sayaa termasuk fans’y Prince William jaman muda! Haha. Betul mba, kalo liat foto2 jadul’y masih bikin deg2an itu pangeran. Wkwk..

    Wahh sampai ada silsilah keluarga kerajaannya segala, pengen tak screen shoot deh. Saya juga suka mengikuti berita ttg keluarga kerajaan inggris ini. Toss..

    1. Prince William sebelum botak cakep jg y Mbaaa, enggak kalah sama Lee Min Ho wkk
      Maklum saya kurang ngeuh sama keluarga kerajaan Inggris
      Btw, se-sederhana2ny teteup nampak elegan dan mewah menurut sy
      Cocok bgt serasiii cantik n ganteng
      Sekufu-lah y emang
      Semoga bahagia selalu 🙂

  5. Jadi tau sekarang dengan lebih jelas, silsilah keluarga kerajaan Inggris.
    Pernikahan seorang putri yang sederhana ya, semoga langgeng selamanya. Sungguh takjub, gaun dan tiara sang nenek ternyata masih ada, dan terlihat cocok sekali dikenakan Princess Beatrice.

  6. Kurang begitu mengikuti pesta pernikahan kerajaan Inggris eh kecuali yang sempet bikin tercengang sih waktu pangeran Charles nuansa ala Disney Cinderella (menurut aku)
    Dgn kesederhanaan pernikahan princess Bea malah terkesan syahdu..

  7. Ahhh seneng bangettt aku bener2 baca dari awal sampe akhir karena akupun penikmat cerita kerajaan inggris. Etapi kan harry dan meghan udah gak punya gelar sussex lagi, eaaa di bahas. Hahaha.. aku sependapat, penampilan beatrice sangat sesuai dgn pernikahan sederhana tapi kerasa hangat dan intim

  8. Baca kisah pernikahan keluarga kerajaan Inggris ini serasa baca dongeng. Bea sederhana banget ya, rendah hati pula. mengenakan busana kunjungan kerja neneknya dengan tiara perkawinannya pula. Ia ingin menggambarkan betapa keluarga kerajaan Inggris saling mendukung satu sama lain..

  9. Banyak fakta menariknya ya.. jadi semakin paham bagaiman pernikahan ala kerajaan inggris, kerajaan yang sesungguhnya nyata bukan sebuah dongeng saja ya.. semua detail banget ya disini.. semua pasti jadi sorotan publik.. semoga langgeng pernikahannya

  10. Speechless aku baca ini. Mungkin menjadi pernikahan paling sederhana di keluarga kerajaan tapi penuh makna banget. Aku baru tahu nih tentang Princess Beatrice dan langsung suka dengan kepribadiannya. Menarik banget.

    Btw Queen Elizabeth II semasa mudanya Masya Allah cantik bangetttt.

  11. wah saya baru tahu silsilah keluarga ratu Elizabeth II. Tahunya (dikit aja) ya pangeran charles, putri diana dan kedua putra mereka aja. Ratu Elizabeth II cicitnya udah banyak juga ya

  12. Saya fikir Ratu Elizabeth hanya mempunyai 1 anak Pangeran Charles doang sangking jarangnya pemberitaan putra-putri dan cucu-cucu ratu yang lain.

  13. Pernikahannya terasa sakral dan sederhana ya tidak banyak diberitakan namun pengantinnya terlihat sangat bahagia. Semoga langgeng..dulu Pangeran Andrew ganteng banget ya..

  14. Mba Alfa ini benar-benar deh fans beratnya keluarga Ratu Elizabeth II. Ulasannya sangat lengkap sampai cucu-cucunya yang (kurang) terkenal. Kalau saya hanya sebatas tahu tentang Pangeran William, Harry dan keluarga kecil mereka.

    Kalau tidak ada covid, iya, sudah dipastikan bakalan menjadi pesta pernikahan yang meriah nih.

    1. Jadi tahu nih silsilah keluarga ratu Inggris. Detil banget ulasannya mbak Alfa. Meskipun keluarga kerajaan, tetap ya mematuhi protokol kesehatan covid-19 dalam pernikahannya.

  15. pantesan aku jga ga pernah dengar karena memang ga sepopuler Meghan dan Kate yaa, tapi justru malah hidupnya lebih tenang ga sih mba. Ikut seneng juga ya tiba tiba ada pemberitaaan mereka menikah

  16. Aku juga suka kepo sama berita-berita keluarga kerajaan.
    Sampai tanya sama mas yang pernah tinggal di Inggris.
    Dan nyatanya, keluarga kerajaan memang selalu mengundang perhatian masyarakat yaa…
    Aku suka juga niih…gaya Princess Beatrice yang sederhana. Suka geleng-geleng kepala kalau Raja dan keturunannya menghambur-hamburkan uang padahal itu uang rakyat.

    Upps..!
    Tapi memang semua daratan Inggris milik Raja dan Ratu yaa..

    **miris banget lihat pernikahan keluarga kerajaan yang rata-rata berujung pada perceraian dan skandal.

  17. Jangan2 saya pernah baca tulisan mbak alfa di Quora ttg royal family ini. Saya nggak terlalu mengikuti sih, tapi kalau ada sesuatu selalu jadi berita internasional. Jadi ya ikutan baca hahaha… Yang belakangan sering saya dapati beritanya adl Mbak Meghan 🙂

  18. Duh saya jadi tahu juga sepupunya Harry dan William ini. Memang keduanya meski putri tapi tidak seterkenal pangeran ya.
    Terimakasih Mbak, pelajaran yg saya dapat, apalagi saat pandemi covid-19, meski kaya, mereka tetap sederhana. Apalagi saya, sudah tidak punya, masa iya mau pamerin apa, hehehe

  19. Dulu banget aku ga suka dengan pangeran harry, entah kenapa semenjak berita dia akan menikah dengan megan lalu aku lihat foto fotonya di media, dalam hari aku berujar “wah trnyata pangeran Harry ini cool banget ya!”. Hehehe.

  20. Saya lihat foto-fotonya di internet dan saya rasa event pernikahan Princess Beatrice ini unik banget, karena sebagai anggota kerajaan malah membuat pernikahan private dan juga sederhana. Princess Beatrice dan suaminya juga kelihatan bahagia banget, dressnya juga cantik. Kadang pernikahan anggota kerajaan terasa overrated diekspos media, lihat ini jadi segar dan baru konsepnya.

  21. Lirikan William wow banget yak..hahaha…AKu tadinya gak ngeh Beatrice ini siapa wkwkwk..ternyata sepupuan ya sama William..Jadi keluarga kerajaan menag serba ribet ya..apalagi Inggris..Tapi pernikahan Beatrice ini tetep keren dengan segala kesederhanaannya

  22. Kesederhanaan cara berpikir Bea itu sangat mengagumkan dibandingkan dengan anggota keluarga kerajaan lainnya ya. Mungkin Bea tak secantik Kate ataupun Megan, tapi bisa jadi kepribadiannya jauh lebih menawan.

  23. Wah, sedetil ini lo. Keliatan banget fans garis kerasnya Buckingham ya mbak. Saya dulu juga pernah pencinta keluarga Queen Elizabeth, tapi sejak kuliah malah udah nggak terlalu mencari tahu infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas