[Live Healthy Be Happy] Tips Dapur Bersih Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Tips Dapur Bersih Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi. Nggak cuma kebersihan diri yang harus diberikan perhatian ekstra dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini. Kebersihan rumah pun harus lebih diperhatikan. Apalagi kalau di rumah ada anggota keluarga yang masih harus rutin keluar rumah untuk bekerja atau ada anggota keluarga yang rentan terdampak virus COVID-19, seperti anak kecil dan orang tua. Ya, seperti di rumah saya lah, yang ada anak-anak dan mama saya yang masuk kategori lansia.

Saat membersihkan rumah di masa pandemi, biasanya kita fokus ke ruangan yang sering menjadi tempat lalu lalang anggota keluarga seperti teras, garasi, ruang tamu dan ruang keluarga aja. Padahal, sebagai jantungnya rumah, dapur juga perlu perhatian ekstra dalam hal kebersihan.

dapur bersih

Karena di dapur lah semua bahan makanan yang kita beli dari luar diletakkan. Di dapur juga kita mengolah aneka masakan untuk keluarga. Serta di dapur pula kita membersihkan perangkat masak dan makan yang telah digunakan. Jadi penting sekali dapur bersih agar bebas dari kuman dan virus.

Selain itu dapur bersih dapat membuat masakan yang kita hidangkan lebih higienis. Kita juga jadi lebih betah berada di dapur dan memasak aneka masakan sehat untuk keluarga. Untuk menjaga agar dapur tetap bersih berikut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.

Tips Dapur Bersih Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

Menjaga Sirkulasi Udara Tetap Lancar

Sirkulasi udara yang lancar di dapur selain berfungsi agar suhu udara di dapur tidak terlalu panas, juga dapat menjaga dapur tetap sehat dan bersih. Yang paling bagus tentunya dengan membuat ventilasi berupa jendela yang dapat dibuka dan ditutup atau lubang di atas pintu.

Tapi juga nggak memungkinkan, kita bisa menggunakan cerobong pengisap asap. Selain terkesana modern, memasang exhaust hood memudahkan kita untuk memosisikan letak perlengkapan memasak. Oya, jangan lupa untuk membersihkan cooker hood secara berkala agar lemak dan kotoran hilang sehingga cerobong pengisap asap tetap dapat berfungsi maksimal.

Kelola Sampah Dapur dengan Baik

Mengolah masakan tentu nggak akan lepas dari sampah dapur dan sisa makanan. Supaya dapur bersih, sediakan tempat sampah yang cukup besar agar nggak cepat penuh dan mengotori lantai. Pisahkan juga sampah basah dan sampah kering. Sampah basah harus secepatnya dibuang ya. Waktu di rumah sendiri sih, tiap malam saya pastikan nggak ada sampah basah di dapur supaya nggak meninggalkan bau tidak sedap dan mencegah berkembangnya bakteri di dapur.

kelola sampah dapur bersih

Lebih baik lagi kalau dipisahkan juga antara sampah organik dan sampah anorganik. Sampah dapur organik bisa kita olah menjadi pupuk kompos untuk menyuburkan tanaman-tanaman hias yang halaman rumah. Gunakan tempat sampah yang memiliki tutup supaya dapur bersih dan tidak berbau.

Lakukan Food Preparation Sebelum Memasak

Food preparation atau yang lebih dikenal dengan istilah food prep adalah proses atau metode mengolah bahan baku mentah seperti sayur, buah, daging, ikan, ayam sampai bumbu dapur menjadi bahan siap masak. Dengan melakukan melakukan food prep secara berkala, bahan masakan kita akan tersimpan dalam wadah-wadah rapi sekali masak. Selain berguna untuk efisiensi waktu dan energi, food preparation juga dapat mengurangi sampah dapur dan membuat dapur lebih rapi saat memasak.

Segera Bersihkan Perlengkapan Memasak Setelah Dipakai

Yaaaa, saya tahu kok, membersihkan perlengkapan memasak setelah dipakai itu pekerjaan yang tidak ringan. Apalagi kalau kita terbiasa menggunakan seluruh isi dapur hanya untuk memasak 2-3 jenis masakan. Rasanya liat bak cucian itu sudah sumpek aja ya.

bersihkan-kompor

Untuk menyiasatinya, saya suka mencuci perlengkapan memasak satu per satu biar ringan. Misalnya nih, sambil menunggu rebusan sayur dan ayam yang digoreng, saya cuci talenan dan pisau yang digunakan sebelumnya. Jadi nggak semua numpuk jadi satu di tempat cucian. Lagipula, semakin cepat dicuci, semakin mudah noda pada perlengkapan masak hilang. Dan juga mencegah berkembang biaknya bakteri pada kotoran sisa-sisa lemak.

Lagipula, melihat dapur bersih dan semua perlengkapan memasak tersimpan rapi di tempatnya setelah selesai memasak itu menyenangkan banget, lo.

Cuci Piring dan Piranti Makan Lain Secepatnya

Setelah lelah memasak, bersih-bersih dapur dan makan, rasanya langsung pengen istirahat aja ya. Tapi dalam masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang, penting banget memastikan agar peralatan makan kita tetap dalam kondisi bersih dan higienis. Karena piranti makan sangat rentan terhadap paparan virus dan bakteri dari sisa makanan yang masih menempel atau bahkan dari busa pencuci piring kalau nggak dibersihkan dengan cara yang tepat.

Untuk itu kita harus memastikan agar busa pencuci piring diganti secara berkala dan dibersihkan dari sisa kotoran dan sabun setelah digunakan. Selain itu kita juga bisa menggunakan peralatan produk pencuci peralatan makan otomatis yang dibekali dengan berbagai fitur kebersihan bermutu terbaik.

Menggunakan produk pencuci peralatan makan otomatis atau dishwasher otomatis bisa meringankan tugas rumah tangga. Terutama untuk di saat anak-anak sudah mulai lagi menjalani Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Daripada sibuk mencuci piring setelah sarapan, dengan dishwasher machine waktu yang ada bisa kita alokasikan untuk mendampingi mereka belajar. Sementara piring kotor kita serahkan aja ke mesin pencuci piring otomatis.

Piranti Makan dan Dapur Bersih dengan Multi Washer Modena

Mendukung budaya kesehatan baru yang mengutamakan kebersihan dan higienis diri dan lingkungan, termasuk perlengkapan rumah tangga, Modena berinovasi menciptakan produk yang lazim disebut New Normal.

Inovasi ini diwujudkan MODENA dengan sederet produk pencuci peralatan makan otomatis yang dibekali dengan berbagai fitur kebersihan bermutu terbaik. Tidak hanya sekedar menawarkan kemudahan serta keamanan, tiga produk anyar ini  juga  memastikan peranti makan lebih higienis serta bebas bakteri dan virus

Hendrik Senjaya, Produk Marketing Manager PT. MODENA Indonesia

Menggunakan air dengan suhu 70 derajat Celcius, ketiga produk pencuci peralatan makan otomatis ini mumpuni untuk memastikan higienitas hasil cuciannya. Selain itu, dengan penggunaan air yang terukur serta konsumsi listrik yang rendah pada setiap proses pencucian membuat tiga dishwasher ini ramah lingkungan serta hemat energi.

Multi WasherMODENA WS 1020 G

Pencuci piring otomatis berkapasitas 2 place setting ini dikhususkan untuk mengakomodir aktivitas perawatan bayi. Cocok banget buat keluarga yang punya bayi dan balita nih. Multi washer  mungil ini dilengkapi program Baby Care yaitu program pencucian khusus peralatan makan dan botol bayi. Disempurnakan dengan fitur Steam Function, yaitu penggunaan uap panas untuk memastikan peralatan makan bayi lebih steril.

multi washer modena ws 1020 g

Multi Washer MODENA WS 1020 G juga punya program Fruit Wash yang berfungsi mencuci buah untuk menghilangkan kotoran maupun pestisida yang masih menempel. Istimewanya lagi,  Multi Washer MODENA WS 1020 G memiliki tangki air sehingga dapat digunakan tanpa instalasi. Kita cukup menuangkan air ke dalam tangki dan produk siap digunakan. Pas banget untuk kita yang nggak punya space terlalu besar di dapur ya.

Multi Washer MODENA WP 2060 S

multi washer modena wp 2060 s

Dengan kapasitas 6 place setting, dishwasher semi built-in ini memiliki keunggulan Self Cleaning, yaitu program pencucian otomatis untuk  membersihkan ruang dalam, agar tetap higienis. Selain itu,  MODENA WP 2060 S juga dilengkapi program Extra Dry yang membuat kita nggak perlu lagi menggunakan lap untuk mengeringkan peranti makan, sehingga lebih aman dari paparan virus dan bakteri. Untuk fitur keamanan, MODENA juga melengkapi  MODENA WP 2060 S dengan Child Lock. Enak banget yah, selesai dicuci pakai multi washer Modena WP 2060 S, piring dan gelas bisa langsung disimpan di lemari atau digunakan lagi.

Multi Washer MODENA WP 7121 S

Memiliki kapasitas paling besar dengan 14 place setting, dishwasher ini sesuai untuk rumah tangga dengan jumlah anggota keluarga banyak. Tipe ini juga punya keistimewaan Dual Wash yaitu keranjang cuci yang dipisah menjadi dua dan dapat melakukan proses pencucian secara independen. Dengan demikian dapat menghemat energi ketika muatan cucian hanya sedikit. Dilengkapi dengan tombol Child Lock, MODENA WP 7121 S tetap aman ketika produk diakses anak – anak ataupun tombol tak sengaja tersentuh.

multi washer modena wp 7121

Produk Multi Washer Modena ini bisa dibeli secara online www.modena.co.id. Atau kalau ingin lihat langsung produknya sebelum membeli, bisa datang dan melakukan preorder ke dealer-dealer resmi Modena yang ada di Surabaya (Depo Bangunan, Perdana Elektronik, Miami Elektronik, UFO Surabaya, Prima Elektronik); Malang (Mulia Aji dan Big Malang); Kediri (Bandung Elektronik Kediri dan UFO Kediri) dan Bali (UFO Bali dan Grand Bumi Mas).

Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi MODENA nationwide call center 15.007.15, atau WhatsApp 08151.15.007.15.

Live Healthy Be Happy Blog Competition

Teman-teman pembaca pojokmungil yang punya pengalaman atau tips menjalani masa adaptasi kebiasaan baru (new normal) dan bagaimana produk Modena bisa membantu kebiasaan baru tersebut, bisa ikut lomba blog Live Healty Be Happy Blog Competition, lo. Langsung cek info lengkapnya di web Ibu-Ibu Doyan Nulis ya.

alfakurnia
Posts created 335

46 tanggapan pada “[Live Healthy Be Happy] Tips Dapur Bersih Agar Tetap Sehat di Masa Pandemi

  1. Tipsnya mantap, ada 1 yang saya belum melakukan sampai sekarang yaitu food preparation.

    Produk modena ini keren semua sih, ngerti banget kebutuhan para ibu dalam urusan cuci-cuci peralatan di dapur. Dan di malang ada dealer resminya, bisa nih ajak suami lihat-lihat ke sana

    1. Wah aku juga mau dong punya Multi Washer Modena yang ukuran gedhe itu, hihi.. pakerjaan jadi terbantu banget ya Mbak, apalagi di masa pandemi gini. Sebagian waktu emak tersita buat mendampingi anak sekolah daring.
      Enak nih kalau punya multi washer Modena πŸ™‚

  2. Wah, thanks mbak info tips membersihkan dapurnya πŸ™‚ Iya nih memang aku orangnya ga bisa masak aklau dapur acak2an. Malah membersihkan dapur dulu termasuk cuci piring dll baru deh mulai masak hahaha πŸ™‚ Produk2 Modena meamng berkualitas sejak lama. Trus aku jadi kepengen punya juga nih pencuci piring terbarunya. Bisa buat nyuci buah dan peralatan makan anak2 ya mantap deh. Kepo sama harganya hihihihi πŸ˜€

  3. Nah ini, cuci piring segera biar enggak numpuk dan bikin kotor dapur kita. Hiks. Jadi merasa tersindir saya. Senangnya kalau punya Multi Washer Modena yang super keren ini. Jadi ingat pengalaman bertempat tinggal di luar negeri yang apartemennya sudah dilengkapi dengan washer. Memang dapur jadi rapi jali sih. Duh, mupeng lihat Modena jadinya:)

    1. Urusan bersih2 setelah masak tuh buatku sesuatu banget haha.. Pengennya gak perlu rempong beberes.. tahu2 bersih aja gitu.. hehe..

  4. waaa dari dulu aku pengen banget punya dishwasher… sejauh ini dirumah aku udah pake beberapa produk dari modena dan emang awet banget sih, harga sebanding dengan kualitasnya πŸ˜€

  5. Yang paling repot kalau kerja di dapur adalah membersihkan semua peralatan habis masak. Belum lagi kompor dan harus ngepel lantai. Seandainya saja Modenna menciptakan robot pembersih segala, kayaknya mau deh indent duluan hehehe…

  6. Selama pandemi ini aku jadi belajar food prep dan penyimpanan bahan makanan agar lebih awet. Lumayan sih dibanding jaman sebelum pandemi karena dulu biasanya aku belanja setiap hari. Sekarang jdi kepikirian pengin nyetok terus, apalagi kalau punya kulkas yang gede dan cakep kayak punya MOdena.

  7. omaak…keren kali modena washernya ini. Kalau punya ini, anak-anak saya dijamin bakalan rajin bantuin (mengoperasikan) mesin pencuci piring. Ga kayak sekarang, mesti becanda dulu buat nyuruh dia nyupir hahahah

  8. Makin semangat masaknya kalau lihat daur bersih apalagi didukung peralatan yang modern kaya modena gini ya. Aku biasanya ke pasar satu minggu sekali nah itu sekalian food preparation juga, makan waktu saat itu tapi memudahkan ketika memasak nantinta

  9. memang kalau melihat dapur dalam keadaan bersih, bawaannya pengen betah lama lama masak ya,,
    apalagi sekarang beban kerjaan buat cuci piring saja dibantu teknologi seperti ini, praktis

  10. Kebersihan dapur yang masih sulit untuk saya lakukan ya tentu memisahkan sampah organik dan anorganik. Sukanya bruk jadi satu. πŸ™

    Hmm peralatan dapur dari MODENA itu mantap punya dan bikin pengen punya. Bagus-bagus banget.

  11. Masya Allah keren banget ya ini Multi Washer Modena. Praktis dan hemat waktu buat di empunya. Biasanya hanya lihat mesin pencuci piring begini di film-film barat saja haha. Ternyata udah dijual di negara kita juga ya.

  12. Waaah ada washer Modena ya. Praktis banget nih buat cuci piring. Aku juga pakai beberapa produk Modena untuk dapurku. Tapi belum punya washer cuci piring ini.

  13. Dapur yang bersih dan rapi, impian setiap ibu rumah tangga. Kalau dapurnya kotor, hati juga akan suntuk saat memasak ya Mbak. Bisa jadi masakan pun jadi tak enak πŸ™‚

  14. Betul, kebersihan dapur itu penting banget, karena dari dapurlah makanan yang dikonsumsi semua anggota keluarga berasal. kalau dapur bersih, makanannya juga jadi higienis. Pencernaan sehat, maka tubuh pun bakal sehat pula

  15. Multi washer ini dilengkapi program Baby Care, program pencucian khusus peralatan makan dan botol bayi … wah, cocok sekali buat keluarga muda yang sibuk. Bisa mempercepat kerjaan dan mengurus bayi juga. Eh keluarga yang tidak muda pun butuh ya, kayak saya ini. Biar cepat kelar urusan cuci piringnya.

  16. Yuh, mupeng banget sama multi washer ini. Kebayang kerjaanku ajdi ringan banget karena selama ini bolak-balik nyuci piring, gelas terus. Sehari bisa 5-6 kali. Kadang tak jadiin 3 kali tapi numpuk buanyak. Makanya idaman banget peralatan dapur kayak gini.

  17. Yuhuuu, ini seperti law attraction karena bebebrapa hari lalu ada celetukan anak mbarep pengen Multi Washer buat nyuci piring. Gini deh anak zaman now, di kasih jadwal nyuci piring, malah berkembang jadi pengen ada multi washer, hehehee.

  18. Multi washer dari modena ini mah kece banget, ngebantu banget utk urusan bebersih cucian piring di rumah, secara urusan cuci piring ini suka jadi ajang lempar tugas di antara anak-anak.

  19. Aku tuh selalu membayangkan punya produk2 modena dari dulu, tapi dapurku kecil. Dan jarang masak, wkwkwk. Tapi sepakat, dapur tetap bersih, bikin mood makan selalu terjaga

  20. Waaaww pengen banget punya washer modena gitu. Buat kebutuhan keluarga kecilku cukup lah itu, memperingan kerja domestik dan bikin hati bahagia karena dapur lebih terjaga kebersihannya

  21. bisa banget nih mba kelola sampah dapir dengan cara dikumpulkan sisabuah dan sayur plus makanan sisa, diendapkan dan diambil airnya buat pupuk. Pas banget karena skrang planting pagi trending hihi

  22. Waaahhhh pengen banget punya dish washer semacam ini maaaak. Secara pribadi, aku prefer buat beli produk2 yang ngebantu pekerjaan rumah tangga kayak gini karena nggak ada PRT di rumah. Efisien banget buat yang waktunya abis di kerjaan kantor kayak aku Mak :’)

  23. Tips nya bermanfaat banget, selama pandemi belajar banget sama food preparation sblm masak. Dan langsung bersih2 kompor dan peralatan masak abis main2 sama dapur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas