Rekomendasi Webtoon Bagus Tentang Persahabatan Remaja

Rekomendasi Webtoon Bagus. Mata saya mulai pedih saat menyelesaikan komik Your Letter di aplikasi digital Webtoon. Saat menutup aplikasi, nggak sengaja saya melihat jam digital di ponsel menunjukkan pukul 2.30 dini hari. Berarti sudah 4,5 jam membaca komik tanpa henti dari episode pertama sampai terakhir. Jujur aja saya jadi merasa konyol sendiri. Saat para ibu begadang demi menikmati episode-episode seru drama Korea, saya malah tenggelam dalam kisah komik tentang kehidupan remaja.

Sudah beberapa bulan belakangan ini saya mengalami reading slump. Benar-benar yang nggak ingin beli dan baca buku sama sekali. Bahkan novel atau metropop digital dari iPusnas maupun Gramedia Digital nggak menarik minat saya untuk membaca. Juga nggak tertarik juga untuk nonton aneka serial tv baik dari Indonesia, Barat atau Korea. Nggak ngerti kenapa. Ada yang tahu nggak kira-kira kenapa?

Tapi saya tetap membaca sih. Baca artikel-artikel di blog teman-teman, baca berita di koran (non digital), dan ya seperti saya sebutkan di awal, baca komik digital di webtoon. Dan walaupun kesannya konyol karena ibu-ibu menjelang 40 tahun masih suka baca komik remaja, banyak hal menarik yang saya dapat dari kisah-kisah cantik yang berpadu dengan gambar-gambar indah. Jadi saya ingin berbagi rekomendasi webtoon bagus menurut saya.

rekomendasi webtoon bagus

Tadinya saya mau bikin rekomendasi webtoon bagus minim kisah cinta. Namun, saya pikir lagi kisah cinta itu kan universal. Nggak cuma tentang hubungan romantis laki-laki dan perempuan. Bisa cinta terhadap teman, self love, cinta kepada pekerjaan, cinta sama binatang, dan masih banyak jenis cinta lainnya. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis rekomendasi webtoon bagus. Titik! Tentunya menurut saya ya. Kalau menurut teman-teman yang saya tulis ini kurang menarik boleh kok berbagi webtoon favorit kalian di kolom komentar.

Rekomendasi Webtoon Bagus Bertema Persahabatan

Oya, mungkin ada yang belum tahu, LINE Webtoon adalah salah satu aplikasi “perpustakaan” komik digital. Aplikasi yang didominasi warna hijau ini berisi ratusan komik dengan berbagai genre. Kita bisa membaca komik dari genre yang kita sukai seperti drama, horor, romantis, aksi sampai slice of life dengan gratis atau membayar pakai koin.

Nah, karena genre favorit saya adalah drama dan romantis. Tentu rekomendasi webtoon yang saya tulis nggak jauh dari itu. Hanya saja akan saya bagi per tema ya. Dan tema pertama adalah persahabatan. Tema lainnya akan saya tulis terpisah supaya nggak terlalu panjang ya.

Your Letter

webtoon bagus your letter
Your Letter – Cerita dan gambar oleh Hyeon A Cho

Komik ini berawal dari kisah Sori Lee, seorang anak perempuan yang tadinya tinggal bersama neneknya terpaksa pindah sekolah karena mengalami perundungan di sekolah lamanya. Trauma dengan perlakuan teman-teman di sekolah sebelumnya, Sori Lee menutup diri sehingga teman-teman di kelas baru pun mulai berprasangka buruk.

Sori Lee hampir menyerah dengan kondisi tersebut sampai dia menemukan sebuah surat di bawah mejanya. Surat ucapan selamat datang itu berisi peta sekolah dan nama-nama teman sekelasnya. Juga cerita-cerita tentang hal-hal menarik di sekolah tersebut.
“Guru bahasa dan suster UKS itu kembar.” “Guru PPKN benci serangga.” “Guru IPS suka kasih kuis mendadak yang jawabannya kebanyakan…”
Di akhir surat, si pengirim yang tak bernama mengajak Sori Lee mencari surat-surat lainnya dan memulai petualangan baru di sekolah.

Komik ini benar-benar menghangatkan hati. Perundungan dan adaptasi di lingkungan baru adalah hal-hal yang kerap terjadi di dunia remaja. Kadang sesederhana sebuah surat selamat datang bisa mengubah hidup seseorang menjadi lebih berwarna. Komik ini yang pertama kali berhasil membuat saya begadang membacanya sampai tamat dan jatuh cinta pada aplikasi Webtoon. Rekomendasi webtoon drama ini cocok dibaca remaja tentu dalam pengawasan ya, karena ada beberapa adegan Sori Lee naksir tokoh utama laki-lakinya dan sebaliknya.

Friends

rekomendasi webtoon friends
Friends – Oleh Leaf19

Frallo Satyaraga kehilangan seorang teman baiknya saat dia masih kecil dalam sebuah kejadian yang traumatis. Tapi dia tetap berusaha menjalani kehidupannya dengan baik dan ceria dan bersahabat dengan Chelsea, Mika dan seorang lagi teman masa kecilnya, Boem yang bersekolah di SMA Patra Dharma.

Allo, nama panggilan Frallo, adalah ketua klub musik di SMA tersebut. Namun, klub musik itu akan dibubarkan karena band yang tergabung di klub tersebut tidak memberikan kontribusi apapun terhadap sekolah. Allo dan teman-temannya berusaha mempertahankan klub kesayangan mereka itu sekuat tenaga dengan tujuan akhir tampil di pentas seni sekolah dan mempersembahkan lagu untuk almarhum teman Allo.

Tapi ternyata perjuangan mereka nggak mudah dan persahabatan Allo dan 5 sahabatnya pun diuji. Banyak sekali pelajaran yang bisa didapat dari cerita komik ini. Tentang kehilangan, tentang melepaskan, tentang child abuse dan sekilas kehidupan anak jalanan. Meski ada sedikit kisah cinta terpendam khas remaja, webtoon bagus ini benar-benar menunjukkan bahwa sahabat sejati adalah yang selalu ada di sisi kita dalam kondisi apa pun.

Girl’s World Season 1

rekomendasi webtoon girls world
Girl’s World – Morangg

Kenapa season 1? Karena komik ini baru memulai beberapa episode di season 2 dan sepertinya fokusnya akan lebih ke kehidupan tokoh utamanya daripada persahabatan, jadi saya menulis rekomendasi webtoon tema persahabatan berdasarkan cerita di season 1 aja, ya.

Webtoon bagus ini termasuk populer karena mendapat 1,1M sejak episode pertamanya yang terbit di tahun 2016. Nggak heran sih, karena sekali memutuskan untuk membaca cerita si bebek di tengah kawanan angsa ini, saya nggak bisa berhenti sampai berhasil menamatkan season 1nya.

Komik ini bercerita tentang Na Ri, seorang murid SMA yang merasa tampilan fisiknya cukup oke setelah berhasil diet dan mengeriting rambutnya. Dia memasuki tahun ajaran baru dengan semangat dan keyakinan bahwa hari-harinya akan menyenangkan. Tapi di hari pertama sekolah, dia bertemu dengan mantan sahabat kecilnya yang sangat cantik, Yoona yang kemudian memaksa Nari untuk mengikuti dia ke manapun.

Malangnya Nari, ada seorang anak lagi yang nggak kalah cantiknya dari Im Yoona, seorang blasteran Jerman dan mantan artis cilik, yang juga selalu mengikuti Nari. Dan ada juga Sunji yang saking cantiknya bagaikan seorang peri. Mereka bertiga tanpa sengaja membentuk kelompok yang selalu menarik perhatian anak lain dengan Nari yang terjebak di antara mereka.

Satu geng dengan anak-anak cantik yang menjadi idola sekolah itu kisah saya waktu SMP hahaha. Saya tahu sih saya nggak jelek, tapi dibandingkan dengan ketiga sahabat saya itu ya lumayan jomplang juga. Teman-teman satu sekolah dulu mengenal saya sebagai Alfa, temannya Bunga yang cantik atau temannya Jelita yang putih dan tinggi atau temannya Widya yang pintar dan rambutnya indah. Agak suram juga lah hidup tanpa identitas sendiri gitu hahaha.

Ya begitulah yang dirasakan Nari. Menjadi bebek di tengah para angsa tentu dia merasa insecure. Berkali-kali dia berusaha melepaskan diri dari ketiga temannya tapi malah hubungan mereka semakin erat karena berbagai kejadian.

Seperti namanya, Girl’s World memang benar-benar menggambarkan dunia remaja dan lika-liku persahabatan dan kisah cintanya. Siapa bilang jadi orang cantik itu berarti hidupnya lebih menyenangkan? Ada eksploitasi anak dan cyber bullying di balik tampilan indah dan cuek seorang Mi Rae. Ada luka pengasuhan di balik wajah cantik bak peri seorang Sunji. Ada trauma dan kepedihan di balik kejelitaan dan kekayaan seorang Yoo Na. Dan Nari, gadis biasa-biasa aja yang ceria, berhati baik dan kuat itu adalah penopang mereka.

Webtoon bagus ini inspiratif sekali dan kabarnya akan dibuat versi web dramanya, lo. Sebelum nonton dramanya, baca aja webtoonnya dulu.

alfakurnia
Posts created 334

42 tanggapan pada “Rekomendasi Webtoon Bagus Tentang Persahabatan Remaja

  1. Aku tuh belum pernah nonton webtoon 🙂 Kupikir tema anak2 aja eh ternyata ga sedikit juga yang bisa ditonton remaja dan dewasa ya. Tema persahabatan yang menarik bisa menginspirasi abg kita, semoga dipetik kisah2 yang baik dan positif saja. Oh, ternyata ada episode2nya juga ya ala season 1 dst gitu hehehe..jadi tau aku. TFS mbak.

    1. Saya masih suka membaca novel drama mbak, hahaha. Emak-Emak banget ya. Tapi gak ada salahnya ya sekali2 coba membaca webtoon. Biar mengerti juga nih seluk beluk kisah romance para remaja. Secara anakku dua2nya sudah remaja. Bisa diambil pelajaran dari kisah2nya ya. Makasih infonya mbak.

  2. Saya emang benaran kudet banget ini, baru tahu ada aplikasi untuk membaca komik online. Sering sih mendengar kata webtoon dalam drama Korea, tapi bisa membaca secara gratis juga baru tahu dari pos blog ini. Terima kasih Mbak sudah menggeser wawasan saya 🙂

  3. Aku dalam masa itu juga Mbak..lagi males baca duh…tapi komik sejenis webtoon belum pernah coba sih. Ini bacaan anakku yang SMA, aku rekomendasikan buat dia nanti. Tapi mau juga ah kepoin, kalau asyik kan lumayan buat nambah wawasan bacaan. Apalagi kalau tema dan pesan moralnya khas remaja begini. Wajib banget buat pendampingan anak yang usianya juga sebaya dengan tokoh di webtoon ini.

    1. Aku pernah Ada di titik yang sama. Lagi Malas ngedrakor dan nonton ini itu. Akhirnya baca webtoon. Kupikir paling satu seri udahan. Eh ternyata baca komik itu senagih nonton drakor. Lanjut baca judul lainnya. Nggak berhenti-berhenti.

  4. Banyak drakor yg diadaptasi dari Webtoon juga Mba.
    Kayaknya seru nih, kalo nonton drakor, plus pantengin webtoon-nya
    Btw, ini bahasa Indonesia, Korea, atau Inggris?

  5. Anakku sudah mulai beranjak remaja nih.. biasanya baca komik genZ hehe belum aku kasih info webton nih.. oke saya dulu deh yang berkunjung nanti hasilnya seperti apa setelah saya berkunjung.. thanks infonya mbak

  6. Dunia remaja sebetulnya penuh lika-liku dan lebih kompleks dibandingkan saat masih anak-anak, ya. Saya jadi pengen kepoin ini. Apalagi punya anak yang semuanya udah remaja

  7. Eh seru juga yaa baca webtoon.
    Kalo baca komik atau webtoon itu pastinya yang bagus gambarnya yang kita pilih.
    Ternyata selain itu banyak juga ceritanya yang bagus yaa. Malah bikin baper, hehe..

  8. Dulu aku pernah baca komik di webtoon mbak tapi udah lupa baca komik apa aja di webtoon. Sepertinya sekarang makin banyak pilihan ya kalau baca komik dk webtoon, jadi pengen baca komik lagi deh.

  9. Wah kebalikan dari aku, lagi banyak baca buku..sedang berusaha cari ide untuk naskah buku baruku, aku juga suka baca Webtoon soalnya gambarnya bagus dan ceritanya oke..tapi kalau untuk berlama-lama, lebih betah baca komik berbentuk buku daripada web..

  10. Webtoon yang ini gratis ya mba? Dulu pernah denger dari temen kalo ada yang berbayar. Hehe
    Btw, bullying dari dulu udah ada di sekolah2. Aku pun pernah ngalami juga soal bullying fisik. Sampe sekarang masih keinget siapa orangnya yg ngebully. 😅 susah lupa euy. Hehe

  11. Saya diceritakan teman sekantor ternyata dia juga sedang tenggelam dalam novel-novel remaja di webtoon. Sementara dia udah mengurangi nonton drakor yang memang menyita waktu. Nah kalau saya lagi nggak mood dengan drakor. Lagi suktuk dan bosan aja.

  12. Girls Worls ini serius namanya Nari sama Im Yoona?
    Hehhee…persis sama nama personil girl group.
    Tapi ceritanya yang cewek banget, jadi mengingatkanku pada komik serial cantik.
    Jadi pengen ikutan bacaaa…

  13. Aku jujur Belom pernah buka Webtoon. Tahu Webtoon sendiri baru kemare-kemaren dari drakor. Jadi kepengen nyoba deh baca webtoon

  14. Wah kayanya saya aja yang ga pernah nyentuh webtoon ya. Tapi saya pernah nonton ‘Terlalu Tampan’, katanya diadaptasi dari webtoon. Mengenai tak ingin membaca atau menonton apa2, mungkin sedang jenuh dengan membaca/menonton dan ingin mencoba hal baru mba? Nebak aja ya ini 🙂

  15. Saya belum pernah baca di webtoon ini. Dulu sering lihat iklannya di tv. Nanti saya mau coba baca juga. Dari ulasannya ini sepertinya webtoon ini cukup menarik

  16. Wah pengetahuan baru nih webtoon. Secara kami sekeluarga penggemar komik. Tapi yaa masih berupa buku sih. Seri persahabatan memang long lasting yah, selalu menari untuk diikuti kisahnya

  17. Jaman sekolah dulu sih iya, hobby banget baca komik tapi sejak kuliah bacaannya berubah ke sastra. Sekarang liat ulasannya mba alfa tentang komik, lah kok jadi kangen baca juga yah. Hihihi.

  18. Aku kurang familiar dengan webtoon nih mba. Kebetulan anakku yang udah remaja juga lebih suka membaca buku dibandingkan melihat webtoon. Padahal asyik juga ya untuk dijadikan salah satu alternatif literasi nih.

  19. Udah lama banget nggak baca Webtoon. Dulu ngikutin Orange Marmelade sampe abis dan nonton drakornya juga. Kapan2 perlu balik baca lagi buat hiburan. Thanks for the recommendation ya Mak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas