Suzuki A100, Kiprah Pertama Suzuki Di Indonesia

Suzuki A100, Kiprah Pertama Suzuki Di Indonesia. Berbicara mengenai motor, tentu saja trend dari kendaraan roda dua ini berubah-ubah setiap tahunnya. Salah satu pabrikan sepeda motor yang cukup memiliki nama di Indonesia adalah Suzuki Indonesia Motor.

Suzuki sudah mengeluarkan banyak sekali sepeda motor yang juga sukses meraih minat pengendara sepeda motor di Indonesia. Kiprah Suzuki di Indonesia ini diawali dengan peluncuran sepeda motor Suzuki A100 di sekitar tahun 1970-an, di mana motor tersebut diluncurkan di bawah bendera PT. Indohero Steel & Engineering Co.

Mengenang Suzuki A100, Motor Pertama Suzuki Di Indonesia

Produk pertama yang diluncurkan Suzuki di Indonesia adalah sepeda motor Suzuki A100 pada tahun 1973. Sebenarnya motor ini sudah diproduksi dulu di negara asalnya, Jepang sekitar tahun 1960-an, baru kemudian dipasarkan di Indonesia.

Ada yang masih ingat Suzuki A100? Konon, motor ini adalah, motor “laki-laki” paling keren pada zamannya. Mungkin ada yang kakek, ayah atau pamannya punya motor ini? Atau bahkan pernah naik atau dibonceng dengan Suzuki A100?

suzuki A100
Suzuki A100 – kredit foto: cmsnl.com

Bagi teman-teman PojokMungil yang ingin nostalgia dan mengenang kejayaan motor pertama Suzuki Indonesia Motor ini. Berikut adalah spesifikasi motor Suzuki A100.

Suzuki A100 adalah motor pertama Suzuki dengan ukuran body yang sangat ramping dan juga hemat bensin pastinya. Motor ini juga mempunyai kemampuan mesin yang cukup andal di zamannya. Desain Suzuki A100 yang dipasarkan di Indonesia sendiri serupa dengan yang dipasarkan di seluruh China dan juga daerah Timur Jauh.

Di India, Suzuki juga memproduksi dan memasarkan motor yang serupa dengan motor Suzuki A100 dan diberi nama Suzuki AX 100. Spesifikasi dari motor Suzuki AX 100 India tersebut sama dengan motor Suzuki A100 yang diproduksi di Indonesia, hanya berbeda sedikit pada desain saja.

Spesifikasi Sepeda Motor Suzuki Pertama di Indonesia

Suzuki A100 yang dipasarkan di Indonesia memiliki desain speedometer yang sederhana. Di mana lampu indikatornya yang tersusun rapi di sekitar speedometer tersebut. Hal ini tentu saja sangat membantu pengendara untuk memahami kondisi motor dengan baik.

spesifikasi Suzuki A100 – sumber foto: federaloil.co.id

Kemudian untuk roda depan dan juga roda belakang sepeda motor ini menggunakan ban dengan ukuran 2.50 – 18 yang akan nyaman digunakan pada jalanan beraspal rata. Namun kekurangan dari motor ini adalah kurang nyaman jika digunakan pada jalanan yang berlubang.

Meskipun terbilang sepeda motor lawas, Suzuki A100 ini bisa melintas dengan kecepatan mencapai 100 km/jam di jalanan yang datar. Namun lebih nyaman jika kita mengendarai sepeda motor keluaran Suzuki Indonesia Motor ini pada kecepatan 70 km/jam. Dengan mesin dan teknologi yang mumpuni, motor ini tangguh untuk digunakan dalam segala aktivitas serta bisa kita andalkan untuk melakukan perjalanan jauh sekalipun.

Tahun produksi sepeda motor Suzuki A100 adalah antara tahun 1974 sampai tahun 1980. Pada rentang 6 tahun itu, tidak banyak perubahan yang mencolok dalam sepeda motor ini. Salah satu perubahan adalah pada styling kosmetik dengan penggunaan warna yang cerah untuk menarik minat dari anak muda di tahun 1980an.

Saat ini Suzuki A 100 termasuk dalam kendaraan bersejarah yang bebas pajak jalan. Di tahun 1980-an perjalanan karir dari motor ini akhirnya berakhir karena Suzuki sudah tidak memproduksi lagi motor kebanggaan mereka ini. Suzuki A100 merupakan kendaraan roda dua yang mempunyai ciri khas tersendiri sebagai motor yang diproduksi oleh Jepang pada circa tahun 1960 dan juga awal tahun 70an.

Ciri khas sepeda motor ini adalah bodi yang kecil, lincah dan juga hemat bahan bakar. Suzuki A100 ini juga sudah didukung dengan penggunaan mesin yang berkapasitas 98cc yang bisa menghasilkan daya puncak mencapai 9.3 daya kuda untuk 7500 rpm.
Memang bisa dibilang bukan termasuk kencang untuk sepeda motor. Namun masih bisa diandalkan untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Nah itulah sejarah dari sepeda motor Suzuki A100.

Jadi, ada yang punya pengalaman dengan Suzuki A100? Yuk nostalgia di kolom komentar.

alfakurnia
Posts created 334

Satu tanggapan pada “Suzuki A100, Kiprah Pertama Suzuki Di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas