Buku Parenting Favorit PojokMungil.com

Selamat hari literasi internasional! Sudahkah teman-teman membaca buku hari ini? Saya sedang mencari buku yang menarik untuk dibaca minggu ini ketika mata saya tertambat pada deretan buku parenting di rak buku. Lalu saya berpikir eh, di hari literasi internasional ini, gimana kalau saya berbagi rekomendasi buku parenting favorit saya.

Siapa tahu ada yang sedang membutuhkan bacaan tentang pengasuhan anak untuk dirinya sendiri atau ingin menghadiahkannya kepada sahabat dan kerabat tersayang.

Ya, memang menjadi orang tua itu nggak ada sekolahnya. Tapi kita bisa belajar, apalagi sekarang banyak komunitas atau kelas-kelas parenting yang mengajarkan tentang cara mengasuh anak. Nggak sedikit juga buku-buku panduan yang bisa menuntun kita menjalani dinamika sebagai orang tua.

buku parenting

Selain kelas pengasuhan anak, buku parenting bisa menjadi guidance bagi orang tua muda untuk membesarkan anak dengan optimal. Kenapa buku? Kan di internet sekarang sudah banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan.

Betul sih, tapi buku-buku pengasuhan anak biasanya ditulis dari hasil riset yang mendalam. Atau pengalaman penulisnya yang memang sudah teruji. Sehingga tentu sumbernya lebih akurat dan informasinya dapat dipelajari lebih mendalam daripada artikel-artikel di internet.

Buku-buku parenting yang saya miliki sekarang memang sudah nggak banyak. Waktu kami pindah dari Brunei akhir tahun 2019 lalu, banyak sekali buku yang harus dihibahkan ke perpustakaan setempat, sekolah anak-anak atau ke teman-teman yang mau menampungnya karena nggak mungkin dibawa kembali ke Indonesia. Tapi dari yang tersisa ini adalah favorit saya sepanjang masa. Apa saja?

Baca Juga: Mempersiapkan Anak Pindah Tempat Tinggal Baru

Rekomendasi Buku Parenting Favorit pojokmungil.com

Jenis buku parenting terbaik 2020 menurut saya adalah buku yang ringan, menghibur tapi sarat ilmu. Jujur aja saya bukan penikmat buku self development dengan teori-teori yang panjang karena bikin ngantuk. Jadi kalau teman-teman juga seperti saya, buku-buku pengasuhan anak dalam daftar saya ini mungkin juga akan teman-teman sukai.

The Baby Book

Ini adalah salah satu buku parenting yang pertama kali saya punya setelah melahirkan anak pertama saya 13 tahun yang lalu. Buku yang ditulis oleh William Sears M.D dan Martha Sears, R.N pernah hits dan jadi panduan kesehatan anak di milis Sehat sebelum dr. Purnawati S. Pujiarto, SpAK, MMPed meluncurkan buku Q&A Smart Parents for Healthy Children.

the baby book buku parenting

Buku yang edisi pertamanya terbit tahun 1993 berisi keahlian merawat dan cara menanggapi kebutuhan bayi dengan tepat. Penjelasan dan kiat-kiat yang ditulis di sini membuat pengasuhan bayi jadi lebih mudah dan menyenangkan. Dari buku ini saya mengenal tentang kolik, belajar ngeyel mengASIhi sampai masalah medis paling umum dialami anak dan cara merawatnya di rumah.

The Baby Book memang tebal banget. Tapi dilengkapi dengan daftar isi yang jelas, sehingga kalau kita perlu tahu sebuah informasi tinggal cari di daftar isi atau indeks. Tahun 2007 dulu, saya beli buku ini dengan harga sekitar Rp 200.000. Memang mahal but worth every penny. Karena semua informasi yang kita butuhkan tentang pengasuhan bayi sejak lahir sampai umur dua tahun ada di sini.

How To Talk So Little Kids Will Listen: A Survival Guide To Life With Children Ages 2 – 7

Sebagian besar dari orang tua milenial pasti sudah tahu tentang kesalahan cara komunikasi dengan anak dan nggak ingin melakukannya. Tapi, berkomunikasi dengan anak usia 2 – 7 tahun itu memang nggak gampang.

Pada usia tersebut, sebagian anak belum dapat mengutarakan maksudnya dengan baik sehingga seringkali mereka menunjukkannya dalam bentuk perbuatan. Tantrum misalnya. Nah, orang tua sendiri karena nggak ngerti apa sebenarnya di balik perbuatan anak jadi emosi atau nggak sabaran.

buku parenting terbaik 2020

Baca Juga: Komunikasi Efektif dalam Mengasuh Anak

Buku parenting ini memang ditujukan untuk orang tua atau pengajar yang handling anak usia 2 – 7 tahun. Dilengkapi dengan ilustrasi dan cara-cara praktikal, buku karya Joanna Haber & Julie King ini enak dibaca. Nggak ngebosenin. Apalagi banyak contoh-contoh kasus masalah komunikasi dengan anak yang sering kita alami sehari-hari.

Dengan buku ini kita juga belajar cara bagaimana cara merespon anak dengan tepat. Sehingga mereka merasa dipahami dan bisa bekerja sama dengan kita. Mungkin nggak berlebihan kalau saya bilang ini adalah buku parenting terbaik 2020 karena memang banyak banget yang merekomendasikan dan mendapat manfaat darinya.

Parent’s Stories: Membesarkan Anak yang Berdaya

Ini adalah buku parenting favorit saya dari novelis Adhitya Mulya. Berisi kumpulan tulilsan tentang pengasuhan anak terutama soal values, harga diri dan proses. Tiga hal yang membentuk karakter seorang anak dalam proses mereka menjadi orang dewasa yang berdaya.

Kang Adhit dengan gaya bercerita yang hangat berbagi pengalaman, keresahan dan ilmunya dalam mendidik anak supaya berdaya dan mampu menyingkirkan rintangan mereka sendiri di masa depan.

parent's stories adhitya mulya rekomendasi buku parenting

Karena punya anak menjelang remaja, tulisan-tulisan di buku Parent’s Stories agak menyentil dan mengajak saya mengkaji ulang tentang cara pengasuhan saya. Apakah benar saya tahu yang terbaik untuk anak saya? Apakah benar saya sudah menjadi seorang mentor atau justru seorang monster.

Kalau teman-teman ingin mendidik anak menjadi tangguh, baca deh buku ini. Dijamin bakal banyak kutipan yang distabilo saking relatable dengan kehidupan kita.

Battle Hymn of the Tiger Mother

Buku parenting ini pernah jadi buku yang kontroversial di awal terbitnya. Dalam buku ini Amy Chua bercerita tentang pengalamannya mendidik anak-anaknya dengan pola asuh ala Tiger Mom yang keras.

Bagi kita atau generasi orang tua, pengasuhan yang dilakukan Amy bukan hal yang aneh. Bentakan dan hukuman fisik mungkin sering kita terima saat kecil atas nama “mendidik anak”.

tiger mother buku parenting

Amy menganggap dengan cara seperti itu, anak-anaknya akan tumbuh menjadi pribadi yang disiplin, bekerja keras, tidak mudah menyerah dan sukses. Tapi ternyata tidak semua anak bisa diasuh dengan cara tersebut.

Kesuksesan sekaligus kegagalan Amy sebagai seorang Tiger Mother diceritakan dalam bentuk narasi yang apik. Kaya baca novel aja instead of buku parenting.

Baca Juga: Mendobrak Label Diri Bersama Ara

Help Your Kids with Study Skills

Buku Help Your Kids with Study Skills nggak membahas panjang lebar tentang 3 gaya belajar kinestetik, visual dan auditory yang umum dibahas oleh para psikolog. Buku parenting ini membahas tentang cara belajar dan gimana membantu anak untuk mengasah kemampuan mereka belajar.

Dengan berbagai diagram dan tulisan yang berwarna seperti ensiklopedia, Carol Vorderman memberikan panduan visual tentang gimana kita membantu anak menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya. Bagaimana cara efektif untuk membuat revisi materi untuk dipelajari dan apa metode belajar yang efektif untuk anak kelas tiga SD ke atas.

membantu anak belajar

Jujur aja saya belum selesai baca buku ini. Tapi beberapa yang sudah dibaca mirip dengan materi kelas online Tea for Moms: Melatih Anak Menjadi Mandiri dalam Belajar yang diadakan oleh Brain Fit Indonesia. Cara membuat jadwal belajar sehari-hari, mengeksplorasi cara belajar sampai mengatasi kecemasan dalam menghadapi ujian dan presentasi bisa kita terapkan untuk membantu anak belajar dengan baik.

Ya siapa tahu kan kalau anak kita jadi seneng belajar dia bisa kaya Maudy Ayunda yang suka kalau ada ujian di sekolah.

Nah, itu dia 5 buku parenting favorit saya. Siapa tahu rekomendasi buku parenting terbaik 2020 versi saya ini bermanfaat buat teman-teman yang sedang mencari panduan dalam mendidik si kecil.

Kalau teman-teman sendiri punya buku parenting favorit nggak? Boleh dong berbagi di kolom komentar.

alfakurnia
Posts created 345

23 tanggapan pada “Buku Parenting Favorit PojokMungil.com

  1. Pas nih, lagi butuh rekomendasi buku parenting karena selama PJJ, saya makin menjadi-jadi aumannya jika enggak ingat kalau itu bukan hal yang baik saat mendidik. hiks. Terima kasih, Mbak Alfa. Saya paling penasaran dengan Parents Stories nih

  2. Buku parentingnya oke2 nih, tak share buat yang membutuhkan.
    Aku lagi butuh buku parenting menghadapi anak remaja menjelang dewasa, hihii.
    Selalu seruu baca buku apalagi yang relate dengan kehidupan sehari-hari.

  3. Saya tertarik baca bukunya Kang adhit. Beliau kan walau novelis tapi karya nonfiksinya juga oke. Dekat dg keseharian kita sebagai ortu yg pengen dekat dg anak gitu

  4. Bacaanku banget ini buku parenting, semenjak menikah dulu aku emang sudah rajin beli beberapa buku parenting lalu pas tau hamil jadi tambah banyak lagi bukunya. Setidaknya dengan baca-baca dari buku punya sedikit pengetahuan.

  5. Aku suka juga baca buku parenting biasanya karya penulis dalam negeri kaya Fauzil Adhim dan banyak lagi..tapi kadang sudah minder duluan mau praktekin haha..

  6. Y Allah udah lama banget nggak baca-baca lagi buku parenting. Dulu pas anak masih bayi saja rajin baca tapi setelah agak besar sedikit jadi lupa dan lebih tepatnya malas. Padahal masih banyak ilmu parenting yang harus dipelajari.

  7. Waah anak saya keduanya remaja. Sepertinya harus membaca buku parenting buat remaja sepetrti karangan Adhitya Mulya ini. By the way sudah lama sekali nggak baca buku parenting

  8. Kita ini mentor atau monster? Duh jleb sekali ya kalimat ini. Tapi emang bener sih, kadang ada anak yang sampai takut pada orangtuanya Padahal sebaik-baiknya ortu adalah melindungi anak-anaknya dengan penuh kedamaian.
    Thanks ya mba untuk rekomendasi buku parentingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas