Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Mudah

Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Mudah

Pengalaman pertama saya belajar bahasa Inggris dimulai tahun 1992, tepatnya saat saya duduk di bangku kelas 1 SMP. Bu Evi, sosok mungil berambut bob pendek dengan kacamata berbingkai emas dengan senyum yang selalu membingkai wajahnya, adalah guru yang membuat saya semangat mengikuti pelajaran bahasa Inggris. Metode pengajarannya biasa aja. Tapi dia ramah sama murid dan selalu menyuruh kami aktif di kelas meski salah atau terbata-bata.

Setelah bu Evi, di kelas 2 SMP saya bertemu dengan Bu Retno. Beliau nggak seramah guru sebelumnya tapi selalu punya cara menarik untuk mengajarkan bahasa Inggris, salah satunya lewat lagu. Thanks to Bu Retno, saya menjadi semakin suka belajar bahasa Inggris lewat lagu. Setelah itu pelajaran bahasa Inggris nggak ada lagi yang istimewa. Sewajarnya aja pelajaran-pelajaran di sekolah. Kadang menyenangkan, kadang enggak.

Baru setelah kuliah semester 4, saya dan beberapa teman dekat kursus bareng di sebuah lembaga kursus franchise di daerah Kayoon, Surabaya. Dimulai dari level 4 dan selesai sampai level 10 plus 1 kelas conversation dalam waktu 2 tahun.

Setelah lulus dari situ, saya mencoba melamar menjadi School Assistant atau customer service. Kebetulan tempat kursus itu (dan kebanyakan tempat kursus bahasa Inggris franchise pada masa itu) mempekerjakan mahasiswa sebagai garda depan layanan pelanggannya. Saya bekerja di tempat les bahasa Inggris itu selama setahun. Nggak lama memang karena saya sudah diultimatum harus segera lulus kalau nggak mau dana kuliah saya dihentikan. Keasikan kerja emang bikin males kuliah deh hehehe.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Kesukaan saya belajar bahasa Inggris sebenarnya ditujukan untuk menunjang cita-cita saya menjadi diplomat. Iya, waktu SMA saya ingin sekali kuliah di jurusan Hubungan Internasional. Target saya Universitas Padjajaran Bandung. Sayang, mama saya nggak memberi restu untuk kuliah jauh. Dan meski dalam formulir UMPTN tetap saya tulis HI Unpad sebagai pilihan kedua, Allah SWT menetapkan takdir lain.

Walaupun akhirnya batal jadi diplomat, hasil perjalanan panjang belajar bahasa aslinya Prince William itu membawa banyak sekali manfaat bagi saya. Dan saya yakin kemampuan berbahasa Inggris ini bermanfaat untuk semua orang, di antaranya adalah:

Memperlancar Komunikasi

Bahasa Inggris adalah bahasa percakapan universal yang diterima di banyak negara. Dengan menguasai bahasa negeri Paman Sam ini kita bisa lancar berkomunikasi dengan orang asing saat kita jalan-jalan ke luar negeri. Di dalam negeri pun penguasaan bahasa Inggris sangat bermanfaat kalau kita punya dosen, atasan atau klien yang berasal dari luar negeri.

Pengalaman saya ketika tinggal di Brunei, hasil belajar bahasa Inggris cukup bermanfaat untuk berkomunikasi dengan guru-guru di sekolah anak-anak. Kebetulan di sekolah anak saya kebanyakan gurunya bukan orang Melayu Brunei. Selain guru berkebangsaan Cina, banyak juga guru dari India dan Filipina yang nggak semuanya fasih bahasa Melayu. Jadi kalau ingin lancar berdiskusi tentang anak-anak ya harus pakai bahasa Inggris.

Begitu juga dokter-dokter di rumah sakit atau klinik kesehatan. Meski mungkin mereka bisa bahasa Melayu tapi ketika tahu saya bisa berbahasa Inggris, para dokter dari Singapura atau India itu lebih suka memberikan penjelasan dalam bahasa Inggris. Mampu berbahasa Inggris juga bikin saya percaya diri untuk ngobrol dengan sesama orang asing yang tinggal di Brunei, sehingga bisa nambah teman juga.

Jalan untuk Mendapatkan Beasiswa Belajar ke Luar Negeri

Sekarang mimpi belajar ke luar negeri bukan lagi bagai pungguk merindukan bulan. Banyak sekali lembaga yang memberikan beasiswa untuk belajar ke luar negeri. Tentu dengan syarat tertentu seperti harus memiliki nilai TOEFL atau IELTS yang baik. Kalau syarat itu terpenuhi jalan untuk mendapatkan beasiswa akan lebih mudah.

Selain itu ada beberapa lembaga pemberi beasiswa yang melakukan proses seleksi dengan cara wawancara, presentasi atau menulis esai dalam bahasa Inggris. Dengan belajar bahasa Inggris sejak awal tentu akan lebih mudah melalui proses itu dengan lancar.

manfaat belajar bahasa inggris

Nggak Perlu Baca Subtitle Saat Nonton Film Berbahasa Inggris

Hahaha alasan yang sederhana ya. Tapi bahasa Inggris adalah bahasa pengantar dari dunia industri dan hiburan. Dengan kita menguasai bahasa Inggris tentu lebih mudah memahami berita dalam bahasa Inggris. Selain itu saat nonton film kita bisa fokus ke adegan dan percakapan para karakter di film itu tanpa harus sibuk membaca terjemahan.

Membuka Sumber Informasi dari Internet

Ya sih, kita sekarang bisa mendapatkan informasi apa saja yang kita butuhkan di internet dalam bahasa Indonesia. Tapi saat kita membutuhkan informasi yang lebih spesifik atau topik tertentu yang nggak banyak dikuasai oleh orang Indonesia, mau nggak mau harus mencarinya di forum-forum atau situs bahasa Inggris.

Memahami Buku Text, Materi Pelajaran atau Jurnal yang Disampaikan dalam Bahasa Inggris

Zaman saya kuliah dulu, masih banyak sekali buku text yang ditulis dalam bahasa Inggris dan belum ada terjemahannya dalam bahasa Indonesia. Begitu pula jurnal-jurnal penelitian yang menjadi sumber untuk penulisan skripsi. Meski saya cukup lancar berbahasa Inggris tapi kurang baik dalam memahami tulisan ilmiah. Sehingga saat itu harus rela menyisihkan uang jajan untuk membayar jasa penerjemah. Itu pun, kalau penerjemahnya nggak pandai merangkai kata, materi-materi terjemahan itu cuma bagai susunan kata yang nggak bisa dimengerti. Akibatnya ya agak susah memahami materi-materi dari buku atau jurnal-jurnal itu.

Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Banyak yang bilang belajar bahasa Inggris itu susah. Ya sih kalau langsung belajarnya untuk persiapan IELTS. Coba deh belajar bisa ngomong dulu sebelum melangkah ke materi yang lebih berat. Beberapa cara ini cukup menyenangkan untuk dicoba:

Belajar dari Lirik Lagu

Sekarang pasti sudah gampang kan cari lirik lagu bahasa asing yang kita suka. Tinggal ketik judul dan nama penyanyinya aja di mesin pencari, dalam hitungan detik keluar deh liriknya. Begitu ketemu coba ikut bernyanyi sambil mempelajari cara pengucapan yang tepat. Dan cari artinya di kamus supaya tahu apa makna dari lagu itu. Kalau ada frase atau kalimat dari lirik lagu itu yang bisa digunakan sehari-hari, coba aja aplikasikan dalam percakapan secara verbal atau tulisan dengan teman.

Belajar dari Acara TV atau Film

Anak-anak saya dan saya yakin banyak anak kecil sekarang yang belajar bahasa Inggris lewat tontonan mereka di TV. Kita juga bisa meniru cara mereka. Saat menonton serial atau berita kesukaan kita matikan subtitlenya dan dengarkan percakapan dengan baik. Catat kata-kata yang kita nggak ngerti dan cari artinya di kamus. Ingat-ingat juga frase atau kalimat yang menarik untuk diaplikasikan ke obrolan sehari-hari.

Hafalkan Kata-Kata di Kamus

Ini tips dari Ika Natassa, penulis novel-novel metropop yang kondang itu. Kak Ika bilang kalau mau belajar bahasa Inggris targetkan diri kita menghafal beberapa kata, arti dan cara pengucapannya dari kamus. Lama-lama kan semakin banyak tuh kosakata yang kita tahu. Dan makin pede deh kita ngomong bahasa Inggris

Ikut Les Bahasa Inggris

Mengikuti kursus bahasa Inggris terutama kelas Speaking bisa jadi cara efektif untuk memperlancar dan meningkatkan kepercayaan diri kita bicara bahasa Inggris. Saat ikut les bahasa Inggris tentu kan kita akan dipandu oleh guru dan akan mendapatkan materi tata bahasa serta cara pengucapan yang benar. Dengan ikut kursus, kita akan mendapatkan teman untuk ngobrol bareng. Ini penting banget karena salah satu cara efektif bisa bahasa Inggris adalah dengan membiasakan diri bicara.

belajar bahasa inggris

Nah, 2 minggu lalu saya berkesempatan untuk ikut trial kelas Speaking dari Lister.co.id. Lister ini adalah penyelenggara kursus bahasa asing online yang menyediakan banyak sekali pilihan kelas untuk berbagai kebutuhan kita. Kenapa saya pilih kelas speaking? Karena meski saya bisa dan sudah biasa ngobrol bahasa Inggris, saya sadar grammar dan pronunciation saya tuh belum bagus. Jadi saya sering banget dikoreksi sama anak-anak saya yang lebih jago karena memang mereka sekolah di sekolah berbahasa Inggris.

Serunya Kursus Bahasa Inggris di Lister.co.id

Kelas di mana saya bergabung ada group class yang berisi 6 orang siswa dan satu orang pengajar. Saya sih lebih suka belajar bareng-bareng gini ya karena ada teman untuk ngobrol. Tapi kalau teman-teman ingin lebih fokus belajar bisa ambil kelas private. Kita juga bisa pilih local atau foreign teacher sebagai pengajar sesuai dengan kebutuhan teman-teman.

Karena Lister ini penyelenggara kursus bahasa Inggris online, maka pelajaran pun dilakukan secara daring melalui Google Meet atau Zoom. Kebetulan kelas kami sempat menggunakan kedua aplikasi tersebut. Jadi cocok banget diikuti selama masa pandemi ini di mana kita lebih banyak di rumah ya. Terutama untuk teman-teman yang masih sekolah atau kuliah nih. Daripada rebahan atau mager terus mending kan isi waktu mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya dengan ikut les bahasa Inggris online.

Metode Pelajaran di Kelas Speaking Lister.co.id

Seperti yang saya bilang di atas, saya bergabung di group class dengan seorang local teacher, Miss Sitti Muzdhalifah dan 6 orang teman selain saya. Satu periode kursus bahasa Inggris berlangsung selama 1,5 jam dalam 8 kali pertemuan. Untuk kelas kami dilaksanakan pada hari kerja mulai pukul 19.00 – 20.30 WIB. Pas deh sudah selesai makan malam dan sholat Isya’. Jadi bisa fokus ikut kelas.

Setiap pertemuaan dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama berupa warm up. Biasanya Miss Ifa, panggilan guru kami, akan menyapa satu per satu dan menanyakan kabar dan aktivitas kami hari ini. Yang tentunya harus dijawab dalam bahasa Inggris. Jadi ini sarana yang bagus banget untuk melatih keberanian ngomong di depan orang lain. Miss Ifa juga akan ngasih berbagai game yang bisa dimainkan bersama secara online supaya mood kelas jadi lebih semangat.

kursus bahasa inggris di lister.co.id
Sesi materi di kelas speaking lister.co.id

Setelah itu, Miss Ifa akan masuk ke materi berupa grammar. Jadi di kelas speaking tuh nggak cuma harus ngomong tapi diajarin juga tata bahasa biar kita bisa ngomong yang baik dan benar. Materi ini akan berlangsung selama 30 menitan. Dan kemudian dilanjutkan dengan sesi praktik.

Di sesi terakhir ini semua siswa akan diminta untuk ngomong lagi, mempraktikkan materi yang sudah diberikan. Namanya juga kelas speaking ya jadi pasti banyak latihan bicara. Nggak usah takut salah atau malu, karena kalau ikut les bahasa Inggris gini kan semua ya sama-sama belajar. Kalau salah nggak bakal diketawain tapi akan dikoreksi sama gurunya.

Pada akhir pertemuan ketujuh, Miss Ifa memberi kami tugas untuk mempresentasikan “our most memorable moment in life” pada pertemuan terakhir. Dan seru banget lo dengerin teman-teman berbagi ceritanya dalam bahasa Inggris. Ada yang sudah lancar banget bahasa Inggrisnya, ada yang masih terbata-bata. Tapi semua sudah lebih percaya diri untuk ngomong bahasa Inggris daripada saat pertama kali saya ikut kelas. Keren deh liat perkembangannya. Oya, temen sekelas saya ini masih muda-muda, ada yang masih kuliah ada juga yang ibu muda. Jadi seneng ngikutiinnya berasa ikut muda lagi hahaha. Sampai saking asyiknya nggak terasa sudah selesai satu periode kursus bahasa Inggrisnya. Pengen ikutan lagi deh.

Join Kelas di Lister.co.id

Kalau teman-teman mau ikut kelas speaking langsung aja daftar ke websitenya Lister.co.id. Nanti akan dipandu oleh adminnya untuk memilih kelas yang paling sesuai dengan kebutuhan kita. Nggak cuma kursus bahasa Inggris lo, banyak kelas bahasa asing lain yang dipandu oleh guru bersertifikat yang bisa kita ikuti.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

35 thoughts on “Belajar Bahasa Inggris dengan Cara Mudah

  1. Salah satu pelajaran favoritku saat sekolah adalah Bahasa Inggris. Seru banget belajar Bahasa Inggris dari menonton film, mendengarkan lagu, bermain drama, dan lain-lain. Dan terasa banget manfaatnya belajar hal tersebut di usia sekarang ini. Saya jadi nggak canggung untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris, dan bisa paham film/ lagu tanpa membaca subtitle/ liriknya.

  2. Jadi inget dulu waktu kecil, aku ngefans sama Westlife dan merekalah yang memotivasiku untuk les bahasa inggris. Sering dengerin, nyanyiin dan mengartikan lagu bhs inggris mereka akhirnya jadi bisa bahasa inggris lebih baik dibanding teman2 sebayaku.

  3. Anyway belajar bahasa inggris sangat diperlukan menurut aku. Selain bahasa indonesia yg semakin berkembang bahasa inggris juga harus selalu dipelajari sebagaimana bahasa internasional

  4. aku pribadi dulu belajar bahasa Inggris dari kecil tuh dengan rajin nonton film bahasa Inggris dan baca subtitlenya jadi tau artinya, malah pernah loh aku catat di buku kalo nemu kosa kata baru hihi

  5. Wah, baru tahu nih dengan Lister.co.id ini. Jadi kepengen tahu lebih banyak. Englishku udah jarang dipake. Jadinya payah. Semoga aja bisa belajar di Lister.co.id

  6. Jadi keinget aku dulu pertama kali dapat Bahasa inggris kyknya kelas 3 SD. Tapi gurunya didatangkan dr luar sama sekolahku jd kyk les sepulang sekolah gtu. Gurunya baik banget, kalau bisa jawab soal kami dikasi coki2 wkwkwk 😀
    Btw Lister ini ada kelas buat anak2 gak sih mbak? Lagi nyariin buat anakku sih, emaknya gak pede ngajarin sendiri kalau grammar dll xixixi

  7. pengen banget saya upgrade kemampuan bahasa inggris, kalo nonton masih pakai substitle b inggris, kalo tanpa subtitle cuma paham 70% aja isi percakapannya.

    kalau speaking cuma sebatas yg sehari2 aja…

    Opsi banget nih untuk ningkatin kemampuan bahasa inggris di Lister

  8. Anakku juga belajar bahasa inggris dari video mba. Aku lebih suka belajar les sama ahlinya langsung biar lebih leluasa bertanya kalau ada hal yang gak paham. Untuk kelas pemula bisa juga di lister.co.id ya, mba?

  9. Bahasa Inggris memang penting ya, apalagi jika ingin mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri. Aku sendiri merasa kesulitan nih kalau bahasa Inggris, terlebih kalau listening dan speaking.
    Sekarang les bahasa Inggris bisa via online ya, cocok nih buat anak-anakku juga. Mau intip2 web Lister dulu.

  10. Jaman aku dulu sekolah pelajaran B Inggris paling syebel gurunya, jadi ga suka. Belajar tambahan di kursusin pada jamannya dulu nge-hits di Lia.
    Sekarang makin banyak yaa dan dipermudah banget kelas onlen. Tak rekomen ke anakku sapa tau mau disini.

  11. Aku dr dulu suka bgt sama bahasa Inggris. Kelas 3 minta nambah les Krn guru sekolah kurang percakapan nya. SMP masuk Intel school dan bisa study tour ke mana2 happy bgt. Bisa punya banyak teman gara2 suka bahasa Inggris.

    Sekarang juga kebantu bgt buat kerjaan2

  12. Belajar bahasa Inggris memang bermanfaat ya, mbak…saya juga dapat banyak manfaat terutama saat tinggal di luar negeri atau traveling ke sana, juga segala manfaat yang disebutkan di atas. Dan saya baru tahu tentang Lister co id ini yang ternyata enggak cuma punya kursus bahasa Inggris. Sudah sistem belajarnya bagus dipandu oleh guru bersertifikat pula. Wah…bisa nih dicoba

  13. Mbak Alfa, tulisan ini mengingatkan saya, dulu pernah sangat suka dengan bahasa Inggris. Namun sayangnya, saya gak terus mengasahnya jadi usai sekolah/kuliah ya sudah …. untungnya masih bisa dipakai mengajari anak.

  14. Aku dulu belajar bahada inggris salah satunya dari lirik lagu. Kadang sering terjemahin lagu. Tapi belajar bahasa inggris harus sering sering praktek, kalo nggak cepet lupa. Itu aku ahahaha

  15. Banyak emang ya Mbak manfaat belajar bahasa Inggris. Apalagi sekarang dunia makin global. Enak kan ya kalau mau traveling ke luar negeri, atau pengen tinggal di luar negeri (hihihi ya siapa tau), bahasa Inggrisnya udah lancar.
    Btw TFS Mbak soal Lister.co.id. Bisa untuk pilihan belajar bahasa Inggris 🙂

  16. Yang terpenting sekarang bagi saya untuk belajar bahasa Inggris adalah speaking atau conversation untuk memahirkan dan supaya tidak lupa dengan vocabulary atau kosa kata. Kursus seperti ini sangat penting demi menjaga ingatan supaya tidak cepat lupa.

  17. Intinya belajar untuk berbicara dalam Bahasa Inggris tuh harus pede ya mba. Sejak sekolah aku senang sekali belajar bahasa, apa saja. Mulai dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Perancis hingga bahasa daerahku sendiri yaitu Bahasa Jawa. Tapi meskipun dari SMP udah belajar BAhasa Inggris, ternyata enggak otomatis bisa lancar berbicara dalam bahasa tersebut ya. 🙂

  18. Wah aku jadi kangen belajar bahasa inggris juga nih mbak Alfa, dulu waktu kuliah sempet sama kursus bahasa inggris tapi pas udah lulus langsung jarang pake jadi sekarang pasif aja nih. Besok aku coba cek ke Liester deh, biar aku ga lupa sama bhs inggris.

  19. Aku paling mudah belajar itu kalau nonton film Mba, jadi bisa sambil melafalkan dan inget-inget artinya. Soalnya aku termasuk tipe pembelajar lambat ehhehe. Seru juga ya bisa belajar bahasa inggris langsung dengan online

  20. Dulu aku sempet ikutan kursus bahasa Inggris. Gak sampai selesai. Membaca tulisanmu mak jadi pengin belajar dari nol lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top