Merancang Ruang Kerja Ideal di Rumah untuk Mom Blogger

Merancang Ruang Kerja Ideal di Rumah untuk Mom Blogger

Dengan tuntutan sehari-hari seperti mengurus anak, menyelesaikan tugas rumah tangga, dan saat bersamaan juga harus tetap produktif menulis dan mengelola konten blog, mom blogger tentu membutuhkan lingkungan kerja yang mendukung kreativitas.

Ruang kerja ini bukan hanya sekadar tempat untuk duduk dan bekerja saja, tapi juga sebaiknya juga nyaman dan bisa menjadi sumber inspirasi serta motivasi.

Perlu diingat bahwa kata “nyaman” di sini tidak harus “mewah.” Nyaman bisa berarti sederhana namun efektif. Bahkan, sudut kecil di kamar atau meja kerja yang ditempatkan di pojok ruang keluarga pun dapat diubah menjadi “ruang” kerja yang ideal.

Yang terpenting adalah ruang tersebut didesain sedemikian rupa agar mom blogger bisa sepenuhnya fokus dan terinspirasi saat bekerja.

Dalam merancang ruang kerja yang ideal di rumah, mom blogger perlu mempertimbangkan beberapa faktor. 

Apa Itu Ruang Kerja Ideal?

Pertama-tama, mari kita bahas apa yang membuat ruang kerja menjadi ideal. Tentu saja para mom blogger memiliki preferensi masing-masing dan kata “ideal” juga dapat bermakna berbeda bagi setiap individu. 

Namun, secara umum, ruang kerja ideal adalah tempat yang memenuhi beberapa kriteria penting:

Fungsional

Ruang kerja ideal haruslah fungsional sehingga mom blogger dapat menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari dengan efisien. Harus ada meja dan kursi yang ergonomis dan penyimpanan cukup untuk peralatan dan bahan-bahan kerja.

Nyaman

Sebagai mom blogger yang mungkin menghabiskan banyak waktu di depan komputer, kenyamanan adalah hal yang sangat penting. Kursi yang mendukung postur tubuh, pencahayaan yang cukup, dan suhu yang nyaman adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan.

Menginspirasi

Ruang kerja ideal seharusnya memberikan inspirasi dan motivasi untuk bekerja. Sebagai seorang mom blogger, inspirasi dan kreativitas adalah kunci untuk menghasilkan konten menarik. 

Maka dari itu, dekorasinya sebaiknya menginspirasi, seperti ada quotes inspiratif atau papan inspirasi, serta berada di lingkungan yang menenangkan.

Rapi dan Teratur

Ruang kerja yang rapi, teratur, dan bersih pastinya lebih nyaman dilihat dan memberikan ketenangan pikiran tersendiri. Maka dari itu, harus ada sistem organisasi yang efisien untuk menjaga semua yang ada di ruang kerja pada tempatnya.

Rak, laci, dan berbagai penyimpanan yang tepat, dapat mempermudah mom blogger menemukan apa yang mereka butuhkan dan tetap fokus pada pekerjaan mereka.

Bagaimana Mendesain Ruang Kerja Ideal di Rumah?

Nah, setelah kita mengetahui karakteristik apa saja yang dimiliki oleh ruang kerja ideal, saatnya untuk mewujudkan desain tersebut.

Berikut beberapa tips yang bisa mom blogger ikuti untuk memiliki ruang kerja yang mendukung produktivitas dan kreativitas.

Pilih Lokasi yang Tepat

Kita dapat memilih ruang yang cukup tenang dan terpisah dari area utama rumah, seperti kamar tidur tambahan, ruang keluarga yang jarang digunakan, atau sudut di ruang tamu yang tidak sering dilewati. 

Pastikan ruang tersebut minim kebisingan, baik dari luar maupun dari dalam rumah, seperti dapur atau area bermain anak-anak.

Idealnya, ruang tersebut memiliki akses cahaya alami melalui jendela yang cukup besar, memungkinkan sinar matahari masuk dengan baik.

Jika tidak ada jendela besar, pastikan ruang tersebut memiliki lampu yang cukup terang dan menyediakan pencahayaan buatan yang baik untuk memastikan kenyamanan dan produktivitaskita.

Ventilasi yang baik juga penting untuk menjaga udara segar dan lingkungan kerja yang nyaman. Pastikan ruang tersebut memiliki jendela atau sistem ventilasi yang memadai untuk sirkulasi udara yang baik.

Pertimbangkan Fungsi

Tentukan fungsi utama ruang kerja.. Apakah itu hanya untuk pekerjaan di komputer, atau apakah kita juga memerlukan ruang untuk membuat konten visual atau menyimpan barang-barang?

Pertimbangan ini akan membantu kita merencanakan desain ruang kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Jika memerlukan ruang untuk membuat konten visual, misalnya, kita mungkin perlu pencahayaan tambahan, ruang untuk perlengkapan fotografi atau video, dan area penyimpanan yang cukup untuk peralatan tersebut.

Sementara jika ruang kerja hanya untuk pekerjaan di komputer, kita mungkin dapat lebih fokus menyediakan meja dan kursi yang nyaman, sistem penyimpanan untuk dokumen-dokumen penting, akses mudah ke peralatan lainnya seperti printer atau scanner, dan tentunya modem wi-fi untuk akses internet.

Pilih Meja dan Kursi yang Ergonomis

Kita sudah sering membahas ini sebelumnya, Tapi, meja dan kursi yang ergonomis lebih penting dari yang kita kira. Pasangan furnitur ini memiliki dampak pada kesehatan dan postur tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

Meja yang dirancang secara ergonomis akan memungkinkan kita untuk duduk dengan postur tubuh yang benar, sehingga dapat mengurangi stres pada tubuh dan mengurangi ketegangan otot. 

Ketinggian meja yang dapat disesuaikan juga bermanfaat untuk menyesuaikan tinggi meja dengan tinggi tubuh kita. Pilihlah meja dengan permukaan yang luas sehingga ada banyak ruang yang cukup untuk komputer, peralatan, dan catatan.

Sementara itu, kursi yang ergonomis harus memiliki dukungan punggung yang baik, bantalan yang cukup, dan dapat disesuaikan tingginya– baik itu kursi stainless maupun kursi dengan roda,.

Penggunaan kursi yang ergonomis seperti ini membantu mencegah masalah kesehatan seperti sakit punggung, leher, dan bahu, yang merupakan masalah umum bagi orang yang bekerja dalam waktu lama di depan komputer.

Dekorasi Sesuai Dengan Personality

Hal yang mungkin paling dinantikan oleh para mom blogger yaitu memiliki ruang kerja dengan desain yang mencerminkan kepribadian mereka. Kita bisa memilih palet warna kesukaan dan mengecat ulang ruang kerja tersebut.

Untuk motivasi, tampilkan barang-barang favorit, seperti foto keluarga, lukisan kesukaan, atau koleksi barang-barang yang memiliki nilai sentimental. Atau, tambahkan quotes motivasi, kata-kata bijak, atau papan inspirasi yang mencerminkan tujuan dan mimpi.

Kita juga bisa mendekorasi ruang kerja tersebut berdasarkan minat dan hobi. Misalnya, jika teman-teman menyukai traveling, tambahkan peta dunia atau gambar-gambar tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Jika suka seni, hias ruang kerja dengan lukisan atau karya seni favorit teman-teman.

Tambahkan Tanaman Hijau

Tahukah teman-teman bahwa menambahkan tanaman hijau ke ruang kerja dapat memberikan manfaat yang luar biasa? 

Tanaman tidak hanya menyegarkan udara dan menciptakan suasana yang menyenangkan, tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Tanaman hijau menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen sehingga menjaga udara di ruang kerja tetap segar dan memberikan rasa sejuk. Studi juga menunjukkan bahwa adanya tanaman hijau di ruang kerja dapat mengurangi stress sebanyak 37%.

Kesimpulan: Desain Ruang Kerja Idaman Mom Blogger

Mendesain ruang kerja di rumah tak harus mengeluarkan budget yang menguras kantong. Ingatlah bahwa ruang kerja yang baik adalah yang menciptakan lingkungan yang mendukung produktivitas, kreativitas, dan kesejahteraan kita sebagai seorang mom blogger. 

Ruang kerja ideal akan membantu kita menjadi lebih produktif, kreatif, dan bahagia dalam mengejar karir blogging sambil menjaga keseimbangan dengan kehidupan pribadi dan keluarga.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top
error: Content is protected !!