Peluang Penghasilan dari Blog

Apa tujuan teman-teman ngeblog? Apakah mendapat peluang penghasilan dari blog termasuk salah satu tujuannya?

“Apa tujuan teman-teman ngeblog?” Pertanyaan ini diajukan oleh Mbak Mugniar, narasumber di webinar Ngeblog Bareng IM3Ooredoo dan Ibu-ibu Doyan Nulis beberapa waktu lalu. Dalam sesi zoom dengan tema Mendapatkan Traffic untuk Blogger Pemula, para peserta kompak menjawab 4 tujuan ngeblog mereka sebagai berikut:

tujuan ngeblog
apa tujuanmu ngeblog? Yuk berbagi di kolom komentar.

Iya, poin nomer empat yaitu mendapatkan penghasilan dari blog sudah menjadi salah satu alasan penting ngeblog. Baik oleh blogger profesional yang sudah malang melintang di dunia blog selama bertahun-tahun maupun oleh para blogger pemula.

Penghasilan dari blog sendiri sebenarnya nggak bisa dibilang kecil.

Kalau konsisten aja bisa deh penghasilan ngeblog minimal untuk bayar domain dan sewa hosting dengan kapasitas 2GB setahun. Sisanya ya buat jajan atau beli skincare.

Yang dapat lebih banyak sampai bisa mengandalkan blog sebagai sumber penghasilan sampai 2 digit juga nggak sedikit. Makanya nggak heran kalau blogger sekarang menjadi profesi yang naik daun.

Tapi sebenarnya dari mana aja sih blogger bisa dapat cuan? Nah, di sesi webinar Ngeblog Bareng #IM3OoredooXIIDN dengan tema Peluang Penghasilan dari Blog, Mbak Indriyas Wahyuni ngasih bocoran apa aja yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog.

Peluang Penghasilan dari Blog

Sebagai blogger, sejak tahun 2016 Mbak Indri tercatat memperoleh 56 pekerjaan yang berhubungan dengan keahliannya dengan total pendapatan U$10.000. Keren banget kan. Makanya nggak heran kalau beliau menjadi salah satu narasumber dalam rangkaian webinar Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog yang diselenggarakan oleh IM3 Jabotabek dan komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis.

Jadi apa saja sih yang bisa menjadi sumber penghasilan untuk blogger? Yuk kita bahas satu per satu.

Baca Juga: Serba-Serbi Blogging

Iklan

Contoh: Google Adsense; menyewakan space iklan di blog. Menerima konten placement atau sponsored post.
(Indriyas Wahyuni)

Ini termasuk peluang job untuk blogger yang paling besar dan paling banyak peminatnya. Secara sekarang brand mulai menyadari pentingnya beriklan secara digital, baik itu berupa product review, menjadi sponsor kegiatan blogging sampai ya memasang banner di blog atau situs media.

penghasilan dari blog

Tapi, karena paling banyak peminatnya, pendapatan dari peluang job blogger ini biasanya tidak terlalu banyak. Terutama untuk blogger yang pageview atau nilai DA/PA/DRnya masih rendah. Namun, bagi blogger yang sudah punya nama, honor yang diterima untuk pemasangan iklan baik sponsored post atau adsense bisalah untuk membayar SPP anak di sekolah swasta unggulan.

Afiliasi

Mendapatkan komisi dengan cara menjual produk atau jasa dari pihak/orang lain. Contoh: afiliasi domain + hosting.
(Indriyas Wahyuni)

Menurut mas Ditya Pandu, afiliasi adalah cara mendapatkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa dari perusahaan yang menyediakan jasa afiliasi. Promosi dapat dilakukan dengan memasang banner afiliasi atau tautan afiliasi pada media blog atau sosial media.

blog untuk afiliasi
Kalau teman-teman ada yang mau sewa hosting di dewaweb, pakai link referal saya aja ya. Tinggal klik di sini.

Kita akan mendapatkan komisi setiap ada orang lain yang membeli jasa melalui tautan afiliasi. Komisi ini bisa didapatkan dari dua sistem yaitu CPS dan CPA. CPS atau cost per sale adalah sistem di mana komisi dibayarkan setiap terjadi transaksi penjualan barang atau jasa. Sedangkan CPA atau cost per action komisi dibayarkan setiap user melakukan sesuatu atau action berupa mengisi formulir, mendaftar sesuatu, mengunduh sebuah aplikasi atau membeli produk.

Selain dua sistem itu, ada juga sebenarnya sistem CPC atau cost per click. Sistem ini lebih sederhana, di mana komisi didapatkan saat ada user yang mengklik tautan afiliasi milik kita. Namun, kabarnya hasilnya lebih kecil.

Cara Kerja Afiliasi

Dalam Webinar yang berjudul Peluang Penghasilan Afiliasi, Mas Ditya yang mengaku bisa memenuhi kebutuhan keluarganya dari penghasilan afiliasi ini menjelaskan cara kerja afiliasi sebagai berikut:

  1. Kita membuat konten di blog atau Youtube dan kemudian disisipi tautan pembelian (afiliasi)
  2. Pengunjung membaca artikel atau menonton konten Youtube yang dibuat dan tertarik dengan ulasan tersebut.
  3. Pengunjung klik tautan pembelian/afiliasi dan kemudian membeli barang di e-commerce.
  4. Kita mendapatkan komisi dari pembelian tersebut.

Menurut Mas Ditya, peluang penghasilan dari blog ini belum banyak diambil oleh para blogger padahal kesempatannya luas sekali. Sebagai blogger tentu kita sering menulis review produk maupun jasa. Nah, kalau kebetulan produk atau jasa tersebut kita tulis bukan sebagai sponsored post bisa banget kita beri tautan afiliasi. Apalagi sekarang sudah banyak yang menyediakan bentuk kerjasama afiliasi seperti Lazada, Amazon, Bukalapak, dll.

Blog Untuk Afiliasi

Supaya blog kita nggak terlalu banyak ngasih backlink ke situs lain, Mas Ditya menyarankan supaya kita menggunakan ‘rel=nofollow” untuk tautan afiliasi yang kita pasang di blog. Beliau juga memberi tips supaya pembaca tertarik untuk klik link afiliasi di artikel kita:

blog afiliasi

Selain untuk blog, sistem afiliasi ini bisa juga kita terapkan di Youtube atau sosial media lain. Tapi nggak saya bahas di sini ya, karena topik utamanya kan penghasilan dari blog hehehe. Cuma secara garis besar sih caranya sama, yaitu kita memberikan link afiliasi di deskripsi Youtube atau takarir postingan di sosial media.

Jual Service atau Jasa

Sebagai blogger, banyak lo sebenarnya service atau jasa yang bisa kita jual kepada masyarakat. Karena seperti yang sudah kita tahu, blogger juga harus menguasai banyak hal selain menulis.

Salah satu jasa populer yang bisa kita tawarkan adalah content writer. Pekerjaan ini pernah saya lakukan beberapa tahun lalu dengan mengisi beberapa situs parenting. Pada waktu itu bayaran sebagai penulis konten cukup besar dan yang penting gajiannya bulanan atau per proyek jadi begitu terima fee langsung terasa besar hahaha. Walaupun tanggung jawab pekerjaannya juga lebih besar daripada menulis blog pribadi.

job untuk blogger

Selain itu teman-teman yang punya keahlian lain juga bisa memasarkan jasanya via blog, misal sebagai web designer atau penerjemah bahasa asing. Satu lagi yang populer dan sedang dijalani oleh Mbak Indri adalah menjadi virtual assistant di sebuah jasa freelance worker. Untuk yang satu ini bisa langsung dibaca di blog Mbak Indri ya.

Oya, jasa lain yang bisa dipasarkan sebagai peluang penghasilan dari blog adalah pembicara atau mentor blogging. Ini banyak banget yang sudah melakukannya, Teman-teman. Para narasumber di rangkaian webinar Ngeblog Bareng #IM3OoredooXIIDN adalah contoh nyata. Sebagai narasumber tentu mereka mendapatkan fee meskipun peserta tidak dipungut biaya karena ada sponsor yang mendukung secara finansial terlaksananya acara tersebut.

Misalnya nggak ada sponsor, teman-teman bisa juga membuka kelas daring atau luring berbayar. Membahas tentang materi yang kira-kira dibutuhkan seperti financial planning, cara menulis konten, cara menulis storytelling, pelatihan Canva, smartphone videography, SEO, dan banyak lagi topik yang pasti diminati oleh blogger atau masyarakat luas. Jadi jangan segan yaaa mengupgrade dan menjual ilmu kita.

Jual Produk

Menjual produk hasil kreasi sendiri. Bisa berupa produk fisik (ada pengiriman barang) dan produk digital (melalui unduhan/download). Membership, ebook.
(Indriyas Wahyuni)

Peluang penghasilan dari blog jenis ini sudah banyak dilakukan oleh blogger-blogger luar negeri. Saya pun termasuk salah satu yang dulu cukup sering membeli produk digital yang dijual oleh para blogger tersebut. Seperti blog planner, buku elektronik yang berupa kumpulan teknik untuk speech delay, materi homeschooling, dll.

peluang penghasilan dari blog

Sayangnya peluang ini belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para blogger Indonesia. Padahal banyak blogger yang berpotensi sukses dengan menjual produknya. Mungkin karena karakter pembaca blog Indonesia sendiri yang masih lebih suka gratisan daripada membayar ya?

Tapi coba deh dibuat dalam bentuk yang bisa diterima secara internasional seperti bikin template planner atau kumpulan buku resep favorit yang ada di blog (bisa dilihat dari pageview di google analytic), dan masih banyak lagi.

Intinya, peluang penghasilan untuk blogger itu besar sekali dan nggak terbatas dari sponsored post , penempatan konten atau Google Adsense. Dengan mengenali kelebihan kita, banyak yang bisa kita pasarkan dan menghasilkan uang selain dari mengandalkan pemasangan iklan di blog. Berani mencoba? Atau mungkin sudah mencoba dan mendapatkan cuan dari blog? Peluang mana yang sudah teman-teman ambil?

alfakurnia
Posts created 352

22 tanggapan pada “Peluang Penghasilan dari Blog

  1. Affiliasi ini aku belum pernah coba sukses mbak, mungkin kurang ilmu gitu ya.
    Alhamdulillah sebagai bkogger tetap bisa mendapatkan peluang penghasilan ya

  2. Sebenarnya banyak cara untuk mencari penghasilan melalui tulisan di blog ya, alias banyak jalan menuju roma ya. dan saat ini aku sedang fokus ke affiliasi. Ternyata dunia menulis itu sungguh menyenangkan ya.

  3. Wah lengkap banget Mbak Alfa, bisa jadi one stop shopping, eh learning bagi pemula yg baru mau coba monetize. Ya kok, potensi blog besar banget dan cukup everlasting, asal kita tahu. Aku udah ngebuktiin banget, pas 3 semester kemarin kuliah master tanpa sepeerpun beasiswa. Urusan transport, biaya hidup dan printilan nak kuliah semua bisa didanai dari blog. Masih plus sering dapet jalan-jalan gara2 blog.

    1. Blog ini memang menjanjikan ya mba. Bisa jadi peluang memperoleh penghasilan, yang utama harus rajin menulis dan fokus biar blog terisi dengan teratur.

  4. alhamdulillah keputusan aku buat optimasi blog di tahun 2015 tepat sekali karena sejak itu banyak sekali berkah yang aku dapatkan, baik secara networking, rupiah, hingga wawasan juga

  5. Bener banget blog kalau di tekuni terus dikelola dengan baik.. trus belajar seluk beluk menulis seonya pasti menghasilkan y mba akupun dah merasakan Ada manfaatnya nih

  6. Aku pernah nyobain afiliasi mba, tapi kayaknya nggak berkembang untukku. Harus rajin untuk komunikasi dengan pemberi jasa afiliasinya ya kayaknya. Butuh belajar lebih banyak lagi nih tentang afiliasi dan adsense.

  7. Kalau ditelusuri lebih dalam lagi ngeblog itu penghasilannya bisa lumayan banget ya Mbak. Habis ini jadi pengen ikut kelas-kelas blogging, udah lama ga upgrade ilmu tentang blogging nih ๐Ÿ˜… kalau ada kelas lagi, aku dicolek dong mbak.hehe

  8. Aku afiliasi belum paham banget mba, pengen juga bisa menghasilkan dari afiliasi butuh ilmunya. Kalau ads blog juga belum maksimal banget, pengen mengusakannya biar moncer. Makasih mba, jadi ada gambaran nih.

  9. dari semua yang dipaparkan, kayaknya yang bagian afiliasi yang belum saya coba, ternyata banyak juga ya tujuan ngeblog kalau di list gitu, saya dulu awalnya buat media curhat dan dokumentasi heheeh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas