Faktor Penyebab Penyakit Hati dan Obat Liver yang Tepat untuk Mengatasinya

Menurut data dari situs Kemkes.go.id tahun 2011, diperkirakan 1 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat sirosis dan kanker hati. Berdasarkan data tersebut, seperti dilansir oleh tirto.id, penyakit hepatitis merupakan penyebab kematian yang tinggi di Indonesia.

Hati yang terletak di rongga perut kanan bagian atas adalah organ tubuh yang mempunyai peranan sangat penting dalam tubuh manusia. Dengan berat rata-rata 1,5kg, hati menjadi organ atau kelenjar terbesar di dalam tubuh.

fakta tentang liver

Sebagai organ yang memiliki banyak fungsi, mulai dari menghancurkan racun di dalam darah, menghasilkan protein, sampai membantu proses pencernaan, Allah memberikan hati kemampuan untuk melakukan regenerasi. Proses ini sangat penting agar hati dapat pulih dari kerusakan yang ditimbulkan dari proses detoksifikasi dan imunologis.

Penyakit Hati

Namun, harus waspada juga ketika sel-sel yang mengalami kerusakan di dalam hati cukup banyak. Karena dapat menjadi penyebab penyakit liver. Dan penyakit ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, seperti yang dialami oleh almarhum mertua saya 7 tahun yang lalu. Anak-anak pun bisa menderitanya. Mama saya sering sekali bercerita tentang pengalamannya menderita sakit kuning saat beliau masih kecil.

Memang “sakit kuning” bisa menjadi salah satu tanda seseorang menderita penyakit hati, walaupun menurut Mayoclinic.org, penyakit hati tidak selalu menunjukkan gejala. Selain warna mata dan kulit yang menguning, penderita penyakit hati juga mengalami sakit perut, kaki bengkak, kulit gatal, urin berwarna gelap, kelelahan kronis, mual dan muntah.

Di zaman modern ini ada vaksinasi hepatitis yang bisa mencegah terjadinya infeksi liver akibat virus hepatitis. Pengobatan modern pun sekarang juga semakin canggih. Jauh berbeda dengan zaman mama saya kecil 50 tahun yang lalu. Di mana beliau cerita selain rutin menerima pengobatan berupa suntikan dari dokter, mama saya diharuskan makan kutu rambut sebagai salah satu ikhtiar menyembuhkan penyakit kuning.

Meski sekarang metode itu masih dilakukan oleh beberapa orang yang tidak mau menjalani pengobatan secara medis, ada banyak alternatif obat liver yang bisa digunakan untuk mengatasi penyakit hati.

Faktor Penyebab Penyakit Hati

Penyebab penyakit liver sangat beragam. Mayoclinic menggolongkannya menjadi 3 penyebab besar yaitu infeksi, sistem imun abnormal dan genetika. Sedangkan situs halodoc.com membaginya dalam 6 penyebab, yaitu:

Kecanduan Alkohol

Umumnya orang yang sudah kecanduan alkohol lebih rentan terkena penyakit hati. Hal ini disebabkan karena alkohol bersifat toksis dan dapat memicu kerusakan sel-sel hati.

Perlemakan Hati

Kelebihan berat badan dapat memicu penyakit liver, karena penumpukan lemak yang berlebih di hati dapat mengurangi kinerja organ tersebut.

Virus Hepatitis

Kebanyakan penyakit liver disebabkan oleh infeksi dari virus hepatitis. Baik itu jenis A, B, C, D atau E. Namun, hepatitis dapat dicegah dengan melakukan imunisasi. Dan jika sudah terlanjur menderitanya, pada jenis hepatitis yang tergolong ringan dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat liver secara tepat.

Hepatitis Toksik

Biasanya disebabkan oleh paparan senyawa kimia beracun seperti konsumsi obat-obatan, suplemen makanan sampai dengan pemakaian zat kimia berbahaya.

Penyakit Liver Kolestatik

Penyakit ini disebabkan oleh banyak hal termasuk di antaranya adalah gangguan yang ada dalam sel hati tersebut. Seperti gangguan aliran empedu yang dapat menyebabkan penumpukan bilirubin dalam darah yang mengakibatkan terjadinya kolestasi dalam hati.

Kanker Hati

Kanker hati adalah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam hati. Penyakit inilah yang sudah disebutkan di awal tulisan ini sebagai salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi di Indonesia.

Untuk mengobati penyakit hati, ada banyak sekali alternatif obat liver yang dijual di pasaran. Untuk Anda ingin obat yang alami dan tidak menyebabkan efek samping yang berbahaya, bisa memilih Pien Tze Huang.

Obat liver ini merupakan salah satu produk best seller yang berasal dari Cina. Selain untuk liver, obat ini juga dapat digunakan sebagai obat tipes dan mempercepat penyembuhan luka. Tapi telitilah sebelum membeli. Karena sekarang banyak sekali produk obat liver Pien Tze Huang yang palsu. Produk yang asli hanya didistribusikan oleh PT Saras Subur Abadi. Silakan simak infografis di bawah ini sebagai panduan memeriksa keaslian produk Pien Tze Huang.

tips membeli obat liver pien tze huang

Sumber:
1. https://id.wikipedia.org/wiki/Hati#Regenerasi_sel_hati
2. https://www.halodoc.com/kesehatan/liver
3. https://kesehatan.kontan.co.id/news/penyebab-dan-gejala-penyakit-liver-yang-perlu-anda-tahu-1
4. https://www.kemkes.go.id/article/print/1557/saatnya-lawan-hepatitis.html
5. https://www.liputan6.com/health/read/3876184/penyebab-penyakit-liver-dan-cara-mencegahnya-lebih-baik-daripada-mengobati

alfakurnia
Posts created 352

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas