Lengkapi Perlengkapan Rekreasi Sekolah untuk Anak dengan Betadine

Lengkapi Perlengkapan Rekreasi Sekolah untuk Anak dengan Betadine

Sudah menjelang akhir tahun ajaran sekolah, nih, Ma. Anak sulung saya berencana untuk pergi rekreasi bersama teman-teman sekolahnya sekaligus perpisahan. Keponakan saya juga akan mengikuti study tour yang diadakan oleh sekolahnya. Adakah anak-anak mama yang dalam waktu dekat ini akan bepergian bersama teman-teman sekolah?

Acara rekreasi sekolah seperti ini biasanya dinantikan oleh anak-anak, ya. Apalagi selama dua tahun kemarin mereka hanya bersekolah di rumah dan enggak bisa bermain bersama teman-teman sekolahnya. Pasti akan jadi pengalaman yang mengesankan untuk mereka.

Selain perjalanannya yang mengasikkan, bagian yang seru adalah mempersiapkan perlengkapan rekreasi sekolah. Sekolah biasanya memberikan panduan apa saja yang harus dibawa, tapi kita juga sebaiknya membawakan barang-barang yang kiranya diperlukan oleh anak.

Lalu, apa saja sih perlengkapan study tour yang sebaiknya dibawa oleh anak? Yuk, baca sampai selesai, ya.

Perlengkapan Rekreasi Sekolah yang Wajib Dibawa

1| Uang Saku

Biasanya pengeluaran penting seperti sewa bus, makanan, tiket masuk ke lokasi wisata atau study dan penginapan sudah dibayar oleh orang tua ke sekolah. Tapi sebaiknya bawakan anak uang saku secukupnya untuk membeli makanan ringan, minuman atau oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Kalau anak masih TK atau kelas 1-3 SD bisa titipkan uang saku ke gurunya sambil beri pesan apa saja yang boleh dan tidak boleh mereka beli.

Baca Juga: Aktivitas Seru di Wisata Kebun Pak Budi

2| Baju Ganti

Kemana pun tujuan rekreasi atau study tour, pastikan anak membawa baju ganti, ya, Ma. Meski tidak menginap, bisa saja baju anak kotor atau basah karena banyak hal. Sediakan saja satu set baju dan baju dalam serta handuk kecil dan plastik untuk membawa baju kotor di dalam tas anak.

Untuk study tour lebih dari satu hari tentu harus membawa baju ganti sesuai kondisi. Setidaknya ada baju bersih untuk tidur yang juga bisa dipakai salat dan untuk pulang. Agar anak merasa nyaman sepanjang acara.

Oya, kalau study tournya menginap bawakan juga perlengkapan mandi. Handuk, sabun mandi, sikat gigi, pasta gigi dan sampo wajib dibawa. Simpan perlengkapan mandi dalam wadah kedap air yang mudah dilap sampai kering supaya enggak membasahi baju atau bawaan lain di dalam tas.

perlengkapan rekreasi anak

3| Alat Komunikasi

Alat komunikasi cukup penting dibawa agar kita bisa memantau keadaan anak dan mereka bisa segera berkomunikasi dengan orangtua secara langsung. Tapi pastikan mereka sudah bisa bertanggungjawab atas gawainya.

Anak TK dan SD yang masih kecil sepertinya belum perlu bawa alat komunikasi karena ada guru yang bisa kita hubungi. Namun untuk anak yang sudah dapat dipercaya memakai gawai, bisa membawanya saat rekreasi bersama sekolah. Minta anak untuk menyimpan nomor telepon guru dan tour leader serta nomor penting lainnya. Pastikan juga mereka membawa power bank dan menyimpan gawainya di tempat yang aman.

4| Makanan Ringan dan Air Putih

Makanan ringan wajib dipersiapkan sebagai perlengkapan rekreasi sekolah untuk anak. Apalagi jika jarak tempuh ke lokasi rekreasi cukup jauh. Tapi pastikan jumlahnya secukupnya aja dan beri pesan supaya mereka tidak makan terlalu banyak. Karena kalau sudah keasikan ngemil nanti enggak mau makan lagi saat waktunya makan siang bersama.

Sedangkan air putih tuh penting banget dibawa di tas, ya, Ma. Minta anak untuk banyak minum air putih supaya enggak dehidrasi selama study tour.

Baca Juga: Manfaat Rutin Minum Air Hangat

5| Hand Sanitizer dan Masker Cadangan

Kasus penularan virus Covid-19 memang sudah berkurang, anak-anak juga sebagian besar sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19. Tapi menurut saya tetap menjalankan prokes dengan mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer masih penting dilakukan.

Jadi penting sekali menyiapkan masker cadangan sebagai perlengkapan study tour. Namanya juga anak-anak, kadang maskernya hilang karena lupa naruh, atau basah kena keringan. Masker bersih juga lebih nyaman dipakai oleh anak.

6| Obat-Obatan Wajib dalam Perlengkapan Rekreasi Anak

Berada dalam perjalanan dalam waktu yang cukup lama bisa membuat anak demam, pusing atau mual. Sediakan obat-obatan yang biasa mereka konsumsi untuk masalah-masalah kesehatan ringan. Titipkan pada guru atau simpan dalam tas anak tapi beri tahu kapan mereka bisa mengonsumsinya. Dan minta mereka untuk bilang dulu ke guru atau pengawas sebelum minum obat.

Bawakan juga essential oil atau minyak kayu putih yang biasa mereka pakai kalau tidak terbiasa minum obat. Minyak-minyak tersebut bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman karena sakit.

Baca Juga: Merawat Anak Demam Saat Traveling

7| Obat dan Plester Luka

Ini sebenarnya bisa masuk ke nomor 6 tapi saya buatkan highlight sendiri karena banyak yang lupa memasukkan obat dan plester luka ke dalam perlengkapan study tour. Obat luka penting untuk dibawa karena accident could happen anytime. Apalagi pada anak-anak yang cenderung aktif.

betadine antiseptic ointment

Pilih obat luka yang praktis dibawa dan enggak perih saat dioleskan pada luka ringan. Andalan saya adalah Betadine Antiseptic Ointment. Dikemas dalam tube 5gr, 10gr dan 20 gr, salep luka Betadine ini mudah diselipkan dalam pouch obat-obatan. Saya bahkan selalu membawanya dalam tas karena punya anak yang aktif dan sering luka karena jatuh atau tergores sesuatu.

Betadine Antiseptic Ointment

Kenapa pilih salep luka? Kalau saya sih awalnya untuk kepraktisan dan mengurangi drama. Secara si bungsu kalau lihat obat “merah” tuh udah panik aja karena takut lukanya makin perih. Nah, dengan bentuk salep gini dia jadi lebih tenang kalau lukanya diobati.

Salep luka juga lebih mudah penggunaannya. Yang penting luka harus dibersihkan dengan air bersih dulu dan dikeringkan. Lalu oleskan salep Betadine Antiseptic Ointment pada seluruh permukaan luka. Kemudian tutup luka dengan Betadine Plaster agar terlindungi. Penggunaan Betadine Antiseptic Ointment ini bisa dilakukan 1 atau 2 kali sehari.

betadine antiseptic

Selain itu produk perawatan luka dari Betadine efektif membunuh kuman infeksi pada luka karena menggunakan larutan Povidone-Iodine yang memiliki spektrum antiseptik luas dalam membunuh kuman. Dan yang penting sih relatif bebas iritasi atau perih dibanding antiseptik alkohol lain. Oya produk ini bisa digunakan pada luka bakar ringan, luka terpotong, luka sunat, luka tergores dan luka kecil lainnya. Untuk luka yang besar atau parah lebih baik langsung dibawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan yang tepat.

Selain harus ada di perlengkapan study tour yang akan dibawa anak, sebaiknya kita juga menyediakan Betadine Antiseptic Ointment atau produk perawatan luka lainnya dari Betadine di kotak P3K yang ada di rumah atau mobil. Untuk info lebih lengkap tentang produk-produk Betadine lainnya bisa dilihat di https://betadine.co.id/, Ma.

Baca Juga: Review Betadine Feminine Care

Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi para mama atau papa yang sedang mempersiapkan perlengkapan rekreasi sekolah untuk anak. Semoga acara study tour si kecil berjalan lancar dan menyenangkan. Kalau ada lagi perlengkapan rekreasi anak yang menurut mama atau papa wajib dibawa silakan tulis di kolom komen, ya.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

19 thoughts on “Lengkapi Perlengkapan Rekreasi Sekolah untuk Anak dengan Betadine

  1. List-nya banyak ya kalau anak-anak pergi study tour, apalagi kalau perginya sendiri, kadang suka khawatir kalau melepas anak-anak berangkat sendiri tapi memang sih harus mandiri. Aku juga ngak lupa bawain obat-obatan ringan buat anak, takutnya kalau luka atau terkena lecet apalagi jika lokasi study tournya di alam terbuka. Selain itu makanan ringan, anakku paling ngak bisa pisah snack kalau dijalan.

  2. Nah iya kadang suka terlupa membekali anak obat-obatan ringan seperti beradine ini saat rekreasi sekolah. Padahal sangat diperlukan. Terima kasih banyak Mbak sudah mengingatkan melalui tulisan.

  3. Rempong memang persiapan untuk perlengkapan rekreasi sekolah anak yaa. Wajib bawa itu ini karena bakal berguna nanti. Seperti antisipasi untuk perawatan luka dari Betadine ini yang memang efektif membunuh kuman infeksi pada luka

  4. Belum pernah ngalamin anak bepergian jauh sendiri. Makasih informasinya Mba. Dan saya tidak pernah kepikiran untuk bawa obat2an kayak betadine. Nice info Mba..

  5. nah iyta, sering terlupa, paling autan supaya gak kena gigitan nyamuk, langsung teringat kalau betadine ini juga penting untuk jaga-jaga yang seringnya terlewat dan bingung kalau pas anaknya sampai rumah nangis abis jatuh

  6. Bepergian zaman sekarang selain jangan lupa masker dan hand sanitizer juga Betadine Antiseptic Ointment. Doa terbaik untuk anak-anak agar perjalanannya lancar dan gak terjadi apa-apa, tapi kalau jaga-jaga bawa Betadine Antiseptic Ointment, bisa jadi bantuan atau pertolongan pertama ketika ada teman atau di lingkungannya terjadi luka.

  7. Wah. Ini saya baru aja kejadian haru Rabu kemarin. Antar anak-anak ke kolam renang, eh, si kakak nyungsup di waterboom sampai kakinya luka-luka. Untung ada temen yang bawa betadine. Jadi aman. Memang perlu banget buat jaga-jaga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top