Melindungi Tubuh dari Efek Berbahaya Asap Rokok dan Kendaraan dengan Vipro-G

Hai teman-teman, gimana kabarnya? Sehat kan? Akhir-akhir ini kalau baca di media massa tuh kadang ada perasaan ngeri karena penderita Covid-19 masih banyak aja tiap harinya. Dan rasanya itu makin dekat aja dengan lingkaran kita. Iya nggak sih?

Jadi terasa banget kalau di masa pandemi ini menjaga imunitas tubuh menjadi hal yang penting sekali untuk dilakukan. Karena virus Covid-19 sebenarnya dapat ditangkal dengan sistem imun tubuh yang baik.

Nah, seperti yang sudah banyak diberitakan, virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) merupakan virus yang menyerang sistem pernapasan dan dapat menyebabkan infeksi paru yang akut, bahkan kematian. Selain lansia, penderita dengan komorbid dan orang dengan obesitas, perokok termasuk kelompok masyarakat yang rentan terinfeksi virus corona penyebab penyakit Covid-19.

Itu disebabkan karena merokok bisa meningkatkan regulasi reseptor ACE2 sebagai tempat masuk virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 tersebut. Tapi nggak cuma perokok aktif, lo, yang berisiko tinggi. Perokok pasif atau secondhand smoker dan thirdhand smoker juga memiliki tingkat kerentanan terhadap infeksi virus corona yang sama.

“Pada perokok pasif risiko terjadinya penurunan fungsi imunitas saluran nafas paru juga bisa terjadi seperti halnya pada perokok aktif,” kata Ketua Umum Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Agus Dwi Susanto SpP(K), FISR, FAPSR di sebuah diskusi online. “Tentunya dengan penurunan fungsi imunitas tersebut bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi bakteri maupun virus,” tambahnya.

Bahaya Asap Rokok dan Kendaraan Terhadap Keluarga

Cerita dikit ya. Saya adalah anak yang dibesarkan di keluarga perokok. Iya dulu ayah dan ibu saya adalah perokok berat. Dan mereka terbiasa merokok di mana saja tanpa peduli ada kami anak-anaknya di dekat mereka. Akibat menjadi perokok pasif, di usia 10 tahun saya menderita penyakit bronkitis.

Buat yang belum tahu, bronkitis adalah infeksi atau peradangan yang terjadi pada saluran udara utama ke paru-paru atau yang disebut bronkus. Selain bakteri dan virus, bronkitis pada anak juga bisa disebabkan oleh alergi dan iritasi oleh karena asap polusi, asap rokok, dan debu. Gejalanya waktu itu tuh kalau nggak salah ingat demam dan batuk terus-menerus.

Saya masih inget banget, waktu dokter paru yang kami kunjungi melihat hasil rontgen saya, beliau memarahi kedua orang tua saya karena membiarkan anaknya terpapar asap rokok. Karena penyakit itu, saya yang saat itu duduk di kelas 5 SD sempat nggak masuk sekolah selama hampir satu bulan. Tapi sayangnya kondisi tersebut nggak membuat ayah dan ibu saya berhenti merokok huhuhu. Walaupun kemudian mereka jadi lebih considerate dengan nggak merokok di dekat anak-anak.

Padahal meski nggak langsung terpapar asap rokok, keluarga masih bisa menjadi thirdhand smoker, yaitu terpapar zat beracun dari asap rokok dan kendaraan yang mengendap di baju, perabotan rumah, karpet, tirai dan dinding rumah. Ini menjadikan anak dan anggota keluarga lain sebagai populasi yang rentan terpapar lebih dari 4000 zat kimia yang terdapat pada rokok dan asap kendaraan.

Selain penyakit pernafasan seperti yang saya alami saat kecil, asap rokok dan kendaraan bisa memberi efek negatif pada keluarga, antara lain:

  1. Bayi dan anak-anak yang terpapar asap rokok yang dihembuskan oleh para perokok bisa mengakibatkan mereka menjadi perokok pasif.
  2. Bayi yang sering menghirup asap rokok beresiko mengalami SIDS (sudden infant death syndrome) atau kematian bayi secara mendadak.
  3. Anak kecil berisiko menderita asma, meningitis, SIDS, pneumonia, infeksi telinga. dan bronkitis.
  4. Orangtua perokok menyebabkan 5,5% stunting (kondisi gagal pertumbuhan pada anak) pada anak (Dartanto dkk, PKJ S UI, 2019).
  5. Wanita hamil berisiko mengalami keguguran, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi mati dalam keaadaan lahir, bayi prematur.
  6. Orang yang terpapar asap rokok dan residunya lebih berisiko 2x dari perokok (Nururrahmah, 2014)
  7. Asap rokok dan kendaraan bersifat karsinogenik. Jika terpapar asap rokok dan kendaraan serta residunya selama bertahun-tahun bisa meningkatkan risiko kanker, serangan asma, masalah pada paru-paru, iritasi dan lain-lain.
  8. Timbal yang terbentuk dari gas buang kendaraan dapat menempel dan mengendap di berbagai permukaan benda. Paparan timbal berlebihan dapat meningkatkan risiko anemia dan mengganggu kerja saraf dan otak.
  9. Anak yang sudah terlanjur mengalami gangguan paru-paru karena asap rokok seperti saya bisa membawa dampaknya sampai dewasa karena imunitas tubuhnya menjadi lebih lemah.
smoke free home
Bahaya Asap Rokok Bagi Keluarga sumber: p2ptm.kemkes.go.i

Alhamdulillah saya sembuh dari bronkitis dan nggak pernah kena lagi, tapi efeknya terbawa sampai dewasa, lo. Sejak saat itu, setiap terpapar asap rokok atau kendaraan dalam waktu lama, saya selalu sesak nafas. Saya juga jadi lebih rentan terkena infeksi saluran pernafasan atas dan harus lebih hati-hati melindungi diri dari bahaya asap rokok dan kendaraan.

Lakukan Hal ini Untuk Mencegah Bahaya Asap Rokok dan Kendaraan pada Keluarga:

Menghindari Lingkungan dengan Asap Rokok dan Kendaraan

Cara yang paling efektif melindungi keluarga dari bahaya asap rokok dan kendaraan adalah dengan tidak mendekati penyebabnya, yaitu rokok dan kendaraan. Jadi sebisa mungkin nggak merokok di rumah, atau nggak duduk berdekatan dengan orang yang merokok. Tapi yang terakhir kayanya susah ya. Apalagi kalau lingkungan kerja kita banyak perokok aktif dan kita harus menggunakan kendaraan selain mobil pribadi untuk bepergian.

Saya pernah dong ke kelurahan untuk mengurus akta kelahiran anak. Dan di dalam ruangan penuh dengan asap rokok dari pegawai kelurahan yang bekerja di sana. Sedangkan dari luar knalpot sepeda motor yang keluar masuk juga mengotori udara di dalam ruangan karena jendelanya dibuka. Duh, saya yang cuma beberapa belas menit di dalam situ aja sudah sesak nafas. Gimana itu kondisi saluran pernafasan para karyawan kelurahan, ya?

Memakai Masker

Memakai masker sebenarnya bukan hanya penting untuk mencegah penularan virus Covid-19. Masker juga berfungsi menyaring polusi udara yang masuk ke dalam paru-paru. Supaya efektif, pilih masker yang sudah bersertifikasi dan memiliki kemampuan dalam memfiltrasi partikel itu masuk ke dalam saluran napas.

Mencuci Tangan dan Mengganti Baju Setelah Sampai di Rumah

Seperti yang saya tulis di atas, asap rokok dan kendaraan bisa menempel dan mengendap di baju serta kulit. Jadi kalau teman-teman bepergian ke luar rumah atau berada di lingkungan yang penuh asap rokok, begitu sampai rumah langsung ganti baju dan cuci tangan ya. Lebih bagus lagi kalau langsung mandi. Supaya polutan yang menempel di baju dan kulit nggak berpindah ke perabotan rumah yang bisa membahayakan keluarga.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Dari tadi ngomongin sistem imun deh. Apa sih itu? Menurut Encyclopaedia Britannica (2015), sistem imun adalah kelompok pertahanan yang ditemukan pada manusia untuk membantu mengusir organisme penyebab penyakit yang ada di dalam tubuh. Sistem imun ini juga dikenal dengan antibodi atau imunitas.

Nah, seperti yang saya bilang di awal tulisan, saat ini penting banget meningkatkan imunitas tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit. Tapi gimana caranya? Kita bisa mencoba melakukan hal-hal ini:

1. Banyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki banyak sekali vitamin dan mineral yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Hanya saja kita nggak bisa sembarangan mengolah sayur dan buah supaya nutrisi yang terkandung di dalamnya nggak rusak. Cara terbaik adalah dengan memakan sayur mentah yang sudah dicuci dengan bersih atau merebusnya sebentar sehingga kuman yang ada di dalam sayur mati tapi nutrisinya tetap terjaga.

Pastikan porsi sayur dan buah ini selalu ada dalam setiap piring makanan kita ya, seperti anjuran dari Kemenkes RI. Di mana dalam setiap 700 kalori minimal ada 150 gram buah dan 150 gram sayur. Selain dimakan, sayur dan buah ini juga bisa diolah sebagai minuman seperti jus sayur yang paling baik dikonsumsi saat perut kosong.

2. Rutin Berolahraga

Berolahraga minimal 30 menit sehari dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, lo. Mumpung sekarang aktivitas kita banyak di rumah aja, nggak ada salahnya kita manfaatkan untuk mulai berolahraga.

kegunaan vipro-g

Nggak usah yang susah-susah, bisa dimulai dengan jalan kaki ringan setiap pagi selama minimal 30 menit. Hal ini sudah saya lakukan selama 3 bulan terakhir. Dan alhamdulillah hasilnya cukup baik. Selain berat badan tubuh berkurang, badan juga jadi lebih segar dan fit.

Tapi masalahnya, rute jalan kaki saya selalu melalui jalan raya yang dilewati oleh banyak kendaraan. Sehingga mau nggak mau terpapar oleh asap rokok. Padahal seperti yang saya ceritakan di atas, saya rentan dengan polusi. Bisa gampang terkena radang tenggorokan dan sesak nafas kalau terlalu lama kena asap rokok dan kendaraan. Jadi untuk menetralisir radikal bebas itu, saya juga konsumsi suplemen yang mengandung epigallocatechin gallate.

3. Mengelola Stres dengan Baik

Mengelola stres penting banget, lo untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Memang sih, di situasi serba nggak menentu seperti sekarang ini pasti banyak hal yang bisa membuat kita stres. Tapi, kita juga harus berusaha supaya nggak berakibat buruk pada kesehatan tubuh kita.

Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menerima bahwa suatu kondisi itu membuat kita stres. Lalu keluarkan unek-unek kepada seseorang yang kita percaya. Meditasi atau yoga juga diyakini bisa membuat hati lebih tenang. Dan tentu saja memohon pertolongan Yang Kuasa bisa membantu kita mengurangi stres.

Baca Juga: Yuk, Berpikir Positif Agar Tidak Mudah Sakit

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup serta tidur yang berkualitas merupakan cara paling sederhana untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Orang dewasa perlu tidur 7 jam sehari, sedangkan remaja dan anak-anak harus tidur 8-10 jam supaya tubuh dapat memproduksi kelompok sel kekebalan tubuh yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus.

Jadi, meski nonton drakor itu penting untuk mengelola stres, bukan berarti kita bisa nonton marathon selama berjam-jam dari malam sampai dini hari ya, Teman-teman.

5. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen seperti Tablet Vipro-G Effervescent

vipro-g

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi virus Corona, kita juga dapat mengkonsumsi vitamin atau suplemen yang bisa memperkuat daya tahan tubuh seperti Vipro-G, lo. Karena kadang makanan dan minuman yang kita konsumsi belum dapat memenuhi angka kecukupan gizi yang kita butuhkan untuk membuat tubuh sehat.

Yuk, Kenalan dengan Vipro-G

Vipro-G adalah produk suplemen dengan perpaduan terbaik dari 4 formula zat aktif yang dapat memperkuat sistem imunitas dan daya tahan tubuh. Tablet Vipro-G effervescent yang dipasarkan oleh Lapi Laboratories ini cocok untuk kita yang aktif dan produktif. Apalagi ibu rumah tangga kaya saya ini, meski nggak kerja di luar rumah tetap aja banyak aktivitas di rumah yang menguras tenaga dan pikiran. Mulai dari melakukan pekerjaan rumah, nemenin anak-anak sekolah daring, menyiapkan kebutuhan keluarga dan melakukan pekerjaan sebagai blogger.

Baca Juga: Peluang Penghasilan dari Blog

Kandungan dalam Vipro-G

Vipro-G memiliki 4 formula zat aktif yang sangat baik dalam memperkuat sistem daya tahan tubuh, menangkal radikal bebas baik dari dalam dan luar. Apa aja? Yuk kita bahas satu per satu.

epigallocatechin gallate
Kandungan Vipro-G Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Epigallocatechin Gallate

Epigallocatechin gallate adalah bioaktif utama yang terkandung dalam teh hijau. Hasil penelitian membuktikan bahwa epigallocathechin gallate ini berfungsi sebagai imunomodulator, yaitu zat yang dapat memodulasi dan mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal.

Epigallocatechin gallate juga merupakan super antioksidan yang dapat mencegah kanker dan melawan radikal bebas 100x lebih besar dari vitamin C dan 25x lebih besar daripada vitamin E.

Taurin

Taurin merupakan asam amino yang sering disebut sebagai wonder molecule oleh beberapa pusat penelitian kesehatan karena memiliki banyak manfaat tanpa efek samping. Hasil penelitian terhadap taurin menemukan bahwa molekul ajaib ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit dan meningkatkan performa ketika berolahraga. Taurin juga sering ditambahkan ke dalam minuman energi, karena dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga meningkatkan aktivitas fisik tanpa kelelahan.

Vitamin C

Vitamin C sudah dikenal sebagai aktioksidan yang sangat baik untuk menguatkan sistem imun. Dengan dosis Vitamin C 1000mg dalam kandungan Vipro-G, suplemen ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikat bebas. Vitamin C juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis.

Zinc

Zinc adalah mineral yang memiliki peranan penting dalam melindungi sistem kekebalan tubuh, menstabilkan sel membran yang disebabkan oleh radikal bebas seperti asap rokok, asap kendaraan bermotor, dan polutan lainnya. Dengan adanya zinc, mendukung kegunaan Vipro-G menurunkan infeksi saluran pernafasan karena zinc melindungi sel-sel di permukaan tubuh (seperti kulit dan saluran pernapasan) dan mempengaruhi aktivitas enzim dalam memelihara daya tahan tubuh.

Selain itu, khasiat Vipro-G juga dipercaya dapat meredakan radang tenggorokan dan sebagai vitamin anti lelah dan capek.

tablet vipro-g effervescent

Tablet Vipro-G effervescent bisa kita konsumsi dengan cara melarutkannya ke dalam segelas air masak kira-kira 150-200 ml. Lebih enak lagi kalau dingin. Dengan rasanya yang segar, enak banget diminum siang hari setelah makan siang nih.

Tapi meskipun salah satu kegunaan Vipro-G adalah untuk menangkal radikal bebas dari asap rokok dan kendaraan yang berbahaya untuk keluarga, tablet Vipro-G effervescent bukan untuk dikonsumsi anak-anak, ya. Ini adalah suplemen untuk orang dewasa. Untuk anak-anak, saya sudah memberikan mereka vitamin lain yang sesuai dengan usianya, mulai dari vitamin C sampai vitamin mata.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Mata dengan Eyevit

Review setelah mengkonsumsi Vipro-G

Bagi orang yang pernah bertahun-tahun terpapar asap rokok seperti saya, penting banget menjaga imunitas tubuh. Terutama untuk menangkal efek negatif radikal bebas. Dan saya memilih Vipro-G yang mengandung epigallocatechin gallate karena kandungan Vipro-G ini dapat melawan radikal bebas.

Jadi selama 4 hari berturut-turut saya mencoba mengkonsumsi Vipro-G setelah makan. Secara rasa, meski mengandung vitamin C, Vipro-G nggak terasa masam. Malah dominan manis dengan taste seperti minum soda.

efek samping vipro-g

Sebagai penderita sakit lambung dengan riwayat GERD, saya nggak merasa ada efek samping Vipro-G seperti kalau minum vitamin C dosis tinggi. Jadi saya rasa kandungan Vipro-G cukup aman bagi saya. Dengan catatan minumnya setelah makan ya. Sejak terkena GERD saya nggak berani konsumsi vitamin atau suplemen makanan dalam kondisi perut kosong.

Untuk efek samping Vipro-G yang lain sih setelah saya cari via Google belum ada penelitian atau laporan tentang itu. Dan lagi, Vipro-G juga sudah mengantongi izin dari BPOM dengan nomor: POM SD 041515591 dan sudah bersertifikat halal MUI 00280094550319. Jadi insyaAllah aman dikonsumsi teman-teman muslim.

Sejak mengkonsumsi Vipro-G saya jadi merasa lebih segar dan gampang lapar. Tapi nggak tahu ya, apa efek samping Vipro-G yang terakhir itu karena intensitas olahraga jalan pagi yang rutin saya lakukan setiap pagi selama 3 bulan terakhir ini semakin tinggi beberapa hari belakangan ini.

Mungkin karena adanya taurin yang mendukung kegunaan Vipro-G dalam meningkatkan performa saya berolahraga. Kalau biasanya saya jalan pagi 5km dengan pace 12 menit per kilometer udah ngos-ngosan. Sejak minum tablet Vipro-G effervescent bisa menempuh 6-7km dengan pace 11 menitan per km setiap pagi. Dan setelah itu masih sanggup melakukan aktivitas rutin di rumah yang nggak kalah menyita energi dan pikiran.

Jadi berdasarkan pengalaman saya beberapa hari konsumsi Vipro-G, perpaduan olahraga, makan cukup yang bergizi dan khasiat Vipro-G memang membuat saya jadi nggak gampang capek, lebih berkonsentrasi dan tidur lebih enak.

khasiat vipro-g

Vipro-G ini bisa didapatkan dalam kemasan dus dengan pilihan 5 atau 10 strip yang tiap stripnya berisi 2 tablet effervescent. Bisa juga seperti saya yang beli satu strip dulu dengan harga Rp 16.000. Saya mendapatkan tablet effervescent bergambar Raffi Ahmad ini di apotek dekat rumah. Tapi teman-teman bisa membelinya juga di Alfamart, jaringan toko obat modern seperti K-24, Kimia Farma, Guardian dan Watson’s atau minimarket. Atau beli online di Tokopedia, Buka Lapak, Shopee dan Whatsapp di nomor: 0878-8776-2626.

Sumber:
1. Situs: health.kompas.com, health.detik.com, alodokter.com, gooddoctor.com
2. Situs: p2ptm.kemkes.go.id
3. Materi Seminar Kesehatan: Merdekakan Rumah dari Cengkeraman Asap Rokok
Posts created 363

94 tanggapan pada “Melindungi Tubuh dari Efek Berbahaya Asap Rokok dan Kendaraan dengan Vipro-G

  1. aku juga tidak bisa terpapar terlalu lama oleh asap rokok dan asap kendaraan karena punya asma.Suamiku dulu perokok berat tapi setelah nikah sama aku jadi berhenti rokok karena dia takut pas liat asmaku lagi kambuh

    1. Baru kenal nama suplemen ini MK, referensi baru buatku nih. Jadi penting banget ya konsumsi suplemen yang kandungannya lengkap gini kalau kita sering terpapar polusi asap kendaraan atau rokok ya, well noted aku rutinin jug deh minum suplemen πŸ™‚

  2. Saya juga seminggu terkahir ini mengonsumsi Vipro-G Mbak. Mudah didapat bikin saya senang soalnya biasanya kalau produk baru distribusi nya susah kalau ke pelosok seperti kampung tempat saya tinggal ini. Ini tidak.

  3. Baru tau aku tentang Vipro G ini. Terjangkau juga ya 1 strip hanya 16K tapi efeknya luar biasa. Bisa menjaga daya tahan tubuh terutama saat corona gini. Tinggal diceburin di air putih aja ya udah deh langsung diminum πŸ™‚ Mau coba ah πŸ˜€

  4. Nah iya bener ka gara” asap roko aku jg pernah kena bronkitis jd skrng gakuat bnget klo harus ada asap roko gtu. Kyak ya harus coba jg nih vipro ini

    1. Hai Mbak Alfa,bapak saya juga perokok sampai sekarang dan ketidak mampuan ibu menegur bapak membawa dampak buruk bagi kesehatan anak-anaknya. Saya merasakan seperti apa yang Mbak Alfa rasakan, daya tahan tubuh saya tidak bagus bahkan kena gerimis sedikit aja pasti pilek.πŸ˜…

      Di masa pandemi kayak gini saya harus jaga daya tahan tubuh dengan banyak konsumsi sayur dan buah, olahraga ringan dan kalau perlu minum multivitamin. Saya belum cobain Vipro-G tapi habis ini otw cari di marketplace soalnya kandungannya lengkap banget ya Mbak.

  5. Bener banget konsumsi suplemen tambahkan untuk saat ini tuh penting banget ya. Aku baru tau nih produknya jujur penasaran kayanya seger bgt di minum pakai air dingin.

  6. Suamiku paling sering terkena radang tenggorokan. Biasany pakai salah satu amoxycilin merk lain. Hmmm… baru tahu nih ternyata Vipro-G bisa meredakan radang tenggorokan dan sebagai vitamin anti lelah dan capek.BIsa dicoba untuk next nih produk

  7. Melindungi tubuh harus banget dilakukan ya mbak, selain menjalani pola hidup sehat dengan makan makanan sehat, berolahraga dan istirahat yang cukup, juga dengan konsumsi supleman yang bisa menjaga imunitas tubuh kita ya seperti Vipro G ini baik juga untuk melindungi tubuh dari asap rokok dan kendaraan ya

  8. Ya Allah baru dengar seorang Ibu juga bisa menjadi perokok berat ya. Biasanya lihat Ayah saja soalnya.

    Enggak tahu kalau ada di posisi Mbak. Alhamdulillah bronkitisnya udah hilang. Semoga sehat-sehat selalu Mbak πŸ€—

  9. Kalo sedang kejar deadline kan aku gambar bisa sampe subuh ya
    nah aku kadang minum Vipro G

    baru tau ada kandungan imunomodulator, yaitu zat yang dapat memodulasi dan mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal dan taurin, dan itu ternyta dahsyat ya efeknya ke tubuh

  10. Aku suka sebel ama orang dewasa yang dengan cueknya merokok di dekat anak kecil. Dan miris banget kalau lihat anak-anak sekitar seumuran SMP gitu udah merokok dengan tenang di tempat umum

    Vipro G ini praktis ya cara mengkonsumsinya mudah

  11. Sama kita mbak, setiap hari selalu olahraga minimal jalan kaki 10.000 langkah kalau aku dan kalau gak sempat jalan kaki aku lebih memilih yoga di rumah. Sekarang ini memang kita yang harus menjaga dan menyayangi tubuh kita.

  12. Huwaaa sama kek suamiku, mbak. Dia kena bronkitis juga karena terpapar asap rokok dari bapaknya. Mbak malah dari ayah-ibu. And yes, walau anaknya kena bronkitis, bapaknya ga berhenti merokok, huhu … efeknya sampai sekarang kalo suami berada di dekat orang yang merokok, nafasnya sesak.

    Makasih info tentang Vipro-G ya mbak. Bisa ku rekomendasikan ke suami yang mobile banget supaya bantu jaga imun tubuh. Eh apa aman diminum secara kontinyu? atau nunggu kalau imun tubuh agak down?

  13. Duh prihatin baca ceritamu say, sekarang harus jaga keluarga dari asap rokok dan virus ya…bagus nih Vipro G bisa diminum seperti minuman ringan jadi lebih mudah dikonsumsi..

    1. Vipro efeknya bagus ya buat kesehatan, kandungannya juga lengkap dgn zat2 yang dibutuhkan buat jaga stamina tubuh, BTW, aku kepengen gitu juga jalan kaki tapi tiap pagi rasanya kok aku rempong yaaaa huhu alesyan yaa. Kyknya mau coba besok ah mumpung minggu, mau cari lokasi di perumahan sebelah yang luas buat start jalan kaki.

    1. Masyaalah Mbak, semoga sehat terus. Bronkitis terdengar sangat berbahaya. Dengarlah wahai perokok, bukan hamya kamu yg kena penyakitnya, tapi juga orang2 di sekitar.

  14. Aku udah coba suplemen ini. Lumayan ngefek ke tubuhku dan gak perih di lambung. Alhamdulillah harga juga standar jadi bisa dijadikan sediaan untuk dikonsumsi secara berkala.

  15. Perokok pasif seperti mbak ini berbahaya ya. Terkadang akibat yang ditimbulkan malah lebih parah daripada mereka yang merokok sendiri. Alhamdulilah sekarang dah sembuh ya mbak.

    Aku belum pernah cobain suplemen Vipro G ini. Sepertinya merk baru ya

  16. Di rumah ada tukang sedang membetulkan plafon, eh dia merokok pula sambil kerja, asapnya jadi menyebar ke seluruh ruangan rumah. Saya mau ngomong nggak enak dan sungkan, terpaksa duduk lama di teras nunggu asap hilang.

    1. Kalau dah tahu aman gini jadi tenang buat konsumsi Vipro G ya mbak. Memamg di masa pandemi ini harus rajin2 olahraga, makan makanan yang bergizi dan konsumsi vitamin untuk menjaga stamina. Vipro G bisa jadi pilihan nih.

    1. Ada banyak cara yan baik untuk tetap menyayangi tubuh.
      Salah satunya dengan mengkonsumsi Vipro G untuk menguatkan daya tahan tubuh.
      Suka banget sama kesegaran yang diberikan.

  17. Emang sih ya, bahaya asap rokok tuh udah terbukti, tapi kok ya masih banyak aja yang ga mau berhenti. Yang kasihan ya orang-orang di sekitarnya yang tidak merokok, terutama anak-anak tuh. Tetap jaga kesehatan selalu ya Mba Alfa. Mau juga dong sediakan Vipro-G nya di rumah.

  18. Alhamdulillah, bronkitisnya ga kambuh lagi ya Mbak Alfa
    memang asap rokok dan asap kendaraan ini jadi tantangan tersendiri sehingga kita perlu melindungi diri dari bahayanya. Daiantaranya denagn minum suplemen yang bermanfaat memberi perlindungan seperti Vipro-G ini

    1. Senangnya jika sudah ada suplemen yang memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga bisa membantu tubuh melawan radikal bebas yang ada di sekitar lingkungan kita. Vipro-G bisa jadi andalan menjaga kekebalan tubuh nih

  19. Penting banget nih konsumsi Vipro G untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi di masa pandemi seperti ini, nutrisi harus terpenuhi agar tak gampang sakit

    1. Ketika kondisi makin penuh sesak dengan polusi, salah satunya ya gara-gara asap rokok tadi, penambahan suplemen kayaknya emang harus dilakukan ya mba. Namanya kan juga ikhtiar untuk menjaga kesehatan.

  20. wah harganya terjangkau ya?
    beli ah
    karena saya butuh suplemen Vipro-G
    sejak pandemi dan di rumah aja, pola makan dan tidur saya kacau
    malas makan dan cuma ngopi
    Nggak sehat kan ya?

  21. Asap rokok dan asap kendaraan bermotor tak ubahnya seperti virus korona, sama2 membahayakan paru2. Apalagi yang namanya perokok pasif ditambah punya penyakit penyerta juga. Kuncinya memang pola hidup sehat dan menghindari lingkungan yang terpapar. Produk Vipro ini bagus untuk imunitas tubuh

  22. Di rumah nggak ada yang merokok tapi ada tetangga yang perokok berat. Dan asapnya masuk ke rumah meski pintu dan jendela sudah ditutup rapat.

    Aku nggak suka sama asap rokok, kalo sudah masuk di ruangan itu sepertinya susah hilang dan bisa nempel baunya di rambut kalo di dekatnya ada yang merokok.

  23. selama di rumah ini banyak ga geraknya niy, olahraganya banyak yang kelewat. saya termasuk orang yang suka sesak kalau udah menghirup asap rokok atau kendaraan. jadi sangat menghindari banget kalau ada perokok. apalagi di tempat umum gitu deh. paling kesel kalau ada orangtua yang punya anak kecil terus mereka merokok dengan seenaknya saja, pengen sentil otaknya hahaha biar paham pentingnya bahaya asap rokok buat anak-anak termasuk orang-orang sekitar

  24. Banyak sekali ya manfaatnya Vipro-G ini. Dijual dalam bungkus per konsumsi jadi ringkas untuk dibawa traveling, aman serta bersih. Diimbangi dengan kegiatan fisik manfaatnya bagi tubuh jadi lebih berasa. Mau coba ah.

  25. kalau teman-teman saya mengelola stress dengan ngedrakor. Saya malah nyetrika sembari ngedrakor. Cuma itu sih yang bisa dipakai timenya. Wuah, ngeri banget ya asap rokok ini. Alhamdulillah rumah saya sudah mulai bebas dari asap rokok. Ya walaupun enggak setiap hari sih. Setidaknya saya sudah jarang terpapar asap rokok. Kalau polutan kendaraan ini yang rentan. Sering keluar karena kegiatannya memang penting kan. Kalau sudah terhirup timbal rasanya sakit kepala. Vigro bis-a jadi solusinya nih. —

  26. Kalau diminta buat jalan kaki di pagi hari 6-7km saya belum sanggup nih, kalau cuma 1 km masih bisa lah…. Pingin juga konsumsi vipro biar badan enteng gak capek klo jalan kaki jauh

    1. Bener banget nih merokok itu emang kecanduan banget dan emang perlu dicegah banget Untung ada prodak ini ya tentunya nya

  27. Waah bisa dicoba ini.. harus di alfamart ya? biasanya belanja di tetangganya.. hehehe.. apakah bisa dikonsumsi untuk anak atau hanya orang dewasa saja?

  28. Sepakat.
    Sesekali aku juga konsumsi suplemen untuk memenuhi angka kebutuhan gizi.
    Terutama saat travelling di mana sering makan apa adanya, yang penting kenyang, hahaha.
    Jadi, bertambah lagi deh referensi suplemen aku, Vipro-G

  29. ah aman ni vitamin nya utk aku , sebab aku juga punya asam lambung, cocoklah buat aku yang sering liburan biar bisa buat imun tubuh juga, banyak aktifitas juga kudu ada asupan vitamin yang masuk ketubuh πŸ™‚

  30. Mbak Alfa pernah punya pengalaman terpapar asap rokok ternyata ya.
    Mengerikan memang ya bahaya asap rokok dan masiiiih saja banyak yang bandel. Saya pernah marah bnget, ada tamu merokok dalam kamar dan kamar yg dia tempati kamar anak saya, kan zat2 dari asapnya bisa nempel ke barang2 dalam kamar. Ih bikin saya bertanduk deh. Nah, bnyak yang bandel sepertinitu, mau tak mau kita yang melindungi diri sebisanya ya.

    1. Paling kesel ya mba dengan orang yang suka merokok sembarangan, padahal kitanya sendiri udah mati-matian menjaga rumah kita dari paparan asap rokok. Kezeeell banget bisa ngebayanginnya mba.

  31. Nah setuju nih saat pandemi seperti ini yang namanya meningkatakan daya tahan tubuh gak bisa ditawar lagi ya mbak. Apalgi ditambah udah masuk musim hujan.. Biasanya saya gampang masuk angin nih..Untunglah ada suplemen Vipro-G..saya juga sdh coba alhamdulillah tubuh gak sampang sakit

  32. Vit C nya berapa mg ya, di suplemen ini? Selain olahraga dan nutrisi, suplemen jg bantu menangkal bahaya kesehatan ya. Makasih rekomendasinya kak

  33. Wah baru tahu ada suplemen bagus Vipro-G ini. Dulu di Jakarta banyak teman sekantor dan teman kerja di lapangan yang hobinya ngebul alias merokok. Dulu parahnya malah belum ada aturan kalau merokok harus di luar ruangan. Jadilah teman sekantor merokok dalam ruangan yang sama dengan yang tidak merokok. Akhirnya keluhan didengar manajemen dan dibuatlah ruangan khusus merokok. Kebetulan DKI Jakarta waktu itu juga hendak mengeluarkan aturan soal adanya ruangan khusus merokok di tiap gedung perkantoran dan mal.
    Terima kasih rekomendasinya ya. Saya juga tidak tahan asap rokok soalnya.

  34. Asap rokok nih, ya. Kita nggak ngerokok, tapi bisa kena dampaknya, heuheu … Untunglah ada Vipro G. Bisa dicoba, nih. Kandungannya komplit untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sip!

  35. harganya cukup terjangkau juga, oh iya suplemen ini kan memang tidak dianjurkan untuk anak-anak. nah kalau untuk ibu hamil atau menyusui boleh gak ya mbak?
    bener nih walaupun gak kerja di luar tapi aktifitas ibu rumah tangga gak kalah sama yg kerja kantoran kan hehehe

  36. Wahh segitunya yaa efek perokok aktif buat perokok pasif 😲 dan viproG memahami masalah ini yaa. Penting bgt menjaga organ dalam tubuh dr efek rokok dan kendaraan bermotor

  37. Aku suka berada di lingkungan mereka para perokok, meski perokok pasif tetep kena dampaknya.
    Ah, makasih loh,rekomen banget minum Cipto G ini ya, secara menangkal radikal bebas.
    Semoga kita semua pada sehat selalu.

  38. Wah 1 suplemen dengan banyak manfaat ini sih ya. Kandungannya lengkap banget. Kayaknya perlu beliin buat suami deh. Soalnya lingkungan kerjanya banyak perokok. Bisa dibawa juga kemana2 Vipro G nya

  39. Betapa bahayanya efek dari asap rokok itu ya mba. Terlebih resiko perokok pasif lebih tinggi dan rentan terkena penyakit. Untung mba Alfa bisa sembuh dari bronkhitis ya..

  40. Bener nih vitamin tuh penting ya mba apalagi di masa begini. Minum vipro G oke jg nih, bisa dicoba. Makasih mba sharingnya.

  41. Sedih banget kalau lihat ayah merokok, abai kesehatan dengan merokok sembarang tempat di rumah, nggak tanggung jawab banget ya πŸ™ Bisa dicoba ya Vipro G untuk ikhtiar menjaga kesehatan

  42. Sedih banget kalau lihat ayah merokok, abai kesehatan dengan merokok sembarang tempat di rumah, nggak tanggung jawab banget ya πŸ™ Bisa dicoba ya Vipro G untuk ikhtiar menjaga kesehatan keluarga yaa

  43. Belakangan ini kita jadi makin peduli untuk menjaga daya tahan tubuh. Bagus sih… Jadi lebih peduli kebersihan dan kesehatan diri. Salah satu ikhtiarnya ya dengan mengkonsumsi Vipro G ini

  44. Ternyata Vipro G ini bisa untuk perempuan ya mba. Soalnya gambarnya gambar laki-laki alias Rafi Achmad hihihi πŸ˜‚. Vipro G ini aman nggak ya Mba untuk ibu hamil? Soalnya sata sedang hamil tapi satu sisi juga saya butuh vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh saya. Apalagi lagi pandemi gini. Kan butuh banget ya vitamin tambahan

  45. Waah ternyata ada yg suplemen seperti ini. Baru tau saya mba. Suka sebel sih memang kalau ada orang ngrokok sembarangan. Pernah saya beli perkakas rumah tus sebelahnya bapak bapak merokok padahal saya bawa anak, langsung saya menjauh dari bapak2 itu dan akhirnya bapak2 itu mematikan rokoknya karena ga enak sama saya dan bayi yg saya gendong

  46. Wah iya deh, siapa pun kayaknya sekarang mah gampang banget ya terpapar asap rokok dan asap kendaraan bermotor. Walopun di rumah gak ada yang merokok dan jauh dari jalan. Polusi dua asap ini udah ke mana-mana. Boleh-boleh nih Vipro G. Bisa melindungi tubuh dari bahaya dua asap ini. Mana bisa dikonsumsi layaknya minuman biasa ya. Nyari ah, kepengen nyobain.

  47. Baru tau aku soal suplement ini. Mudah didapat di apotik atau toko obat ya mba. Kalau banyak beraktifitas diluar rumah rasanya memang agak nyesek karena terpapar asap kendaraan.

  48. Wah, sama, aku pernah bronkitis, sekitar 10 tahun lalu. Dulu akhirnya kalau ada rapat atau acara apa dan ada yang ngerokok aku langsung pakai masker. Wkkwk tersinggung dong yg ngerokok. Qiqiqi. Ternyata ada Vipro ini ya. Aku baru tau lo Mbak.

  49. Alhamdulillah sejak kecil di rumahku nggak ada yang merokok. Karena jarang kena asap rokok jadinya kalau ada orang yang merokok didekatku rasanya tersiksa banget, sesak napas. Dan meski nggak ada yang merokok di rumah, kayaknya aku tetap butuh vitamin atau suplemen seperti Vipro-G, biar tetap sehat, imun tubuh tetap terjaga.

  50. Habis baca artikel ini langsung ingat suami. Beliau juga tak bisa menghirup asap rokok walau sangat sedikit, langsung sesak. Ah, sepertinya saya harus memberinya vipro ini deh.

  51. Sebagai yang sering bepergian menggunakan sepeda motor, saya perlu banget nih kayanya buat minum Vipro G. Secara nggak sadar, polusi kendaraan yang menumpuk di tubuh juga nggak kalah bahasa sama asap rokok lho. Salah satu langkah detox yang bisa dicoba ya dengan mengonsumsi Vipro G ini ya Mak :)))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas