Places

Menata Ruang Minimalis Bergaya Jepang, Inspirasi dari Daisan

Tahukah teman-teman, kalau di daerah Tangerang ada sebuah proyek perumahan yang mengusung tema unik? Sebuah hunian bergaya Jepang.

Waktu pertama kali mendengar tentang tema ini, saya kira hunian ini mungkin nggak sepenuhnya menerapkan konsep hunian Jepang. Gimana caranya mengadopsi perumahan ala Jepang di Indonesia? Agak mustahil ya. Namun nyatanya hunian ini berhasil mengemas dengan baik konsep dan budaya masyarakat Jepang, lo.

daisan perumahan di tangerang

Berlokasi di daerah Cikupa, Daisan yang bergaya Jepang ini merupakan proyek perumahan di Tangerang ketiga dari SwanCity. Di sini terdapat sebuah kawasan yang dirancang untuk menjadi kota Tangerang Baru, yang mengintegrasikan kawasan Green Industry, Komersial, dan pemukiman dalam satu tempat.

Perumahan ini hadir sebagai bentuk kerjasama antara SwanCity, sebuah developer bergengsi dari Singapura, yang selalu mengedepankan konsep hunian modern yang ramah lingkungan, dengan Mitsubishi Estate Residence, developer pengembang dari Jepang yang membawa konsep kebudayaan ini ke Indonesia.

Mengintip Konsep Ruang Minimalis Bergaya Jepang di tiap klaster Daisan.

Dalam klaster-klaster yang dibangun oleh Daisan sebagai rumah cluster mewah, tiap huniannya memiliki ciri khas sendiri, yaitu minimalis. Konsep minimalis ini sendiri sedang tren beberapa tahun belakangan ini mulai dari gaya hidup sampai desain rumah. Saya sendiri suka banget dengan model-model rumah minimalis karena terlihat simple dan neat.

Karena minimalis, tentu luas tanah di masing-masing unit nggak terlalu besar ya. Ukuran lahan paling besar memiliki luas sekitar 138m2, diikuti oleh 77m2 untuk ukuran yang medium, dan yang paling kecil 40m2. Ih, kok kecil? Eh, jangan salah, dengan desain yang apik, rumah di Daisan dapat memiliki ruangan yang bisa memenuhi kebutuhan keluarga, lo. Yuk, kita intip satu per satu.

Unit The Lakehome dengan luas 138m2

Unit ini adalah yang paling besar di Daisan. Berada di klaster Fuji yang yang dikhususkan untuk mereka yang ingin tinggal dengan keluarga besar. The Lakehome adalah hunian dengan ukuran lahan 138m2, berbatasan langsung dengan view danau di Fuji Garden. Kebayang nggak sih buka jendela langsung bisa lihat danau. Pasti segar banget.

Yang istimewa dari unit The Lakehome adalah area living room yang cantik karena memadu-padankan warna putih gading dan coklat yang tampak elegan. Kita juga bisa memilih konsep interior yang kita suka, apakah bergaya western atau Asian, bisa diwujudkan.

F33DE6EA-29D4-4FDA-8A46-55256002A992.png

Kalau dilihat dari denah pada brosur yang mereka bagikan, penataan ruangannya maksimal banget. Terlihat The Lakehome dirancang memiliki 5 kamar tidur, 2 area fungsional, 4 kamar mandi + 1, dan garasi di bagian depan rumah. Bahkan ada akses ke rooftop garden. Asik kan, bisa dipakai untuk kumpul-kumpul sama keluarga sambil menikmati udara segar.

Baca Juga: Klaska Residence, Apartemen di Surabaya Bergaya Resor

Unit The Courtyard dengan luas 77m2

Dari klaster Fuji, kita bergeser ke unit The Courtyard yang berada dalam klaster Tokyo. Dari namanya, mungkin saya membayangkan hidup di Tokyo yang penuh modernitas. Dan benar saja, dari show unit, kita bisa melihat bentuk rumahnya yang tampak modern dengan desain ruang minimalis yang cantik.

rumah minimalis

Unit ini ternyata dirancang untuk menyokong konsep modern nan private, lihat saja dengan tersedianya Courtyard yang private tertutup dari lingkungan.

ruang minimalis

Yuk kita lihat bagian denah ruangannya. Unit ini dirancang untuk keluarga dengan jumlah sedang, mungkin 2-3 anak. Karena tampak dari denahnya, terdapat 4 kamar tidur, 2 area fungsional, 3 kamar mandi, dan satu buah garasi. Jadi masing-masing anak bisa punya kamarnya sendiri nih.

420E96FB-C049-471F-A927-1E5FB9838EE8.png

Unit The Villa dan The Flexible dengan luas 50m2

Unit terakhir yang ingin saya tunjukan dari sisi interiornya yang mengagumkan adalah The Villa dan The Flexible.

rumah minimalis

Dua unit ini memiliki area yang minimalis jika dilihat dari luas area tanahnya, yaitu 40m2 untuk The Villa dan 50m2 untuk The Flexible. Tapi keduanya nggak menunjukan kesan sempit. Developer sepertinya memang menata area living room agar terlihat luas dengan penempatan perabot yang berfokus pada area dinding.

AAE3E4A6-1C5E-418C-8285-EC583752BE87.jpg

Lihat aja, dengan luas yang minimalis dua unit ini terlihat tetap elegant dan cantik karena pemilihan interior yang optimal. Jadi auto pengen pindah rumah nih. Lagipula dengan ruangan yang nggak terlalu banyak seperti ini, pekerjaan rumah tangga jadi lebih ringan ya. Apalagi kalau nggak punya ART.

Jika teman-teman tertarik, saat ini mereka sedang melakukan Demo Zone di lokasi pembangunan. Teman-teman bisa melihat secara langsung show unit untuk masing-masing tipe rumah yang saya sebutkan di atas.

Selama berlangsung Demo Zone, kita juga bisa ikut lomba foto yang berhadiah jalan-jalan ke Jepang, lo. Sayang banget untuk dilewatkan, yuk segera hubungi tim marketingnya untuk mengatur janji visit dan melihat pesona rumah model Jepang yang elegan ini secara langsung.

Tips Menata Ruang Minimalis Agar Terlihat Luas dan Elegan

Kalau sudah melihat show unitnya, teman-teman bisa mulai merancang tatanan yang cocok untuk rumah minimalis model Jepang di Daisan ini. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa teman-teman terapkan dalam menata ruang minimalis.

Pasang Cermin

Selain menjadi hiasan untuk mempercantik ruangan, cermin bisa memberikan efek visual di sebuah ruangan nampak lebih besar. Selain itu cermin juga dapat memberikan pencahayaan yang baik ke dalam ruangan.

Tapi jangan asal pilih cermin yaaa. Pilih desain cermin yang sesuai dengan interior rumah. Kalau kebanyakan furnitur bergaya minimalis, pilih desain cermin yang simple supaya keseluruhan ruangan nampak serasi.

Pilih Perabotan yang Dapat Memantulkan Cahaya atau Obyek yang Ada di Depannya.

Kalau teman-teman kurang suka memasang cermin di ruang tamu, cobalah untuk meletakkan perabotan yang dapat memantulkan cahaya atau merefleksikan obyek yang ada di depannya. Seperti yang terbuat dari aluminium atau stainless steel. Ini berfungsi sebagai pembuka ruangan baru. Sehingga ruang minimalis keliatan lebih cantik dan lega.

Letakkan Furnitur Berukuran Besar dalam Jumlah Sedikit.

ruang minimalis

Set perabotan built in seperti yang ada dalam show unit rumah minimalis Daisan dapat memberikan kesan ruangan yang luas dan simple. Perabotan yang sedikit juga bisa menonjolkan kesan modern pada rumah.

Pilih Kombinasi Cat yang Tepat

Warna putih atau kombinasi warna terang bisa memberi kesan ruang minimalis lebih luas. Dan ini sudah dibuktikan dalam pemilihan cat di show unit rumah minimalis Daisan yang dominan dengan kombinasi warna putih dan krem. Selain membuat ruangan terlihat lapang juga terasa homey dan bersih.

Kalau teman-teman suka warna gelap, bisa diaplikasikan pada aksesoris atau dekorasi pelengkap rumah seperti karpet, vas bunga atau frame foto. Supaya rumah minimalis kita tetap memiliki nuansa yang sesuai dengan kepribadian penghuninya.

Pola Horizontal Membuat Rumah Tampak Lebih Tinggi.

Sedangkan pola vertikal membantu ruangan terlihat lebih lebar. Dan hindari pola-pola yang terlalu ramai atau padat ya.

Maksimalkan Pencahayaan

Rumah-rumah di Daisan memiliki jendela yang tinggi dan banyak. Sehingga cahaya bisa masuk dengan leluasa ke dalam rumah. Nah, teman-teman bisa memaksimalkan jendela yang ada di rumah minimalis dengan memilih tirai berwarna putih atau terang yang senada dengan konsep desain interior secara keseluruhan. Atau pasang kaca pada daun pintu supaya cahaya tetap bisa masuk ke dalam ruangan meski pintu dalam keadaan tertutup.

Desain eksterior dan interior dari rumah-rumah di Daisan sebenarnya sudah membuat ruang minimalis terlihat luas dan elegan. Tapi teman-teman bisa mencoba tips di atas supaya rumah terlihat lebih nyaman dan homey. Kalau teman-teman ada yang berminat membeli rumah di sana, undang saya yaa waktu housewarming.

Sumber Tips:
1. Dekoruma.com
2. bali.idntimes.com
3. haibunda.com
4. rumah.com

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments

Okt 28, 2020 at 9:47 PM

desainnya unik, aku suka, apalagi memang konsep rumah di jepang kebanyakan minimalis dari depan dan memiliki lantai bertingkat.
dan kalau interiornya di tata dengan apik, makin betah dirumah aja



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.