6 Manfaat Minum Jus Seledri Tiap Hari

Manfaat Minum Jus Seledri

Daun seledri umumnya dikenal ibu-ibu sebagai penyedap rasa masakan, sup biasanya ya. Tapi, sejak tinggal di Brunei, saya melihat cara lain mengonsumsi seledri. Biasanya nih, anak-anak bule suka bawa bekal sekolah batang seledri yang dicocol dengan salad dressing atau keju dan dimakan sebagai camilan. Dan setelah saya coba ya cukup enak juga. Ternyata seledri ini bisa dimakan dengan berbagai cara dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Termasuk diolah menjadi jus. Ada yang pernah mencoba?

Nah, saya baru tahu kalau jus daun seledri ini sekarang sedang menjadi tren sebagai makanan diet karena memiliki kandungan serat serta kalori rendah yang bisa mengembalikan bentuk ideal tubuh. Tidak cuma itu, ternyata ada beragam manfaat minum jus seledri setiap hari lainnya yang bisa kita rasakan.

cekaja.com, manfaat minum jus seledri

Bukan hanya kaya serat dan rendah kalori, seledri juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Mau tahu apa saja manfaat lainnya yang bisa kita rasakan jika minum jus seledri setiap hari? Yuk intip ulasannya:

6 Manfaat Minum Jus Seledri Tiap Hari

1. Menurunkan Berat Badan

Karena mengandung kalori yang rendah, daun seledri bisa kita konsumsi setiap hari tanpa harus menghitung jumlah kalori hariannya. Seledri juga bisa membuat perut terasa lebih cepat kenyang dan tenang. Sehingga, sayuran ini sangat cocok untuk kita yang sedang diet atau setidaknya berusaha untuk diet, seperti saya.

2. Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, seledri juga sangat baik untuk kesehatan saluran pencernaan kita, lho. Kandungan serat yang bagus dalam seledri, bisa melancarkan pencernaan. Tahu kan kalau tubuh kurang mendapatkan asupan serat, maka pencernaan kita bisa melambat, akibatnya kita bisa mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit atau sindrom iritasi usus.

Kandungan serat dalam seledri terdiri dari dua jenis yakni serat larut dan tidak larut. Kedua serat tersebut tidak dicerna langsung oleh tubuh. Serat larut akan membentuk zat berupa gel penambah kotoran ke feses dan bisa membantu feses lebih mudah dikeluarkan.

Sedangkan serat yang tidak larut akan memberi makan bakteri baik sehingga usus dapat mencerna makanan dengan baik. Kandungan phytochemical dalam seledri juga berfungsi membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

3. Turunkan kolestrol

Seperti yang kita tahu, tubuh yang memiliki kolesterol tinggi bisa berisiko terserang berbagai penyakit mematikan. Nah, kolesterol jahat yang bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia ini, juga bisa diturunkan dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin setiap hari. Bahkan menurut para ilmuwan, jika kita makan empat tangkai seledri per hari dapat mengurangi kolesterol buruk.

Manfaat Jus Seledri

4. Mengurangi Peradangan

Manfaat selanjutnya dari sayur hijau ini adalah untuk mengurangi peradangan atau pembengkakan. Memiliki setidaknya 12 jenis antioksidan, seledri dipercaya ampuh kurangi peradangan dan rasa sakit. Jadi kalau kita punya riwayat nyeri sendi, seledri bisa menjadi salah satu solusi nih.

Tidak hanya radang sendi, seledri juga bagus untuk meningkatkan fungsi organ tubuh dan menjaga kesehatan kulit agar terlihat muda.

5. Mencegah atau Mengobati Batu Ginjal

Karena mengandung banyak air, seledri juga ternyata bisa mencegah dan mengobati penyakit batu ginjal. Kita bisa konsumsi seledri atau minum jus seledri setiap hari untuk mencegah dehidrasi dan membuat tubuh menjadi lebih mudah mengeluarkan kelebihan kalsium yang menjadi sebab utama batu ginjal. Tapi, tetap minum air putih yang banyak juga ya untuk mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan melalui keringat, urin dan kotoran.

6. Obat jerawat paling manjur

Tidak hanya untuk kesehatan, celery juice juga bermanfaat menjaga kecantikan kulit dengan mengurangi tumbuhnya jerawat. Seledri biasanya diandalkan dalam menjaga fluktuasi hormon yang kerap memicu timbulnya jerawat.

Seledri juga mengandung anti-inflamasi yang berfungsi mengurangi masalah kram perut, lho. Jadi teman-teman Pojok Mungil yang sering mengalami kram perut saat menstruasi bisa nih coba mengonsumsi jus seledri selama beberapa hari menjelang haid.

Itulah beberapa beragam manfaat yang dapat kita peroleh dengan minum jus seledri setiap hari. Bahkan, minum jus seledri saat ini dijadikan ajang “challenge” yang cukup viral di media sosial. Saya sih belum bisa konsisten ya minum jus seledri setiap hari.

Tapi jika teman-teman mau ikut coba tantangan unik dan menyehatkan yang satu ini atau penasaran ingin mencoba rasa jus seledri, langsung aja cek resep jus seledri yang nggak kalah segarnya dengan jus sayur lainnya di: https://www.cekaja.com/info/tantangan-minum-jus-seledri-berani-coba/

46 Replies to “6 Manfaat Minum Jus Seledri Tiap Hari”

  1. kakak iparku baru banget bikin jus seledri pake alpukat, enak loh 😀 sehat juga wuiww untung bangettt buat tubuh jadi bugar!

    1. alfakurnia says:

      Wah, kebayang deh enaknya. Sayang di sini alpukat mahal banget. Jadi mending dimakan langsung daripada buat campuran jus hehehe

  2. Jujur sih aku ngak begitu suka seledri, tapi akhirnya nyerah karena banyak manfaatnya buat kesehatan karena kolesterol hahaha, ternyata banyak juga manfaat lainnya yah.

    1. alfakurnia says:

      Iya, Mbak. Pantesan jadi ngetren banget jus seledri ini ya

  3. Berapa banyak seledri yg untuk di jus mbakyu?

    1. alfakurnia says:

      Sekitar dua batang seledri besar itu, Mbak.

  4. Bapakku juga lagi terapi minum seduhan seledri, Mbak. Memang manfaatnya banyak banget yaa..

    1. alfakurnia says:

      Seledrinya diseduh pakai air hangat gitu ya, Mba Arin? Jadi kaya wedang? Atau jadi jus juga. Alhamdulillah kalau bapak merasakan manfaatnya.

  5. Kata Mbak Widut dan Mbak Arin, minum jus seledri itu segeeeeer (E-nya panjang ditulis oleh mereka), tapi Mbak Arin sendiri lebih suka makan seledri kalo disop. Err..

    Aku sendiri belum pernah minum jus seledri, Mbak. Membayangkannya saja aduhai. Hhaahhaa

    1. alfakurnia says:

      hahaha harus dicoba, Mbak.

  6. Seledri yang dibawa anak sekolah sebagai bekal itu pasti jenis seledri yang batangnya besar ya Mbak?
    Kalau seledri yang dijus Mbak Nia, jenis yang lokal atau yang seperti itu? Jadi penasaran.
    Saya suka seledri sebagai lalapan, taburan mi, taburan aneka makanan, malahan kalau masak mi instant harus aada taburan selesdri yang diiris tipis dalam jumlah yang adak banyak. Enaaaaaakkkk jadinya.
    Tapi susah bayangin rasanya jika dijus, Hihihih

    1. alfakurnia says:

      Betul, Mbak Susi. Seledri yang dijus ini yang batangnya besar itu, Mbak. Kalau yang biasa di pasar sih buat campuran sop enaknya.

  7. hah, jus seledri? Waduh, kayaknya gimana gitu tapi kalau melihat manfaatnya kok jadi mupeng ya… Mencegah/mengobati batu ginjal itu yg membuat mulai memikirkan mungkin ini saatnya mencoba deh demi kesehatan diri sendiri

    1. alfakurnia says:

      Rasanya getir-getir segar sih, Mbak. Ya mirip-mirip getirnya kehidupan lah.
      #eh #jadicurcol :))

  8. yg dicocol di dressing salad itu katanya seledri tg jenis khusus untuk salad ya mbak? batangnya lebih besar dan crunchy biasanya, duh jd pengen nyemil seledei juga nih *eh

    1. alfakurnia says:

      Iya, Mba Nining. Seledri yang besar itu. Temennya wortel rebus. Selain dicocol dressing salad, pakai cream cheese juga enaaaak.

  9. assalamualaikum Kak, makan seledri di sayur sih udah biasa kalau di jus baru tahu, tapi karena aku cenderung sering mengalami kram saat menstrulasi mungkin boleh dicoba nih jus seledrinya
    thanks kak infonya, semoga selalu sukses

    1. alfakurnia says:

      Waalaikumussalam. Aamiin. Makasih, Kak. Semoga setelah minum jus seledri kram menstruasinya berkurang ya, Kak.

  10. Nah, mengurangi kolesterol nih penting banget 🙁 Aku selama ini belum pernah mencoba di-jus sih Mbak, paling cuma makan kalau ada di sup/ makanan aja. Wah ternyata khasiatnya banyak banget ya. Apalagi bisa menurunkan berat badan juga.

    1. alfakurnia says:

      Iya, Mbak. Ayo cobain, Mbak. Saya lagi berusaha nurunin kolesterol dan berat badan nih.

  11. Teman kantorku ada yang sudah rutin minum jus seledri, Mba. Dia juga jelasin manfaatnya, yang katanya ayahnya sudah merasakan sendiri. Tapi aku mau cobain masih agak-agak kebayang bau rebusan seledri mama tiap malam dulu, yang bagiku agak aneh aromanya, hehehe.

    1. alfakurnia says:

      Kalau jus seledri nggak perlu direbus, Mbak. Tinggal dicuci bersih aja trus diblender atau dijuicer. Rasanya agak getir tapi kalau udah biasa mah enak-enak aja hahaha

  12. Seledri nya pasti beda nih, soalnya aku pernah dikasih jus selederi tuh enak banget. Pas bikin sendiri, rasanya yaampuuuun, gak enak 😀 cuma sayang di sini agak susah cari jenis selederi yanh khusus untuk jus itu. Kudu pesen dulu di pedagang sayur di pasar besar.

    1. alfakurnia says:

      Iya, Mbak. Pakai seledri yang besar batangnya itu.

  13. Rasanya gimana tu Mbak?
    Kalau udah terbiasa minun jus sehat gini pasti bakalan ada yg beda klo gak diminum ya. Pengen coba ih tapi takut oeekk, padahal banyak banget ya manfaatnya 🙂

    1. Wah wah aku baru tau kalo seledri punya manfaat sebanyak itu, apalagi buat nurunin berat badan itu penting bgt tuh buat aku hehe makasih banyak mbak infonya

    2. alfakurnia says:

      Awalnya mungkin aneh, Mbak. Tapi saya udah biasa minum jus sayur-sayuran jadi ya telan aja. Kalau kurang enak tambahin daun mint dan madu. Jadi segar deh.

  14. Almarhumah mamaku suka minum jus seledri kak, karena beliau sedikit tinggi tekanan darahnya. Dulu yang diingat rasanya yah gitu, haha. Cuma duku suka bantuan nge-blender nya aja, nyobainnya belum pernah

    1. alfakurnia says:

      Rasanya unik ya, Mbak hehehe. Pakai seledri yang batangnya besar, Mbak. Lebih segar apalagi kalau ditambah daun mint dan madu.

  15. Belum pernah nyoba jus seledri, belum berani nyoba juga. Enak gak sih mbak rasanya? Apa gak pahit ya? Boleh ditambahkan madu atau gula gitu biar lebih manis

    1. alfakurnia says:

      Boleh, Mbak. Tambahkan madu aja ya biar alami dan lebih sehat.

  16. Wah wah aku baru tau kalo seledri punya manfaat sebanyak itu, apalagi buat nurunin berat badan itu penting bgt tuh buat aku hehe makasih banyak mbak infonya

    1. alfakurnia says:

      Sama-sama, Mbak. Aku juga lagi berusaha menurunkan berat badan nih. Semoga berhasil ya kita hehehe.

  17. Ayah Saya seeing konsumsi jus slesei, memang tidak setiap Hari sih. Tapi manfaat Yang ia rasakan tidak Ada lagi Rasa kebas ditangan yg sebelum nya mengganggu aktifitas. Dan Saya berencana mau mencoba Setelah referensi Dari ayah.

    1. alfakurnia says:

      Wah, ternyata bisa mengurangi rasa kebas di tangan ya. Satu lagi manfaat jus seledri.

  18. Nah nahhhh, aku jadi flash back waktu menjelang nikahanku setahun yg lalu. Dalam 2 bulan d jejali oleh rebusan daun seledri dan itu masya Allah yaaa gaenaknya luar biasa wkkw. Tp efeknya bikin wajah segar lho mba, jd mau nyoba untuk yg d jus ini deh

    1. alfakurnia says:

      coba pakai seledri yang batangnya besar-besar itu, Mbak. Kalau orang bule biasanya bikin jus seledri pakai seledri besar.

  19. Wau, jua seledri? Belum pernah nyobain. Tapi manfaanya sebanyak itu ya. Mungkin nanti ssatu saat akan mencoba 😆 udah bayangin rasanya 🤭

  20. Wahh, ternyata seledri bisa buat diet dan obat jerawat. Aku baru tahu, rasanya gimana ya jus seledri itu, Mbak? Aku belum pernah, nih, cobain jus seledri. Karena kan rasanya yang seledri kecil itu kayak gitu yaa wkwkwk.

  21. Sejujurnya aku nggak suka seledri… tapi ngeliat khasiatnya kok jadi mupeng ya….

  22. Pernah sekali beli seledri yang besar itu. Ehhh masuk kulkas dan kelupaan karena ditinggal pergi-prgi. Sampai akhirnya nggak bisa diolah. Hikss sedih. Padahal seledrinya bagus dan segar banget. Sampai sekarang belum coba lagi hehe

  23. WOW.. Aku beneran baru tau kalo seledri segitu banyak manfaatnya. Sabtu kudu ke pasar beli seledri yang banyak nih buat dijus.. makasi infonya ya mba

  24. benr banget kak aku udah ngerasain manfaat dari saledri ini waktu kau kecil aku punya minus tinggi banget yang mengharuskan pakek kacamata setiap waktu tapi dengan berobat rutin sama konsumsi saledri di mix sama wortel ini ada banyak perubahannya, teriakasih ya kak udah berbagi manfaat lain saledrinya 🙂

  25. Wah aku baru tau manfaatnya saledri. Jadi dikuar negeri udah trend ya mbaa ? Aku taunya dari postingan chelsea olivia sih mbaa dulunya. Tapi sepertinya ini cocok deh untuk dicobaa. Thank you so much mbaaa informasinyaa

  26. Radang dan pencernaan terganggu aku sering banget mba ngerasain. Jadi tipsnya memang bagus adalah mengonsumsi jus seledri ya. Pengen coba bikin tapi doyan nggak ya aku hahahya

  27. Waktu awal ditawarin minum jus seledri agak takut, kebayang rasanya agak aneh kalau menurutku. Eeeehhhh… pas kebenaran waktu itu harus minum jus seledri, malah bikin nagih banget ya.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.