ovo | invest untuk dana darurat
Lifestyle

Menyiapkan Dana Darurat Keluarga dengan OVO | Invest

Alhamdulillah saat ini kita sudah menjalani sepertiga bulan Ramadan. Bulan suci umat Islam ini selalu mengingatkan saya pada hikmah yang bisa kita dapatkan, yaitu keikhlasan. Selain ikhlas beribadah kepada Allah juga tentunya ikhlas dalam hubungan dengan orang lain, termasuk sedekah.

Teman-teman tentu tahu ya kalau berdasarkan hadits HR. Bukhari 146, para ulama berpijak bahwa bersedekah kepada keluarga lebih diutamakan daripada orang lain. Soal keikhlasan bersedekah kepada keluarga ini, bisa termasuk ketika seorang ibu harus menafkahi anak-anaknya, lo. Seperti yang dilakukan oleh ibu saya setelah bercerai dengan suaminya yang juga ayah kami.

hadits keutamaan sedekah

Sebagai single mom yang selama pernikahannya menjadi ibu rumah tangga, tentu bukan hal mudah bagi beliau untuk menghidupi kami tanpa bantuan dari mantan suami. Alhamdulillah, Allah memberikan banyak bantuan melalui orang-orang terdekat sampai akhirnya ibu saya bisa mendapatkan pekerjaan di tempat yang bagus dan karier yang cemerlang.

Selama itu, saya tidak pernah mendengar ibu mengeluh keberatan harus membiayai kami. Beliau #RaihIkhlas kerja keras untuk kami. Bahkan di usia senjanya beliau sering berkata, “Kalau kalian nggak jadi tanggungan saya, belum tentu saya bisa seperti ini. Jadi yang saya dapat itu ya rezeki kalian, tapi lewatnya ke saya.”

Nah, belajar dari pengalaman ibu saya yang harus berjuang menghidupi anak-anaknya, saya merasa harus punya tabungan atau dana darurat keluarga untuk menghadapi hal-hal tidak terduga. Apalagi dalam keluarga kami, suami saya adalah pencari nafkah utama. Sedangkan saya ya bekerja lepas hanya untuk menambah uang jajan saya dan anak-anak aja.

Baca Juga: Peluang Penghasilan dari Blog

Tentang Dana Darurat dan Manfaatnya

Dana darurat adalah simpanan yang dipersiapkan untuk menghadapi keadaan darurat di masa depan. Buat kami yang sudah mengalami masa paceklik dengan tidak adanya pendapatan tetap selama setahun karena pandemi, punya dana darurat itu penting sekali. Tabungan dari dana darurat inilah yang membuat kami tetap bisa membiayai kebutuhan sehari-hari sampai akhirnya ada pemasukan tetap lagi.

Selain itu dana darurat juga bisa digunakan saat ada keperluan mendesak. Misal untuk biaya berobat ketika sakit jika tidak ditanggung oleh asuransi. Atau dapat juga untuk biaya perbaikan aset pribadi seperti renovasi rumah atau perbaikan kendaraan.

dana darurat

Idealnya, setiap keluarga memiliki dana darurat sebesar 6-12 kali pengeluaran bulanan. Sedangkan bagi teman-teman yang lajang sebaiknya punya dana darurat 3-6 kali pengeluaran bulanan.

Kalau melihat nominalnya memang terlihat besar banget, ya. Kalau pengeluaran sebulan Rp 5.000.000 setidaknya kita harus punya Rp 50.000.000 sebagai dana darurat keluarga. Gimana tuh ngumpulin uang sebanyak itu?

Nah, selama ini kami mengumpulkan dana darurat dengan menabung 5-10% penghasilan di bank atau emas. Ini sesuai dengan anjuran bahwa sebaiknya dana darurat ini bersifat mudah dicairkan saat dibutuhkan.

Baca Juga: Menabung Saja Tidak Cukup

Reksadana Pasar Uang untuk Dana Darurat

Baru-baru ini aja saya tahu kalau kita bisa mengumpulkan atau menyimpan dana darurat dalam bentuk reksadana pasar uang. Ini adalah bentuk investasi di mana kita mempercayakan sejumlah uang kepada manajer investasi untuk diolah dalam bentuk surat utang atau deposito.

Investasi pada reksadana pasar uang ini dapat digunakan untuk dana darurat karena bersifat jangka pendek dan mudah dicairkan. Kita juga bisa berinvestasi dalam jumlah kecil. Jadi nggak harus menunggu punya uang sekian juta untuk dimasukkan ke deposito atau membeli surat utang negara.

Baca Juga: Financial Planning

Karena uang kita diolah ke dalam instrumen yang cukup aman, reksadana pasar uang ini memiliki profil risiko yang cukup rendah. Sehingga kita nggak perlu takut dana darurat kita habis kalau diinvestasikan di sini.

Imbal hasil atau keuntungan yang didapatkan dari reksadana pasar uang juga cenderung stabil dan biasanya tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi global. Hanya saja, memang nggak sebesar investasi di instrumen yang lebih agresif, ya.

Menyiapkan Dana Darurat dengan OVO | Invest

Sekarang saya menemukan cara baru untuk #RaihIkhlas berinvestasi pada reksadana pasar uang. Yaitu melalui OVO | Invest.

Teman-teman pasti sudah familiar dengan aplikasi uang elektronik OVO ya. Nah, pada tanggal 26 Januari 2021 lalu, OVO dan Bareksa meluncurkan produk reksadana pasar uang yang dikelola oleh Manulife Aset Manajemen Indonesia. Produk ini bernama Manulife OVO Bareksa Liquid atau MOBLI.

OVO | Invest

Keunggulan OVO | Invest

Ketika fitur ini baru muncul di aplikasi OVO, saya langsung #GercepBiarMantep mendaftar untuk berinvestasi karena tertarik dengan klaim keunggulannya sebagai berikut:

  1. Proses pendaftaran yang mudah dilakukan dalam aplikasi OVO. Jadi nggak perlu instal aplikasi lain. Cukup pakai OVO aja udah bisa punya portofolio investasi. Praktis, kan.
  2. Pembelian produk dengan OVO Cash mulai dari Rp 10.000. Cocok banget buat teman-teman yang baru mau belajar atau sebagai sarana ngajarin anak-anak tentang investasi. Dengan nilai yang “receh” itu bahkan anak sekolah aja udah bisa tuh investasi dari uang jajan mereka, kan.
  3. Bebas biaya pembelian.
  4. Pencairan dana ke OVO Cash yang cepat, tanpa menunggu juga tanpa biaya admin.
  5. Ada potensi mendapatkan keuntungan dari imbal hasil investasi.
  6. Portofolio investasi dapat dipantau dan diatur kapan aja dalam aplikasi OVO.

Tapi karena sesuatu dan lain hal, setelah pendaftaran saya berhasil diverifikasi, saya nggak langsung berinvestasi. Baru-baru ini aja mencoba melakukan investasi di OVO | Invest dan langsung jatuh cinta dengan kemudahannya.

Mau mencoba berinvestasi di OVO | Invest?

Pertama kita harus pastikan aplikasi OVO yang kita miliki adalah versi terbaru. Lalu kita juga harus sudah menjadi member OVO Premier.

Kalau belum langsung aja lakukan pengajuan di aplikasi untuk upgrade keanggotaan menjadi OVO Premier. Dan harus punya saldo OVO Cash untuk melakukan investasi.

Kedua, pilih layanan OVO | Invest yang ada pada aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut:

Cara Pendaftaran dan Investasi

  1. Lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah yang ada. Saat mengisi pertanyaan untuk profil risiko, pilih atau jawab sejujurnya ya, supaya teman-teman bisa mendapatkan prediksi profil risiko yang akurat.
  2. Setelah itu tinggal tunggu proses verifikasi yang biasanya memerlukan waktu sampai 3 hari kerja.
  3. Setelah terverifikasi, kita bisa melakukan investasi dengan melakukan pembelian menggunakan OVO Cash.
  4. Buka aplikasi OVO, temukan fitur Invest. Di halaman OVO | Invest tap icon “Beli”, pilih perusahaan investasi. Dan masukkan nominal pembelian mulai dari Rp 10.000 dan tap Lanjutkan.

    cara pembelian ovo | invest
  5. Pada laman Konfirmasi Pembelian, sebelum menyetujui pembelian, teman-teman bisa membaca dan memahami Prospektus serta Fund Fact Sheet dari Reksa Dana terlebih dulu. Kalau sudah oke, baru deh tekan tombol Setuju.

    proses pembelian ovo | invest
  6. Setelah berhasil tunggu unit selesai diverifikasi. Proses ini biasanya memakan waktu 1-2 hari kerja. Dan selesai.

    pembelian ovo invest berhasil

Dengan cara sederhana itu kita sudah punya portofolio investasi, lo. Mau buat dana darurat seperti yang saya lakukan? Bisa. Untuk tabungan karena ingin membeli sesuatu dan takut uang terpakai untuk jajan juga bisa.

ovo | invest untuk dana darurat

Cara Mencairkan Investasi ke OVO Cash

Karena produk di OVO | Invest ini adalah reksadana pasar uang, investasi kita pun mudah dicairkan. Caranya:

  1. Buka portofolio investasi.
  2. Sentuh tombol “Jual
  3. Masukkan jumlah yang akan dijual. Minimal Rp 10.000 dan maksimal ya keseluruhan jumlah investasi kita.

    penjualan ovo invest
  4. Tap Konfirmasi dan masukkan PIN OVO kita.
  5. Dengan metode Pencairan Instan, kita akan menerima dana pencairan reksadana secara langsung ke saldo OVO Cash kita tanpa ada biaya administrasi. Dan bisa langsung digunakan.

    pencairan ovo invest

Mudah banget kan, ya. Segera investasi sekarang! Nah OVO | Invest juga sering mengadakan promo. Jadi kamu kudu pantau media sosial OVO | Invest atau akun OVO mu agar bisa update dengan promo-promonya. Saya sih langsung #GercepBiarMantep nih mau top up portofolio. Kalian juga, yuk. Baca info lebih lengkapnya di link ini, ya.

Author

alfa.kurnia@ymail.com
Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Comments

Apr 30, 2021 at 8:27 PM

Sekarang investasi makin gampang ya kak. Tinggal klik-klik berapa kali saja sudah selesai. Apalagi soal urusan dana darurat ini emang hrs gampang dicairin. Saya setuju untuk menaruh dana darurat di RDPU. Imbal hasil masih bisa bersaing dgn deposito dan tdk perlu penalti untuk mencairkannya. Aku jg mau coba ah invest di Ovo ini. Ternyata masih kerja sama dengan Bareksa ya. Mantap tuh.



Mei 1, 2021 at 10:51 AM

Wah keren ya OVO sekarang sudah ada fasilitas untuk mengantisipasi dana darurat dimasa mendatang, lebih tenang ya klo semua hal yang tidak terduga terjadi dimasa mendatang dan kita sudah siap dari sekarang.



Hendra Suhendra
Mei 1, 2021 at 6:49 PM

Betul, saya juga pernah denger statement, kalau sedekah itu sebaiknya dengan sanak kerabat keluarga terdekat dulu, setelah itu baru dengan tetangga dan juga orang lain. Lah jangan sampai kita rajin sedekah dengan orang lain, sementara ada sanak kerabat keluarga kita yang masih membutuhkan bantuan.

Keberadaan dana darurat ini sifatnya memang urgent banget. Sepertinya setiap orang wajib menyiapkan dana darurat biar siap menghadapi situasi finansial yang tidak menentu.

saya udah install OVO udah lama, tapi baru tempe kalau OVO tersedia invest juga. Nice info loh



Mei 2, 2021 at 4:41 PM

Makin ke sini cara berinvestasi kian mudah. Hanya dengan genggaman tangan kita bisa membeli reksadana. Saya juga salah satu pembeli reksadana dengan OVO. Nominalnya sangat kecil untuk memulai investasi, jadi bisa kita lakukan.



Mei 2, 2021 at 10:58 PM

sekaran OVO sudah ada investasinya yah. ini ngebuat kita lebih mudah lagi mempersiapkan masa depan untuk orang orang yang kita cintai



Mei 2, 2021 at 11:13 PM

Ternyata OVO selain bisa untuk transfer dan bayar-bayar, ada OVO Invest yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan dana darurat ya. Mudah saja prosesnya dan bisa mulai dari 10rb cukup dari satu aplikasi, bisa nih sekalian untuk belajar investasi



Mei 3, 2021 at 7:31 AM

Saya kebetulan juga coha OVO Invest ini, Mbak. Jadi awalnya saya lihat iklannya di OVO. Saya klik dan tertarik. Alhamdulillah sekarang, kalau ada fee job, saya arahkan ke OVO. Mau 20 ribu, 50 ribu, sampai 100 ribu, langsung masuk OVO Invest. Sangat membantu, dan memang bisa dana darurat bagi saya yang freelance. Kapan butuh, langsung bisa dijual dan hari itu langsung masuk ke saldo OVO.



Mei 3, 2021 at 1:18 PM

kaaaan, aku jadi pengen investasi di ovo jugaaa
soalnya duit di ovo nganggur, kan eman-eman ya
hmm mari kita coba, biar duitnya nggak diem



Mei 3, 2021 at 1:42 PM

enaknya di ovo invest ini, uangnya bisa dicairkan sewaktu-waktu
langsung dikirimkan ke saldo ovo
jadi nggak perlu nunggu berhari-hari kalau lagi butuh uang



hani
Mei 3, 2021 at 9:56 PM

Kok aku baru tahu ya ada OVO Invest ini. Coba cek ah aplikasi. Jadi pakai OVO engga cuma untuk beli-beli dan bayar Grabfood aja…hehe…
Bener banget aku setuju. Kita harus punya dana darurat untuk jaga-jaga.



Jasmi Bakri
Mei 4, 2021 at 10:05 PM

Makin banyak aja ya lahan untuk investasi. Makin gampang aja gitu mau invest uang. Aku mau coba OVO invest ini. Soalnya bisa top up dengan nominal kecil mulai dari 10.000. Jadi gak membebani kan?



Mei 4, 2021 at 10:08 PM

Setuju, Mbak, dana darurat itu penting sekali, karena kita gak tau apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Kalau dihitung-hitung memang cukup besar dana darurat yang dibutuhkan. Untungnya ada OVO Invest yang bisa mempermudah kita mengumpulkan dana darurat dengan nominal yang gak terlalu besar.



Mei 4, 2021 at 11:32 PM

Pentingnya punya dana darurat untuk keburuhan mendesak sudah aku rasakan juga. Meski habis tapi gak kebingungan saat butuh & tinggal direncanakan lagi untuk mengisi dana darurat itu lagi. Sekarang OVO punya Inbest ya bisa buat menyiapkan dana darurat



Mei 5, 2021 at 9:21 AM

Baru tahu OVO punya fitur investasi yang memudahkan begini, Mbak. Kebetulan aku sering pakai OVO buat beli-beli di marketplace. Udah Premier juga, jadi penasaran mau cobain. Cuma 10.000 aja udah bisa beli reksadana ya, apalagi konon reksadana paling aman dibanding investasi lain. Kalau nunggu nabung kadang kelamaan ya terkumpul uang buat dana darurat karena jumlahnya memang besar. Makasih ya sharing infonya, bermanfaat banget.



Mei 5, 2021 at 9:52 AM

Aku juga pakai OVO Invest buat merencanakan keuanganku mbak. Soalnya gampang, nggak perlu install aplikasi2 lain. kebetulan dompet digital yang kupakai ya cuma OVO. Jadi sekalian aja dimaksimalkan, hehe.



Mei 5, 2021 at 10:03 AM

Nah, belajar dari pengalaman ibu saya yang harus berjuang menghidupi anak-anaknya, saya merasa harus punya tabungan atau dana darurat keluarga untuk menghadapi hal-hal tidak terduga. Apalagi dalam keluarga kami, suami saya adalah pencari nafkah utama. Sedangkan saya ya bekerja lepas hanya untuk menambah uang jajan saya dan anak-anak aja.

setuju banget mba….ini penting banget buat ibu rumah tangga



Mei 5, 2021 at 1:57 PM

Selama ini saya juga mengandalkan emas sebagai dana darurat, sering baca reksadana tapi belum mencobanya langsung karena masih takut dengan risikonya sih, tapi dengan OVO | Invest ini tingkat risikonya lebih rendah ya, jadi tertarik juga nih.



Artha Nugraha Jonar
Mei 5, 2021 at 2:28 PM

Saya setuju banget nih dengan pentingnya dana darurat. Kadang kita gak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang.
Ovo invest ini kabar gembira bagi pengguna Ovo ataupun yang mau berinvestasi. Kalau punya Ovo, bisa sekalian nih investasi di sini.



Mei 5, 2021 at 2:46 PM

Ya ampun ini gampang banget ya kak cara pakenya. Aku yang awam soal reksadana kayaknya bisa nih mulai investasi di OVO Invest ini.



Fenni Bungsu
Mei 5, 2021 at 3:45 PM

Di OVO nggak hanya bisa buat transfer, bayar²an, sedekah, tapi juga bisa nih investasi. Makin lengkap banget punya aplikasi kece ini.



Mei 5, 2021 at 3:46 PM

Selama ini yang kebayang investasi tuh ribet dan butuh modal besar ternyata sekarang mudah ya tinggal buka aplikasi ovo, makasih infonya



Mei 5, 2021 at 9:58 PM

Sejak tahu OVO bisa invest, saya langsung invest juga mulai 10ribu
Daripada jajan mending investasi ye kan?!



Euisry Noor (isrinur.com)
Mei 5, 2021 at 11:52 PM

Makin mudah dan praktis aja ya sekarang untuk bisa berinvestasi. Terjangkau banget juga, bisa mulai dari 10rb doang. Cocok banget buat pemula yg baru mau belajar investasi nih. Mana gampang dicairkan via OVO pula ya



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.