Blogwalking, Etika dan Manfaatnya

Teman-teman blogger mungkin sudah familiar ya dengan istilah blogwalking. Bahkan bisa jadi sudah rutin melakukannya. Tapi bagi teman-teman PojokMungil yang baru mulai ngeblog bisa jadi belum tahu nih apa itu blogwalking. Nah, kalau gitu yuk sini kita ngobrol tentang kegiatan menarik ini.

Blogwalking secara umum adalah kegiatan mengunjungi blog atau situs orang lain untuk tujuan tertentu. Tujuannya apa? Ya biasanya sih untuk mencari informasi di blog tersebut. Sederhana kan?

Tentang Blogwalking

Dulu dan Sekarang

Jaman saya baru mulai ngeblog 10 tahun yang lalu, blogwalking biasanya dilakukan secara organik. Maksud saya tu, ya kita berkunjung ke blog orang karena tautannya muncul di laman pencarian saat kita menuliskan kata kunci tertentu di mesin pencari. Atau kita main dan berkomentar ke blog orang karena memangkenal dan tulisannya menarik atau kabarnya selalu kita tunggu.

manfaat blogwalking

Sebenarnya sekarang pun mengunjungi blog dengan cara dan tujuan seperti itu juga masih dilakukan. Tapi ada juga yang melakukan blogwalking untuk meningkatkan eksposure terhadap blog atau artikel yang dia tulis di blognya. Untuk tujuan ini biasanya blogger mengikuti sebuah list blogwalking, di mana para blogger bersepakat untuk saling mengunjungi dan berkomentar di artikel tertentu dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Aku tuh baru tahu lo, kalau ada grup-grup saling komen di blog gitu. Pantesan kok blog orang selalu rame komennya sementara blog aku sepi-sepi aja.

Seorang teman pernah ngomong gitu ke saya dan saya amini hahaha. Walau menurut saya belum tentu blog orang komennya rame karena dia ikut list blogwalking. Banyak juga kok blogger yang saya yakin dia nggak ikutan list gitu tapi kolom komentarnya selalu rame dan relevan dengan kontennya karena memang tulisannya menarik dan informasinya dibutuhkan orang sehingga selalu muncul di halaman muda mesin pencari atau dia sudah punya pembaca setia yang akan selalu datang tiap ada tulisan baru.

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis Blog dan Alasan Saya Melakukannya

Jujur aja saya baru rajin ikut list blogwalking di awal tahun lalu, dimulai dari satu WAG salah satu komunitas blogger sampai bergabung di banyak sekali grup support blogging. Dan beberapa bulan ini saya juga membantu komunitas Ibu Ibu Doyan Nulis untuk jadi co-admin di WAG blog supportnya yang tiap minggu buka list blogwalking dan Instagram walking. Mau gabung juga? Khusus perempuan yah, kalau mau ikutan gabung dulu di Facebook Group IIDN ya.

blogwalking iidn

Dari grup-grup tersebut saya belajar banyak hal tentang manfaat dan etika saling mengunjungi dan berkomentar di blog ini yang saya harap bisa bermanfaat juga untuk teman-teman yang rajin atau mau ikutan blogwalking. Apa aja? Bahas satu-satu yuk.

Manfaat Blogwalking

Blogwalking secara natural maupun dengan mengikuti list di grup-grup blogging support memiliki banyak manfaat antara lain:

1. Mendapat pengetahuan dan informasi baru.

Saat mengunjungi blog atau situs orang lain, pasti kita akan mendapatkan informasi yang bisa jadi belum pernah kita tahu sebelumnya. Seperti menemukan tempat wisata baru di kota A atau mengetahui ritual budaya yang dilakukan di daerah B. Bisa juga menemukan resensi produk yang bikin kita ingin membelinya.

2. Mempelajari gaya menulis blogger lain.

Tiap blogger pasti punya ciri khas sendiri. Dan kalau kita suka heran kenapa blogger X itu artikelnya selalu dibagikan oleh orang banyak, blog D selalu menang lomba atau blogger N punya banyak fans, nah manfaatkan blogwalking untuk mempelajari kelebihan tulisan mereka.

Oh, ternyata blog D itu sering menang lomba karena risetnya kuat dan storytellingnya bagus. Kalau blogger X itu artikelnya selalu dibagikan banyak orang karena tema yang ditulis relevan dengan keadaan sekarang dan mewakili opini pembacanya. Sedangkan blogger N punya banyak fans karena gaya menulisnya tuh kaya lagi ngobrol sama pembaca. Nah keistimewaan itu bisa kita amati, tiru dan modifikasi (ATM) sesuai dengan gaya kita sendiri sehingga blog kita bisa jadi lebih baik lagi.

3. Memperoleh backlink.

Dengan berkomentar di blog orang lain, kita bisa memperoleh backlink ke blog kita sendiri. Backlink ini berupa tautan yang mengarah ke blog kita sendiri. Kita dapat melakukannya dengan cara menuliskan nama dan url blog kita di bagian profil pemberi komentar. Tapi jangan sekali-kali meninggalkan link di bagian komentar ya. Kebanyakan blogger akan menghapus komentar yang mengandung tautan seperti itu.

4. Meningkatkan kemampuan menulis.

Berkomentar di blog lain bisa kita jadikan ajang latihan mengungkapkan opini kita terhadap isi artikel tersebut secara simpel dan sederhana. Ya asal komentarnya nggak sekadar, “Bagus, Gan!” “Keren banget, Kak!” “Anaknya lucu, Mom.”

Selain keempat manfaat ini, sebenarnya ada manfaat lain blogwalking seperti dipercaya dapat meningkatkan kualitas SEO blog kalau blog yang kita kunjungi dan komentari itu satu niche atau setema dengan blog kita. Namun, berhubung saya belum paham banget soal SEO ini jadi nggak berani dibuat poin sendiri. Apalagi tiap master SEO punya pandangan yang berbeda tentang ini.

Kalau sudah tahu manfaat blogwalking, jadi bakal sering jalan-jalan ke blog teman dan berkomentar di sana kan? Atau mau langsung ikut list BW? Eh, tunggu dulu. Sebelumnya yuk baca tentang etika blogwalking.

Etika Blogwalking

Iya, blogwalking memang ada aturan atau etikanya, apalagi kalau kita tergabung dalam grup atau list blogwalking untuk blogger. Kenapa? Ya supaya sama-sama nyaman dan menguntungkan. Jangan sampai komentar kita merugikan pemilik blog. Apa aja aturannya?

1. Baca dan pahami artikel.

Usahakan membaca artikel yang kita kunjungi secara menyeluruh sampai kita tahu poin-poin penting yang ingin disampaikan si penulis. Minimal tinggalah di artikel tersebut selama 2 menit dan cari hal atau poin menarik yang dapat kita jadikan bahan untuk berkomentar.

2. Komentar dengan baik dan relevan dengan artikel.

Kalau kita sudah membaca artikel dengan seksama kan jadi bisa menulis komentar yang baik dan sesuai dengan konten. Nggak cuma, “Oke, Bro!” Jadikan sesi menulis komentar ini ajang mengasah kemampuan menuliskan pendapat kita dengan baik.

Oh, satu lagi, sesama blogger kadang kan kita tahu ya artikel yang sedang kita baca ini paid review atau artikel organik. Kalau memang sekiranya paid review tulislah komentar yang tidak menyerang produk yang ditulis.

Memang sih hak kita untuk menyampaikan pendapat kalau tidak setuju. Tapi kita bisa menulis seperti, “Kakak cocok ya pakai produk ini? Kok aku jadi bruntusan ya pakai serum ini? Mungkin ada kandungan yang nggak cocok untuk kulitku ya, Kak.” Kan rasanya lebih enak dibaca daripada, “Ah, serum ini jelek. Bikin jerawatan aja!”

Nah, buat blogger yang mendapat komentar kurang menyenangkan terhadap produk atau tempat atau jasa yang sedang direview nggak usah sensi. Tips dari blogger keren Vicky Laurentia, kita bisa kok menanggapinya dengan menuliskan hal-hal baik yang kita alami, rasakan, dapatkan dari produk tersebut.

Contoh: “Ah, restoran itu makanannya nggak enak!” Jawab aja, “Saya suka kok makan di sini karena pelayanannya bagus, harganya juga bersahabat dengan kantong.”
Atau “Duh, Mbak aku tuh pakai sabun ini jadi kering lo kulitku!” Kita bisa balas, “Oya, kalau aku tuh punya kebiasaan tiap abis mandi selalu pakai pelembab lagi meski sabunnya udah mengandung pelembab jadi kulitku nggak pernah terasa kering pakai sabun ini.”
Yah pinter-pinternya kita lah ya menanggapi berbagai komentar yang muncul di blog. Kan nggak semua orang punya isi kepala yang sama dengan kita.

3. Tidak meninggalkan link hidup.

Seperti yang sudah saya tulis di atas, jangan meninggalkan link hidup di komentar kita karena bisa merugikan blog yang kita kunjungi. Tulis aja linknya di profil pemberi komentar sudah cukup kok.

4. Komitmen

Ini khusus untuk peserta list blogwalking ya. Kalau sudah menuliskan nama kita di sebuah list, berarti harus amanah melakukan blogwalking ke semua peserta list sampai batas waktu yang ditentukan. Ini memang sulit untuk dilakukan karena setiap list biasanya berisi lebih dari 20 peserta. Dan saya yakin banyak teman blogger yang mengikuti lebih dari satu list setiap pekannya. Tapi ya usahakanlah untuk komit, karena kalau sampai melewati tenggat waktu atau malah nggak mau melakukan kewajibannya karena malas ya selain dapat pinalti dari admin grup juga akan mengecewakan teman-teman lain.

Kan sayang kalau sampai hubungan dengan teman-teman blogger jadi renggang hanya karena nggak balik BW dan komen di blog mereka, padahal salah satu tujuan dan manfaat blogwalking adalah untuk mempererat keakraban sesama blogger.

Nah, begitulah sekilas tentang blogwalking, manfaat dan etikanya. Jadi teman-teman PojokMungil sudah punya berapa grup list blogwalking nih di whatsappnya? Atau mungkin punya pengalaman seru saat blogwalking? Yuk sharing di kolom komentar.

alfakurnia
Posts created 345

6 tanggapan pada “Blogwalking, Etika dan Manfaatnya

  1. Jujur saya suka ikutan ngelist kalo ada grup buat BW. Tapi belakangan suka malas ikut karena kebanyakan mereka kan datang ke blog hanya buat memenuhi kewajiban. Kadang ada yang komentar ala kadarnya. Saya maklumi mungkin karena nggak tertarik buat baca tulisanku jadinya nggak tahu mau kasih komentar apa. Kalo saya pribadi juga agak kesulitan mengomentari artikel blog yang berbau soal hukum atau produk kecantikan, hi, hi… Jadi saya blogwalking secara mandiri saja, terserah mau dikomen balik atau tidak.

  2. Sudah dua hari ini, saya mempraktikkan untuk diri saya sendiri mengunjungi blog siapapun yang saya tidak kenal atau baru kenal, harapan saya supaya saya bisa mengaktifkan daya nalar untuk menulis di blog, juga mencoba secara mandiri menaikkan DA PA, setiap harinya saya berusaha untuk mengunjungi lima blog, dan blog ini salah satunya yang saya kunjungi.

  3. Saya mulai aktif blogwalking juga tahun ini, tepatnya ketika mau serius menghidupkan blog lagi. Sebelumnya blogwalking hanya sekedar baca tanpa meninggalkan komentar.

    Tidak bisa dipungkiri memang kita berkomentar itu terkadang ada harapan supaya blog juga minimal dikunjungi. Tapi, dari blogwalking saya malah mendapat banyak teman baru. Berkunjung ke blog orang, melihat2 siapa yang komen dan kunjungi juga malah membuat saya mendapatkan banyak blog blog bagus yang saya tidak tau sebelumnya. Suka saja mengobrol dan saling support dengan sesama blogger. Makanya saya sekarang rajin untuk blogwalking demi mendapat teman baru.

  4. Wah serius, aku baru tau soal list blogwalking maklum masih blogger newbie soalnya hehe🙈 Terima kasih mba Alfakurnia, banyak ini infonya yang membantu banget. Bakalan aku pakai tips-tipsnya terutama untuk ikutan list blogwalking biar semakin banyak pengalaman, wawasan dan teman baru <3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas