2 Resep Olahan Buah yang Asam Agar Disukai Keluarga

Saya ini pecinta buah, rata-rata semua buah yang pernah saya coba ya saya suka. Jadi ketika ada yang tanya buah apa yang nggak disukai ya agak bingung juga. Sampai saya tanya ke suami, “Apa ya buah yang saya nggak suka?” Dan dia pun bingung menjawabnya. Akhirnya saya sampai pada kesimpulan bahwa saya menyukai semua buah yang pernah saya coba kecuali buah yang asam.

Iya, saya memang nggak suka buah yang asam. Meskipun versi manisnya saya suka banget. Jadi kalau apel tuh saya nggak suka apel hijau yang asam, begitu juga mangga muda, jeruk dan keluarga beri-berian yang kecut. Bahkan saat hamil dulu, ketika kebanyakan ibu ngidam mangga muda saya tetap nggak bisa makan kecuali yang sudah dibikin manisan.

buah yang asam

Padahal suami saya justru kebalikannya. Dia suka banget itu mangga muda, nanas yang masih agak kecut, salak yang agak sepet. Anak bungsu saya dulu waktu balita juga suka banget makan strawberry meski kecut sampai bisa satu kotak kecil strawberry itu dia habiskan sendiri. Nah, demi menyenangkan suami itu kadang ada stok buah yang asam di rumah. Nggak jarang juga niatnya beli buah yang manis seperti mangga, nanas, jeruk tapi kok dapatnya yang masam.

Supaya buah yang asam ini nggak terbuang sia-sia karena yang makan cuma seorang di rumah, bisa kok diolah menjadi makanan atau minuman yang disukai anggota keluarga yang lain.

Olahan Buah yang Asam Agar Disukai Keluarga

Smoothies

Mencampur buah yang asam dengan buah-buahan lain yang manis untuk dijadikan smoothies adalah cara yang paling sering saya lakukan. Campuran yang tepat adalah buah asam seperti mangga muda, nanas, kiwi, beri-berian dengan buah seperti pisang, buah naga atau pepaya yang manis. Kalau perlu tambahkan sayuran supaya makin sehat. Kasih madu sedikit supaya terasa lebih manis.

green smoothies

Resep smoothies favorit saya adalah Beginner’s Luck dari situs simplegreensmoothies.com, sebagai berikut:

Bahan:

1 cup bayam atau kale
Mangga, nanas dan pisang yang dipotong kecil-kecil sesuai selera
1 cup air minum atau susu (UHT, kedelai, almond, dll) rasa plain
1 sdm biji-bijian superfood (optional)

Cara Membuat:

  1. Blender air atau susu dengan bayam atau kale sampai daun-daunan itu halus.
  2. Campur nanas, mangga dan pisang. Blender sampai teksturnya creamy.
  3. Sajikan segera dengan taburan chia seed atau biji-bijian super food lainnya.

Rasa smoothies ini segar karena ada nanas dan mangganya sekaligus manis dari pisang. Supaya smoothies lebih creamy dan sayuran mudah tercampur sampai lembut, bekukan dulu buah-buahan semalam sebelum membuat smoothies.

Karena sehat dan mengenyangkan, smoothies beginner’s luck ini cocok banget untuk sarapan. Jadi kalau anak-anak nggak suka makan-makanan berat di pagi hari. Coba deh bikin minuman sehat ini untuk mereka.

Isian Apple Pie ala McD

Kalau punya stok nanas atau apel hijau granny smith atau apel malang yang asam dan nggak ada yang mau makan jangan buru-buru dibuang. Meski enak juga kalau dijadikan smoothies, si nanas dan apel ini lebih enak dijadikan isian pie, baik pie klasik maupun pie goreng ala Mc Donald. Mau coba? Ini resepnya yang saya contek dari youtuber favorit saya Devina Hermawan. Tapi saya modifikasi juga ya seperti kalau Devina bikin kulit pastry sendiri, saya tim mamak suka yang praktis. Jadi saya pakai puff pastry siap pakai aja.

Bahan:

Kulit Pie: puff pastry siap pakai

Isian Pie:
4 buah apel Malang atau Granny Smith
7 sdm brown sugar
1 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt pala bubuk
2 sdm mentega
1 sdm air lemon
Garam secukupnya

Cara Membuat:

  1. Potong apel kotak-kotak kecil.
    Supaya apel nggak oksidasi dan berwarna hitam, potong apel tepat sebelum ditumis. Jadi sambil potong apel sambil panasin wajan gitu ya.
  2. Tumis apel dan masukkan brown sugar. Masak apel sampai cenderung layu dan kandungan airnya berkurang. Jadi teksturnya kental dan seperti sirup.
  3. Masukkan kayu manis bubuk dan pala bubuk. Aduk rata.
  4. Tambahkan mentega aduk lagi sampai mentega leleh semua dan tercampur rata. Matikan api.
  5. Setelah nggak ada lagi bubbles di adonan apel, bisa kita tambahkan air lemon.
  6. Aduk adonan sampai kental. Dinginkan sampai suhu ruang lalu simpan dalam lemari es.
  7. Siapkan puff pastry, potong-potong sesuai ukuran apple pie yang kita inginkan dan oleskan sedikit air di ujungnya.
  8. Isikan apel ke atas puff pastry lalu lipat.
  9. Gunakan garpu untuk menutup ujung puff pastry.
  10. Panaskan minyak goreng sampai suhu 180 derajat.
  11. Goreng apple pie sampai berwarna keemasan.
  12. Tiriskan dan sajikan hangat.

Anak-anak saya suka banget apple pie ala McD ini. Padahal kalau disuruh makan apel hijau yang agak kecut itu mereka nggak mau. Dengan mengolah si apel jadi isian pie ini anak-anak bisa makan buah yang asam itu dalam bentuk camilan favorit mereka.

Baca Juga: Resep Banana Muffin Yang Lembut dan Mudah

Nah, kalau teman-teman PojokMungil punya nggak buah yang nggak disukai? Ayuk cerita di kolom komentar.

alfakurnia
Posts created 345

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas