KRAFT Crolette, Menu Sahur Praktis, Enak dan Bernutrisi

KRAFT Crolette, Menu Sahur Praktis, Enak dan Bernutrisi

Alhamdulillah, kita sudah hampir melalui separuh bulan Ramadan. Masih semangat nyiapin makan sahur, kan?

Masak sahur memang jadi tantangan sendiri, ya. Apalagi kalau punya anak yang masih belajar puasa seperti anak bungsu saya. Kalau ngikutin maunya dia bisa-bisa setiap sahur maunya makan spaghetti saus keju atau nasi putih sama telur atau keju doang, hehehe.

Yah, secara kalau sahur tuh rasanya kurang selera ya mau makan macam-macam. Padahal, kan, tetap harus makan yang bernutrisi supaya kuat puasanya dan badan tetap sehat di bulan Ramadan.

Menu Sahur yang Dianjurkan

Memilih menu sahur memang enggak bisa sembarangan. Kadang dengan alasan praktis dan biar kenyang kita memperbanyak nasi atau makanan lain yang berkalori tinggi. Trus kurang memperhatikan kandungan lain seperti protein dan serat.

Padahal, meski puasa dan memilih menu sahur praktis, kita tetap harus makan makanan dengan gizi seimbang dalam porsi yang cukup. Supaya badan tidak lemas dan kuat menjalankan puasa sampai waktunya berbuka. Untuk memenuhi kebutuhan itu, menu sahur yang dianjurkan sebaiknya terdiri dari:

Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat itu penting banget ya untuk tubuh kita karena berfungsi menyediakan energi utama bagi tubuh. Jadi meski sedang diet pun jangan hindari karbohidrat.

Tapi sebaiknya pilih karbohidrat kompleks untuk sahur. Sebab, jenis karbohidrat ini lebih lama dicerna oleh tubuh. Sehingga memberi rasa kenyang dan energi yang lebih lama.

Contoh karbohidrat kompleks yang bisa kita konsumsi adalah oatmeal, roti gandum, kentang, nasi merah atau ubi jalar dengan porsi 1-2 porsi untuk makan sahur.

Protein

Protein juga dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Selain berfungsi memperbaiki dan membangun jaringan dalam tubuh. Protein juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, lho.

Jadi sebaiknya masukkan makanan sumber protein seperti ikan, daging tanpa lemak, telur, keju, tahu, tempe, ayam dan kacang-kacangan dalam menu sahur.Kalau berdasarkan advice dan meal plan yang diberikan oleh Dietela, lebih bagus lagi kalau ada protein nabati dan hewani dalam 1 kali makan.

Isi Piringku Kemenkes

Sayuran dan Buah-buahan

Sayur dan buah-buahan mengandung nutrisi serat yang tinggi. Sehingga bisa membantu kita kenyang lebih lama dan mencegah sembelit.

Selain itu juga mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat mempertahankan kesehatan tubuh kita. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, kita bisa makan 2-3 porsi sayur dan buah saat sahur. Kalau menurut panduan Isi Piringku dari Kemenkes, porsi sayur ini 1/3 dari keseluruhan isi piring. Sedangkan buah cukup 1/6.

Air Putih

Air putih ini harus banget diminum saat sahur, minimal 2 gelas. Selain untuk mencegah dehidrasi, minum air diperlukan untuk memperlancar pencernaan dan membantu metabolisme tubuh.

Menu Sahur Praktis untuk Anak

Jujur aja, agak sulit buat saya untuk membujuk si bungsu mengkonsumsi makanan sahur yang sesuai isi piringku. Tapi setidaknya saya berusaha minimal ada protein dan karbohidrat juga buah dan air putih dalam menu yang sederhana.

Omelette telur dan keju adalah menu sahur praktis yang bisa menggugah selera makan si bungsu. Tapi, kalau terus-terusan diolah dalam bentuk yang sama rasanya bosan juga, ya. Jadi, ketika saya lihat menu KRAFT Crolette di Instagram @kraft_id, langsung deh pengen nyoba.

KRAFT Crolette, Omelette Keju yang Unik dan Bernutrisi

Menurut saya menu ini adalah variasi dari omelette dan keju. Hanya saja kalau biasanya kejunya dicampur dalam omelette, di Crolette tuh kejunya dibuat jadi kek crown, makanya namanya jadi Crolette singkatan dari Crown Omelette.

KRAFT Crolette

Masakan ini bisa jadi salah satu menu sahur untuk anak karena rasanya yang enak, bentuknya yang unik dan tentunya bernutrisi. Secara terbuat dari telur dan keju, ya. Resep lengkapnya adalah:

Resep KRAFT Crolette

Bahan:

  • 2 buah butir telur
  • 1 buah KRAFT Cheddar Mini 30 gram
  • Lada & garam secukupnya
  • 30 ml susu UHT plain (optional)
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Omelette:

  1. Aduk rata telur, susu, lada & garam. Bisa tambahkan sayuran kesukaan si kecil agar omelette lebih kaya serat.
  2. Tuangkan omelette ke dalam pan yang sudah diberi minyak goreng secukupnya.
  3. Setelah setengah matang, lipat omelette. Masak hingga matang dan sisihkan.

Cara Membuat Crown:

  1. Tuang parutan keju KRAFT Cheddar Mini 30 gram ke pan anti lengket.
  2. Letakkan omelette di tengah parutan keju. Biarkan selama 2 menit atau sampai parutan keju berwarna keemasan.
  3. Perlahan angkat omelette dari pan, biarkan sejenak di atas sutil sampai keju mengering.
  4. Letakkan crolette di atas piring dengan posisi omelette berada di bawah.
Resep KRAFT Crolette menu sahur praktis

Simpel, kan. Bisa dong langsung dicoba, yuk. Tapi, sebelumnya saya mau ngasih tips nih biar KRAFT Crolette-nya berhasil

Tips Membuat KRAFT Crolette

  1. Gunakan pan anti lengket atau teflon agar keju enggak lengket dan mudah diangkat.
  2. Pastikan hanya menggunakan keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck. Karena yang sudah teruji berhasil ya pakai KRAFT Cheddar. Tekstur kejunya tuh kokoh karena berbahan baku utama keju cheddar (bukan air atau tepung).
  3. Parutan keju disebar secara merata, jangan terlalu tebal di salah satu sisi.
  4. Gunakan api sedang cenderung kecil, ya, biar keju masak merata dan bagus.

Kenapa Harus KRAFT Cheddar?

Seperti yang saya bilang di atas, untuk keberhasilan pembuatan crown omelette, kuncinya di penggunaan keju yang tepat. Yaitu keju KRAFT Cheddar #KejuAsliCheck.

Kenapa dibilang #KejuAsliCheck? Karena, KRAFT Cheddar ini terbuat dari bahan utama Keju Cheddar asli New Zealand. Bisa dibuktikan dari daftar ingredients yang tertera dalam kemasan KRAFT Cheddar. Di mana keju cheddar ada dalam urutan pertama, bukan air atau tepung.

Selain itu KRAFT Cheddar juga dilengkapi dengan nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, sumber protein dan vitamin D. Kandungannya yang tinggi protein dan kalsium inilah yang membuat crown sempurna dan enggak mudah patah saat dipanaskan. Sehingga membuat bentuk Crolette jadi cantik serta menggugah selera si kecil untuk makan sahur.

Keju Asli Check

Dengan mengkonsumsi 1 porsi KRAFT Crolette menggunakan KRAFT Cheddar, kita sudah memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium harian, lho. Tinggal sisanya kita penuhi di menu berbuka puasa.

Jadi, kalau teman-teman PojokMungil bingung mencari menu praktis sahur untuk anak dan keluarga, coba deh bikin KRAFT Crolette. Selain enak, bernutrisi juga menggugah selera dengan bentuknya yang unik.

Untuk panduan lengkap memasak KRAFT Crolette, bisa tonton di Reels Instagram saya @alfakurnia atau di @kraft_id. Oya, di bulan puasa ini KRAFT Indonesia juga mengadakan lomba blog dan IG Challenge recook KRAFT Crolette dengan hadiah jutaan rupiah.

Yuk, coba menunya dan posting hasilnya di blog atau Instagram. Siapa tahu rezeki dapat hadiah, ya. Lumayan bisa jadi THR hehehe. Selamat mencoba!

Referensi:
– http://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/isi-piringku-sekali-makan
– https://www.halodoc.com/artikel/5-sumber-karbohidrat-kompleks-yang-baik-untuk-tubuh

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “KRAFT Crolette, Menu Sahur Praktis, Enak dan Bernutrisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top