Manfaat Futsal untuk Anak Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler

Manfaat Futsal untuk Anak Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler

Futsal pernah menjadi olahraga yang populer di Indonesia pada awal tahun 2000. Di beberapa kantor tempat saya pernah bekerja dulu, pasti ada jadwal latihan futsal untuk para karyawan pria. Teman laki-laki saya juga banyak yang ikut klub futsal.

Walaupun sekarang hype-nya sepertinya sudah dikalahkah oleh running dan bersepeda, futsal tetap punya penggemar tersendiri. Apalagi cabang olahraga ini sudah punya ajang pertandingan internasional.

Diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani, seorang pria berkebangsaan Portugis, futsal ini sudah ada sejak tahun 1930-an, lho. Nama olahraga ini berasal dari bahasa Portugis futbol de sala yang artinya sepak bola dalam ruangan.

Sesuai dengan namanya, futsal biasanya dimainkan dalam ruangan tertutup. Permainan mirip sepak bola ini dilakukan dalam lapangan berukuran sampai 42×25 meter. Karena arenanya kecil, pemainnya pun tidak sebanyak sepak bola.

Hanya ada 5 pemain dalam satu tim futsal yang terdiri dari 4 posisi, yaitu:

  1. Kiper yang bertugas menjaga gawang.
  2. Anchor atau jangkar sebagai pemain bertahan yang bertugas melindungi area pertahanan timnya serta mengatur serangan dari posisi belakang.
  3. Flank atau pemain sayap sebanyak dua orang di sisi kanan dan kiri yang berfungsi sebagai tumpuan serangan sebuah tim.
  4. Pivot atau striker di bagian depan. Pemain di posisi ini bertugas mencetak gol dan membuka peluang bagi pemain lain.

Futsal juga memiliki waktu permainan yang cukup singkat, yaitu 20 menit setiap babaknya. Menurut saya ini mungkin salah satu faktor orang suka bermain futsal. Dengan pemain yang sedikit dan waktu yang singkat tentu tidak sulit mengumpulkan peserta, ya.

Selain orang dewasa, futsal pun digemari anak-anak. Bahkan sekolah anak-anak saya saat ini pernah punya ekskul dan lapangan futsal yang sudah direnovasi menjadi musala.

Manfaat Futsal untuk Anak

Manfaat futsal untuk anak

Bola sepak memang permainan sekaligus olahraga yang digemari oleh anak-anak, ya. Kalau lihat sekitar, pasti mudah dijumpai anak-anak yang bermain bola di gang perumahan atau lapangan kampung. Di sekolah pun kadang anak-anak menghabiskan waktu istirahat atau menunggu jemputan dengan bermain bola sepak.

Dengan adanya futsal, hobi anak-anak bermain bola bisa tersalurkan. Karena lapangan futsal lebih mudah dijumpai daripada lapangan sepak bola. Bahkan sekolah pun bisa membuat lapangan futsal mini seluar 12×25 meter.

Futsal memang dikenal sebagai olahraga yang dapat mengembangkan berbagai macam skill. Olahraga ini menuntut refleks dan pemikiran yang cepat, begitu juga dengan kemampuan mengoper bola yang tepat.

Permainan ini juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Juga ekonomis, aman dan sederhana. Tapi enggak hanya itu, beberapa hal ini adalah manfaat futsal untuk anak:

Mengembangkan Keterampilan yang Diperlukan untuk Sepak Bola

During my childhood in Portugal, all we played was Futsal. The small playing area helped me improve my close control, and whenever I played Futsal I felt free. If it wasn’t for Futsal, I wouldn’t be the player I am today.

Cristiano Ronaldo, 106 games & 43 goals for Portugal

Berlatih futsal dapat membantu melatih keseimbangan anak, meningkatkan kemampuan motorik, melatih kelincahan dan koordinasi. Anak juga akan berlatih menguasai, mengoper dan menerima bola dengan akurat dan cepat.

Melatih Konsentrasi dan Kecepatan Berpikir

“Futsal was important in helping to develop my ball control, quick thinking, passing….also for dribbling, balance, concentration…. Futsal was very, very important, no doubt”

Pele, World Cup Winner: 1958, 1962 and 1970

Meningkatkan Kreativitas dan Kepercayaan Diri Anak

Bermain futsal dapat mendorong anak untuk menjadi kreatif dan berpikir out-of-the-box. Lapangan yang lebih kecil membuat anak punya lebih banyak kesempatan untuk menyentuh bola. Begitu juga dengan kesempatan beradu satu lawan satu dengan pemain lawan. Ini bisa membuat anak untuk lebih percaya diri dan kreatif mencoba hal-hal yang enggak bisa dilakukan di lapangan sepak bola biasa.

Secara keseluruhan, manfaat futsal untuk anak juga membuat mereka jadi lebih sehat, lebih lincah, lebih cepat, lebih kuat dan memiliki keseimbangan yang lebih baik. Tapi, manfaat futsal untuk anak ini enggak bisa diperoleh dalam waktu singkat. Diperlukan ketekunan berlatih sampai semua keterampilan itu bisa muncul.

Latihan futsal bisa dilakukan secara pribadi bersama teman-teman sepermainan, ikut ekstrakurikuler futsal di sekolah atau bergabung dengan klub futsal. Kalau ekstrakurikuler di sekolah biasanya ada di level sekolah dasar. Sedangkan klub futsal bisa diikuti oleh anak usia 3 tahun.

Yup, semuda itu bisa kok ikut klub futsal. Keenan juga pernah bergabung di klub futsal untuk anak di Sidoarjo saat baru berusia 4 tahun. Jangan bayangkan latihannya tuh kaya anak besar, ya. Tentu saja sudah disesuaikan oleh usia anak.

Ikut klub enggak berarti anak harus jadi atlet futsal nantinya. Kalaupun dia memang suka dan serius ya apa salahnya, sebagai orang tua kan kita hanya mengenalkan dan mendukung hobi anak.

COSMO JNE FC Gabung Timnas Indonesia di AFF Futsal Campionship

Syukur-syukur kelak bisa menjadi pemain futsal andal dan bergabung dengan klub futsal keren seperti COSMO JNE FC. Tahun ini COSMO JNE FC berhasil mengirimkan 4 pemain dan 2 orang official masuk ke Timnas Futsal Indonesia yang akan berlaga di Piala AFF Futsal Championship Thailand.

Keempat pemain itu adalah M. Rizki Xavier, Dewa Rizki, Firman Adriansyah, dan M. Iksan Rahadian. Mereka dipilih oleh pelatih Mohammad Hashemzadech asal Iran untuk berlaga bersama timnas pada 2-4 April 2022 nanti. Sedangkan dua orang official ada Ade Lesmana sebagai pelatih kiper dan Amril Daulay sebagai asisten pelatih.

Cosmo JNE FC

Keberhasilan ini hasil dari prestasi COSMO JNE FC yang kini berada di peringkat 2 Liga Futsal Profesional Indonesia 2021. Enggak main-main, sih, 26 poin dari 8 kali menang, 2 kali seri dan 1 kali kalah mereka peroleh dalam liga tersebut.

Membuktikan kalau talenta keempat pemain tersebut di atas rata-rata pemain futsal lain di Indonesia. Sehingga berhasil menjadi pemain ini tim nasional yang merupakan gabungan beberapa tim futsal yang berlaga di Liga Futsal Profesional Indonesia 2021.

Tahun ini memang sepertinya jadi tahunnya JNE, ya. Setelah membuka Smart Point JNE baru di Bantul dan membuat seragam baru bagi kurir, sekarang klub futsal COSMO JNE juga berhasil meraih prestasi.

COSMO JNE FC Connecting Happiness

Ini tentu menjadi kebanggaan bagi JNE, seperti yang disampaikan oleh M. Feriadi Soeprapto selalu Presiden Direktur JNE. Rasa bangga ini diutarakan beliau dalam acara “Meet and Greet COSMO JNE FC with Director” tanggal 28 Maret 2022 lalu di JNE Tomang.

Beliau juga berpesan agar selain berprestasi, COSMO JNE FC juga bisa memperkenalkan nilai-nilai dan budaya positif perusahaan JNE ke masyarakat luas. Dengan semangat connecting happiness diharapkan COSMO JNE FC bisa memberi manfaat yang besar untuk masyarakat Indonesia.

Keberhasilan COSMO JNE FC tentu tidak lepas dari dukungan penuh JNE, menurut pemilik dari klub futsal ini, Akbar Pera Baharudin. Beliau berharap dengan timnya dapat membawa Garuda Indonesia menjadi Juara 1 di AFF Thailand 2022.

Hal serupa juga diutarakan oleh kaptem tim COSMO JNE FC, Fachri Reza. Dukungan JNE berperan membawa COSMO JNE FC meraih prestasi yang membanggakan.

Selamat berlaga, Timnas Futsal Indonesia!

Referensi:
1. https://www.kompas.com/sports/read/2022/04/05/17400078/4-posisi-pemain-dalam-futsal-dan-perannya-di-lapangan
2. https://bobo.grid.id/read/08707289/futsal-olahraga-yang-mirip-sepak-bola-dan-populer-di-amerika-selatan?
3. https://futsal.com/benefits-of-futsal/
4. https://www.bkkkids.com/blog/the-benefits-of-futsal-on-your-childs-development/

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top