Ingin Membuka Toko Online? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Ingin Membuka Toko Online? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

Pakeet! Seruan kurir pembawa kebahagiaan belakangan ini semakin sering terdengar di sekitar kita. Sudah berapa kali belanja di toko online bulan ini, Teman-teman? Eh, pernahkah terpikir untuk membuka toko online untuk menambah penghasilan?

Toko online merupakan bisnis yang sedang berkembang beberapa tahun belakangan ini. Seiring dengan perubahan ke era digital dan pandemi yang memaksa untuk lebih banyak di rumah, gaya berbelanja konsumen pun berubah dari belanja offline ke online.

Beberapa waktu lalu, saya menonton sebuah video pendek di Qubisa tentang Pentingnya Toko Online. Menurut narasumber Moh. Rojib yang juga dikenal sebagai Mr. Jack, berikut adalah beberapa alasan untuk membuka toko online:

  1. Bagi pemilik toko offline, toko online dapat membantu usahanya menjadi lebih besar dan dikenal masyarakat luas. Ini terbukti sih, sebagai konsumen, saya mengenal beberapa toko offline yang ada di kota saya justru dari toko onlinenya yang ada di e-commerce langganan.
  2. Perubahan zaman membuat gaya hidup masyarakat pun berubah. Salah satunya seperti yang saya sebut di atas, yaitu cara berbelanja dari offline menjadi online.
  3. Menjangkau lebih banyak konsumen.
  4. Toko online memiliki akses yang lebih fleksibel, terutama dengan adanya berbagai e-commerce atau platform lain yang memudahkan konsumen untuk belanja.
  5. Mudah dan praktis karena konsumen bisa belanja kapan saja dan di mana saja.
tips membuka toko online

Jadi memang punya toko online dapat menjadi peluang bisnis yang bagus saat ini. Tapi sebelum membuka toko online, yuk siapkan dulu beberapa hal ini:

Siapkan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Toko Online

Ketahui Target Market

Memulai toko online yang sesuai dengan passion kita memang tidak ada salahnya. Tentu kita harus berbisnis di bidang yang kita suka dan kuasai supaya enjoy menjalani dan mengembangkannya. Tapi ketahui juga kebutuhan konsumen atau target market, supaya barang atau jasa yang kita jual ada pembelinya.

Dengan mengetahui target market, kita lebih mudah memutuskan untuk berjualan melalui platform apa. Jika target market kita adalah generasi baby boomer, mungkin lebih mudah berjualan di Facebook Shop dengan pemasaran lewat whatsapp group. Begitu juga dengan milenial yang lebih aktif di Instagram dan lebih akrab dengan e-commerce.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Toko Baju Muslim Online

Perhatikan Kualitas Produk

Dalam setiap usaha, kualitas produk adalah hal yang penting. Kualitas produk yang baik bisa membuat konsumen puas, repeat order dan mempromosikannya ke orang lain.

Dengan memperhatikan kualitas produk, kita juga dapat menentukan harga yang sesuai. Sehingga konsumen pun bisa menerima dengan baik.

Foto Produk yang Baik

Berdagang secara online memang hanya mengandalkan foto. Foto produk yang baik, jelas dengan resolusi tinggi akan memberi kesan yang bagus kepada calon pembeli.

Sebaiknya memakai foto produk asli, bukan sekadar comot dari toko sebelah atau situs penyedia gambar. Karena kepercayaan dan kepuasan pelanggan adalah dasar keberhasilan online store. Kalau produk yang diterima konsumen tidak sesuai dengan foto, tentu mereka akan kecewa, memberikan review jelek dan tidak akan kembali lagi.

Buat Konsep Pemasaran yang Bagus

Setelah melakukan keempat hal di atas, waktunya memikirkan tentang cara pemasaran yang menarik. Apakah dengan melakukan endorse kepada influencer di media sosial, memberikan promosi potongan harga atau free gift atau memasang iklan di media sosial.

Dengan begitu orang akan tertarik untuk mengunjungi toko online dan melihat produk-produk yang ditawarkan. Kalaupun belum berhasil membukukan pembelian setidaknya ada yang mengenal brand kita.

Pilih Jasa Ekspedisi yang Tepat

Salah satu pendukung keberhasilan toko online adalah jasa ekspedisi pengiriman barang. Untuk itu tentu harus memilih jasa ekspedisi yang amanah, aman dan tepat waktu. Karena konsumen biasanya menganggap toko online dan jasa ekspedisi sebagai satu “paket”, sehingga jasa ekspedisi yang kurang baik akan mempengaruhi penilaian konsumen terhadap toko online.

Tidak percaya? Coba cek di e-commerce. Masih ada saja pembeli yang memberikan review bintang 1 bukan karena kualitas barang atau pelayanan yang jelek, tapi karena barang lama diterima atau hilang atau rusak karena penanganan yang kurang baik.

Padahal selama barang cepat diproses tepat waktu, segala sesuatu yang terjadi dalam proses pengiriman sudah di luar kontrol toko online. Untuk itu, pilihlah jasa ekspedisi yang memiliki layanan pelanggan yang baik. Serta berkomitmen untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya seperti JNE.

jasa ekspedisi untuk toko online

Salah satu cara JNE mengakomodir kebutuhan pelanggannya adalah dengan meningkatkan kapasitas pengiriman. Volume pengiriman paket memang semakin meningkat sejak makin maraknya toko online. Ini berakibat pada paket-paket yang lama diproses dan terlambat sampai ke pelanggan.

Untuk mengantisipasi kendala tersebut, JNE terus melakukan pengembangan terutama di tahun 2022 ini. Salah satunya adalah dengan menambah kapasitas gudang sekaligus titik layanan, seperti yang dilakukan oleh JNE Bantul.

JNE Bantul Tambah Infrastruktur untuk Tingkatkan Kapasitas Pengiriman.

Pada tanggal 31 Januari 2022, JNE Bantul membuka smart point yang berlokasi di Dawang RT 12 Jl. Parangtritis km 11 Manding, Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta. Smart point ini adalah pengembangan dari JNE Cabang Bantul yang semula berlokasi di Jl. Wachid Hasyim No. 19, Ringinharjo, Bantul.

Pembukaan gedung baru seluas 917m2 JNE Bantul ini dihadiri oleh Marsudi, Head Regional Jateng-DIY dan Adi Subagyo, Kepala Cabang JNE Yogyakarta. Hadir pula pejabat pemerintahan setempat serta tamu undangan mintra sales counter JNE di wilayah Bantul maupun relasi JNE.

JNE Bantul sales counter

Apa yang istimewa dari gedung baru JNE Bantul ini?

Berfungsi Sebagai Warehouse JNE Bantul

Smart point baru ini berfungsi sebagai warehouse, terpisah dari gedung kantor JNE Bantul yang berada di Jl. Imogiri Km. 8,5 km, Demangan, Pleret, Bantul.

Memiliki Sales Counter

Resmi beroperasi pada tanggal 1 Februari 2022, smart point di Manding juga dilengkapi sales counter. Sehingga pelanggan JNE dapat dilayani transaksi pengirimannya di kantor JNE Bantul Imogiri dan Smart point Manding.

Dengan penambahan sales counter di smart point Manding, total jaringan JNE di Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi 147 dan 37 di antaranya berada di Bantul. “Ini artinya hampir ada dua sales counter JNE di setiap kecamatan karena Bantul memiliki 17 kecamatan dan 75 kelurahan,” ujar Adi Subagyo dalam pembukaan Smart Point JNE Bantul.

Warehouse JNE Bantul

Mengakomodir Kebutuhan Mitra Sales Counter JNE yang Berada di Kelurahan

Allan Aji Prakosa, Kepala Cabang JNE Bantul berharap keberadaan Smart Point JNE Bantul dapat mengakomodir kebutuhan mitra sales counter JNE yang berada di kelurahan. Terutama untuk mempercepat layanan pick up paket dari sales counter sehingga pengiriman paket dapat langsung diproses, baik melalui darat maupun udara.

Head Regional Jateng-DIY Marsudi juga menjelaskan bahwa pada tahun 2022 ini JNE di seluruh Jateng-DIY melayani pick up paket 24 jam, lho. Ini tentu bermanfaat sekali untuk pemilik toko online di daerah Jateng-DIY karena paketnya dapat segera dijemput dan dikirim ke pelanggan. Jadi teman-teman yang di daerah Bantul catat ya alamat Smart Point JNE Bantul di atas.

Apalagi JNE memang dikenal sebagai perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang amanah dan aman. Sehingga menjadi perusahaan terdepan di negeri sendiri dan berdaya saing global. Jadi memilih JNE sebagai mitra pengiriman barang oleh toko online adalah hal yang tepat. Ya, kan.

Semoga artikel di atas dapat membantu teman-teman dalam membuat toko online, ya. Kalau sudah punya toko online boleh dong drop nama tokonya dan apa yang dijual di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi rekomendasi pembaca pojokmungil.com.

Sumber:
1. Press release JNE Bantul Tambah Infrastruktur untuk Tingkatkan Kapasitas Pengiriman.
2. https://bisnis.tempo.co/read/1485568/tips-memulai-bisnis-online-apakah-mungkin-membuka-usaha-dengan-modal-kecil
3. https://koinworks.com/blog/memulai-bisnis-online-shop/
4. https://www.qubisa.com/microlearning/pentingnya-toko-online-di-era-industri-sekarang

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

19 thoughts on “Ingin Membuka Toko Online? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini

  1. Apalagi sekarang eranya serba digital ya Mba
    sudah pasti, punya toko onlen tuh wajib siikk
    walopun ada toko fisik, sebaiknya dipadukan juga dgn toko onlen biar makin uhuuyyy
    dan untunglah ada JNE ya mba, keren!

  2. Jasa ekspedisi yang tepat akan mendukung berkembangnya toko online ya…Dan JNE bisa jadi jawabannya. Apalagi JNE terus melakukan pengembangan dengan menambah kapasitas gudang sekaligus titik layanan. Seperti di area saya dulu mesti ke JNE sales counter yang agak jauh, kini keluar komplek aja deket gerbang ada sales counternya

  3. JNE ya, emang keren sih. Kelas Menulis Antologi tempatku jadi Class Leader juga memilih ekspedisi ini untuk pengiriman buku. Pernah beberapa mencoba ekspedisi lain, tapi balik JNE lagi emang udah cinta sama pelayanan dan harganya.

  4. kebetulan aku ada juga usaha online, alhamdulillah lancar banget dibantu jne pengirimannya, makaish juga untuk tipsnya mbak

  5. Sekarang memang eranya toko online ya kak. Jadi harus didukung juga dengan ekspedisi yang cepat, aman, dan terjangkau, Salah satunya JNE ini. Keren ih JNE Bantul dah ada gituannya, Malang ada ngga yaaa?

  6. Buka toko online sekarang gampang banget ya, semua serba ada. Ditambah ekspedisi JNE semakin merambah wilayah

  7. Fix pakai Jne emang memudahkan para penjual online, udah jelas dan terjamin keamanannya….hadirnya JNE cukup membantu para penjual online untuk meningkatkan jualannya

  8. Ah iya mbak, sekarang usaha toko online berkembang pesat ya
    Makanya harus memperhatikan banyak hal biar sukses,salah satunya ya pakai jasa pengiriman yang recommended seperti JNE ini

  9. Dari dulu saya ingin sekali mb belajar punya toko online, rasanya sulit sekali sampai pernah dengar dari kawan harus bayar sejumlah uang agar toko onlinenya begini begitu, alhasil sampai sekarang pun saya tidak memulainya. Thanks mb tipsnya semoga bisa dicoba kalau saya sudah siap memulai kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top