Belajar Bicara Bahasa Inggris Seru dengan LEXO LAB Indonesia

Belajar Bicara Bahasa Inggris Seru dengan LEXO LAB Indonesia

Sedang mencari tempat les bahasa Inggris untuk anak? Beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis tentang LEXO LAB Indonesia. Sebuah aplikasi untuk belajar bicara bahasa Inggris yang sedang digunakan anak saya Keenan.

Nah, sekarang saya mau cerita tentang pengalaman Keenan menggunakan web aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak ini. Pas sekali, minggu ini dia sudah belajar dengan LEXO LAB Indonesia selama 6 minggu.

Tapi sebelumnya saya mau cerita dulu, nih, alasan saya memilih LEXO LAB sebagai sarana belajar bicara bahasa Inggris untuk Keenan. Awalnya saya tahu LEXO LAB karena membaca resensi dari teman-teman bloger yang sudah lebih dulu menggunakan web aplikasi ini.

aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak

Beberapa waktu kemudian saya dapat info kalau ada promo coba gratis 5 hari, langsung deh saya tawarin Keenan untuk mencoba. Alhamdulillah anaknya mau dan antusias untuk belajar. Setelah mengikuti program coba gratis itu, saya menemukan kelebihan LEXO LAB sebagai berikut:

  1. Metode belajar yang dipakai sama dengan metode anak belajar bahasa ibu dari orang tua. Sehingga memudahkan anak untuk memahami kata, kalimat dan bagaimana cara pengucapan yang benar.
  2. Menarik dan menyenangkan karena interaktif dengan tampilan yang cerah.
  3. Proses pembelajaran yang menarik dilengkapi dengan berbagai karakter yang berwarna-warni dan anak memperoleh feedback yang real-time pada proses perkembangan kemampuan berbicara bahasa Inggris anak.
  4. Meningkatkan kemampuan pelafalan dan kelancaran anak dalam belajar membaca dan berbicara bahasa Inggris.
  5. Memiliki kurikulum standar pendidikan Internasional.
  6. Teknologi belajar yang canggih dan mudah digunakan.
  7. Menyediakan lingkungan belajar yang bebas tekanan.
  8. Efisiensi waktu belajar karena bisa dilakukan di rumah secara daring kapan saja.

Setelah mencoba aplikasi belajar bahasa Inggris anak free trial, saya pun memutuskan untuk mengikuti program versi lengkapnya. Alhamdulillah juga masih dapat harga promo waktu itu sebesar Rp150,000 per 3 bulan. Oya, promonya masih ada, lho. buruan beli paketnya di sini. Cukup terjangkau, kan. Sebulannya hanya seharga satu gelas es kopi di kedai langganan.

Fitur Pada Web Aplikasi LEXO Lab

Jadi LEXO LAB ini merupakan web aplikasi yang bisa digunakan di browser atau peramban pada komputer, telepon pintar dan tablet. Jadi tidak perlu mengunduh aplikasi, ya. Cukup buka Chrome, Firefox, Safari, dll dan ketik app.lexolab.com.

Baca Juga: Cara Mendaftar LEXO LAB Aplikasi Belajar Bicara Bahasa Inggris Anak

Kemudian kita diminta untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi yang diperoleh di surat elektronik saat melakukan pendaftaran. Setelah itu pada layar akan muncul tampilan sebagai berikut:

LEXO LAB Indonesia

Dalam layar ada beberapa icon yang menunjukkan:

  1. My Chatpod: berisi modul yang telah dan sedang dikerjakan oleh anak. 1 chatpod berisi 4 buku dengan karakter dan cerita yang berbeda. Dan setiap buku berisi 2 latihan. Yang pertama latihan melafalkan kata dan yang kedua latihan mengingat dan melafalkan kalimat.
  2. My Stats: berisi pencapaian anak selama belajar menggunakan LEXO LAB aplikasi belajar bicara bahasa Inggris anak.
  3. Vault: berisi daftar kosakata yang telah dipelajari dan dikuasai anak.
  4. Visits: grafik kunjungan anak.
  5. Score: nilai keseluruhan yang diperoleh anak setelah mengerjakan latihan pada chatpods.
  6. GO!: tombol untuk masuk ke Chatpod Generator dan mulai belajar.

Baca Juga: Belajar Membaca dalam Bahasa Inggris Seri Buku Usborne Very First Reading

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi belajar bicara bahasa Inggris LEXO LAB?

Cara Belajar Bicara Bahasa Inggris dengan LEXO Lab Indonesia

Fokus pembelajaran di LEXO LAB adalah mengenal kosakata serta penggunaannya dalam kalimat yang benar DAN bagaimana melafalkan kata dan kalimat tersebut. Jadi, anak akan dilatih untuk mengucapkan kata dan kalimat yang telah dicontohkan. Hasil latihan tersebut akan langsung diberi penilaian dalam bentuk bintang dan score.

aplikasi belajar bicara bahasa Inggris yang seru

Ini dapat terjadi karena LEXO LAB memiliki teknologi smart detective system yang memungkinkan untuk merekam dan menganalisa suara anak saat mengucapkan kosakata tertentu. Keren, kan.

Nah, untuk cara belajarnya sendiri adalah:

  1. Anak membuka Chatpod Generator yang akan menampilkan modul yang bisa dipelajari oleh anak.
  2. Dalam 1 chatpod terdapat 4 judul buku dengan karakter dan cerita yang berbeda. Tiap chatpod memiliki tingkat kesulitan berjenjang.
  3. Di satu buku, anak akan diberi 2 materi dan latihan. Materi pertama adalah pengenalan kosakata dan cara pengucapannya. Setelah anak mengerti, dia akan diminta untuk merekam suara mengucapkan kata-kata yang telah dipelajari. Dan akan langsung mendapatkan feedback hasil suaranya.
  4. Pada materi kedua, anak akan mendengarkan kalimat utuh untuk kemudian berlatih mengucapkannya sendiri. Serta kemudian memperoleh feedback berupa bintang.
  5. Kalau anak merasa tidak puas dengan perolehan bintangnya, mereka dapat mengulang lagi materi dan latihannya. Sekaligus membandingkan contoh suara dan hasil rekaman suara mereka sendiri.

Seru, kan. Chatpod yang dipelajari oleh anak disesuaikan dengan level yang mereka peroleh dari hasil quick quiz saat pendaftaran. Jadi materi dan latihan memang benar-benar disesuaikan dengan kemampuan anak.

Baca Juga: Belajar Efektif dengan Buku Interaktif PESONAEDU

Perkembangan Belajar Keenan di LEXO LAB

Idealnya anak menggunakan web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris 30 menit dalam sehari untuk hasil yang maksimal. Keenan sendiri hanya menggunakannya 10 menit sehari.

Sehingga sampai hari ini Keenan baru menyelesaikan 6 chatpods dan masih ada 57 chatpods lagi. Sejauh ini sih dia masih enjoy belajar dengan LEXO LAB. Walau memang hanya mau mengerjakan 1 judul sehari.

Kadang juga kalau moodnya kurang bagus atau sedang lelah karena sudah banyak tugas sekolah, dia malas mengulang latihan yang mendapat bintang kurang dari 5.

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris LEXO LAB

Meski menggunakan aplikasi belajar bahasa Inggris untuk anak PC ini hampir setiap hari, Keenan tidak merasa bosan. Karena setiap chatpod punya materi dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Selama pemakaian 6 minggu ini, memang ada beberapa kendala dalam web aplikasi yang kami alami. Seperti suara contoh tidak terdengar atau hanya terdengar pelan meski speaker sudah 100%. Di awal pemakaian juga pernah aplikasinya ngelag sehingga anaknya bete.

Tapi bisa dimaklumi sih, karena aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa diakses di iOS, Android, dan PC ini masih dalam proses pengembangan. Baru-baru ini juga mereka punya server baru di Indonesia untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan di Indonesia. Setelah sebelumnya servernya hanya ada di New Zealand. Secara LEXO LAB ini dibuat oleh perusahaan asal New Zealand.

Ke depannya saya berharap LEXO LAB bisa menyediakan fitur untuk orang tua agar dapat memantau progres belajar anak. Tanpa harus menunggu laporan yang diberikan setelah 3 bulan menggunakan dan menyelesaikan LEXO LAB Challenge.

Untuk mom and dad yang sedang mencari web aplikasi belajar bicara bahasa Inggris untuk anak di Android, bisa banget coba LEXO LAB. Mumpung masih ada promo coba gratis 5 hari, bisa dicek di sini.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

18 thoughts on “Belajar Bicara Bahasa Inggris Seru dengan LEXO LAB Indonesia

  1. Saya terpaku dengan foto Keenan … senyumnya mirip senyum Mbak Alfa πŸ™‚
    Eh maafkan , OOT sejenak hehe.
    Menarik ya Lexo Lab ini, anak dapat feed back berupa bintang, anak senang ya dapat penghargaan seperti ini, bisa memacu untuk makin bagus dan makin bagus.

  2. Aku juga ikut les Lexolab ini. Soalnya dari dulu pengen ngelesin si bocah bahasa Inggris. Eh ini ada yg online dan harganya tetjangkau. Jadi ikut les nya deh. Karena masih 5.5 tahun jadi masih aku dampingi

  3. waah Keenan pintar nih bisa belajar bahasa inggris dari aplikasi aja… gak semua anak mudah belajar bahasa asing dr aplikasi lho mba, selain anaknya pasti pintar aplikasinya juga nih pasti keren bisa menjangkau si anak

  4. Jadi tertarik coba gratis, ada program keren di LEXO LAB yang aku suka, adanya teknologi smart detective system untuk merekam dan menganalisa suara anak saat mengucapkan kosakata tertentu. Wah!!
    Enjoy pasti anak-anak belajar bahasa Inggris di sini, metodenya asyik dan tahapan sesuai tingkat kemajuan

  5. Wah aku jadi pengen nyobain juga buat si kecil nih mbak, soalnya dia exciting sama bahasa Inggris. Beruntung banget sekarang ada Lexo Lab jadi bisa belajar bahasa Inggrisnya dari rumah.

  6. Keren nih LEXO Lab, bisa mendidik anakΒ² agar menguasai Bahasa Inggris sejak dini. Nggak perlu nunggu di sekolahan dulu ya kan. Kayak aku dulu pas SMP baru belajar Bhs Inggris, itupun ditambah dg les juga.

  7. belajar bahasa inggris sekarang lebih mudah ya lewat online
    inget banget dulu aku pas smp aja ga paham apa-apa bahasa inggris
    anak zaman sekarang terbantu dengan banyaknya media belajar
    keren LEXO LAB, banyak materi sesuai dengan usia anak

  8. Beneran teknologi sangat membantu dalam kegiatan belajar anak ya. Dengan teknologi smart detective system, nggak perlu guru untuk mengecek pengucapan anak dalam melafalkan kosakata bahasa Inggris. keren banget inovasinya Lexo Lab ini

  9. Asik banget ini bisa melatih anak untuk belajar berbicara ya, mba. Anak juga jadi belajar lebih menyenangkan sekali. Kayaknya aku mau rekomendasikan untuk keponakanku

  10. Wah kurikulumnya udah standar internasional ya Mba..keren ini memang. Sekarang belajar bahasa Inggris udah semakin mudah dan banyak pilihan english course sampai aplikasi dan website pembelajaran ya Mba. keren.

  11. Aplikasi belajar Bahasa Inggris yang bikin happy.
    Selain dapat free trial, kurikulum dan pengajarnya juga sesuai keinginan orangtua. Pun harganya terjangkau untuk berlangganan LEXO LAB per 3 bulan.

    Apakah akan ada ujian untuk naik level selain berlatih di chatpod?

  12. Belajar bahasa inggris sejak dini baguss supaya anak terbiasa dengan bahasa inggris.
    Lexo Lab recomended kata teman teman saya yang sudah mencobanya, sayang dulu anak2 masih kecil belum ada Lexo Lab jadi dulu belajar bhs engris lewat film lagu.

  13. Anakku juga pakai Lexo Lab nih dan bener pronounciationnya jadi lancaaaar. Seru banget juga, dia suka dan semangat biar dapat bintang hahaha. Untungnya bisa diperbaiki dan diulang lagi yaaa. Obsesi mengumpulkan bintang wkwk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top