Belajar Efektif dengan Buku Interaktif PesonaEdu

Belajar Efektif dengan Buku Interaktif PesonaEdu

Memiliki anak usia remaja itu lumayan menantang. Bukan cuma soal fluktuasi emosi khas remaja tapi juga bagaimana mendampingi mereka belajar.

Ada orang tua yang masih ketat mendampingi bahkan mengajari sendiri anak remajanya, ada juga yang memutuskan untuk melepas si anak untuk belajar sendiri. Orang tua yang melakukan pilihan terakhir biasanya selain karena nggak ada waktu mengajari anak-anak juga karena sudah nggak memahami pelajaran yang diterima anak di sekolah.

Seperti saya contohnya. Saat anak sulung saya masih kelas 6 SD, saya masih bisa membantu saat dia mengalami kesulitan di pelajaran Matematika dan IPA. Saya juga bisa mengatur supaya dia mampu belajar efektif di rumah.

Tapi, setelah dia masuk kelas 7 SMP jujur saja saya sempat tercengang melihat materi yang dipelajari terutama Matematika dan Fisika. Kok jadi semakin sulit ya hahaha.

Menyadari kenyataan bahwa saya tidak mampu mendampinginya belajar, saya pun memutuskan menyewa jasa guru les privat. Sayangnya lantas pandemi datang dan kami membatasi akses keluar masuk rumah demi kesehatan keluarga jadi terpaksa les privat saya hentikan.

Baca Juga: Pesta Virtual, Cara Rayakan Ulang Tahun di Masa Pandemi

Kemampuan anak (saya) memahami materi pelajaran pun jadi berkurang. Meski guru-guru sudah berusaha sebaik mungkin menyampaikan materi, ada anak-anak yang tidak bisa fokus saat menghadiri zoom meeting. Akibatnya mereka jadi kesulitan saat mengerjakan PR atau ulangan.

Padahal, anak saya tahun ini akan menjalani ujian akhir SMP. Walaupun UN sudah dihapus, anak-anak kelas 9 tetap harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh sekolah. Jadi, saya harus mengatur lagi pola belajar yang efektif untuknya dengan cara berikut:

Cara Belajar Efektif untuk Anak

1. Belajar dengan Teratur

Mulai awal tahun ajaran ini saya mengajak anak-anak untuk kembali belajar dengan teratur. Tentunya nggak mudah ya mengubah kebiasaan setelah 1 tahun lebih belajar asal-asalan. Supaya nggak terlalu kaget, saya minta mereka untuk membaca buku pelajaran atau mengerjakan soal-soal latihan di satu waktu tertentu setiap hari sekolah.

belajar efektif

Dengan begini diharapkan anak akan terbiasa mengulang kembali pelajaran yang mereka terima di pagi hari. Sehingga kalau ada materi yang kurang dipahami bisa langsung bertanya ke guru atau mencari penjelasan di buku dan internet. Belajar dengan teratur juga mengajarkan anak tentang manajemen waktu. Sehingga mereka tahu ada waktu sekolah, belajar dan bermain.

2. Membuat Mind Map

Cara ini sebenarnya sudah saya lakukan untuk merangkum materi-materi pelajaran atau buku-buku yang saya baca. Dan anak-anak pun sudah terbiasa mendapat tugas membuat mind map dari sekolah.

Saat membuat mind map, anak melakukan pemetaan dari materi yang mereka peroleh. Sehingga lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran secara garis besar dalam waktu singkat.

3. Membuat Percobaan atau Praktik

Ada anak yang lebih mudah memahami sebuah konsep jika melihat atau melakukannya secara langsung. Begitu juga dengan anak-anak saya. Belajar pembagian dan perkalian untuk si bungsu lebih mudah ketika dilakukan dengan Lego bricks. Begitu juga yang berkaitan dengan pelajaran science seperti medan magnet atau pertumbuhan tanaman.

Kita bisa membantu membuatkan percobaan-percobaan sederhana yang bahan-bahannya ada di rumah. Cara ini termasuk cara belajar efektif karena selain membuat anak lebih mudah mengerti juga menjadikan mereka lebih semangat belajar.

4. Belajar dengan Gawai

Gawai sekarang menjadi alat yang dekat sekali dengan anak, ya. Selain untuk bermain juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu belajar. Bahkan sekolah dan kursus pun sekarang menggunakan gawai hehehe.

buku interaktif pesonaedu

Dengan gawainya, anak dapat mencari bahan-bahan belajar di internet, youtube maupun situs-situs pendidikan. Saya pun memanfaatkan gawai untuk membantu anak-anak belajar dengan Buku Interaktif PesonaEdu.

Buku Interaktif PesonaEdu

Buku Interaktif PesonaEdu ini menarik sekali menurut saya karena buku-bukunya dilengkapi dengan animasi dan simulasi interaktif yang bikin anak semangat belajar dan menjadi salah satu cara belajar efektif untuk anak-anak.

Buku-buku dan materi yang tersedia di paket buku interaktif PesonaEdu mengikuti kurikulum yang sedang berlaku saat ini. Jadi saat waktunya belajar anak bisa mengulang kembali materi yang sudah diajarkan saat PJJ dengan simulasi atau latihan-latihan soal yang ada di buku interaktif PesonaEdu.

Kelebihan Buku Interaktif PesonaEdu

pesona edu

1. Tersedia Buku Bilingual

Anak sulung saya merasa bahwa buku-buku interaktif dari PesonaEdu membantu dia lebih memahami pelajaran Matematika dan IPA. Apalagi ada juga buku yang menyediakan pilihan bilingual bahasa Indonesia dan Inggris.

Sebagai anak yang menjalani masa kindergarten dan primary school di negara tetangga, di mana bahasa pengantar sekolahnya adalah bahasa Inggris, anak-anak saya memang masih kesulitan memahami pelajaran dalam bahasa Indonesia. Mungkin kesulitan ini mudah diatasi jika mereka menjalani pertemuan tatap muka di sekolah.

Tapi karena anak-anak baru saja mulai sekolah selama 3 bulan di Indonesia dan kemudian harus PJJ karena pandemi, menggunakan buku interaktif berbahasa Inggris yang sesuai kurikulum sangat membantu mereka mengerti materi yang disampaikan oleh guru.

Baca Juga: Pindah Sekolah dari Luar Negeri, Ini Prosedurnya

2. Ada Virtual Lab

Di masa PJJ seperti sekarang, anak-anak tentu tidak bisa melakukan percobaan secara langsung di sekolah ya. Sementara kita juga mungkin tidak bisa menyediakan alat-alat seperti mikroskop, rangka tubuh manusia, dll untuk mereka praktik di rumah.

Nah, di buku interaktif PesonaEdu tersedia virtual lab yang bisa digunakan sebagai pengantar penjelasan cara kerja alat lab atau melakukan percobaan secara virtual. Ini bermanfaat sekali untuk anak-anak yang lebih mudah memahami konsep dengan cara melihat langsung atau melakukan eksperiman sendiri.

3. Simulasi Konsep Abstrak

Fitur ini mirip dengan virtual lab. Hanya saja anak tidak melakukan percobaan, melainkan membaca sambil melihat simulasi konsep tertentu seperti bagaimana cara kerja magnetic levitation. Atau bagaimana fermentasi terjadi saat memanggang roti.

Selama sekolah daring, mungkin guru hanya menjelaskan dengan teks dan gambar. Dengan adanya simulasi anak jadi lebih mudah mengerti konsep tersebut.

Setelah membaca buku Tebar Pesona Matematika SMP Kelas 9, si Kakak jadi lebih memahami konsep bilangan berpangkat. Simulasi Grafik Fungsi Kuadrat yang ada dalam buku membantunya mengerti materi dan mengerjakan soal-soal latihan dari sekolaha.

4. Fitur Efek Acak

Di Paket Buku Interaktif PesonaEdu, banyak sekali latihan soal yang bisa dikerjakan oleh anak. Soal-soal ini dilengkapi juga dengan efek acak pada soal-soal yang muncul. Anak juga dapat mengubah parameter ukur sesuai keinginan. Jadi mereka bisa mencoba mengerjakan berbagai alternatif soal.

fitur efek acak

Fitur ini juga bermanfaat untuk orang tua, lho. Saya itu suka ngasih anak-anak latihan soal tapi karena nggak bisa bikin soal sendiri, saya memodifikasi soal-soal dari guru dengan mengubah angkanya. Nah, dengan adanya fitur efek acak, saya bisa menggunakan soal-soal dari buku interaktif PesonaEdu.

5. Satu Akun Bisa Digunakan di Berbagai Gawai

Dengan menggunakan satu akun aja, kita bisa menggunakan Buku Interaktif PesonaEdu secara bergantian di berbagai gawai. Cara menggunakannya pun mudah, lho.

Cukup dengan membuka akun di https://store.pesonaedu.id, lalu pilih Paket Buku yang sesuai dengan jenjang pendidikan anak. Pilihannya cukup lengkap, mulai dari PAUD sampai SMA ada. Kemudian lakukan pembelian, kita bisa memilih periode bulanan atau tahunan mulai dari Rp 40.000.

Setelah proses pembelian berhasil, buka menu Library di web store.pesonaedu.id dan pilih buku yang ingin dibaca. Buku akan terbuka di aplikasi Reader PesonaEdu Online yang bisa diunduh di Windows, MacOS, Android maupun iOS.

Tentang PesonaEdu

Kenapa saya memilih Buku Interaktif PesonaEdu? Karena buku ini karya dari anak bangsa, lho. PesonaEdu merupakan perusahaan edu-tech Indonesia yang fokus pada pengembangan teknologi untuk edukasi, khususnya aplikasi dan konten yang berkaitan dengan proses pembelajaran.

Selain Buku Digital Interaktif, PesonaEdu juga menyediakan Layanan Manajemen Konten dan Sekolah Online. Karya-karya mereka sudah memperoleh sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri, termasuk WSA (World Summit Award) dan BETT (British Education Training and Technology).

Melihat berbagai prestasi PesonaEdu yang kualitasnya pun sudah diakui melalui kerjasama dengan penerbit internasional yaitu OUP (Oxford University Press) dan Alston Publishing House Singapore, saya jadi mantap memilih Buku Interaktif PesonaEdu sebagai salah satu sarana belajar efektif untuk anak-anak.

Semoga review Buku Interaktif PesonaEdu ini bisa membantu teman-teman yang sedang mencari alat bantu anak untuk belajar efektif dan lebih menyenangkan, ya. Info tentang PesonaEdu bisa dilihat di situs PesonaEdu. Ikuti juga media sosialnya di Facebook, Instagram dan Twitter. Oya, Buku Interaktif ini ada demonya juga lho, langsung aja unduh Reader PesonaEdu Online di gawai. Selamat mencoba.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

60 thoughts on “Belajar Efektif dengan Buku Interaktif PesonaEdu

  1. Saat pandemi kayak gini apalagi masih PJJ, orangtua jadi mesti mutar otak ya ngebantu guru untuk proses belajar anaknya. Buku interaktif PesonaEdu ini kayaknya bakal ngebantu banget, apalagi fitur-fiturnya menarik banget kayak ada virtual lab dan simulasi konsep abstrak, menurutku bakal ngebantu banget sih pengganti guru private

  2. Iya nih pelajaran anak-anak jaman sekarang bikin wow banget. Tapi kayanya buku interaktif pesonaEDU nih cocok banget. Apalagi ada virtual labnya. Pasti menarik banget.

  3. Seneng banget semakin kesini semakin banyak platform digital yang bermanfaat seperti ini, belajar jadi lebih menyenangkan terutama meningkatkan perkembangan literasi pada anak.

  4. wah sekarang ada juga yang namanya buku interaktif ya, mbak. makin canggih aja nih cara belajar sekarang. oya, saya jadi penasaran nih sama mind map kayaknya membantu banget ya dalam berbagai hal

  5. Mba Alfa anaknya udah besar ya ternyata, hepi banget pasti ya mba ada aplikasi pesonaedu ini apalagi karya anak bangsa, banyak anak yang terbantukan dalam belajar, pun orang tuanya bisa ikutan belajar nih.

    1. Wah bagus juga ya PesonaEdu ada lab virtualnya jadi bisa melakukan percobaan biar lebih mengerti materinya, mau coba buat anakku nih sekarang kelas 8..

  6. Waah, ternyata umur anak kita sama, Mbak. Tahun ini lagi persiapan untuk mengikuti ujian sekolah akhir SMP. Memang agak sulit mendampingi belajar anak di masa pandemi seperti sekarang. Karena sistemnya online jadi ada anak yang tidak terbiasa dengan metode seperti itu

  7. Mbaaaaa aku lunglai banget nih sebagai ortu dari anak remaja.
    Byuuhhh, hormon remaja plus materi pelajaran yg syusyaaahh beneran combo buat bikin emak SUTRIS!

    Belum lagi, pandemic issues yg makin nambah ke-bludreg-an dirikuh
    Oke oke, sepertinya aku juga bakal melongok Buku Interaktif PesonaEdu
    siapa tau ini cocok buat nak lanang ABG-ku
    makasiii mbaaaa

  8. Aq baru tau ada buku interaktif PesonaEdu ini, pastinya memudahkan banget saat anak belajar dari rumah kayak sekarang ini ya mbak

  9. wah jujur baru dengar tentang buku pesonaEdu ini mbak
    sangat menarik bukunya, nggak sekadar memberikan pengalaman membaca ya, tapi ada praktiknya juga

  10. seneng deh semakin banyak pihak yg memperhatikan pemerataan pendidikan di indonesia. materi sd skrg memang gila2an sii

  11. Kebetulan aku lagi nyari bahan tambahan untuk matematika SMA kelas x, Kak. Sepertinya bisa mencoba Buku Interaktif PesonaEdu. Pengen nyoba fitur simulasi konsep dan fitur acaknya juga.

  12. Bener nih ka, ketika zoom meting kadang anak dijelaskan ttg materi ya,.

    Untungnya ada buku PesonaEdu sebbagai pelengkap belajaran anak,, jadi bisa menambah pengetahuan anak dalam simulasi dalam abstrak, lumayaan anak jadi lebih ngeh dan paham.

  13. Tos nih kita Mba, yang auto-tercengang juga sama pelajaran anak2 kelas 7 ya, hehe… Untungnya sekarang udah ada buku interaktif Pesona Edu ya, bisa bikin anak belajar teratur juga

  14. Karena blm punya anak yang sekolah, saya jadii optimis nih besok2 ngajarin anak jadi lebih mudah kalau dibantu sama buku interaktif kek gini mbaa.

  15. Wah bikin penasaran aja nih virtual lab. Jadi bisa praktikum di dunia maya gitu ya hehehe. Kalo anakku sekarang sdh SMK, jurusan RPL – Rekayasa Perangkat Lunak, mungkin buku interaktif bisa bantu untuk pelajaran umum kali ya?

  16. Setelah baca ulasan ini, aku langsung tertarik mbak. Dilihat dari keunggulan yang diuraikan, dan fitur-fitur yang dijelaskan, rasanya cocok buat anak cewekku yang SMP. Terima kasih artikelnya yang sangat informatif ini mbak.

  17. PesonaEdu ini bagus ya bisa membantu anak untuk belajar selama PJJ. Bisa untuk belajar mandiri dengan virtual lab dan simulasi konsep. Semoga anaknya terbantu ya, dan semakin lancar bahasa indonesianya

  18. Asyik PesonaEdu ini bagus ya bisa membantu anak untuk belajar selama PJJ. Kepikiran juga untuk anak pakai paket belajar begini, tapi masih mikir-mikir. Bisa untuk belajar mandiri dengan virtual lab dan simulasi konsep. Semoga anaknya semakin lancar bahasa indonesianya dan terbantu dengan PesonaEdu

  19. Asyik bener ini satu akun bisa untuk berbagai gawai. Berbagai kelebihannya bisa bantu anak belajar pastinya. Apalagi Buku Interaktif PesonaEdu dilengkapi dengan animasi dan simulasi interaktif yang bikin anak semangat belajar dan menjadi salah satu cara belajar efektif untuk anak-anak. Wah….

  20. Baru tau ada buku ini, sangat membantu banget ya mbak untuk anak-anak dalam belajar dan juga orang tua yang mendampingi. Harganya pun relatif murah untuk berlangganan. Bisa nih dicoba dan direkomendasi ke temen-temenku.

    1. Kalau bisa ada panduannya dari PesonaEDU begini, anak-anak menjadi lebih mudah mengikuti dan memahami setiap bab dari sekolah yaa..
      Kemarin anakku juga perlahan aku ajari bikin mindmap. Belajar memetakan pokok bahasan dan sub bahasan.

  21. Bagus ya PesonaEdu ini. Aku ingat dulu belajar hanya mengandalkan buku dari sekolah karena internet masih jarang. Sekarang mudah banget aksesnya dan banyak yang oke buat belajar

  22. Media belajar anak jadi makin canggih ya mba. Ini juga membuka peluang bagi kreator dan desainer lho, karena dengan mengembangkan aplikasi belajar seperti Pesonaedu maka banyak tangan ajaib yang akan bersinergi di dalamnya

  23. baru tau mak
    ini gratiskah? biasanya aku soale ke yutub buat ngajari anakku kasian kalau bingung gitu huhuhu
    skrg emang kudu belajar melek digital kalau ga ya kehempas sama lainnya

  24. jangankan yang SMP, yang SD aja materinya bikin aku agak bingung karena beda dengan pelajaran dulu apalagi anakku sekarang pakai kurikulum tematik. Aku jadi tertarik dengan buku interaktif pesona edu nih, biar ngak pusing lagi saat membantu anakku belajar terus bisa lebih mandiri, apalagi anak sekarang untuk urusan mengakses media digital, jago banget.

  25. baca penjelasanamu aku jadi terpesona pula dengan si edu ini mak, moga anak-anak aku juga suka dan bisa belajar juga yah. pandemi ini masih butuh support banyak biar up skil dan ilmu nambah juga

  26. Asyik banget ini, hadirnya buku interaktif Pesona Edu semoga membantu para orang tua dan anak2 dalam sistem belajar daring, menjadi media belajar yang menyenangkan.

  27. Banyak cara untuk belajar di era saat ini ya mba, berbagai sumber pengetahuan dengan mudah diakses. Buku interaktif Pesona Edu ini salah satu inovasi materi yang mudah diakses untuk anak bahkan orang tua

  28. Zaman sekarnag orangtua bener-bener dipermudah ya mbak. Anak-anak bisa belajar lewat bebagai materi via online, salah satunya buku pesonaedu. Bilingual pula, jadi bisa belajar dua bahasa. Harganya juga cukup terjangkau, mulai 40ribu

  29. Saya termasuk orangtua yg melepas anak belajar sendiri, bukan karena ga sanggup mendampingi atau ga punya waktu, tapi memang pengen anak2 belajar karena kesadaran sendiri, sesuai kebutuhan mereka.
    Belajar bertanggung jawab dg apa yg dilakukan. Jadi, kalau ada tugas & mereka ga ngerjain karena lupa trus dpt hukuman dari guru? Ya resiko sendiri 😂. Lha kog jadi panjang 🤣🤣
    Ngomongin buku interaktif PesonaEdu ini bagus banget kayaknya, cocok nih mendampingi anak2 belajar & nambah referensi.

  30. Memiliki anak usia remaja ternyata menantang yah mak, gak kebayang nanti gmna klu anakku dah remaja juga. Btw noted dlu buku interaktifnya nih referensi buat kedepan nantinya

  31. Baru tahu aplikasi buku pesonaedu. langganannya juga terjangkau ya dengan satu akun bisa dipakai untuk berbagai keperluan sesuai tingkat usia . ini jadinya hemat banget yaa.

  32. Semangat banget saya bacanya karena anak-anak sudah usia sekolah dan ingin membekali mereka dengan kegiatan yang positif. Belajarnya sudah mulai disiplin cuma kadang memang saya sulit menemukan teori menyeluruh di buku sekolah. PesonaEdu ini bikin penasaran deh agar anak belajar efektif dan isinya juga variatif ya jenis belajarnya apalagi karya anak bangsa, bikin bangga banget.

  33. Belajar akan makin efektif kalau begini dengan buku interaktif PesonaEdu. Apalagi pilihannya cukup lengkap, mulai dari PAUD sampai SMA, juga bisa memilih periode bulanan atau tahunan mulai dari Rp 40.000. Terjangkau sekali!

  34. Pesonaedu jadi rekomendasi tambahan saat anak butuh media pembelajaran ya. Terimakasih informasinya Mbak. Kebetulan saya juga banyak memerlukan referensi untuk belajar anak santri. Siapa tahu ada yang cocok

  35. Wah, bagus nih PesonaEdu ini. Aku baru tahu deh. Ceki-cekih ke tekape. Kepengen tahu ada apa aja buku-bukunya. Kepengen soalnya punya buku pendamping buat anak-anak PJJ. Selama ini cuma ngandelin buku ajar dari sekolah.

  36. Sennengnya 1 akun biza digunakan utk beberapa gawai ya mba jadi bisa ramah di kantong juga. Dan orang tua juga bisa mengandalkan PesonaEdu sebagai pendamping anak belajar

  37. Anak kedua saya juga kelas 9, Mbak Alfa. Masih saya dampingi belajar tapi ketika dia kesulitan saja. Selebihnya dia mengerjakan sendiri dan belajar dengan bantuan aplikasi juga. Nah, kalau Pesonaedu ini saya baru tahu. Bagus juga ya. Ikut senang anak bangsa menghasilkan karya ini, bisa diunduh di perangkat2 dengan OS berbeda pula.

  38. Sejak pandemi memang banyak sekali bermunculan aplikasi pendidikan ya mbak, tentu ini sangat membantu anak dan orang tua dalam belajar selama PJJ. Tapi alhamdulillah sekarang kondisi sudah mulai membaik, sudah diizinkan PTM terbatas jadi anak bisa belajar langsung ke sekolah. Tetapi tetap bisa belajar juga lewat aplikasi seperti PesonaEdu ini ya, jadi anak lebih paham dan memiliki banyak pilihan media belajar.

  39. Solusi biar hape jadi berguna adalah adanya buku2 digital gini, hehe…
    Keren ya, jadi banyak bermunculan produk2 edukasi digital buat anak-anak. Alhamdulillah, ada pilihan untuk belajar secara hybrid, emang udah zamannya juga

  40. aku pernah langganan buku cerita di pesona edu ini selama satu bulan. lumayan buat bahan cerita anak-anak mbak. karena anakku setiap mau ridur pasti minta cerita, harganya juga relatif murah. ternyata banyak juga ya buku pelajarannya juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top