Rekomendasi Buku Islami di Storytel Saat Ramadan

Rekomendasi Buku Islami di Storytel Saat Ramadan

Suka membaca tapi merasa enggak punya waktu untuk duduk sejenak dan membuka buku favorit? Mungkin ini waktunya teman-teman mencoba aplikasi audiobook Storytel.

Sudah kenal dengan audiobook, kan? Yang dalam bahasa Indonesia disebut juga buku audio. Ini adalah rekaman teks buku yang dibacakan secara nyaring oleh seorang narator. Ya, sama seperti kita membacakan buku untuk anak di rumah tapi dalam bentuk digital.

Beberapa tahun belakangan, mendengarkan audiobook menjadi tren, lho. Penelitian Edison Research National Survey menunjukkan kalau jumlah rata-rata buku audio yang didengarkan meningkat menjadi 8,1 pada tahun 2021*. Naik dari 6,8 buku pada tahun 2019.

Sebagai penikmat buku fisik yang juga suka baca buku online, saya tuh penasaran banget dengan audiobook yang juga menyediakan buku untuk umum. Kalau buku audio untuk anak sih sudah pernah coba dan anak saya menyukainya.

Makanya waktu tahu ada aplikasi audiobook Storytel saya senang sekali. Karena akhirnya ada penyedia audiobook yang menyediakan buku-buku populer berbahasa Indonesia.

*Survey dilakukan kepada pendengar audiobook di Amerika yang berusia 18 tahun ke atas

Tentang Storytel

Storytel adalah penyedia layanan streaming buku audio dan e-book berlangganan. Aplikasi ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia, lho. Koleksinya lebih dari 500ribu buku yang bisa dibaca dan didengarkan.

Berkantor pusat di Stockholm, Swedia, Storytel sudah beroperasi di lebih dari 20 negara di dunia termasuk Indonesia. Saat ini sudah punya 1,7juta pelanggan yang mendapatkan akses ke berbagai pilihan audiobook melalui aplikasi dan website.

storytel

Keunggulan Menikmati Buku dengan Storytel

Kenapa sih harus Storytel? Karena ini adalah aplikasi audiobook pertama yang saya coba dan langsung bikin jatuh cinta dengan berbagai keunggulan berikut:

Memiliki Koleksi Ratusan Ribu Audiobook Lokal dan Internasional

Seperti yang sudah saya ceritakan di atas, koleksi audiobooknya Storytel tuh banyak banget. Menurut data di situsnya ada 700.000+ audiobook lokal dan internasional yang bisa diakses oleh pelanggan secara global.

Tersedia Audiobook Indonesia dari Buku Best Seller

Mulai dari novel fiksi sampai buku Islami yang masuk dalam jajaran buku best seller ada di Storytel. Pengen dengar karya penulis populer di Indonesia seperti Divortiare Ika Natassa, Selamat Tinggal Tere Liye, Surga yang Tak Dirindukan Asma Nadia, Ganjil Genap Almira Bastari atau Filosofi Kopi Dee Lestari, bisa. Saking banyaknya sampai bingung mau dengerin yang mana dulu.

Kategori Audiobook yang Beragam dan Lengkap

Mau menikmati koleksi audiobook Indonesia berkategori Young Adult populer seperti Dilan dan Mariposa? Ada! Buku-buku pengembangan diri terbaru pun bisa kita nikmati.

15 kategori lain seperti Romance, Classics, Crime & Thriller, Biography, Religion & Spirituality, Non Fiction, Fantasy & Science Fiction, History dan lainnya dapat kita akses dengan berlangganan Storytel.

aplikasi audiobook

Narator yang Berkualitas

Jiwa sebuah buku audio pasti narator, ya. Bagaimana narator membawakan sebuah buku bisa membuat pembaca tertarik menikmati sampai habis atau tidak.

Storytel bekerjasama dengan narator-narator berkualitas untuk membacakan koleksi buku yang mereka miliki. Mulai dari narator berpengalaman seperti Anes Wibowo sampai public figure ternama membawakan cerita dengan menawan.

Dian Sastro, Dee Lestari & Chicco Jerikho, Sissy Prescillia adalah beberapa public figure Indonesia yang suaranya bisa kita nikmati dalam audiobook Indonesia. Sementara dalam koleksi buku berbahasa Inggris ada deretan aktor top membacakan buku-buku favorit mereka. Sebut saja Meryl Streep, Dame Judi Dench, Reese Whiterspoon, Tom Hank. Dan yang bikin saya happy tuh Eddie Redmayne kesayangan saya jadi narator di buku Fantastic Beasts and Where to Find Them.

Harga Terjangkau

Berapa uang yang harus teman-teman keluarkan untuk beli buku fisik? Pasti di atas 50ribu rupiah, ya, untuk satu buku.

Untuk berlangganan Storytel yang punya ratusan ribu koleksi buku, kita cuma perlu mengeluarkan uang sebesar Rp39.000 untuk langganan per bulannya. Murah banget, kan.

Fitur-Fitur yang Menarik

Fitur-fitur dalam Storytel benar-benar memanjakan dan memudahkan kita menikmati audiobook, antara lain:

Explore yang memudahkan kita mencari audiobook berdasarkan judul, penulis, narator, tags, trending series atau yang masuk trending search.

All Categories yang membantu kita mencari buku berdasarkan kategori atau genre buku.

Bookshelf untuk menyimpan audiobook yang sedang atau ingin kita dengarkan dengan cara menyentuh tanda hati pada halaman buku.

Listening Goal untuk merencanakan jumlah buku yang ingin kita baca dalam jangka waktu 30, 90, 180 atau 365 hari.

Kids Mode yang menyediakan hanya buku anak-anak ketika diaktifkan. Jadi anak enggak akan terpapar oleh buku-buku dewasa. Koleksinya tetap banyak, kok. Buku populer seperti Harry Potter Audiobook, Le Petite Prince, Dru dan Kisah Lima Kerajaan, Peter Pan, Heidi dan karangan Enid Blyton tersedia di fitur ini.

Pengalaman Menggunakan Storytel

audiobook Indonesia

Bagi saya Storytel ngasih pengalaman baru yang menyenangkan dalam menikmati buku. Saya jadi bisa mendengarkan buku best seller dibacakan kapan aja dan di mana aja. Saat sedang mengerjakan aktivitas lain atau berada di dalam kendaraan.

Yang saya suka adalah narator yang keren dengan intonasi menarik. Juga fitur-fitur yang asik. Saat mendengarkan sebuah buku, saya bisa mengatur kecepataan bacaan. Kalau terdengar bagian atau kutipan menarik, saya bisa mengetuk tombol bookmarks supaya dapat saya dengarkan lagi.

Selain itu sejak pakai aplikasi audiobook ini, screentime saya jadi berkurang. Biasanya saya membaca buku digital dan webtoon lewat ponsel. Sekarang tinggal dengarkan aja di Storytel.

Rekomendasi Buku Islami di Storytel Saat Bulan Ramadan

Membaca buku saat ngabuburit adalah salah satu kegiatan Ramadhan yang mengasikkan. Tapi, sejak jadi ibu aktivitas ini enggak bebas saya lakukan. Ngabuburit berarti waktunya berjibaku menyiapkan makanan berbuka puasa.

Sejak mengenal Storytel, saya jadi bisa memasak sambil menikmati buku bacaan favorit saya dibacakan. Tinggal letakkan saja ponsel di meja dapur, sambungkan dengan speaker mini dan suara apik narator berkumandang menemani kesibukan di dapur.

Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan, Storytel juga menyediakan rekomendasi bacaan Islami. Baik berupa novel fiksi maupun buku pengembangan pribadi. Rekomendasi buku ini bisa kita lihat dengan mengetuk banner “Ramadan Book Calendar” pada halaman depan aplikasi audiobook Storytel.

Tapi, khusus untuk teman-teman pembaca Pojokmungil, saya mau ngasih rekomendasi 3 audiobook Indonesia dan Inggris menarik versi saya yang tersedia di Storytel. Ketiganya cocok didengarkan untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadan ini.

Negeri Lima Menara

Sudah familiar kan dengan novel Islami karangan Ahmad Fuadi, ini? Saya sudah selesai baca versi buku fisiknya. Tapi tetap tertarik mendengarkan versi audiobooknya dan benar-benar menarik. Audiobook Negeri Lima Menara ini yang bikin saya jatuh cinta sama Storytel.

Dinarasikan dengan bagus banget oleh Anes Wibowo, cerita tentang petualangan Alif dan kelima kawannya saat belajar di Pondok Madani (PM) ini terasa makin asik dan seru.

Alif, seorang pemuda Minang dari pinggir Danau Maninjau, merantau ke tanah Jawa tepatnya di sebuah desa di pelosok Jawa Timur untuk menimba ilmu di sebuah pesantren. Di sana ia bersahabat dengan lima santri dari Medan, Surabaya, Sumenep, Bandung dan Gowa.

Di bawah menara masjid, mereka sering bersantai sambil menatap awan yang berarak. Bagi Alif dan kawan-kawaannya, awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing.

Man jadda wajadda, siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses. “Mantera” sakti yang didengar Alif di hari pertamanya bersekolah memotivasi untuk mewujudkan mimpinya. Keseruan Alif dan teman-teman belajar di pondok sampai usaha menarik hati Princess of Madani benar-benar cocok untuk jadi aktivitas ngabuburit.

buku Islami

Muslim Girls Rise: Inspirational of Our Time

Judul yang menggugah hati, ya, kan? Audiobook berbahasa Inggris ini berkisah tentang kehidupan nyata dari 19 muslimah modern yang mendobrak hambatan, menantang stereotip dan menjalani kehidupan yang luar biasa.

Dinarasikan oleh Priya Ayyar dengan musik latar yang tenang, kesembilan belas kisah singkat ini bikin saya terharu dan bangga.

Flight controller engineer di NASA, juara dunia squash, Marvel comic creator, desainer lini baju muslim Uniqlo sampai anggota dewan perwakilan di Amerika. Sebelum berhasil berada di posisi mereka saat ini, 19 muslimah ini dulunya adalah anak-anak yang punya mimpi besar.

Memang wajar anak-anak punya cita-cita setinggi langit. Sayangnya, sebagai muslim yang tinggal di Amerika atau negara yang dilanda perang, enggak semudah itu untuk mencapai mimpi mereka.

People may tell you that you can’t do something because of the way you look, dress, or pray. Your name may sound different. Never forget that you are extraordinary. You are powerful, brave, and clever. Great things come from people like you.

Saira Mir

Tapi mereka enggak pasrah aja dengan keadaan. Hasil keteguhan mereka membuahkan hasil. Nama-nama familiar seperti Malala Yousafza, Hana Tajima dan 17 muslimah lain menginspirasi anak-anak perempuan (dan laki-laki) untuk punya cita-cita tinggi dan tidak menyerah untuk mewujudkannya.

Change Your Habits

Hidup di dunia hanya sementara dan ‘kesementaraan’ itu tidak dapat Anda ketahui ujungnya. Maka apakah pantas bila Anda tidak berambisi menjadi pribadi yang baik?

Buku ini memang bukan buku Islami lebih masuk ke Personal Development. Namun, menurut saya menarik jadi bacaan di bulan Ramadan karena di bulan ini biasanya kita berlomba menuju ke arah kebaikan. Untuk itu enggak ada salahnya mulai berubah menuju pribadi lebih baik, dimulai dengan mendengarkan audiobook ini.

Dalam buku Change Your Habits, Isnaeni DK mengulas bagaimana kita bisa melakukan perubahan sejak dini. Mulai dengan melakukan kebiasaan baik untuk meniti masa depan. Ada juga motivasi dan tips tentang mengubah kebiasaan menjadi lebih baik.

Nah, itu dia tiga rekomendasi buku Islami yang bisa teman-teman nikmati selama bulan Ramadan ini di Storytel. Tapi teman-teman juga bisa kok mendengarkan audiobook lain yang tak kalah menariknya.

Penikmat novel fiksi bisa mendengarkan Game of Thrones dan Hunger Games. Yang lebih suka audio non-fiksi dapat memasukkan Sapiens : A Brief History of Humankind dalam bookshelfnya.

Storytel menyediakan e-book serta buku yang bisa didengarkan dan dibaca sekaligus di samping audiobook. Menarik banget, kan. Makin banyak pilihan untuk kita.

Langsung aja unduh Aplikasi Storytel untuk iOS atau Aplikasi Storytel untuk Android. Teman-teman bisa mendengarkan secara gratis selama 7 hari dan lanjut berlangganan hanya dengan Rp39.000 per bulan. Selamat membaca eh selamat mendengarkan!

Referensi:
– https://www.linkedin.com/pulse/emerging-trends-audio-books-manoj-upadhyay
– https://blog.libro.fm/8-mental-and-physical-benefits-of-audiobooks/

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

17 thoughts on “Rekomendasi Buku Islami di Storytel Saat Ramadan

    1. Wah keren sekali ya. Ini kita bisa dengarkan cerita sambil melakukan aktivitas apa saja jadinya. Sepertinya storytel bukan cuma buat anak-anak , orang dewasa juga bisa nih.

  1. Fitur2 di Storytel nih lengkaapp banget ya mba
    beneran bisa diandalkan utk “baca buku” dgn cara yg makin fun dan asik!
    sip sipp, untunglah ada Storytel yak.

  2. aku juga pengguna Storytel nih mbak. seru banget, pas tahu fitur2nya keren banget sih. jadi bisa lebih produktif, dengerin novel sambil nyetrika, nyuci piring, nyuci baju, dll. Suara naratornya merdu2 pula, enak didengerin

  3. Aku baca Negeri Lima Menari dari buku fisik, kapan-kapan mau ah dengerin lagi di Storytel. Kedua buku Islami bisa nih nanti masuk wishlist juga. Saat ini karena langganan Storytel jadi kelar deh list buku bacaan didengarkan satu-satu, enggak ketunda mulu kayak dulu

  4. Wah…murah banget…:)) eh kok mirip mirip anu. Tapi beneran sih mba, 39 ribu per bulan murah banget untuk bisa mendengarkan bacaan yang ada di Storytel.

  5. Aplikasi keren yang buat kita jadi merasa didongengin di mana pun. Isinya pun banyak banget ternyata, dari buku anak, fiksi, non fiksi, science ada semua di sini. Kebetulan sudah ikutan download, karena rencananya mau diperdengarkan ke anak-anak juga.. 🙂

  6. Alhamdulillah ya di Storytel juga tersedia lengkap buku seri Islam yang memang cocok nih kita baca atau dengar saat bulan Ramadan. Semoga makin berkah dan manfaat apa yang kita baca atau dengar sebagai niat ibadah ya

  7. Seru nih. Jadi, tetep bisa “baca” sambil ngerjain pekerjaan rumah lain. Jadi temen perjalanan juga bisa.
    Biasanya kalau baca dimobil kan suka pusing ya. Kalau dengerin audiobook ya no pusing-pusing club.

  8. Gemes banget kak Alfa sama headphonenya.
    Lebih seru kini mendengarkan buku di aplikasi audiobook Storytel ya..
    mencoba seminggu, alhamdulillah keranjingan dan jadi jatuh cinta.

  9. dengan adanya aplikasi kayak storytel ini sangat membantu ya buat kita yang pengen baca buku tapi sulit meluangkan waktu karena sekarang bukunya bisa didengarkan lewat storytel

  10. Banyak rekomendasi buku keren di storytel ya mbak. Enaknya bisa dengerin buku sambil mbentel. Wkwkwk. Santai banget

  11. Bagus-bagus juga rekomendasi Storytel ini ya, buku-buku islami juga banyak…kukira hanya buku umum dan novel umum saja.

    Aku biasanya dengar buku di Storytel sambil nyiapiin buka, lumayaann bbrp hari tamat hihi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top