5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan

“Gimana nih puasa saat masa pandemi gini? Kan kita harus tetap sehat di bulan Ramadan. Takutnya malah imunitas tubuh menurun karena puasa. Kalau daya tahan tubuh jelek kita jadi gampang kena corona dong”.

Pertanyaan seperti itu beberapa kali saya baca di kolom komentar sebuah akun religi di sosial media. Memang sih, ramadan tahun ini rasanya berbeda sekali. Masa pandemi Covid-19 membuat kita terpaksa menjalani ibadah puasa dalam situasi yang tidak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Selain harus beribadah di rumah aja, kita juga harus menjaga kesehatan lebih ekstra lagi saat ramadan tahun ini. Ada anggapan tidak makan dan minum dalam periode yang lama bisa melemahkan imunitas tubuh. Sementara kita membutuhkan energi dan daya tahan tubuh yang baik untuk agar terjaga dari serangan virus corona.

Tapi, ketakutan itu bukan alasan untuk tidak melaksanakan ibadah puasa, lo. Apapun kondisi yang tengah kita hadapi, berpuasa adalah kewajiban bagi semua umat Islam dewasa yang sehat. Trus gimana caranya agar tetap sehat di bulan Ramadan selama pandemi ini?

tetap sehat di bulan ramadan

Kebetulan tadi malam saya mengikuti live IG KEB Ngobrol dengan tema “Menyeimbangkan Kesehatan Selama Pandemi di bulan Ramadan” di akun @emak2blogger. Di acara tersebut, dr. Mahesa Paranadipa yang menjadi narasumber memberikan tips agar tetap sehat selama pandemi di bulan Ramadan.

Tetap Sehat di Bulan Ramadan Selama Pandemi

Selama bulan ramadan saat pandemi ini, tidak dipungkiri pasti ada perubahan pola makan dan aktivitas. Di situasi normal, pola makan yang baik adalah makan dengan gizi yang seimbang sudah cukup untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Saat di Rumah Aja

Hanya saja, tanpa disadari, kebiasaan kita mengkonsumsi makanan berbuka puasa membuat asupan kita lebih besar dari bulan-bulan lainnya. Betul nggak?

Memang sih, saat puasa kita nggak makan dan minum selama 9 jam. Tapi coba tengok yang kita santap saat buka puasa. Selain kurma biasanya ada gorengan, minuman manis, kolak dan makanan-makanan tinggi gula dan lemak lainnya. Sementara aktivitas fisik kita selama ramadan #dirumahaja juga jauh berkurang, kan.

perubahan pola makan saat puasa

Nah, kombinasi dari pola makan yang kurang sehat dan kurangnya aktivitas fisik inilah yang bisa mempengaruhi imunitas kita. Untuk itu yang harus dilakukan adalah menjadikan masa pandemi ini sebagai kesempatan untuk mengubah konsumsi di bulan ramadan. Bagaimana caranya?

Dokter Mahes memberikan tips agar kita bisa menyeimbangkan kesehatan kita selama pandemi di bulan Ramadan.

Hanya mengkonsumsi 3 jenis minuman ini:

  1. Air putih
  2. Susu
  3. Jus buah segar

Teh boleh dikonsumsi asal dengan gula yang secukupnya.

Menurut anjuran beberapa ahli gizi, cara mengkonsumsi minuman yang tepat saat bulan puasa adalah:
1 gelas saat berbuka puasa.
2 gelas setelah berbuka puasa.
4 gelas setelah sholat tarawih.
1 gelas saat sahur.
Jangan lupa untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang meminum air per dua teguk secara perlahan-lahan.

Baca Juga: Rutin Minum Air Hangat? Ini Manfaat yang Akan Kita Dapatkan

Berbuka dengan kurma dan buah-buahan yang mengandung air.

kurma mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh

Kenapa kurma? Karena kurma sudah mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sunnah Rasulullah adalah makan buah terlebih dahulu sebelum makan besar. Jadi saat buka puasa dianjurkan untuk minum segelas air secara perlahan dan dilanjutkan dengan makan kurma dan buah yang mengandung air.

Makan sayur, buah dan protein hewani saat makan malam dan sahur.

Agar tetap sehat di bulan Ramadan, makan sayur dan buah yang kondisinya bagus sudah cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lebih baik lagi ditambahkan protein hewani seperti daging. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti itu saat sahur dan makan malam kita tidak lagi membutuhkan tambahan suplemen atau vitamin jika dalam keadaan sehat.

Karena kalau aktivitas kita hanya sedikit, maka vitamin dan suplemen makanan tersebut tidak akan terserap dengan baik dan tidak berfungsi maksimal. Yang akhirnya hanya akan terbuang melalui urin dan keringat. Kan sayang ya.

Beraktivitas atau berolahraga agar nutrisi yang dikonsumsi bisa diserap maksimal oleh tubuh.

Tidak keluar rumah terutama ke pasar.

Pasar merupakan tempat yang rentan sekali tertular virus COVID-19 karena banyaknya orang yang berkerumun. Untuk kebutuhan sayur dan buah sebaiknya kita beli secara online. Hanya saja pastikan penjualnya kredibel atau tidak.

Saat ini banyak pemerintah daerah sudah mulai menyediakan layanan belanja kebutuhan sehari-hari secara online yang mempertemukan para pedagang di pasar tradisional dengan konsumen. Seperti PD Pasar Jaya di Jakarta, PD Pasar Surya di Surabaya, Lumbung Pangan Jatim di Jawa Timur dan banyak lagi.

Saat membeli buah dan sayur, pastikan cuci dulu dengan sabun cuci food grade sampai bersih sebelum menyimpannya di lemari pendingin, ya.

KEB Ngobrol tadi malam diakhiri dengan pesan dari dr. Mahes agar kita berhati-hati dalam mengkonsumsi gula dan garam supaya tetap sehat di bulan ramadan. Ibu ibu juga disarankan untuk menghindari stres, karena stres dapat mempengaruhi daya tahan tubuh.

Belanja Online is The New Normal

Belanja online sebenarnya sudah lama jadi teman akrab para ibu ya. Hanya saja saat harus mengisolasi diri #dirumahaja seperti sekarang sepertinya frekuensi belanja online lebih meningkat. Kalau tadinya cuma belanja baju, buku, jilbab, dan sejenisnya sekarang pun semakin banyak yang menyediakan pilihan belanja kebutuhan rumah tangga secara online. Termasuk Shopee.

Belanja Kebutuhan Rumah Tangga di Shopee

Saya yakin teman-teman PojokMungil sudah familiar dengan Shopee. Platform jual beli online yang menyediakan berbagai macam kebutuhan kita. Mulai baju sampai produk kecantikan, mulai buku sampai perabotan rumah semua ada. Dan sekarang mendukung gerakan Ramadan #dirumahaja, Shopee memiliki program ShopeeMart gratis ongkir tanpa minimal belanja ke seluruh Indonesia.

Di Shopee Mart ini kita bisa belanja bulanan dan mendapatkan berbagai macam diskon. Mulai dari Flash Sale, Promo Spesial Ramadan, Promo Belanja Borongan sampai Promo Kilat bisa kita manfaatkan untuk memperoleh aneka makanan segar, bahan pokok serta produk kesehatan yang menunjang agar kita tetap sehat di bulan Ramadan.

#THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee

Tapi nggak cuma kebutuhan sehari-hari. Kebutuhan Ramadan dan Lebaran lainnya juga bisa kita beli lewat Shopee. Mau cari baju muslim, perlengkapan sholat sampai kue kering tersedia di Shopee.

#thrbigramadhansale bersama shopee
#THRBigRamadhanSale Bersama Shopee

Apalagi dengan adanya #THRBigRamadhanSale2020 bersama Shopee, kita bisa memperoleh barang-barang yang kita perlukan dengan harga yang lebih murah melalui cara berikut ini:

  • Tanam THR 10M
    Dengan main game Shopee Tanam #TanamTHR10M, kita berkesempatan panen sampai 1 juta koin Shopee.
  • Gratis Ongkir Xtra
    Di program #THRBigRamadhanSale2020, Shopee memberikan promo gratis ongkos kirim min. belanja Rp 0.
  • Spesial 50% Off
    Diskon spesial sampai 50% untuk produk tertentu.
  • Dan masih banyak lagi.

Lumayan kan untuk kita yang harus berhemat di masa pandemi seperti sekarang. Jadi teman-teman sudah belanja apa aja di Shopee? Atau mungkin mau mutualan di game Shopee Tanam? Yuk saling bantu siram tanaman, siapa tahu rezeki kita dapat THR dari Shopee.

Tulisan ini diikutsertakan dalam
Kontes Blog #THRBigRamadhanSale2020 Bersama Shopee

alfakurnia
Posts created 345

2 tanggapan pada “5 Tips Tetap Sehat di Bulan Ramadan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas