5 Ide Prakarya Untuk Anak dan Orang Tua

5 Ide Prakarya Untuk Anak dan Orang Tua. Alhamdulillah, sudah masuk hari ke-13 bulan Ramadan dan hari ke-50 sekian #dirumahaja. Gimana kabarnya? Semoga masih baik-baik aja ya. Gimana anak-anak? Mulai bisa beradaptasi dengan kondisi yang baru ini atau sudah mulai bosan? Ya, mulai bosan itu manusiawi. Apalagi anak-anak yang biasanya pergi ke luar rumah setiap hari untuk sekolah dan main sama teman.

Saya yakin ibu-ibu sudah mencoba berbagai macam cara supaya anak tetap aktif di rumah aja. Kalau di minggu-minggu pertama belajar di rumah anak disibukkan dengan berbagai jadwal belajar dan tugas sekolah, di bulan kedua ini sepertinya mulai santai. Supaya mereka tetap produktif dan nggak main gadget aja, mau nggak mau kita juga harus kreatif mengajak mereka beraktivitas ya, Bu. Salah satunya dengan bikin prakarya untuk anak.

Baca Juga: 3 Ide Prakarya Anak TK yang Mudah

Manfaat Membuat Prakarya Untuk Anak

Selain menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang, membuat prakarya untuk anak punya banyak sekali manfaat, di antaranya:

  1. Merangsang kreativitas anak.
  2. Melatih kemampuan motorik dan kemampuan dasar lainnya.
  3. Melatih anak mengikuti instruksi.
  4. Mengasah ketelitian dan kesabaran anak.
  5. Mengembangkan rasa percaya diri.
  6. Quality time antara orang tua dan anak.

Membuat prakarya juga bisa jadi mengajarkan anak memanfaatkan barang-barang bekas menjadi mainan yang menyenangkan. Lumayan kan, di masa pandemi seperti sekarang ketika kita mesti berhemat, anak tetap bisa punya mainan baru hasil karya mereka sendiri.

Kalau masih bingung mau bikin prakarya apa, mungkin 5 kerajinan yang pernah saya buat bareng anak-anak ini bisa jadi inspirasi buat teman-teman pembaca PojokMungil. Yuk dicoba.

5 Ide Prakarya untuk Anak dan Orang Tua

Perisai Captain America dari Kardus Bekas

perisai captain america dari kardus bekas

Prakarya ini cocok banget untuk si kecil yang menyukai karakter Captain America dari Marvel. Perisai yang menjadi simbol karakter pemimpin Avengers ini bisa jadi alat bermain yang seru, lo.

Bahannya juga mudah didapat, yaitu: kardus bekas, cat, double tape atau lem yang kuat dan gunting. Hanya saja dibutuhkan ketelitian saat mengukur dan menggunting bagian-bagian kardus agar perisainya bisa terlihat rapi dan presisi.

Mau membuatnya juga? Instruksi lengkap prakarya untuk anak ini bisa dilihat di: DIY Perisai Captain America

Piring Terbang dari Piring Kertas

Prakarya ini bisa jadi proyek keluarga supaya cepat selesai. Proses pembuatannya sih nggak susah, bahannya juga mudah diperoleh. Cukup dengan piring kertas, kertas karton tebal dan mangkuk dan gelas plastik, anak bisa membuat piring terbang dan alien di dalamnya.

piring terbang dari piring kertas

Selain memanfaatkan sampah plastik, bikin piring terbang dari piring kertas ini bisa jadi sarana quality time bersama keluarga.

Untuk cara pembuatan dan foto step by stepnya bisa dibaca di sini: DIY Piring Terbang dari Piring Kertas

Akuarium dari Kardus

Punya kotak-kotak bekas cereal atau susu yang tidak terpakai? Manfaatkan aja sebagai bahan prakarya untuk anak.

akuarium dari kardus

Dengan modal yang sedikit, yaitu kotak bekas, plastik mika dan kertas warna-warni, anak punya akuarium mainan yang bisa jadi hiasan di kamarnya. Akuarium ini juga dapat digunakan sebagai sarana belajar mengenal ikan dan habitatnya. Instruksi pembuatan dan foto-foto lebih lengkapnya ada di sini: DIY Craft: Akuarium dari Kardus.

Dinosaurus dari Piring Kertas

Rasanya hampir setiap anak kecil yang saya kenal melewati fase di mana mereka sangat menyukai dinosaurus. Seperti kedua anak saya. Saat mereka umur 2-4 tahun, hampir semua bacaan tentang dinosaurus pasti dilahap habis. Mereka juga bisa mengingat jenis-jenis dinosaurus yang beraneka ragam itu.

Nah, prakarya dinosaurus dari piring kertas ini bisa jadi alat peraga saat membacakan buku untuk mereka serta dan alat bermain untuk dino lover kita.

dinosaurus dari piring kertas

Prakarya untuk anak yang satu ini memang harus menggunakan template yang saya unduh dari situs: Learn With Play at Home. Ada 5 template dinosaurus populer yang bisa kita buat, yaitu: T-rex, Stegosaurus, Pterodactyl, Diplodocus dan Triceratops.

Langkah pembuatannya sudah dijelaskan di situs tersebut atau bisa lihat di sini untuk versi bahasa Indonesia yang saya dan anak-anak buat: Dinosaurus: Prakarya Dari Piring Kertas.

Hiasan Dinding dari Kulit Telur

Kulit telur yang biasanya kita buang ternyata bisa jadi kerajinan tangan yang unik lo, apalagi jika dipadukan dengan kreativitas anak-anak yang tanpa batas.

Aktivitas seperti ini pernah saya lakukan bersama anak-anak beberapa tahun lalu. Tapi kali ini saya ingin membuat sesuatu yang bisa jadi penanda milestone anak-anak. Seperti yang kami buat ini, hiasan dinding dari kulit telur berupa telapak tangan mereka yang cara pembuatannya ada di sini: Hiasan Dinding Dari Kulit Telur.

mewarnai kulit telur

Itu dia 5 ide prakarya untuk anak yang bisa kita buat bareng anak-anak di rumah. Ini memang bukan prakarya yang sederhana meski bahan-bahannya mudah sekali didapat di rumah. Tapi prakarya-prakarya seperti ini sifatnya tahan lama karena selain dapat digunakana sebagai dekorasi rumah juga bisa dipakai bermain.

Mumpung saat ini kita punya waktu luang lebih karena kebijakan sekolah dan kerja di rumah, yuk duduk bareng anak-anak dan beraktivitas bersama mereka. Selamat bersenang-senang.

alfakurnia
Posts created 352

14 tanggapan pada “5 Ide Prakarya Untuk Anak dan Orang Tua

  1. Duh, kayaknya saya pilih yang dari kulit telur aja deh ini untuk ide bermain bersama anak *duh ngeles🙈😆, karena suami memang gak WFH mbak, dirumah bersama 2 balita dan 1 anak, belum selesai buat prakarya ditengah jalan adik²nya pasti bikin rusuh😆

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas