Dinosaurus Dari Piring Kertas

Kalau lagi benar-benar nganggur dan sudah pening ngeliat keramaian di Facebook, Path atau Twitter, saya paling suka menenangkan isi kepala dengan buka-buka Pinterest. Sekaligus cari ide untuk bikin prakarya bersama anak-anak. Di Pinterest itu ya, hampir semua ide kerajinan tangan ada. Mulai dari yang gampang sampai yang ngebayanginnya aja udah capek duluan. Jadi, buat mama-mama yang suka bikin prakarya dan sudah mulai mati gaya dengan aneka foto DIY di Facebook dan Instagram, main-main deh ke Pinterest. Pasti seneng.

Gara-gara Pinterest juga tuh, saya sempat mengoleksi aneka kardus bekas, boks bekas, botol plastik dan semacamnya untuk didaur ulang menjadi mainan anak-anak. Yang akhirnya setelah berbulan-bulan numpuk bikin sampah di dapur, dibuang juga.

Sejak itu saya bertekad untuk cari prakarya yang gampang-gampang aja. Lebih cocok untuk mama pemalas seperti saya. Dan salah satu yang saya dapat ya si dinosaurus dari piring kertas ini dari web Learnwithplayathome.com. Asli deh, level bikinnya super mudah. Bahannya juga nggak banyak. Dan karena melibatkan cat, anak-anak pasti senang bikinnya.

Ya, setidaknya untuk Cinta sih. Lumayan bisa bikin dia duduk tenang mewarna dan menghias si dinosaurus serta melupakan tv dan youtube. Sedangkan Keenan justru lebih suka bermain dengan botol-botol cat. Dia memang kurang suka aktivitas mewarnai, baik dengan krayon, pensil warna maupun cat. Tapi, setelah jadi, Keenan yang paling semangat mainin para dinosaurus ini. Saking semangatnya, sampai baru beberapa hari, kepala si dino pun putus hihihi.

Untuk bikin prakarya ini, kita perlu:

  1. Template dinosaurus yang bisa didownload di web TheCraftTrain
  2. Piring kertas
  3. Kertas warna yang tebal untuk mencetak template dinosaurus yang sudah kita download
  4. Gunting dan pelubang kertas
  5. Lem dan stapler
  6. Cat, kuas, spon, googley eyes, glitter dan sebagainya untuk menghias dinosaurus

Cara Membuatnya:

Potong piring kertas menjadi dua bagian dan biarkan anak-anak menghias sebebas mungkin.

Kami pakai cat poster tapi bisa juga kok dihias dengan krayon, pensil warna atau stiker kalau nggak mau terlalu kotor.

Supaya cocok dengan anggota tubuh dinosaurus yang akan kita potong belakangan, hiaslah bagian belakang piring kertas. Tapi, untuk Pterodactyl sebaiknya kita hias bagian depan piring kertas.

Setelah selesai diwarnai, biarkan kering selama 1-2 jam. Sementara itu kita bisa memotong anggota tubuh dinosaurus dari template yang sudah dicetak sebelumnya.

Kemudian tempelkan anggota tubuh dinosaurus ke piring kertas yang sudah dihias.

Berdasarkan pengalaman, akan lebih kuat kalau anggota tubuh dino distapler saja dengan ke piring kertasnya. Dan supaya lebih kokoh, setelah anggota tubuh ditempelkan, lapisi lagi dengan piring kertas. Jadi urutannya adalah: piring kertas yang sudah dihias, anggota tubuh, piring kertas.

Terakhir, beri mata dengan googley eyes atau gambar mata dengan spidol sesuai kreativitas anak-anak.

Dinosaurus dari piring kertas siap dimainkan.

Mar 4, 2016
Previous Post Next Post

Yuk baca ini juga