5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Olahraga merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan dan perkembangan anak. Selain dapat membantu meningkatkan kebugaran fisik, olahraga juga memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk perkembangan anak, baik itu fisik maupun mental, lho, seperti

Sayangnya, kegiatan olahraga ini sejak zaman saya sekolah dulu sampai anak-anak saya sekolah, hanya diberikan satu kali dalam seminggu. Masih mending sih dulu masih ada senam kesegaran jasmani yang harus dilakukan bersama-sama setiap pagi. Namun, anak-anak saya nggak ada tuh kegiatan seperti itu.

Padahal, seperti yang saya tulis di paragraf pertama, olahraga punya banyak manfaat untuk anak, apalagi jika dilakukan bersama orang tua.

Manfaat Olahraga Bersama Anak

Meningkatkan Kesehatan dan Kondisi Fisik

Olahraga bersama anak dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi fisik baik pada orang tua maupun anak. Risiko penyakit seperti obesitas, penyakit jantung, dan diabetes dapat dikurangi dengan berolahraga. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan otot dan tulang, serta mengurangi stres dan kecemasan.

Baca Juga: Yuk, Mulai Jalani Gaya Hidup Sehat Bersama Keluarga

Membantu Membangun Hubungan

Berolahraga bareng anak dapat membantu membangun hubungan yang kuat antara orang tua dan anak. Kegiatan olahraga bersama dapat membantu mengembangkan komunikasi, kepercayaan, dan kerjasama antara orang tua dan anak.

Manfaat Olahraga Bersama Anak

Mengembangkan Keterampilan Sosial

Olahraga bersama juga dapat membantu mengembangkan keterampilan sosial pada anak. Kegiatan olahraga dapat membantu anak belajar mengenai tim, fair play, dan kompetisi yang sehat.

Membantu Peningkatan Keterampilan Motorik

Melakukan kegiatan olahraga bareng anak juga dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik anak. Kegiatan ini berfungsi untuk mengembangkan koordinasi mata dan tangan, koordinasi gerakan tubuh, keseimbangan, dan kecepatan reaksi anak.

Menghabiskan Waktu Berkualitas Bersama

Olahraga bersama anak dapat membantu menghabiskan waktu berkualitas bersama. Kegiatan olahraga dapat membantu memperkuat ikatan keluarga dan memberikan kesempatan untuk bersenang-senang bersama.

Dalam mengasuh anak, olahraga bersama dapat menjadi cara yang efektif untuk membantu anak mengembangkan keterampilan sosial, motorik, dan membantu memperkuat ikatan keluarga. Selain itu, olahraga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kondisi fisik baik pada orang tua maupun anak. Oleh karena itu, rajinlah meluangkan waktu untuk berolahraga bersama anak, baik di dalam maupun di luar rumah.

Kalau teman-teman masih bingung kira-kira olahraga apa sih yang cocok dilakukan bareng anak? Nih, saya kasih contekannya, ya.

Baca Juga: Jenis Olahraga dan Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Puasa

5 Jenis Olahraga Bersama Anak yang Seru dan Menyenangkan

Bersepeda

Seluruh anggota keluarga dapat melakukan olahraga bersepeda yang sangat menyenangkan. Dengan bersepeda bersama, anak-anak dapat belajar bagaimana menjaga keseimbangan dan koordinasi, serta meningkatkan kekuatan otot kaki dan perut. Pastikan untuk memakai helm dan mengajarkan anak-anak cara bersepeda yang aman.

Bermain bola

Bermain bola dapat melibatkan banyak gerakan dan membantu meningkatkan keterampilan motorik, seperti koordinasi mata-tangan dan kaki. Cobalah bermain sepak bola, basket, voli, atau bola kasti bersama anak-anak. Pastikan untuk memilih ukuran bola yang sesuai dengan usia dan ukuran tubuh anak.

Berenang

Renang adalah olahraga yang bagus untuk meningkatkan kekuatan otot dan kesehatan jantung. Jika Anda memiliki akses ke kolam renang, berenang bersama anak-anak dapat menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Namun jangan lupa untuk mengawasi anak-anak dengan cermat dan memastikan bahwa mereka memakai alat pelindung seperti pelampung jika diperlukan.

Jogging

Jogging adalah olahraga sederhana yang dapat dilakukan oleh seluruh keluarga. Anda bisa menjelajahi lingkungan sekitar rumah atau mencari tempat-tempat menarik untuk berjalan-jalan seperti taman atau pantai. Berjalan dapat membantu memperkuat otot kaki dan meningkatkan kesehatan jantung, serta memberikan waktu yang berkualitas bersama anak-anak.

olahraga bersama anak

Yoga

Yoga adalah olahraga yang baik untuk memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Olahraga ini juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan relaksasi dan meditasi yang berguna untuk mengurangi stres dan meningkatkan konsentrasi. Cobalah untuk melakukan latihan yoga bersama anak-anak dengan memilih gerakan yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Semua jenis olahraga ini dapat dilakukan kapan saja. Biasanya sih akhir pekan, ya, saat orang tua dan anak libur dari rutinitas kantor dan sekolah.

Kalau malas keluar rumah, yoga adalah pilihan yang tepat, sih. Kita dapat berolahraga di rumah dengan melihat panduannya melalui YouTube atau mengikuti kelas online.

Kebetulan, kelas olahraga online yang saya ikuti sejak bulan Agustus tahun lalu suka bikin kelas Yoga with Kids dan Zumba with Kids. Kelas-kelas ini biasanya diadakan di hari Sabtu atau Minggu pagi.

Saya belum pernah ikut tapi kalau lihat testimoni teman-teman peserta di akun Instagram @lisfit_camp, sepertinya seru. Pasti menyenangkan deh bisa bergerak bersama si kecil di akhir pekan, trus lanjut sarapan bareng. Badan sehat, hati senang dan kita menumbuhkan kebiasaan baik mengolah tubuh sejak dini.

Oya, teman-teman PojokMungil yang mau ikutan olahraga online khususnya strength training di Lisfit Camp, bisa pakai kode referal saya: ALFALISFIT atau klik ini, ya: https://v1.lisfits.com/waitinglist/ALFALISFIT

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “5 Jenis Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

  1. suami saya selalu ajak anak saya kelas 6 SD untuk berinteraksi dengan alam. kadang mancing di Tambakboyo, kadang mini camping ke lapangan Turgo Jogja untuk menikmati alam sambil masah kopi dengan kompor ultralightnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top
error: Content is protected !!