Resep Pancake Anti Gagal Untuk Sarapan

Pancake, nama penganan yang biasanya hadir dalam menu-menu di kafe. Tapi bukan berarti nggak bisa dibuat sendiri di rumah, lo. Dipadukan dengan kopi atau teh atau es krim, makanan satu ini enak dinikmati untuk sarapan pagi keluarga. Banyak sekali resep pancake yang bisa dicoba, kali ini saya ingin berbagi resep pancake pisang yang sehat dan resep pancake fluffy atau yang sering juga disebut pancake Jepang.

resep-pancake

Kedua resep ini sudah dicoba sendiri di dapur PojokMungil. Anak sulung saya menyukai pancake pisang yang dibuat dari tepung oatmeal, sedangkan si bungsu lebih suka pancake fluffy yang lembut dan lebih manis. Mau ikut mencobanya juga? Yuk coba dua resep pancake sederhana yang anti gagal ini.

Resep Pancake Pisang Oatmeal

Kalau teman-teman PojokMungil ingin pancake versi sehat, Pancake Pisang Oatmeal ini cocok sekali sebagai menu sarapan pagi. Selain tanpa gula, resep ini juga menggunakan oatmeal sebagai pengganti tepung terigu. Resep ini saya modifikasi dari Healthy Banana Oatmeal Pancakes (made in the blender!)nya https://www.ambitiouskitchen.com/

resep pancake pisang

Bahan:

2 buah pisang yang sudah matang
2 buah telur
1/2 gelas susu UHT plain (boleh full cream atau skim. Resep asli menggunakan unsweetened almond milk)
1 sdt vanila bubuk
1 1/2 cangkir Quacker Oat Instan (resep asli menggunakan rolled oats)
2 sdt baking powder
1/2 sdt cinnamon bubuk
1/4 sdt garam
Margarin atau minyak zaitun/minyak kelapa untuk memasak

Cara Membuat

  1. Masukkan semua bahan ke dalam blender dan putar dalam kecepatan tinggi sampai halus. Kira-kira selama 30 detik – 1 menit. Lalu diamkan adonan di dalam blender selama 5 menit sambil memanaskan penggorengan.
  2. Olesi wajan dengan margarin atau minyak zaitun atau minyak kelapa tipis-tipis. Dan panaskan wajan di atas api sedang.
  3. Tuang 1 sendok sayur atau sesuai selera ke dalam wajan dan diamkan selama 2-4 menit sampai adonan pancake mengembang dan ada banyak gelembung di bagian atas adonan.
  4. Balik pancake dan masak sampai sisi satunya berwarna coklat keemasan.
  5. Ulangi untuk sisa adonan.

Tips: kalau warna pancake terlalu cepat coklat, kecilkan api.

kartu resep pancake pisang

Karena dibuat dari oatmeal, resep pancake pisang ini menghasilkan pancake dengan tekstur yang berserat, padat dan tidak manis. Sajikan dengan madu atau sirup maple atau tambahkan 1 sendok makan gula pada resep kalau suka manis.

Coba Juga Olahan Pisang Yang Ini: Banana Muffin yang Lembut

Coba Juga: Resep Cheese Omelette Untuk Sarapan

Resep Pancake Fluffy 

Pancake ini disebut pancake fluffy karena teksturnya yang lembut dan ringan. Lebih cocok untuk teman minum teh atau kopi di sore hari nih.

resep pancake fluffy

Bahan:

Bahan A:

30 gram tepung terigu
2 kuning telur
20 ml susu UHT plain (bisa diganti dengan 2 sdm susu bubuk dan 2 sdm air)
1/2 sdt baking powder
1/4 sdt vanila bubuk

Bahan B:

2 putih telur
20 gram gula pasir

Cara Membuat:

  1. Campur kuning telur dengan terigu, susu, baking powder, dan vanila. Aduk rata dan sisihkan.
  2. Mixer putih telur sampai berbusa, lalu tambahkan gula sedikit demi sedikit sampai mengembang dan kaku.
  3. Campur adonan putih telur ke adonan tepung sedikit demi sedikit dengan teknik aduk balik. Aduk dengan cepat supaya adonan putih telur tetap kokoh.
  4. Panaskan wajan dengan api kecil. Kalau menggunakan penggorengan anti lengket nggak perlu dioles margarin tapi kalau wajannya bukan yang anti lengket oleskan margarin supaya pancake mudah diangkat.
  5. Tuang 1 sendok sayur adonan dan tutup wajan. Tunggu sampai 2-3 menit sampai bagian dalam matang. Bisa ditambahkan potongan pisang saat menunggu.
  6. Balik dan panaskan sisi satunya sampai berwarna coklat keemasan.

Selain disajikan dengan madu atau sirup maple, pancake fluffy ini juga enak ditaburi gula halus, lo.

kartu resep pancake fluffy

Selamat mencoba. Kalau teman-teman PojokMungil punya resep pancake favorit, boleh berbagi di komen yaaa.

alfakurnia
Posts created 352

17 tanggapan pada “Resep Pancake Anti Gagal Untuk Sarapan

  1. Sudah lama banget aku ingin bikin pancake untuk sarapan keluarga dirumah, tapi ya itu kalo pagi sudah banyak hal hal yang dikerjakan huhu, jadilah selalu tertunda untuk membuat pancake.. dari resep ini bisa mulai niatkan lagi nih untuk buat pancake untuk sahur keluarga dirumah besok

  2. Woow fluffy banget pancakenya Mba, seperti yang dijual di resto-resto (jadi kepingin ke Pancious, hiks..), sehat pula yaa kalau ditambah pisang dan oatmeal. Bisa buat menu sarapan sehat diriku nih.

  3. Pernah rasanya aku denger dari Master Chef atau apa gitu, katanya buat pancake ini terlihat simple memang, tapi eksekusinya juga lumayan. Makanya aku yang newbie belum berani nyoba. Tp penasaran dong setelah baca resep ini. Trial error emang diperlukan dalam dunia masak memasak ya mbak. hehe.

  4. Ternyata easy banget ya mbak. Aku sering bikin pancake tapi hasilnya gak bagus, selalu gagal. Kayaknya pas habis bulan puasa, aku mau coba bikin buat sarapan🤭

  5. wkwkwkwk belum pernah bikin pancake pake resep-resep yang canggih. Dulu jaman KPASI, kupalihg seneng bikin pdcake pidsng. Pisang dilemotka, campur ke dalam wadah yang sudah tegabung dalam larutan #pdichifslgistancing.

  6. Pancake emang termantul. Aku pernah bikin dan kali pertama bikin langsung berhasil dan enak. Kurang lebih resepnya sama kaya kakak, btw baca ini jadi mau bikin lagi kayanya asik juga jadi menu buka puasa hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas