Resep Cheese Omelette yang Gurih dan Lembut

Resep Cheese Omelette yang Gurih dan Lembut. Hari ini, Sabtu, 21 Maret 2020 adalah hari keenam anak-anak libur sekolah. Yah, sebenarnya istilah libur itu tidak tepat sih karena memang bukan waktunya liburan. Hanya saja sejak Senin kemarin anak-anak sekolah dirumahkan alias diminta belajar di rumah karena atas instruksi Gubernur Jawa Timur. Keputusan merumahkan anak-anak ini disebabkan karena merebaknya virus SARS-Cov-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19 atau yang lebih dikenal dengan virus Corona.

Virus ini memang tidak mematikan, setidaknya death rate global hanya 4,4% tapi penyebarannya cepat dan mudah sekali. Sehingga masyarakat dihimbau untuk melakukan social distancing dengan diam di rumah dan menghindari tempat-tempat umum, termasuk sekolah.

Tugas Sekolah untuk Keenan

Karena namanya belajar di rumah, anak-anak pun mendapatkan berbagai macam tugas sebagai pengganti proses belajar mengajar di sekolah. Dan untuk tugas hari Jumat kemarin, Keenan, anak bungsu saya, mendapat tugas untuk memasak omelette alias telur dadar.

Resep Cheese Omelette

Memasak Omelette

Tugas memasak omelet keju ini tidak sekadar memasak tapi juga memasukkan pelajaran-pelajaran lain seperti:

Matematika: menjumlahkan telur.
SBDP: menghias hasil masakan dan difoto lalu diunggah di Instagram atau status WA.
IPA: mempelajari jenis-jenis protein yang dikandung oleh telur dan bahan masakan lain.
IPS: mempelajari dari mana bahan-bahan masakan tersebut dibeli.

Tugas memasak omelet ini sebenarnya merupakan tugas memasak mama dan anak. Tapi, kakak Cinta ingin membantu. Jadi kali ini tugasnya untuk kakak dan adik saja nggak papa ya, Bu Guru.

Resep Cheese Omelette

Sebenarnya, bu guru wali kelas Keenan sudah memberi resep omelet ala beliau, tentu dengan catatan bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Nah, karena saya sedang rindu weekend breakfast di Coffee Bean & Tea Leaf di Seria, Brunei, saya memutuskan untuk membuat resep cheese omelette saja. Tentu dengan ilmu kira-kira ya dan dimodifikasi habis-habisan sesuai bahan yang ada di rumah.

CBTL Brunei
Ekspektasi: Omelette ala CBTL Brunei

Nah berikut adalah Resep Cheese Omelette ala Mama Nia

Resep Cheese Omelette Ala Mama Nia

Bahan:

2 buah telur
1 buah sosis dipotong kecil-kecil
Bawang bombay diiris dadu tipis-tipis
Tomat diiris dadu
Keju dipotong kotak kecil-kecil
Seledri dirajang halus
Garam dan lada secukupnya
1 sdm susu UHT tawar
1 sdm margarin atau mentega untuk memasak

Cara Membuatnya:

  1. Dalam wadah campur telur dan bahan-bahan lain. Aduk sampai rata dan sedikit mengembang.

  2. Panaskan margarin atau mentega, tuang kocokan telur dan masak sampai setengah matang. Oya, supaya hasil omeletnya fluffy dan lembut, aduk-aduk sebentar bagian tengah telur yang masih basah sampai kacau aja.

    resep omelet

  3. Lipat telur menjadi setengah lingkaran, kecilkan api dan masak sampai telur matang. Angkat.

Gampang banget kan. Untuk bagian memasak kali ini diserahkan kepada kakak Cinta. Sementara Keenan kebagian mencampur semua adonan dan mencuci mangkuk-mangkuk tempat bahan masakan.

Supaya mirip dengan omelette CBTL, saya menyiapkan sayuran untuk digunakan sebagai hiasan omelet. Niatnya bikin omelet dengan salad gitu lho, biar sehat. Tapi karena anak-anak terlalu semangat meletakkan sayur dalam piring jadinya bentuknya kurang cantik hahaha.

omelet keju
Realita: Omelet Keju dan Salad made by Keenan dan Kakak

Tapi nggak apa-apa sih, toh mereka senang karena berhasil menyelesaikan sebuah resep omelet. Walaupun ada insiden sebuah telur tumpah karena Keenan terlalu semangat memecahkan telurnya hahaha. Yang penting rasa omeletnya enak dan lembut. Dimakan dengan salad yang berisi irisan daun bayam, kubis, parutan wortel, timun dan saus thousand island yang segar, omelet keju ini menjadi menu makan siang saya yang sehat dan lezat.

Yang mau nonton versi videonya bisa langsung lihat di sini:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Alfa Kurnia (@alfakurnia) on

Semoga resep omelet ini bisa menjadi inspirasi menu sarapan atau masakan yang bisa dimasak bersama anak. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Chocolate Cookies Simpel Untuk Masak Bersama Anak

alfakurnia
Posts created 345

28 tanggapan pada “Resep Cheese Omelette yang Gurih dan Lembut

  1. Aku perhatikan resepnya kayanya mirip semua tp kok hasilnya di foto kaya lebih enak tyt pake susu UHT ya… Noted. Terima kasih resepnya mba..

    1. Sangat menginspirasi mbak buat saya. Anak² saya pecinta telur tapi saya bikinnya kalau gak telur mata sapi, telur dadar sayur, telur orak/arik saja atau bahkan rebus🙈🙈. Dah begitu saja seterusnya. Ini benar² menambah resep telur mbak🤗🤗

  2. Anak saya hobby banget makan telur, kalo dia aku bikinin resep kayak gini dia pasti senang banget, apalagi dia juga suka keju. Makasih resepnya, ditunggu resep-resep yang lainnya.

  3. Kayak tugas anak saya yang mbarep kemarin Mbak, diminta memasak makanan berdasar sereal, kacang-kacangan atau umbi-umbian. Seru banget ya, bisa memasak bersama buah hati tercinta, dan yang bikin senang, mereka langsung antusias memakannya haha. Pengin coba nih resep cheese omelletnya.

  4. Wahh kreatif ya tugas sekolahnya. Bikin belajar nggak bosenin karena langsung praktek juga. Mamanya juga gak pusing mikirin kegiatan apa lagi yg bisa dilakuin bareng anak-anak. Nice mba..

  5. Cara belajar yang menyenangkan dan kreatif nih Mbak Alfa. Saya sampai suka merhatiin yang bikin omelette di hotel-hotel supaya bisa fluffy hasilnya, ternyata memang harus diaduk-aduk terus ya. Terima kasih resepnya, saya gak pernah pake susu UHT, bisa dicoba nih.

  6. Udah sama kok bentuknya dengan yang di Brunei. Hebat loh Kakak Cinta dan Adek Keenan sudah bisa memasak omelet keju yang lezatos gini. Jadi pengin ikutan juga nih bikin omelet dengan resep Mama Nia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas