Pesta Virtual, Cara Rayakan Ulang Tahun di Masa Pandemi

Pesta Virtual, Cara Rayakan Ulang Tahun di Masa Pandemi

Membuat pesta ulang tahun di masa pandemi, apa mungkin? Yah, Sudah setahun kita mengalami pandemi Covid-19 ya. Tepat setahun lalu pembatasan sosial berskala besar (PSBB) ditetapkan di Indonesia. Anak-anak dilarang masuk sekolah dan para pekerja dihimbau untuk bekerja dari rumah.

Baca Juga: PSBB Lagi, Taati Protokol Kesehatan Ini

Sejak itu pula segala aktivitas sosial berhenti. Mulai dari pesta pernikahan, arisan, pengajian, sampai sekadar nongkrong cantik di kafe pun nggak bisa dilakukan. Well, setidaknya untuk sebagian besar orang termasuk keluarga kami.

Pesta ulang tahun anak yang biasanya dirayakan secara meriah bersama keluarga dan teman-teman terpaksa ditiadakan. Begitulah yang terjadi di keluarga kami. Kalau biasanya kami pergi makan di luar setiap ada yang ulang tahun, sejak tahun lalu nggak bisa lagi.

Begitu juga dengan perayaan di sekolah. Tentunya dengan anak-anak belajar di rumah secara daring, otomatis mereka nggak bisa berkumpul dan merayakan ulang tahun dengan teman-temannya.

Sedih, ya pastilah. Meski buat sebagian keluarga pesta ulang tahun anak bukan hal yang penting, bagi sebagian lagi hari ulang tahun adalah momen yang perlu dirayakan. Seperti di keluarga kami.

Memang sih, biasanya pun kami nggak pernah membuat pesta. Minimal makan-makan aja di luar. Atau anak-anak merayakannya di sekolah. Tapi tetap saja, pandemi Covid-19 membuat perayaan ulang tahun terasa berbeda.

Setelah setahun ini merayakan ulang tahun di masa pandemi dengan biasa aja. Tahun ini, diawali dengan ulang tahun anak bungsu saya, saya mencoba mengadopsi ide teman-teman untuk melakukan pesta virtual.

pesta virtual
pesta ulang tahun ke-8 Keenan dirayakan secara virtual

Baca Juga: Birthday Celebration 2.0

Pesta Virtual untuk Ulang Tahun Anak

Acara ini sebenarnya bukan pertama kali kami lakukan. Sekitar 10 tahun lalu, saya pun pernah membuat ‘pesta virtual’ dengan alasan yang serupa dengan kali ini. Yaitu supaya suami saya, ayahnya anak-anak yang bekerja jauh dari rumah bisa merayakan ulang tahun anak-anak bersama-sama. Meski terpisah jarak ribuan kilometer.

Baca Juga: Suka Duka Long Distance Marriage

Namanya pesta virtual tentu dilakukan di dunia maya, ya. Kalau zaman anak sulung saya, kami memanfaatkan Skype. Kali ini saya menggunakan Zoom. Dengan pertimbangan yang akan “hadir” lebih banyak.

Nah, supaya pesta virtual untuk ulang tahun di masa pandemi meriah, bisa lakukan beberapa hal ini:

Buat Tema Pesta Supaya Meriah

Karena keputusan merayakan ulang tahun Keenan secara virtual ini mendadak, saya nggak sempat menentukan tema. Tapi kalau bisa sih bakal lebih seru ya.

Mungkin dengan meminta undangan mengenakan dress code tertentu. Atau kalau anak-anak bisa buat pesta topeng. Kan lucu tuh kalau discreenshot foto peserta ultahnya pakai topeng macam-macam. Bisa juga kompak pakai topi ulang tahun.

Supaya nggak merepotkan undangan, kita bisa mengirim topi ulang tahun ke mereka. Nggak perlu juga susah-susah ke toko untuk beli perlengkapan pesta. Tinggal buka marketplace dan kiriim ke alamat undangan, beres deh.

Tentukan Undangan

Yah, kalau yang ulang tahun remaja atau orang dewasa tentunya nggak perlu pusing ya mau mengundang berapa orang aja. Mau private dengan keluarga atau sahabat dekat bisa. Mau rame-rame dengan teman sekampus juga boleh.

Tapi, untuk anak-anak sebaiknya dibatasi aja undangannya. Supaya anak-anak bisa lebih fokus bicara dengan orang-orang yang dikenalnya.

pesta ulang tahun di masa pandemi
undangan terbatas keluarga serumah plus keluarga di Surabaya dan Makassar

Kalau saya, karena anak-anak belum punya teman dekat di sekolahnya sejak kami pindah dari Brunei, hanya mengundang keluarga dekat. Mertua, ipar, adik-adik dan ponakan adalah sedikit daftar undangan kami.

Baca Juga: Mempersiapkan Anak Pindah Tempat Tinggal Baru

Batasi Waktu Pesta Virtual

Pesta virtual untuk ulang tahun di masa pandemi nggak perlu terlalu lama, terutama untuk anak-anak. 20 – 45 menit saya rasa sudah cukup. Karena mereka pasti sudah sulit berkonsentrasi kalau melihat kue dan tumpukan kado.

Kalau untuk orang dewasa ya beda lagi, ya. Pesta virtual bisa jadi ajang ngobrol dan seseruan. Jadi silakan gunakan waktu yang disediakan oleh penyelenggara ruang meeting online sepuasnya hehehe.

Dekorasi Ulang Tahun di Masa Pandemi

Meskipun hanya pesta ulang tahun virtual, dekorasi pesta bisa membuat suasana lebih meriah. Di ulang tahun Keenan, adik dan ipar saya yang punya ide dan memasang dekorasinya. Alhasil Keenan senang banget mendapat kejutan ruangan dihias balon dan tulisan Happy Birthday.

dekorasi pesta ulang tahun di rumaha

Sederhana tapi bermakna. Bahkan melihat ponakannya dibuatkan dekorasi ulang tahun, adik saya langsung berpesan supaya ulang tahun anaknya juga dikasih kejutan serupa hahaha. Melihat anak bahagia itu memang pelanginya orang tua ya.

Supaya lebih seru lagi, kita bisa membuat background meeting online dan bagikan kepada para undangan. Sehingga mereka bisa memasangnya saat hadir di acara ulang tahun ini. Jadi akan terlihat bagus saat difoto, kan.

Makanan

Makanan adalah faktor penting untuk pesta ulang tahun. Kalau kita menyediakan kue atau makanan kesukaan yang berulang tahun. It would be fair jika kita juga menyajikan makanan untuk peserta undangan.

pesta ulang tahun anak
makanan pesta sederhana sesuai permintaan yang berulang tahun

Dengan adanya GoFood, Grab Food dan jasa pesan antar makanan, tentu ini bukan hal yang susah ya. Seperti yang kami lakukan. Karena Keenan meminta pizza sebagai ‘kue’ ulang tahunnya, saya pun mengirimkan pizza ke rumah ipar dan adik saya.

Sehingga setelah acara tiup lilin, anak-anak bisa sama-sama menikmati pizza sambil ngobrol. Atau kalau dalam kasus saya, undangan makan pizza sambil nonton Keenan unboxing kado hahaha.

Makanan berat ini tentu bisa juga diganti dengan kue atau makanan apa aja yang kira-kira akan disukai undangan, ya. Yang penting pesta ulang tahun virtual menyenangkan untuk yang berulang tahun dan undangannya.

Alhamdulillah pesta virtual si Keenan berjalan dengan lancar meski dadakan. Acara yang berlangsung selama 15 menit itu (karena papanya anak-anak harus berangkat Jumatan) cukup rame. Keenan pun merasa senang karena ulang tahun di masa pandemi ini terasa lebih istimewa.

Mama juga senang karena biaya untuk pesta ulang tahun virtual tentu lebih sedikit daripada pesta offline. Yah, tentu nggak ada yang mengalahkan keriuhan berkumpul secara nyata ya. Tapi di masa pandemi ini, yang begini saja sudah cukup.

Selamat ulang tahun ke-8, Keenan. Semoga Keenan selalu dalam lindungan Allah SWT. Bertumbuhlah dengan baik ya, Nak. Doa, dukungan dan kasih sayang kami selalu bersamamu.

Teman-teman sendiri punya pengalaman seru kah dalam merayakan ulang tahun di masa pandemi? Yuk berbagi cerita di kolom komentar. Siapa tahu bisa jadi ide untuk pesta berikutnya.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top