Ragam Ide Kado Ulang Tahun untuk Anak Perempuan

matahari mall, kado untuk anak perempuan, ulang tahun anak perempuan

Ide kado ulang tahun untuk anak sering membuat orang dewasa jadi kewalahan. Sebenarnya memilih kado ulang tahun untuk anak sangat mudah kok. Apalagi jika kita berencana memberikan kado ulang tahun untuk anak perempuan. Ada banyak pilihan kado yang bisa menjadi inspirasi bagi kita.

Penasaran tentang ragam ide kado ulang tahun untuk anak perempuan?

matahari mall, kado untuk anak perempuan, ulang tahun anak perempuan

Yuk simak ulasannya berikut ini :

Buku Cerita Edukatif

buku edukasi, hadiah, kado untuk anak perempuan, hadiah ulang tahun, ulang tahun anak perempuan

Buku cerita edukatif sangat bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang otak anak. Biasanya anak-anak perempuan yang gemar membaca akan memiliki pengetahuan dan perilaku yang baik. Itulah sebabnya pilihan kado berupa buku cerita edukatif bisa menjadi alternatif menarik di hari ulang tahun anak perempuan. Mudah-mudahan jenis kado yang satu ini mampu menumbuhkan minat baca anak sedini mungkin.

Sepeda Roda Dua

Anak perempuan juga akan senang jika diberi sepeda roda dua. Anak perempuan yang belum bisa mengendarai sepeda pun bisa mulai belajar bila mendapatkan kado ulang tahun yang satu ini. Pilihkan sepeda roda dua yang ukurannya sesuai dengan ukuran tubuh anak. Sehingga anak-anak tidak kesulitan mengendarai sepeda barunya. Untuk urusan warna, pilihkan saja warna favorit anak agar anak semakin senang dan bersemangat menyambut hadiah barunya.

Pakaian Tidur yang Nyaman

matahari mall, hadiah ulang tahun anak perempuan, kado untuk anak perempuan
Pic credit: Matahari Mall

Di MatahariMall, ada berbagai merek pakaian tidur anak perempuan yang berkualitas dan dibanderol dengan harga terjangkau. Bukan hanya modelnya yang variatif, pilihan warna dan  ukurannya juga sangat beragam. Pasti kita tidak ragu lagi memilihkan pakaian tidur yang tepat sebagai kado untuk anak perempuan. Tak perlu khawatir akan boros jika kita membeli pakaian tidur atau kebutuhan rumah tangga lainnya di MatahariMall.

Alat Musik

Anak perempuan yang hobi bermain musik pasti sangat gembira kalau mendapat hadiah berupa alat musik baru. Belikan alat musik berkualitas yang sesuai dengan kegemaran anak. Nanti pasti anak-anak akan semakin bersemangat belajar memainkan alat musik. Maka tumbuh kembang otak anak pun akan semakin maksimal dengan stimulasi pelajaran musik.

Keempat jenis kado tersebut pasti menjadi ide menarik ketika kita sedang bingung menentukan jenis kado yang tepat. Mari melengkapi kebahagiaan ulang tahun anak dengan kado yang bermanfaat!

Inspirasi Hadiah Ulang Tahun Istimewa untuk Anak Perempuan

inspirasi hadiah ulang tahun untuk anak perempuan, birthday gift, matahari mall

Ulang tahun menjadi momen bahagia bagi sebagian besar orang, tak terkecuali untuk anak-anak. Sudah bisa dibayangkan betapa gembiranya anak-anak ketika mendapatkan hadiah di hari istimewanya. Selain mempertimbangkan harga hadiah yang akan diberikan, hadiah tersebut juga harus bermanfaat bagi anak-anak.

Sering bingung memilihkan hadiah ulang tahun untuk anak perempuan?

inspirasi hadiah ulang tahun untuk anak perempuan, birthday gift, matahari mall

Beberapa ide berikut ini tentu bisa menjadi inspirasi hadiah yang tepat bagi kita :

Perlengkapan Sekolah

Anak perempuan yang sudah memasuki usia sekolah pasti membutuhkan perlengkapan sekolah untuk menunjang aktivitasnya. Tas ransel, alat tulis, dan meja belajar mini tentu akan membuatnya makin bersemangat saat belajar. Jangan lupa memilihkan perlengkapan sekolah dengan tokoh kartun favoritnya agar anak-anak merasa terkejut ketika menerima hadiah yang ia sukai.

Tablet PC

Advan PC Tablet, Tablet PC, Advan, hadiah ulang tahun untuk anak perempuan

Karena anak-anak masa kini sudah mengenal internet, tablet PC juga bisa menjadi inspirasi hadiah yang tepat. Aneka koleksi tablet Advan di bawah 1 juta yang ada di MatahariMall memudahkan kita untuk memberikan hadiah. Jangan lupa mencermati spesifikasi tablet PC sebelum membelinya agar tablet PC tersebut sesuai dengan kebutuhan mobile anak-anak.

Sepeda Baru

Sepeda akan membuat anak-anak lebih aktif bermain di luar rumah. Jika jarak rumah dan sekolah berdekatan, sepeda juga membuat anak perempuan bisa berangkat sendiri ke sekolah. Ajarkan peraturan lalu lintas sederhana pada anak supaya anak bisa mengendarai sepeda barunya dengan baik saat berada di jalan.

Aneka Buku Cerita

Tak sekadar membuat anak terhibur, buku cerita juga melatih kemampuan anak dalam hal menyimak dan berimajinasi. Kumpulan dongeng nusantara atau fabel populer dunia tentu disukai oleh anak-anak. Ajak pula anak untuk merawat buku-bukunya dengan benar sehingga buku tersebut tahan lama dan tak mudah rusak.

Dekorasi Kamar Pribadi

girl bedroom, inspirasi hadiah ulang tahun untuk anak perempuan, birthday gift

Menata ulang kamar anak bisa menjadi hadiah yang istimewa dan tak terlupakan. Gunakan warna-warna favorit anak, lemari dan meja belajar, seta ranjang baru untuk membuat suasana kamar anak lebih istimewa. Selanjutnya, ajaklah anak untuk menjaga kebersihan kamar pribadinya dengan baik setiap hari.

 

Sumber foto:

Pixabay.com, MatahariMall.com, House.rarevancouver.com

Two Amazing Years

4 Maret 2013, 11:10 PM

Baru merebahkan diri di ruang perawatan ward 5 (eh, atau ward 6 ya?), Suri Seri Begawan Hospital, KB setelah melalui hampir 1 jam perjalanan dari apartemen di Sg. Liang saat kontraksi dirasa semakin sering. Padahal siangnya masih nyetir sendiri antar jemput sekolah.

Lantas menjalani sisa malam di kamar yang gelap dan hening bersama dua orang lainnya, menikmati kontraksi yang semakin sering dan semakin aduhai tanpa didampingi suami atau kerabat yang lain. Hanya kami bertiga, ibu-ibu hamil yang dalam diam tak henti merapal doa dan mencoba untuk tidur di sela-sela dengungan CTG yang bergantian dipasang pada perut kami dan rasa sakit yang hilang dan timbul.

Dalam hati berbicara pada si bayi, “Dek, kalau adek sudah siap nanti kita bekerja sama ya. Supaya adek lahirnya cepat dan lancar.” Sambil mempertimbangkan minta disuntik epidural dan berharap malam itu segera berlalu…

5 Maret 2013, 6:00

Pembukaan 6. Suster tiba-tiba masuk ke dalam kamar perawatan dan meminta supaya kembali ke ruang periksa. Rupanya suster yang jaga sebelumnya nggak ngasih tahu kalah harus kasih suntikan antibiotik beberapa jam sebelum proses melahirkan sesuai instruksi dokter. Tergopoh-gopohlah dia sambil berkali-kali minta maaf.

Sementara teman-teman sekamar satu-satu sudah pindah ke ruang bersalin, dan menyusul giliran saya…

5 Maret 2013, 8:00 AM

Pembukaan 8, sudah di ruang bersalin didampingi suami. Sementara Cinta yang terpaksa bolos sekolah padahal lagi ujian duduk sendiri di ruang tunggu ward 5, Suri Seri Begawan Hospital karena nggak ada yang jaga di rumah.

Kontraksi semakin kuat dan ketika diperiksa ternyata mekonium si bayi sudah keluar. Bidan minta ijin untuk melakukan episiotomi dan saya diminta siap-siap mengejan. 7 menit kemudian keluarlah bayi laki-laki seberat 3,2 kg dengan panjang 49 cm yang langsung disusui setelah diadzani oleh papanya.

5 Maret 2015

 photo 806A427F-5329-4439-B13A-68AB9176B994_zpsucyuecxj.png

Selamat ulang tahun ke-2, Keenan. Semoga Allah selalu melindungimu, menjadi anak sholeh dan selalu sehat. Semoga tumbuh menjadi pribadi yang gagah, berani dan bersinar memberi manfaat bagi agama, keluarga & masyarakat seperti doa yang kami panjatkan saat menyematkan nama “Keenan Aditya” padamu.

Cinta’s 5th Birthday

Tiap tahun, saya selalu berangan-angan bikin acara ulang tahun yang menyenangkan untuk Cinta, rasanya bayangan jenis kue, goody bag, baju ultah, sampai tempat acara sudah melekat di kepala selama berbulan-bulan. Tapi ternyata ulang tahun yang menyenangkan menurut Cinta tidak sama dengan saya. Buat dia merayakan ulang tahun bersama keluarga saja sudah cukup dan ternyata hal ini dikabulkan oleh Allaah.

Jadilah tahun ini sesuai dengan permintaan Cinta, kami merayakan ulang tahun ke-5 gadis kecil ini dengan penuh kesederhanaan. Hanya kami  bertiga, 2 buah kado dan kue ulang tahun pilihan Cinta, di hari Minggu, 17 Juni 2012 yang lalu. Meski sederhana bukan berarti sepi karena tak lama setelah acara tiup lilin kami dapat video call dari keluarga di Sidoarjo, telpon dari Yangti Yangkung Tuban dan tante bude. Belum lagi limpahan doa dan ucapan selamat dari teman-teman di Twitter dan Facebook. Alhamdulillaah, semoga diijabah Allaah.

Keesokan harinya Cinta bagi-bagi cupcake untuk teman-teman di sekolah. Nggak pakai acara tiup lilin karena dia nggak mau, “Kan kemarin sudah celebrate my birthday at school, Ma. Sekarang makan kue aja rame-rame sama teman-teman,” pintanya.

Selamat ulang, Nadja Aluna. Selamat meninggalkan masa balitamu dan menyongsong hari-hari sebagai anak besar. Terima kasih telah menjadi guru terbaik bagi kami untuk terus belajar menjadi orang tua. Semoga mama dan papa bisa membimbingmu menjadi anak sholeha, berguna bagi lingkungan, sehat dan bahagia. Aamiin ūüôā

Membujuk Anak untuk Imunisasi

Semakin besar, Cinta semakin susah diajak imunisasi. Mungkin karena dia tahu disuntik itu sakit dan pernah pengalaman diimunisasi paksa, sehingga tiap diingetin jadwalnya imunisasi selalu histeris dan menolak meski sudah diiming-imingi berbagai macam reward. Nah, bulan ini pas ulang tahunnya ke-5, waktunya dia booster DTP, MMR dan Hep. A tapi masih bingung cara bujuknya. Nanya ke twitternya mbak @AnnaSurtiNina seorang psikolog anak dan keluarga, beliau memberikan saran seperti ini:

Kalau masih histeris emang susah. Kalau dipaksa, bisa, tapi resikonya akan semakin nolak imunisasi berikut, juga nolak pergi ke dokter karena¬†dokter kemudian diasosiasikan dengan ‘makhluk mengerikan’ / ‘yang bikin susah’. Padahal kita masih sangat perlu dokter kan. Jadi yang paling pas¬†tetap dibujuk, tapi tarik ulur ya. Dalam hal ini, diiming-imingi boleh kok :D. Pakai sistem ‘kalender’, tunjuk tanggal, sepakati¬†di hari H ya tetep pergi apapun yg terjadi. Setelah itu jangan lupa iming-imingnya diberi. Ohya, supaya lebih positif, bisa juga beri pujian¬†‘wah kamu pasti tambah kuat & sehat sekarang’ atau ‘mama bangga sama kamu’.

Saran ini sedang saya praktikkan dan tadi malam sudah menemukan kesepakatan tanggal berangkat imunisasinya, yaitu.hari Sabtu 23 Juni 2012 sepulang sekolah. Doakan kami berhasil di hari H ya ūüėÄ

What We Learn From Our Mom

Dulu, jaman saya remaja, saya sering menganggap mama saya tuh nggak gaul karena sering menasihati ini itu atau melarang begitu begini. Mama saya juga suka bilang kalau anak-anak generasi saya (dan adik-adik) beda sekali dengan beliau waktu kecil dulu. Selera musik yang aneh, skala prioritas.yang bukan lagi soal pelajaran, dan masih banyak lagi. Semakin dewasa, semakin jauh gap antara saya dan mama sampai akhirnya saya menikah dan punya anak.

Nggak sedikit pertentangan yang saya alami dengan mama soal merawat bayi, meskipun banyak sekali yang saya pelajari dari beliau, misalnya soal memandikan bayi, cara membedong anak sampai cara menggendong anak. Yang paling seru (menurut saya nih ya) ya soal ASI vs sufor dan pengobatan. Generasi mama saya masih percaya bahwa susu formula adalah asupan terbaik bagi anak, sedangkan saya merasa sebaliknya. Begitu pula dengan pengobatan, setelah belajar dari sebuah milis dan sharing dengan beberapa teman, saya berusaha mengadopsi sistem rational use medicine, sedangkan orang tua saya ya masih beranggapan bahwa bayi sakit wajib hukumnya ke dokter.


Ternyata nggak cuma saya yang mengalami pertentangan seperti itu dengan orang tua. Banyak lho, mamah mamah muda yang bernasib sama. Bahkan sampai ada yang benar-benar bertengkar dan memusuhi ibunya karena perbedaan pendapat ini. Sedih banget ya. Saya pun dulu sering merasa kesal karena pada pagi hari tiba-tiba Cinta sudah selesai mandi dan diberi susu formula oleh mama dan nenek saya, padahal saya ingin sekali bisa ASI eksklusif. Atau saat batuk pilek baru sehari dua hari sudah disuruh-suruh ke dokter. Tapi, setelah kami bisa berbicara dari hati ke hati, alasan beliau adalah kasihan melihat saya yang lelah karena begadang semalaman mengurus Cinta. Atau nggak tega melihat bayi kecil terus-terusan sakit. Ternyata semua itu beliau lakukan sebagai bentuk sayangnya pada kami berdua kok.

Sejak itu saya berusaha mencari jalan terbaik untuk bisa berkompromi dengan mama. Menunjukkan artikel-artikel tentang ASI, mencari dokter anak yang se”aliran” dengan saya. Hebatnya, mama saya juga seakan berusaha untuk bisa mengerti dan memahami keinginan saya, sampai akhirnya beliau menjadi salah satu pendukung ASI yang hebat dan bahkan bisa ikut mempromosikan kebaikan ASI di kantornya.¬†My mom is cool, right?

Di ulang tahun Cinta ini, saya mengenang kembali perjalanan 5 tahun menjadi ibu dan menyadari bahwa mama saya (dan suami tentu saja) adalah sosok terpenting di belakang perjuangan kami menjalani peran sebagai ibu dan anak. Tanpa beliau mungkin saya tidak bisa survive dari post partum depression, tanpa beliau juga mungkin saya tidak bisa maksimal untuk berusaha memberikan yang terbaik bagi Cinta. 

Untuk itulah, saya membuat giveaway  bertemakan ajaran orang tua yang masih kita gunakan dalam mengasuh anak-anak kita sekarang. Sekadar mengingatkan bahwa meskipun masa berganti, ilmu berubah dan kita saat ini merasa lebih pintar dari ibu, masih banyak ajaran-ajaran beliau yang timeless. Mengasuh anak bukan cuma soal ASI vs sufor, RUM vs IRUM, MPASI rumahan vs MPASI instan. Masih banyak hal yang harus kita pelajari dan seringkali orang tua adalah guru terbaik.

Dan saya terharu sekali melihat banyak wisdom dari para nenek atau kakek yang diamalkan oleh mamah papah jaman sekarang. Semuanya bagus menurut saya, seperti mengajarkan kejujuran, kemandirian, menghargai barang atau makanan, menghindari labeling sampai soal mengajarkan sebab akibat pada anak. Itu adalah ilmu-ilmu parenting yang mungkin dipelajari mama-papa kita secara otodidak, dilakukan dari hati dan sekarang dianut oleh banyak ahli parenting.

Karena semuanya bagus sehingga saya bingung memilih pemenang, akhirnya saya menggunakan caranya om Warm untuk menentukan 2 orang yang mendapatkan paket buku “Rumah Cokelat” dan seri buku anak “Sejuta Warna Pelangi“. Dan yang beruntung adalah¬†Myra Anastasia dan¬†Titut Ismail, silakan kirim alamat pengiriman ke: alfa(dot)kurnia(at)ymail(dot)com atau via akun FB/Twitter. Terima kasih banyak atas partisipasi dan ucapan teman-teman semua untuk Cinta, doa terbaik untuk semua ūüôā