Masak Seru Bareng Ibu dan Anak dengan Miyako x Rinnai

Masak Seru Bareng Ibu dan Anak dengan Miyako x Rinnai

Teman PojokMungil pernah merasa terganggu kah saat si kecil ingin ikut kita memasak di dapur? Saya pernah hahaha. Mungkin karena saat kecil saya tuh dilarang masuk ke dapur kalau nenek atau mama saya lagi masak.

“Aduh, sempit ini dapurnya. Kalau banyak orang nanti panas.”

“Main aja sana, nanti berantakan kalau kalian ada di dapur.”

Kalimat-kalimat seperti itu sering terlontar dari para orang dewasa. Jadinya saya punya anggapan bahwa memasak itu kegiatan yang merepotkan dan dapur adalah tempat yang panas, sumpek dan tidak menyenangkan.

Akhirnya ya nggak tertarik belajar masak yang serius selain goreng telur, masak mie instan dan rebus air hehehe. Akibatnya saya kebingungan saat awal berumah tangga karena nggak bisa masak. Alhamdulillah suami saya tuh menerima dan selalu makan dengan lahap semua hasil masakan saya apapun bentuknya.

Baca Juga: I Do (Not) Like Cooking

Nah, pengalaman ini membuat saya bertekad untuk membiarkan anak-anak ikut beraktivitas di dapur saat saya memasak. Meskipun kadang merepotkan dan terasa mengganggu.

Namun, setelah melewati perasaan tersebut, saya menemukan bahwa masak bareng anak itu banyak sekali manfaatnya. Antara lain:

masak seru bareng ibu miyako x rinnai

Manfaat Masak Bareng Anak

  • Masak bareng anak itu memberi kita kesempatan untuk memperkenalkan pada anak makanan yang segar dan sehat.
  • Anak juga belajar untuk mengenal bahan-bahan masakan seperti jenis-jenis ikan, macam-macam sayuran serta bumbu dapur.
  • Membantu anak mengenali tampilan makanan yang berbeda dan dari mana asalnya.
  • Anak jadi mengembangkan kebiasaan makan yang sehat, karena mereka cenderung untuk mencoba hasil masakan yang mereka bantu masak.
  • Mengenalkan anak pada tradisi keluarga, resep dan masakan khas asal orang tua jika kita suka memasak masakan tradisional.
  • Mengembangkan life skill, kemandirian dan menyiapkan mereka untuk memasak bagi dirinya sendiri atau keluarganya kelak.
  • Membantu membangun keterampilan matematika anak, misalnya dengan menghitung takaran garam dengan sendok ukur, menjumlahkan telur, atau menakar cairan.
  • Sarana belajar sensori dengan menyentuh beras, bawang, daun atau kulit buah.
  • Salah satu cara untuk menguatkan bonding dengan anak dan berbagi tanggung jawab memasak untuk keluarga.
  • Menggugah selera makan anak dengan makan bersama masakan yang ia bantu masak.

Serunya Masak Bareng Anak Menggunakan Produk Miyako x Rinnai

Pengalaman masak bareng anak sendiri mulai saya lakukan saat sudah tinggal di rumah sendiri. Saat itu anak sulung saya baru masuk kelompok bermain dan lagi senang-senangnya bermain masak-masakan.

Saya ingat sekali salah satu hal yang kami buat bersama adalah cake untuk ulang tahun suami. Waktu itu kami belum punya oven. Perlengkapan dapur saya masih minimalis hanya ada kompor, rice cooker, blender dan wajan serta panci.

Tapi si sulung ingin bikin kue untuk papanya, karena di rumah neneknya sudah sering diajak menghias kue dan cupcake untuk anggota keluarga yang lagi ultah. Setelah mencari info di internet, saya mencoba untuk memanggang kue pakai Rice Cooker Miyako yang ada di rumah.

Bikin Aneka Masakan dengan Rice Cooker Miyako yang Serbaguna

Alhamdulillah berhasil hahaha. Lapisan anti lengket pada bagian inner pot yang dimiliki oleh Rice Cooker Miyako, membuat adonan kue nggak lengket dan mudah dikeluarkan dari pot.

Kuenya juga matang dengan bagus berkat elemen pemanas di bagian bawah yang menjadikan masakan dan nasi matang dengan sempurna. Meski teksturnya nggak selembut cake pada umumnya, yang penting anak dan suami senang karena ada kue buatan sendiri untuk merayakan ulang tahun kesayangan.

memanggang kue dengan rice cooker

Setelah tahu kalau rice cooker kesayangan saya itu bisa digunakan untuk memanggang kue, saya pun mencobanya untuk mengukus macaroni schotel, bikin sup dan membuat bubur. Alhamdulillah semua berhasil.

Namun, fungsi utamanya ya tetap untuk memasak nasi, ya. Belakangan kabarnya bisa juga untuk masak mie, kapan-kapan saya coba deh.

Oya, sekarang urusan masak nasi sudah bisa saya serahkan ke anak-anak karena mereka sudah terbiasa menggunakan Rice Cooker Miyako. Saya nggak takut inner potnya rusak sebab rice cooker ini sudah dilengkapi dengan anti gores. Jadi kalau anak-anak nyuci beras di potnya agak serampangan tetap aman, deh.

Keunggulan lain dari Rice Cooker Miyako adalah 3 elemen pemanas di bagian atas, tengah, dan bawah yang menjadikan nasi matang lebih sempurna dan tahan lebih lama. Nasi juga nggak gampang busuk karena rice cooker ini dilengkapi dengan gelas pembuangan air di bagian belakang untuk menampung air sisa memasak.

Dulu pilih Miyako karena banyak yang merekomendasikannya dan mudah didapatkan di toko elektronik maupun toko online. Dan rasanya nggak menyesal pakai Miyako. Merek satu ini seperti Teman Wajib Anda di rumah untuk menyajikan nasi yang pulen, hangat dan tahan lama.

Kompor Rinnai Andalan Ibu

Saat anak-anak masih kecil, saya hanya memberikan mereka tugas ringan saat masak bareng anak. Seperti memarut keju, mengupas bawang, mengocok telur atau memotong sayuran.

manfaat masak bersama anak

Setelah mereka lebih besar, saya ajarkan menyalakan kompor dan cara memasak yang aman menggunakan kompor gas.

Sudah banyak masakan yang bisa dibuat oleh anak-anak menggunakan kompor seperti bikin pancake untuk sarapan dengan resep pancake anti gagal, cheese omelette, membuat roti panggang, memasak nasi goreng atau mie instan.

Kompor Rinnai adalah kompor gas dua tungku pertama yang saya miliki setelah berumah tangga. Jadi perjalanan karir saya sebagai tukang masaknya keluarga tuh seperti slogannya Rinnai, “Dimulai Dari Rinnai”.

Kompor gas itu dulu juga hasil rekomendasi keluarga dan teman-teman. Ya, nggak heran sih, selama menggunakan Kompor Rinnai, saya merasa puas. Panas apinya tuh stabil karena Rinnai tuh membekali kompor-kompor gasnya dengan high output burner yang mengatur aliran api.

Kompor Rinnai juga mudah dibersihkan dan nggak sulit perawatannya. Apalagi keluaran sekarang didesain dengan menggunakan material stainless steel 304 yang membuat kompor gas kita nggak mudah berkarat.

Kompetisi Foto Masak Seru Bareng Ibu Miyako x Rinnai

Nah, setelah tahu manfaat masak bareng anak dan keseruan yang bisa diperoleh dari aktivitas tersebut, bisa nih teman-teman PojokMungil mulai masak bareng si kecil. Atau malah sudah sering melakukannya dan punya foto masak seru bareng ibu dan anak?

manfaat makan bareng anak

Pas banget nih Miyako berkolaborasi dengan Rinnai sedang mengadakan kompetisi foto dengan tema Masak Seru Bareng Ibu. Kompetisi yang diadakan di platform media sosial Instagram ini diselenggarakan dalam rangka merayakan Hari Ibu dan Natal 2022 serta Tahun Baru 2022.

Dalam kompetisi ini, Miyako x Rinnai mengajak ibu-ibu untuk mengabadikan momen seru saat beraktivitas di dapur bersama anak dan memostingnya di akun Instagram. Ketentuan lomba dapat dibaca di https://bit.ly/Miyakoxrinnai1.

Saya sudah ikutan, teman-teman juga, yuk. Hadiahnya produk Rinnai dan Miyako serta merchandise lainnya dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Jangan sampai terlambat karena periode lomba ini hanya berlangsung pada 1 Desember 2022 – 1 Januari 2023. Selamat berlomba!

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

2 thoughts on “Masak Seru Bareng Ibu dan Anak dengan Miyako x Rinnai

  1. Aku waktu kecil dulu ngga pernah diizinin bantu masak di dapur. Makanya aku jadi kurang suka masak.

    Sekarang, anak-anak aku izinin bantuin aku. Manfaatnya ternyata bagus juga, misalnya ketika mamanya kurang enak badan, mereka bisa bikin makanan sendiri meski sekadar telur ceplok atau goreng sosis / nugget. ?

  2. Kompor gas, selalu Rinnai, agar awet. Magic com, tahun lalu beli Miyako tuk ngepasin budget. Hahahaha
    Pas banget semua ada di dapur kami. Saya jarang masak bareng anak, tapi kadang meminta mereka masakin yang sederhana atau minta hasil masakan mereka.
    Meski cowok semua tapi kelak mereka akan kost di luar tuk kuliah/kerja. Jadi dilatih sejak kelas 4 SD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top
error: Content is protected !!