Inilah Beberapa Penyebab Turun Mesin Mobil dan Kisaran Biaya yang Harus disiapkan.

Inilah Beberapa Penyebab Turun Mesin Mobil dan Kisaran Biaya yang Harus disiapkan.

Turun mesin pada mobil yang juga sering disebut overhaul, adalah sebuah proses pembongkaran pada mesin mobil dan melepas mesin yang rusak atau bermasalah dari mobil sehingga bisa diperbaiki secara langsung. Bagi teman-teman yang memiliki kendaraan bermotor khususnya mobil, sebaiknya merawat mobil secara rutin untuk mencegah kerusakan seperti ini. Dengan demikian kita bisa menghemat biaya perbaikan mobil karena kalau sudah terlanjur rusak, kita membutuhkan budget yang tidak sedikit untuk biaya turun mesin mobil.

Apa saja penyebab mobil bermasalah hingga berujung turun mesin? Berikut ini ada beberapa penyebab turun mesin mobil.

1. Overheat atau mesin terlalu panas

Mobil teman-teman sering mogok? Ini dapat disebabkan oleh mesin yang terlalu panas atau mengalami overheat. Jika mesin mobil terlalu panas dan dipaksa untuk tetap berjalan, akibatnya mobil bisa mogok.

Kalau tidak segera diperbaiki, akan menimbulkan kerusakan lain pada mesin seperti silinder melengkung atau oli yang tercampur dengan air. Bila kerusakan-kerusakan seperti ini terjadi dan makin parah, sudah pasti harus dilakukan turun mesin untuk selanjutnya diperbaiki.

turun mesin mobil

2. Mesin terendam banjir

Salah satu penyebab turun mesin pada mobil adalah mesin yang terendam banjir. Ini bisa terjadi saat musim hujan dan jalanan tergenang banjir. Bagian dalam mobil yang terkena air ketika banjir akan membahayakan mesin mobil yang berujung pada tindakan turun mesin.

3. Timing Belt putus

Timing Belt harus rutin diganti ketika mobil sedang dilakukan servis rutin atau setelah kendaraan menempuh jarak maksimal 120.000 km. Putusnya timing belt akan menyebabkan piston dan katup-katupnya saling bertubrukan, sehingga katup dan piston rusak yang menyebabkan kerusakan mesin pada mobil sampai tidak berfungsi lagi.

Awalnya akan terjadi mobil mogok, hingga mesin yang tidak dapat dihidupkan lagi. Timing Belt yang putus harus segera diganti, jika tidak akan menyebabkan kerusakan selanjutnya yang bisa membahayakan mesin mobil.

Baca Juga: Mendapatkan SIM Brunei Nggak Susah, Kok

4. Kehabisan pelumas

Kehabisan pelumas juga bisa menjadi penyebab awal dari turun mesin pada mobil. Oli yang berperan menjadi pelumas pada mobil merupakan salah satu hal yang penting yang sangat berperan pada berjalannya mesin mobil. Oli sangat banyak membantu kinerja pada mesin mobil, maka dari itu oli sebagai pelumas pada mobil tidak boleh habis dan kering.

Jika sampai kering, maka akan terjadi kerusakan pada mesin mobil yang diawali dengan mesin yang tiba-tiba berhenti. Juga, akan membuat mesin overheat atau terlalu bekerja keras dan panas, sehingga berujung pada turun mesin.

5. Oli tercampur dengan air

Oli bisa tercampur dengan air ketika mobil terendam banjir atau apa saja yang menyebabkan air bisa masuk ke dalam mesin mobil. Jika oli tercampur dengan air, maka bisa mengakibatkan berbagai masalah yang berujung ke kerusakan mesin mobil, bisa merusak oli yang merupakan bahan pelumas, terjadinya korosi, juga sistem sirkulasi menjadi kacau.

Lalu, berapakah biaya untuk turun mesin mobil? Tergantung dari kerusakan pada mobil, namun tentunya kita harus mempersiapkan pengeluaran yang tidak sedikit.

Baca Juga: TRAC to Go: Transportasi Wisata yang Aman dan Nyaman

Biaya untuk melakukan perbaikan pada mesin mobil bisa dilihat dari kerusakan yang dialami, juga tergantung pada jenis mobil, jasa pengerjaan dan komponen yang diganti. Semakin banyak kerusakan, bisa semakin banyak komponen yang harus diganti.

Tidak lupa juga, jasa mekanik yang sudah memperbaiki mobil pun harus dibayar cukup mahal, mengingat perbaikan mobil seperti ini akan sangat rumit pekerjaannya.

Baca Juga: Meningkatkan Inklusi Keuangan Melalui Fin Expo BIK 2021

Pengeluaran untuk perbaikan mobil termasuk pengeluaran yang tidak terduga karena kita tidak bisa memprediksi kapan mobil akan mengalami kerusakan, apalagi sampai harus turun mesin. Untuk mencegah pengeluaran perbaikan mobil yang sangat besar, kita dapat membeli asuransi untuk mobil.

asuransi mobil

Ada banyak jenis asuransi mobil yang bisa memberikan benefit sesuai dengan kebutuhan teman-teman, pilihlah yang terpercaya dan memiliki layanan yang memuaskan. Salah satunya adalah Asuransi Mobil Zurich.

Di mana membeli asuransi Mobil Zurich ini? Teman-teman bisa membeli di perusahaan-perusahan yang menyediakan asuransi mobil, salah satunya adalah Lifepal. Selain Asuransi Mobil Zurich, Lifepal menyediakan layanan asuransi mobil lainnya, seperti Asuransi Mobil Sinar Mas, Adira Autocillin, dan banyak yang lainnya.

Baca di sini untuk memahami bagaimana Asuransi Mobil Zurich dapat memberi manfaat lebih untuk kita dan mobil kesayangan.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

One thought on “Inilah Beberapa Penyebab Turun Mesin Mobil dan Kisaran Biaya yang Harus disiapkan.

  1. hiks aku ga begitu paham kalau soal mesin-mesin mobil
    taunya bisa make aja
    kalau urusan servis biasanya bapak aku
    memang perlu ya mbak penyisihan dana untuk asuransi mobil
    soalnya biaya perawatan mobil aja juga udah habis banyak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top