5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Kemajuan Bisnis Anda

5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Kemajuan Bisnis Anda

Berbisnis sudah pasti ingin untuk selalu untung. Namun apa jadinya jika bisnis yang telah Anda kalah bersaing dengan kompetitor karena tidak dapat membaca pasar dengan baik. Bukan untung tapi buntung. 

Salah satu alasannya adalah pergeseran tren promosi usaha yang menyebabkan produk Anda jadi tidak dikenal masyarakat. Tahukah kalau saat ini iklan TV sudah bukan menjadi primadona? 

Istilah dunia digital marketing harus masuk dalam rancangan promosi bisnis Anda saat ini. Mau tahu kenapa digital marketing ini menjadi hal penting saat promosi? Inilah 5 alasan pentingnya digital marketing untuk kemajuan bisnis Anda:

1. Promosi Lebih Luas dengan Biaya yang Efisien

Memanfaatkan berbagai fitur seperti aplikasi, media sosial, blog, website, game dan lain sebagainya dapat menjadi sarana promosi dalam dunia digital marketing. Jika dahulu iklan TV menjadi hal wajib untuk promosi produk, tentu berbeda dengan saat ini. Pergeseran perilaku masyarakat dari menonton TV ke bermain gadget menjadi salah satu pemicu utama pergeseran sistem promosi ini.

Penggunaan platform Facebook misalnya, terdapat fitur “marketplace” sebagai pasar bagi penjual untuk memasarkan dagangannya. Akses fitur ini gratis dan dapat diakses bagi seluruh pengguna Facebook. Bagi pebisnis yang lebih profesional, terdapat Facebook bisnis yang memiliki biaya layanan tertentu.

Dengan cakupan yang meliputi hampir seluruh dunia, produk yang dijual di Facebook berpotensi dikenal lebih banyak orang dengan metode promosi online. Cara ini lebih efisien dan biayanya pun lebih murah daripada promosi offline ke seluruh dunia.

digital marketing

2. Segmentasi Pasar yang Jelas

Pasar online bekerja sesuai dengan algoritma data pengguna smartphone. Data yang lebih akurat akan membantu pebisnis dalam menempatkan promosi produknya. Dalam dunia digital marketing sendiri, terdapat rahasia umum yang banyak diketahui oleh penggunanya. 

Di Facebook, pasar yang dituju adalah para pengguna paruh baya dengan segmen ekonomi menengah kebawah. Sedangkan pada Instagram, terdapat kemewahan yang menyasar konsumen kelas middle up. Dan Tiktok menyasar remaja dan dewasa muda yang menyukai kemudahan.

3. Konten yang Menarik Kunci dari Digital Marketing

Pada promosi online di dunia digital marketing, content is a must. Hal ini karena pelaku usaha selain berjualan juga berbisnis. Yap, bisnis.. Penjualan yang berkelanjutan. Artinya konsumen membeli produk Anda secara berulang alias menjadi langganan yang menunjukkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda. 

Untuk mencapai tahap ini salah satunya bisa dimulai dengan membuat konten yang menarik. Konten-konten tersebut dapat meningkatkan awareness tentang produk atau jenama Anda. Dan tentunya berperan  meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk maupun produsennya.

4. Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Pernah mendengar istilah internet mendekatkan yang jauh? Yap inilah kelebihan dunia digital marketing dengan menggunakan media sosial. 

Dalam sebuah toko online, buyer dan seller dapat keep in touch bahkan sebelum membeli produk. Layanan seperti ini tentu sangat menarik. Konsumen merasa dekat dengan buyer sehingga konsumen merasa nyaman dan aman atas produk yang dibelinya. 

Apalagi jika terdapat komplain dan langsung ditanggapi oleh buyer di media sosial. Salah satu contoh menarik yakni Instagram Story atau IGS. Para pembeli yang menyukai produk akan mengunggah produk yang telah dibeli lalu men-tag akun Instagram seller. Seller selanjutnya merepost IGS tersebut seolah terjadi komunikasi pribadi dengan buyer

Dalam interaksi seperti ini, buyer akan merasa bahwa ia diperhatikan dan dekat dengan seller sehingga dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelayanan seller. Anda juga dapat menggunakan media sosial sebagai sarana layanan after sales untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan..

5. Potensi Keuntungan yang Melambung

Bayangkan jika bisnis Anda viral karena prestasi. Dalam dunia digital marketing hal ini bisa saja terjadi. Produk yang bagus, pelayanan yang menyenangkan, produk yang berguna dan memberi kesan yang baik tentu akan dapat meningkatkan penjualan produk. 

Bahkan bisnis Anda akan dapat melambung dalam waktu singkat begitu pula dengan keuntungannya. Dalam perjalanannya, menjaga kualitas dan terus berinovasi tentu menjadi salah satu kunci keberlangsungan bisnis online Anda.

Jadi, kapan lagi mau mendalami dunia digital marketing supaya usaha Anda semakin maju dan berkembang. Bahkan dapat diaplikasikan ke usaha yang lain juga loh. Yakin tidak mau belajar dari sekarang?

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

2 thoughts on “5 Alasan Pentingnya Digital Marketing untuk Kemajuan Bisnis Anda

  1. Memang di era digital seperti sekarang ini, pengetahuan digital marketing kita harus selalu ditingkatkan ya Bun. Karena update teknologi informasi terus berpacu dari waktu ke waktu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top