JNE Goll…Aborasi Bisnis Online Mendukung Kemajuan UMKM Bidang Fashion

JNE Goll…Aborasi Bisnis Online Mendukung Kemajuan UMKM Bidang Fashion

Alhamdulillah yeorobun, meski pandemi Covid-19 belum berubah status menjadi endemi, negara kita sudah mulai membaik. Usaha mikro kecil menengah yang sempat mengalami dampak signifikan dari segi ekonomi pun mulai bangkit.

Saat pandemi bermula 2 tahun lalu, para pelaku UMKM memang menghadapi banyak sekali tantangan. Tapi di sisi lain juga banyak yang memanfaatkan momen ini untuk membuka usaha baru atau mengubah model usahanya agar tetap survive.

Dua di antaranya adalah Kelana Scarves dan Qrani Hijab, UMKM asal Pasuruan yang bergerak di bidang fashion muslim, khususnya produk hijab. Banyak pengusaha di industri fashion yang mengalami kesulitan saat pandemi karena menurunnya demand dari masyarakat.

Ya, gimana lah, ya. Selama pandemi banyak yang merasa kebutuhan akan fashion bukan lagi jadi hal mendesak untuk dipenuhi. Baik karena pendapatannya berkurang sehingga harus memprioritaskan kebutuhan lain. Atau karena merasa enggak perlu beli produk fashion karena di rumah aja.

JNE Goll…Aborasi Bisnis Online Mendukung Kemajuan UMKM Bidang Fashion

Tapi kedua jenama lokal dari Pasuruan itu tetap bisa bertahan bahkan mencatat penjualan yang cukup baik. Apa rahasianya? Berikut adalah tips meningkatkan penjualan UMKM di bidang fashion dari pemilik Kelana Scarves daan Qrani Hijab:

Tips Meningkatkan Penjualan UMKM di Bidang Fashion:

1| Terjun Ke Bisnis Online

Ini adalah strategi bisnis yang banyak dilakukan oleh para pengusaha selama pandemi. Kebiasaan masyarakat untuk belanja langsung ke toko jauh berkurang karena adanya pembatasan aktivitas. Supaya tetap ada penjualan, banyak UMKM yang akhirnya membuka toko online.

Bisnis online tentu punya keuntungan lebih seperti bisa menarik pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia. Sehingga UMKM tetap bisa menjual produknya meski calon pembeli enggak langsung datang ke toko.

2| Pahami Trend dan Kondisi Market

Inilah yang dilakukan oleh co-founder Kelana Scarves, Muhammad Taufiqi. Awalnya UMKM mereka hanya memililki toko online. Tapi, sejak pandemi ia dan istrinya justru membuka toko offline. Dan strategi ini berhasil, karena dari hasil pengamatan mereka, pandemi sangat berdampak di kota-kota besar. Sedangkan kota kecil seperti Pasuruan enggak terlalu terasa dampaknya. Sehingga toko offline mereka tetap aman dan bisa mendukung bisnis online yang sudah berjalan lebih dulu.

Tips Meningkatkan Bisnis Online di Bidang Fashion

3| Tawarkan Keunikan Produk

Haris Prasetyo selaku owner Qrani Hijab menggunakan strategi ini untuk mengembangkan bisnisnya. Ia percaya bahwa keunikan atau diferensiasi produk tuh punya peranan penting dalam menarik hati calon pembeli. Untuk itu Qrani Hijab memberikan penawaran unik berupa custom model atau warna apapun. Sehingga pembeli dapat memilih produk dengan model dan warna yang mereka inginkan.

4| Pelajari dan Terapkan Ilmu Digital Marketing

Supaya bisnis online di bidang fashion ini berhasil, Muhammad Taufiqi dan Haris Prasetyo mempelajari trend fashion serta social media marketing dan social media ads. Lalu menerapkannya dengan berjualan di berbagai marketplace, Facebook dan Instagram.

Baca Juga: Yuk Jualan Online Lewat Livestreaming yang Sedang Tren

5| Memperoleh Dukungan Jasa Pengiriman yang Aman dan Terpercaya

Jasa pengiriman punya peranan penting dalam bisnis online. Untuk itu perlu sekali memilih ekspedisi yang aman dan terpercaya. Apalagi kalau didukung dengan layanan free pick up sehingga enggak perlu repot datang ke kantor ekspedisi untuk mengirim paket pesanan pelanggan.

Salah satu ekspedisi yang memenuhi kriteria di atas adalah JNE. Selain memiliki banyak smart point, JNE juga menyediakan layanan free pick up. Enggak cuma itu, JNE juga membebrikan program apresiasi untuk loyal customer seperti member JLC. Dengan program ini, para UMKM yang menjadi member JLC bisa memperoleh hadiah menarik, dan promo diskon ongkir.

JNE Ngajak Online 2022: Goll…Aborasi Bisnis Online

JNE juga memberikan dukungan dengan cara mengajak UMKM untuk berkolaborasi dengan mengadakan workshop gratis dan webinar. Salah satunya dengan UKM Pasuruan yang diadakan pada tanggal 19 Mei 2022 lalu.

Dengan tema webinar Peluang & Tantangan Industri Fashion di Masa Pandemi, Muhammad Taufiqi dan Haris Prasetyo mewakili brand Kelana Scarves dan Qrani Hijab dari Pasuruan membagikan kisah mereka yang sudah saya ceritakan di atas. Lengkapnya bisa ditonton di channel YouTube JNE ID.

JNE Goll...Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan

Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu UMKM di Indonesia, khususnya di Pasuruan dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, baik dalam skala nasional dan global. Begitulah yang disampaikan oleh Dwi Setyaningsih selaku Branch Manajer JNE Pasuruan dalam pembukaan JNE Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Pasuruan.

Lebih jauh lagi beliau juga berjanji untuk terus berkolaborasi dengan komunitas UMKM Pasuruan untuk menjaga potensi dan peluang yang ada di Pasuruan. Serta berinovasi, bersinergi dengan swasta dan pemerintah agar tercipta masyarakat yang berdaya.

JNE Goll…Aborasi Bisnis Onlie Kota Pasuruan ini merupakan kota kesepuluh dari rangkaian webinar JNE Ngajak Online 2022 – Goll…Aborasi Bisnis Online. Masih ada 50 kota lagi yang akan mendapatkan kesempatan menggelar webinar gratis dengan tema-tema menarik seputar bisnis online. Langsung aja ikuti media sosial JNE untuk mendapatkan info lengkap dan ilmu menarik untuk mengembangkan UMKM, ya.

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top