Tips Memilih dan Menyimpan Beras dengan Cosmos SPB 007-PUNDI

Tips Memilih dan Menyimpan Beras dengan Cosmos SPB 007-PUNDI

“Mbak, berasnya sudah mau habis. Nanti beli yang merek kemarin aja, lho, Mbak. Enak itu, pulen.” ujar asisten rumah tangga mama saya. Yah, akhir bulan begini memang waktunya menulis daftar belanja bulanan, ya. Dan beras pasti ada di urutan atas sebagai makanan pokok di rumah kami.

Memilih beras yang berkualitas sekarang memang tidak terlalu susah, terutama bagi yang terbiasa belanja di supermarket. Berbagai merek beras dalam kemasan 5kg dan 10kg dengan selisih harga yang tidak terlalu jauh tersedia untuk dipilih.

Hanya saja kadang mendapatkan beras yang sesuai dengan selera keluarga memang memerlukan trial and error. Ada yang suka dengan beras yang pulen dan ada yang lebih menyukai beras pera. 

Tapi apapun jenis berasnya, tentu kita berharap mendapatkan beras yang baik dan berkualitas, ya. Nah, saya punya sedikit tips memilih dan menyimpan beras yang mungkin bisa membantu memudahkan proses tersebut.

Tips Memilih Beras yang Baik dan Berkualitas

Ada beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan saat membeli beras, karena beras yang baik juga dapat mendukung hidup lebih sehat selama tidak dikonsumsi berlebihan, di antaranya:

1| Harga

Biasanya selisih harga beras dalam range kualitas yang setara tidak terlalu jauh. Kalau diperhatikan di supermarket, untuk beras kualitas premium dalam kemasan 5kg berada di kisaran Rp 50.000 – Rp 65.000. Begitu juga dengan kualitas di bawah atau atasnya lagi.

Jadi harus waspada ya kalau tiba-tiba ada penawaran beras yang jauh di bawah harga pasar. Bisa-bisa itu adalah beras campuran premium dengan beras yang kualitasnya kurang baik.

tips memilih dan menyimpan beras

2| Bentuk Beras dan Tekstur Beras

Dari beberapa referensi yang saya baca, ciri beras berkualitas adalah tidak berbau, bebas dari kerikil, kutu dan kotoran serta bersih. Serta kondisi beras baik, tidak patah dan tidak mudah hancur saat ditekan.

Ketika membeli beras dalam kemasan mungkin agak sulit ya memeriksa bentuk dan teksturnya, tapi jangan lengah juga. Kita bisa memeriksanya setelah dibeli dan jika ada hal-hal yang kurang baik ya bisa jadi catatan untuk tidak lagi membeli beras merek tersebut.

3| Aroma Beras

Pastikan juga aroma beras tidak apek karena ini berarti beras tersebut sudah lama. Dan juga tidak terlalu harum yang dapat menjadi indikasi beras diberi pewarna beras.

4| Beli di Toko Beras yang Telah Terpercaya

Nah, ini juga penting, ya. Sebaiknya membeli beras di toko yang sudah kita percaya selalu menyediakan beras berkualitas baik.

Tips Menyimpan Beras agar Awet dan Bebas Kutu

Setelah membeli beras, kita harus memperhatikan cara menyimpannya agar kualitas beras tetap baik. Karena jika tidak, bisa membuat beras berkutu atau kotor.

  1. Pastikan beras dan tempat penyimpanannya bersih dari kutu, serangga dan kotoran lain.
  2. Simpan beras dalam wadah tertutup. Wadah dapat terbuat dari logam, plastik atau kaca yang kokoh.
  3. Letakkan wadah di tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
  4. Tambahkan daun jeruk purut atau daun pandan karena aroma khasnya tidak disukai kutu dan serangga. Daun itu juga dapat membuat aroma beras jadi lebih harum saat dimasak.
  5. Bersihkan area tempat penyimpanan beras secara rutin.

Baca Juga: Meja Kerja Rapi dengan Koleksi Claris Cool Homeware

Menyimpan Beras dalam Sarana Penyimpan Beras Cosmos SPB 007-PUNDI

Semoga tips memilih dan menyimpan beras di atas bermanfaat untuk teman-teman PojokMungil. Nah, seperti yang saya sebut di atas, menggunakan wadah atau sarana penyimpan beras yang baik merupakan salah satu cara supaya beras awet serta bebas kutu dan serangga.

Kali ini saya mau mengulas tentang sarana penyimpan beras dari Cosmos.

“Ingat beras, ingat Cosmos!” Siapa yang familiar dengan slogan itu? Atau mungkin bacanya sambil nyanyi, nih? Anak 90-an seperti saya mungkin hafal ya iklan Cosmos dengan jingle tersebut hehehe. Tapi, yakin nih kalau ingat beras ingat Cosmos? Yakin, dong!

Produk rice cooker dari Cosmos masih jadi andalan banyak rumah tangga di Indonesia untuk menanak nasi. Dan untuk melengkapinya, ada sarana penyimpan beras Cosmos SPB 007-PUNDI yang dapat membantu kita menyimpan beras agar awet serta bebas kutu dan serangga atau kotoran lain.

cosmos spb 007-pundi

Baca Juga: 5 Ide Bekal Sekolah dan Kantor dari Yummy App

Kelebihan Cosmos SPB 007-PUNDI

Saya baru saja mencoba sarana penyimpanan beras Cosmos SPB 007-PUNDI dan ulasan berikut adalah first impression setelah menggunakannya selama 2 minggu. Menurut saya kelebihan dari produk ini adalah:

1. Ukuran

SPB Cosmos 007-PUNDI memiliki compact size yang ringan dan tidak terlalu besar sehingga cukup diletakkan di meja dapur. Karena ringan, produk ini mudah diangkat untuk dibersihkan ketika isinya habis dan tidak memakan terlalu banyak tempat. Namun tetap kokoh karena terbuat dari plastik food grade yang berkualitas dan anti slip.

2. Desain & Warna yang Stylish

Saya tertarik dengan warnanya yang lucu, yaitu hijau tosca. Menurut situsnya Cosmos sih warna ini “Korean style” banget yang bikin dapur kita terlihat segar, gaya dan lebih modern.

tempat penyimpanan beras
korean style dengan warna hijau tosca yang membuat dapur stylish, modern dan cerah

3. Teknologi FIFO (First In First Out)

Cosmos SPB 007-PUNDI punya teknologi first in first out yang membuat beras yang pertama dimasukkan akan dikeluarkan lebih dulu. Sistem ini menjadikan beras lebih sehat dan higienis karena sirkulasinya teratur.

teknologi first in first out (FIFO)
teknologi FIFO, first in first out

4. Jendela Intip

Asiknya lagi sarana penyimpan beras ini punya jendela intip. Sehingga memudahkan kita melihat persediaan atau stok beras. Saya juga jadi tidak tergantung dengan laporan mbak asisten untuk beli beras. Karena tiap lewat meja dapur bisa langsung kelihatan stok berasnya masih ada atau tidak.

5. Satu Tarikan

Cara ambil beras juga mudah banget. Tinggal tarik wadah yang ada di bagian bawah. 1 kali tarikan secara otomatis akan mengeluarkan 130 gram beras.

tips memilih dan menyimpan beras
sekali tarik 130gr beras atau 1 cup

6. Higienis

Dari kualitas desain dan finishing bodynya, produk ini mengklaim bebas karat karena terbuat dari plastik yang kokoh. Serta tidak ada celah yang dapat dimasuki serangga atau tikus. Sehingga beras lebih bersih dan higienis.

Selama satu minggu menggunakan Cosmos SPB 007-PUNDI saya cukup puas sih. Kapasitas penyimpanannya 7 kg, lebih dari cukup untuk beras 5kg yang biasanya habis dalam 1-2 minggu di keluarga saya. Meja dapur pun jadi terlihat lebih ceria dengan desain yang stylish.

Nah, sudah lengkap ya tips memilih dan menyimpan beras. Ada kutu jahat, jangan curhat. Pengen beras sehat? Cuma SPB 007-PUNDI pilihan cermat. Apalagi harganya terjangkau ya serta bisa dibeli secara online. Klik aja link ini: https://store.cosmos.id/cosmos-sarana-penyimpan-beras-007-pundi-rice-box-7-kg atau kunjungi akun Instagram @cosmosonline untuk info pembelian.

Pemenang Kontes Kreasi Rice Cooker

Selain menghadirkan inovasi baru Cosmos SPB 007-PUNDI, di akhir tahun ini Cosmos juga mengumumkan juara Kreasi Rice Cooker (KRC) yang diadakan sejak bulan Juni tahun ini. Teman-teman PojokMungil ada yang ikutan eventnya, kah?

Tema kontes KRC ini adalah Aku Indonesia, Aku Berkarya. Tema ini dipilih sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Teman-teman bisa lihat pemenangnya melalui tautan Juara KRC ini.

juara kreasi rice cooker cosmos

Program CSR Cosmos

Bersamaan dengan peluncuran Cosmos SPB 007-PUNDI, Cosmos juga membagikan ribuan lampu UVC (tipe CZR-5035 MG) untuk 5 rumah sakit yang berada di Jakarta dan Semarang, yaitu RS Tsu Chi, RS Roemani, RS Tlogorejo, RS Panti Wiloso dan RS Colombia. Donasi ini dilakukan sebagai bentuk Cosmos Peduli Indonesia dan wujud terima kasih Cosmos yang selama 45 tahun sudah menjadi andalan keluarga Indonesia.

#BanggaCosmos #JagaBerasSehat #CosmosUntukIndonesia

Suka dengan artikel ini? Yuk bagikan :)

alfakurnia

Lifestyle blogger yang suka berbagi tentang review produk, kisah sehari-hari, pengalaman parenting dan banyak lagi. Juga suka menulis resensi buku dan produk skincare di blog alfakurnia.com

17 thoughts on “Tips Memilih dan Menyimpan Beras dengan Cosmos SPB 007-PUNDI

  1. Sejak dulu, tempat beras Cosmos emang terkenal dan terpercaya plus banyaaak yg make.

    Makasih tipsnya ya, gak takut lagi ada kutu atau semut di dalam beras.

  2. Ingat beras, ingat Cosmos…wah, saya di rumah pakai yang seri lainnya..dan beneran bagus memang, enggak pernah ada masalah soal penyimpanan beras jadinya. Memang juara kualitas Cosmos, pun ada kompetisi dan CSR begini, salut!!

  3. Baru tahu nih kalau ternyata bagus nyimpan beras itu pakai daun jeruk purut atau daun pandan. Make sense sih ya, kutu ga suka aroma2 wangi kayak gini plus bisa bikin harus beras setelah jadi nasi juga.

  4. Aku langsung intip harganya, dan ternyata affordable banget, yaa… Apalagi kapasitasnya juga lumayan tuh, muat sampai 7kg. Warnanya juga cantik sekali.

    Omong-omong terima kasih sarannya untuk naruh daun jeruk purut atau daun pandan untuk menghalau kutu beras, Mbak.. Aku belum pernah nyoba sebelumnya. Habis ini tempat berasku mau aku kasih daun jeruk purut juga. 😀

  5. Saya juga pakai Cosmos buat nyompen beras, dan itu sudah bertahun2 awet Cosmosnya. Memang lebih praktis dan aman. Kapasitasnya juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan ya mbak. Saya pakai yang kapasitas 14kg.

  6. Mau ah cari Cosmos spb 007. Sebelum ini pakai Cosmos yang kayak lemari tuh, kebesaran. Nah, karena belum punya yg lebih kecil, tarok ember deh. Engga banget kaaan…Bagus desainnya nih Cosmos…

  7. Warnanya bagus, kebetulan suka warna toska. Ternyata daun jeruk purut bisa buat kutu ga betah ya, Alhamdulillah karena depan rumah kebetulan ada pohonnya

  8. Di rumah juga pake tempat beras Cosmos tapi tipe lama, udah belasan tahun masih awet. Tapi melihat desain tempat beras satu ini kok jadi tertarik, warnanya itu lho…hehehe. Tapi tempat beras Cosmos selain awet juga aman, soalnya mau sebagus apapun berasnya kalau nyimpennya ngak benar bisa rusak juga kualitasnya.

  9. Penasaran samaa penyimpan beras ini.. Pengen beliin buat orangtuaa biar ngga kutuan berasnyaa. Biasanya kalo berasnya dibiarin gt aja ada kutunyaa soalnua

  10. kalau orang banjar sukanya beras yang lonjong-lonjong dan nggak pulen. hihi. tapi memang penyimpanan beras ini harus diperhatikan ya soalnya salah-salah nanti ada kutunya. hii

  11. Program terbaru yang bagus banget dari Cosmos untuk pengadaan lampu UVC (tipe CZR-5035 MG) bagi 5 rumah sakit yang berada di Jakarta dan Semarang.

    Dan tipsnya untuk daun jeruk purut atau daun pandannya ditaruh di dalam kotak berasnya ya, kak?
    Aku juga nih..pakai produk Cosmos yang terkenal awet.

  12. Kadang udah beras yang warnanya putih itu aku pikir pake pemutih ternyata dia diselep dua kali ya mbak 🤣 anyway aku pengen punya juga nih biar berasku aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top